Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kiwi merupakan buah berry kecil dan licin yang memiliki nama ilmiah Actinidia deiciosa. Buah kiwi berasal dari China Utara. Di China buah ini dikenal dengan nama gooseberry Cina. Kalau dilihat dari ukurannya, anda takkan mengira kalau manfaat kiwi sangat luar biasa bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh. Khasiat kiwi ini tak lepas dari kandungan vitamin maupun nutrisinya yang bervariasi dan dibutuhkan oleh tubuh.

Kiwi, Manfaat Kiwi, Khasiat Kiwi, B uah Kiwi

Meski begitu, setiap bahan alami pasti mempunyai dampak buruk bagi tubuh. Dibalik beragam manfaatnya tersimpan efek samping kiwi yang akan muncul jika digunakan secara berlebihan. Budidaya buah ini dari abad ke-19 di Cina yang akan digunakan untuk penambahan gizi tubuh. Tapi, orang Selandia Baru yang menyadari potensi buah ini mulai membudidayakannya untuk tujuan komersial. Mereka mengubah namanya pada tahun 1959 menjadi kiwi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kiwi :

Kandungan Kiwi, Kandungan Gizi Kiwi, Kandungan Nutrisi Kiwi

Sebelum membahas tentang manfaat buah gosberi, ada baiknya kita ketahui dulu tentang kandungan gizi dan nutrisi kiwi. Buah ini mengandung banyak vitamin seperti A, B (vitamin b6, niacin dan folat), C dan E. Selain itu juga mengandung protein, karbohidrat, serat pangan, magnesium, kalsium, zat besi, kalori, rendah natrium, gula dan juga zat besi. Karena itulah buah ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh, rambut dan juga kulit.

Loading...

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan :

1. Membantu Pengobatan Asma

Kandungan jumlah vitamin C dan antioksidan tinggi yang dalam buah ini, membuatnya mampu membantu mengobati penderita asma. Satu studi dari tahun 2000 menemukan bahwa ada manfaat kiwi yang menguntungkan pada fungsi paru-paru. Buah segar seperti gosberi China bisa mengurangi mengi pada anak-anak.

2. Membantu Pencernaan

Kiwi punya banyak serat, yang pasti bagus untuk pencernaan. Buah gosberi China ini juga mengandung enzim proteolitik yang disebut actinidin yang dapat membantu memecah protein. Satu studi baru-baru ini menemukan khasiat kiwi yang mengandung actinidin ini dapat meningkatkan pencernaan terhadap sebagian besar protein.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan nutrisi yang padat dan penuh vitamin C. membuat buah ini berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dalam menangkal penyakit. Satu penelitian menemukan bahwa manfaat kiwi dapat mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kemungkinan terserang penyakit flu.

4. Dapat membantu mengatur tekanan darah

Buah gosberi tidak hanya bisa memberi dorongan ekstra pada sistem kekebalan tubuh kita, melainkan juga bisa membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Sebuah studi tahun 2014, seseorang bisa mendapatkan khasiat buah gosberi dengan mengkonsumsi tiga buahnya sehari dapat menurunkan tekanan darah lebih dari satu apel sehari. Pada jangka panjang, ini juga bisa berarti menurunkan risiko penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi, seperti stroke atau serangan jantung.

5. Mengurangi Pembekuan Darah

Selain membantu kita mengatur tekanan darah kita, manfaat gosberi Cina ini sebenarnya bisa mengurangi pembekuan darah. Penelitian terpercaya mengungkapkan bahwa makan dua sampai tiga buah sehari secara signifikan menurunkan risiko pembekuan darah. Periset juga ditemukan mengurangi jumlah lemak dalam darah.

Manfaat Kiwi untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah resiko terkena kanker usus

7. Membantu melawan kanker

8. Mendukung diet

9. Mencegah gangguan pernafasan

10. Mengontrol diabetes

11. Menjaga kesehatan jantung

12. Mencegah Iritable Bowel Syndrome (IBS)

13. Mengobati konstipasi

14. Melindungi DNA

15. Meningkatkan mood

16. Pemeliharaan dan perbaikan tulang

17. Sebagai antijamur dan antibakteri

18. Menciptakan keseimbangan alkalin dalam tubuh

19. Bagus untuk kehamilan

20. Menjaga kesehatan Hati

21. Membantu pengobatan demam berdarah

22. Meningkatkan Tingkat Hemoglobin dalam Darah

23. Membersihkan racun dalam tubuh

24. Membantu menjaga kesehatan mulut

25. Melindungi Terhadap Degenerasi Makula dan Masalah Mata Lain

Cara Pemanfaatan Kiwi untuk Kesehatan :

Cara memanfaatkan gosberi Cina untuk kesehatan sangat beragam, salah satunya bisa langsung makan dua atau tiga buah setiap hari untuk pengobatan penyakit. Tapi, jika hanya untuk meningkatkan kesehatan anda bisa mengkonsumsi 1 buah sehari sudah bisa mendapatkan manfaat kiwi. Jika tidak suka memakannya langsung, bisa membuat jus. Jus ini bisa anda campur dengan buah lainnya agar lebih nikmat.

Manfaat Kiwi untuk Kecantikan :

1. Bagus untuk Mencegah Degenerasi

Degenerasi kulit bisa berujung pada munculnya berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Sinar matahari dianggap sebagai penyebab utama degenerasi. Hal ini dibuktikan oleh beberapa orang yang mengalami kanker kulit setelah berjemur di siang hari. Untuk mencegah efek buruk sinar matahari, anda bisa mengambil manfaat kiwi dengan cara mengonsumsi buah ini secara teratur. Kandungan antioksidannya bisa membantai radikal bebas.

2. Mencerahkan Kulit

Masker buah yang berasal dari China ini memang tidak terlalu populer bila dibandingkan dengan masker air tawar atau mentimun. Tapi tahukah anda jika khasiat masker kiwi memberi manfaat luar biasa bagi kulit. Khasiat kiwi untuk memutihkan kulit bukan sekedar isapan jempol. Kandungan vitamin E pada buah gosberi cukup tinggi untuk membuat kulit lebih cerah dan terlindungi dari kulit kusam.

3. Mengecilkan Pori-pori

Pori-pori besar merupakan masalah kulit yang juga banyak di alami. Selain pori-pori wajah yang sangat terlihat besar juga membuat kulit menghasilkan minyak berlebih sehingga kulit terlihat lebih kusam dan berkilau. Untuk mengecilkan pori-pori besar Anda bisa mencoba manfaat buah kiwi.

4. Mengatasi Kulit Kering dan Kasar

Telah dibahas sebelumnya bahwa dengan nama lain gosberi China ini mengandung asam omega 3 yang bisa membuat kulit lembab dan kenyal. Bahkan bagi anda yang memiliki masalah dengan kulit kering dan kasar manfaat kiwi bisa anda coba.

5. Bisa Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah utama yang sering dihadapi oleh penampilan kita. Tapi jangan khawatir. Dengan memanfaatkan buah gosberi China ini, Anda bisa mengatasinya.

Manfaat Kiwi untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga kelembaban kulit

7. Mengurangi tanda-tanda penuaan

8. Mengontrool produksi sebum berlebihan

9. Mencegah terjadinya penyakit kulit

10. Menghilangkan lingkaran mata panda

11. Mencegah dan memperbaiki rambut rontok

12. Menjaga pembentukan kolagen pada kulit kepala

13. Mencegah tumbuhnya uban

14. Memperbaiki rambut kering dan kasar atau menjaga kelembaban rambut

Cara Memanfaatkan Kiwi untuk Kecantikan :

Jika anda ingin menggunakan buah gosberi China untuk kulit, maka bisa membuat buah ini menjadi masker. Caranya, ambil buah gosberi secukupnya. Kupas dan haluskan, anda bisa menambahkan air perasan lemon atau minyak zaitun atau madu secukupnya untuk mendukung khasiat kiwi. Terapkan masker ke kulit atau wajah selama 30 menit, lalu bilas. Lakukan secara teratur. Langkah itu juga bisa diterapkan pada rambut. Sedangkan untuk menghilangkan mata panda, anda bisa mengiris buahnya tipis lalu, terapkan pada kedua mata.

Efek Samping Kiwi :

Efek Samping Kiwi

Selain memahami tentang manfaat dan khasiat buah gosberi, anda juga harus mengerti tentang apa saja efek buruknya. Ada beberapa efek samping kiwi yang ditimbulkan oleh tubuh jika berlebihan dalam mengkonsumsinya, inilah ulasannya :

1. Menimbulkan reaksi alergi

2. Muncul ruam dan bengkak

3. Kelainan kulit atau dermatitis

4. Gangguan pada pankreas

5. Diare

6. Alergi lateks

7. Mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan janin

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Apel untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Selain itu, efek samping buah kiwi ini bisa terjadi akibat mengkombinasikan dengan beberapa obat dan suplemen diet. Oleh karena itu, anda harus berkonsultasi dulu jika sedang dalam pengobatan sebelum mengkonsumsi buah ini. Kalau ibu hamil, tentu wajib meminta ijin kepada dokter yang menangani kehamilannya. Itulah manfaat dan khasiat kiwi beserta efek samping yang ditimbulkannya. Anda dapat melihat atau mambaca manfaat dan khasiat buah lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top