Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Kelapa Muda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Kelapa Muda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kelapa Muda disebut pula degan, dawegan, kopyor merupakan buah favorit untuk dibuat minuman. Rasanya yang lezat dan kenyal sangat enak untuk melepas dahaga. Selain itu, degan juga cocok diolah jadi aneka hidangan penutup seperti es campur, puding, kolak, manisan, agar-agar dan campuran kue keleman. Maka tak heran bilamana permintaan akan buah ini banyak sekali di pasaran. Manfaat kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan pun banyak.

Kelapa Muda, Manfaat Kelapa Muda. Khasiat Kelapa Muda, Degan

Sama seperti buah kelapa tua, ternyata buah yang juga populer dengan nama “degan” ini memiliki kandungan gizi yang melimpah pula. Cocok dimakan untuk mereka yang senang praktek hidup sehat. Selain itu, jenis buah ini juga cocok untuk pencuci mulut yang baik untuk usus.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kelapa Muda :

Kandungan Kelapa Muda, Kandungan Gizi Kelapa Muda, Kandungan Nutrisi Kelapa Muda

Sangat lezat memang makan buah kelapa muda ini. Apalagi kalau dijadikan es, campuran puding, kue dan agar-agar. Rasanya semua makanan dan minuman itu jadi lebih nikmat. Buah kelapa ini memang pemanfaatannya luas, yang masih muda sering disebut degan, biasa dimakan, namun belum banyak orang yang tahu apa saja zat gizi dan nutrisi yang terkandung dalam buah muda ini.

Loading...

Rupanya berdasarkan hasil riset, makan buah kelapa mampu membangkitkan energi karena kandungan kalium dan natriumnya yang melimpah. Ditambah dengan protein, lemak dan karbohidrat yang juga berfungsi menambah tenaga. Maka tak heran bila setelah konsumsi buah ini, rasanya jadi lebih enerjik.

Manfaat Kelapa Muda Untuk Kesehatan :

1. Membuat Hati Senang

Kadang kita bingung makanan apa yang bisa membuat hati senang. Orang-orang biasanya makan coklat atau es krim untuk membuat hati senang. Tetapi ada lagi yang bisa membuat hati kita senang, yaitu kelapa muda. Rasa manis dan segar dari buah ini  bisa membuat hati kita senang terlebih jika di makan dalam keadaan dingin.

2. Menjernihkan Pikiran

Kandungan vitamin B kompleks dalam kelapa muda bisa kita gunakan untuk menjernihkan mata kita. Sehingga tak mudah kena stress. Selain itu mencegah badan lemas-lemas.

3. Mencerdaskan Otak

Multivitamin dalam buah kelapa muda bisa memberikan nutrisi kepada otak kita. Saat otak kita tidak kekurangan nutrisi, sel-sel dalam otak kita bisa bekerja secara maksimal. Sehingga dengan maksimalnya kerja otak kita, kita mampu berpikir lebih baik. Jadi untuk yang ingin jadi orang cerdas, bisa rutin makan buah ini.

4. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan yang rendah bisa menjadi masalah besar jika terus di biarkan. Apalagi jika terjadi pada anak-anak, ini akan mengganggu pertumbuhannya. Biasanya ibu-ibu memberinya sumplemen nafsu makan, tapi banyak anak yang enggan untuk minum suplemen itu. Solusi untuk masalah ini adalah kelapa muda. Kandungan vitamin C dalam buah ini bisa menambah nafsu makan.

5. Membantu Pencernaan

Telat makan atau makan tidak teratur bisa membuat pencernaan kita menjadi terganggu. Akan bahaya jika masalah ini di biarkan, bisa menjadi penyakit yang lebih serius. Kelapa muda mengandung serat yang bisa membantu pencernaan. Jadi kita bisa rutin untuk makan  buah yang satu ini, untuk mencegah kita terkena masalah pencernaan.

Manfaat Kelapa Muda Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menghilangkan nyeri otot
7. Melepas dahaha
8. Mencegah radang tenggorokan
9. Mengatasi panas dalam
10. Mengobati mulut kering
11. Mengatasi hipotensi
12. Menambah stamina
13. Mengatasi lesu
14. Mengobati meriang
15. Melancarkan BAB
16. Mengatasi susah buang air kecil
17. Membersihkan usus
18. Mencegah reflux asam lambung
19. Membuat kenyang lebih lama
20. Mengobati pusing
21. Mengatasi mual
22. Mengatur keseimbangan cairan
23. Mengaktifkan enzim penting
24. Mengaktifkan hormon penting
25. Meringankan sakit kepala
26. Mengobati sariawan
27. Membantu kerja hati
28. Mengeluarkan racun dari tubuh
29. Menghilangkan nyeri haid
30. Mengatasi gangguan ginjal

Cara Memanfaatkan Kelapa Muda Untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan buah ini mudah saja. Tinggal langsung diambil saja dari batok kelapanya pakai bantuan pengeruk kelapa atau tutup botol bergerigi. Sebaiknya pilih yang benar-benar muda, sehingga lunak.

Cuci bersih parutan atau kerokan kelapa yang masih muda ini. Baru kemudian dimakan langsung dengan tambahan gula merah. Bisa pula dicampurkan ke dalam es dan ditambah sirup dan perasan jeruk nipis. Intinya, bagaimana pun cara mengolahnya, manfaat kelapa muda memang amat baik untuk kesehatan.

Manfaat Kelapa Muda Untuk kecantikan :

1. Membuat Kulit Menjadi Lebih Kenyal

Kelapa muda efektif untuk membuat kulit jadi kenyal. Oleh karena kulit kelembabannya terjaga. Kulit yang kenyal menjadi tanda kesehatan kulit tercapai.

2. Memutihkan Kulit

Manfaat kelapa muda sangat efektif pula untuk memutihkan kulit. Sehingga kulit terbebas dari noda gelap pigmen yang membuat kusam. Namun harus bersabar karena efeknya akan kelihatan dalam jangka waktu agak lama.

3. Menyamarkan Flek Hitam Pada Wajah

Flek hitam pun menjadi masalah yang menyebalkan. Oleh karena sifatnya permanen dan sulit hilang tanpa bantuan obat-obatan. Nah dengan makan kelapa muda, maka membantu hilangkan flek hitam dari dalam tubuh.

4. Membuat Kulit Menjadi Lebih Bersinar

Pada akhirnya, manfaat kelapa muda ampuh membuat kulit lebih bersinar. Cocok untuk mereka yang sedang ingin tampil beda dengan cara sederhana namun pasti dan alami.

5. Mencegah Penuaan Dini

Kemudian, khasiat kelapa muda juga ampuh sekali mencegah penuaan dini. Tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan kerutan akan menghilang.

Manfaat Kelapa Muda Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kemunculan jerawat
7. Mengobati jerawat
8. Mengatasi flek hitam
9. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
10. Melembabkan bibir
11. Membuat bibir merah merona
12. Mengecilkan pori-pori kulit
13. Mengatasi penuaan dini
14. Membuat badan langsing
15. Menunjang diet ketat

Cara Memanfaatkan Kelapa Muda Untuk Kecantikan :

Seperti untuk kesehatan, buah ini bisa dimakan langsung setelah dikeruk dari batok kelapanya. Pilih hanya kelapa yang benar-benar muda, cirinya tentu saja teksturnya lunak dan berlendir. Usahakan buat memilih kelapa yang masih baru dipetik dari pohon.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, minum juga air kelapanya karena kandungan gizinya pun tinggi. Sedangkan kelapanya akan bekerja menunjang kecantikan dari dalam. Tidak perlu banyak-banyak memakan buahnya, cukup 1 kali sehari saja, rutin selama 3 bulan. Rasakan perubahan besar pada kulit dan wajah!

Efek Samping Kelapa Muda :

Efek Samping Kelapa Muda

Ketika memakan buah kelapa yang masih muda ini memang sangat lezat. Kenyal dan manis, sungguh membuat nafsu minum dan makan meningkat. Namun harus hati-hati terhadap efek samping yang mungkin muncul, seperti:

1. Tekanan darah naik
2. Kolesterol
3. Penimbunan lemak
4. Kecanduan
5. Radang tenggorokan
6. Batuk
7. Sakit Perut
8. Keracunan
9. Alergi
10. Mual

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Kelapa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Dari sekian banyak manfaat buah kelapa muda untuk kesehatan dan kecantikan di atas, silahkan dirasakan semua mulai sekarang. Namun harus ingat bahwa buah pun memiliki efek samping, jadi makan sewajarnya saja. Tidak perlu berlebihan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top