Connect with us
Kolang Kaling, Manfaat Kolang Kaling, Khasiat Kolang Kaling

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Kolang Kaling Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kolang kaling atau disebut juga buah atap, merupakan makanan licin berbentuk lonjong yang terbuat dari biji pohon aren yang diolah. Camilan yang memiliki nama Belanda glibbertjes ini adalah salah satu campuran untuk minuman paling dinikmati khususnya bagi masyarakat Indonesia. Bagi para pecinta minuman lokal tentunya tidak asing dengan makanan berwarna transparan dengan sensasi kenyal ini.

Kolang Kaling, Buah Kolang Kaling, Buah Pohon Aren, Manfaat Kolang Kaling, Khasiat Kolang Kaling, Buah Atap

Jenis buah ini tergolong buah dengan banyak sebutan di berbagai daerah di Indonesia. Campuran utama dalam minuman seperti es buah dan es campur ini banyak dijumpai dimana pun khususnya pada bulan puasa dengan harga yang relatif murah. Selain sensasi kenyal dan rasanya yang unik, kolang kaling memiliki kandungan yang berkhasiat bagi tubuh berkat nutrisi yang dihasilkan dari famili Aracaceae itu.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kolang Kaling :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kolang Kaling

Penelitian dari Departemen Pertanian, kolang kaling memiliki kadar karbohidrat yang cukup tinggi sebanyak 6 gram. Buah atap ini juga kaya akan mineral seperti potassium, iron, zinc, kalsium dan kandungan vitamin A, B, C, K dalam setiap biji. Komponen lain di dalam kolang kaling berupa 27 kkal energi, 0.4 gram protein, 0.2 gram lemak, 1.6 gram serat, 91 mg kalsium, 243 mg fosfor, 0.5 mg besi, serta 94% nya berisi air.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan :

1. Sumber vitamin tubuh

Kegunaan vitamin A, B, dan C membantu memperkuat penglihatan, memperbaiki sel-sel kulit, mencegah sariawan, influenza , radang tenggorokan dan lain sebagainya. Vitamin K sebagai vitamin yang larut dalam tubuh juga membantu menekan proses pendarahan pada hati, mencegah kanker hati dan paru-paru serta mempercepat proses pembekuan darah.

2. Memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau keropos tulang dapat dicegah dengan mengkonsumsi kalsium yang cukup. Bagi beberapa orang, meminum susu sebagai sumber utama kalsium justru dikhawatirkan dapat menambah berat tubuh. Kolang kaling memiliki kadar kalsium hingga 91 mg yang cukup untuk dijadikan pengganti susu sebagai sumber kalsium.

3. Membantu mengurangi gatal-gatal pada tubuh

Meskipun kandungan getah dalam buah aren dapat menyebabkan gatal-gatal, setelah dibuat menjadi kolang-kaling justru dapat mengurangi rasa gatal. Penyebab kolang kaling dapat mengurangi rasa gatal belum sepenuhnya terungkap, namun banyak orang yang mengaku terbantu setelah mengonsumsinya meskipun tidak semua orang berpendapat demikian.

4. Memperlancar sistem pencernaan

Kolang kaling tergolong makanan yang mudah dicerna karena disamping kandungan karbohidrat dan air yang tinggi, buah ini memilki kadar serat kasar mencapai 39%. Serat inilah yang dibutuhkan tubuh untuk memperlancar proses pembuangan secara teratur sehingga tubuh terhindar dari kembung bahkan obesitas. Konsumsi 5 hingga 10 butir secara teratur untuk khasiat yang maksimal.

5. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Komponen utama yang digunakan tubuh dalam menjaga stamina adalah mineral. Terdapat banyak mineral dalam kolang kaling seperti kalsium, fosfor dan besi dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga mampu memperkuat sendi, menyegarkan tubuh dan memperlancar aliran darah. Zat besi juga membantu proses pembentukan sel darah merah serta fosfor untuk melancarkan fungsi otak.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengatasi masalah perut
7. Mengobati sakit pinggang
8. Membantu proses pertumbuhan
9. Membentuk tulang pada bayi
10. Membantu mengobati asam urat
11. Mempercepat penyembuhan luka
12. Mengurangi zat purin
13. Membantu pembentukan badan atletis
14. Memperlancar metabolisme tubuh
15. Membantu menyembuhkan diabetes
16. Memperbanyak produksi sperma
17. Mempertajam dan mengoptimalkan indera pendengaran
18. Mencegah penyakit batu ginjal
19. Mencegah sembelit
20. Mengobati ruam pada kulit
21. Mengobati kencing batu
22. Memperlancar haid
23. Memperlancar saluran kemih
24. Memperkecil memar dan bengkak

Cara Memanfaatkan Kolang Kaling Untuk Kesehatan :

Mengkonsumsi kolang kaling untuk kesehatan terbilang sederhana. Buah ini hanya direbus untuk memudahkan lambung dan proses absorbsi lebih mudah sehingga tubuh mampu mencerna lebih mudah. Untuk variasi, buah ini juga dapat ditambah dengan susu atau pun sirup, namun usahakan tidak berlebihan. Menariknya lagi, jenis buah kenyal ini dapat dipadukan dengan berbagai macam buah-buahan untuk rasa yang lebih nikmat.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kecantikan :

1. Membantu mengurangi berat badan

Kandungan 6 gram karbohidrat serta 0.69 gram protein, 1 gram kadar abu dan 0.95 gram serat kasar dalam setiap 100 gram kolang kaling membantu tubuh mengendalikan rasa lapar. Selain karbohidrat dan air, gelatin yang terdapat didalamnya juga turut memberikan rasa kenyang sehingga tepat dikonsumsi ketika menjalani program diet.

2. Menyehatkan kulit

Selain dijumpai banyak dalam jenis kacang-kacangan, vitamin B dan E juga banyak banyak terdapat dalam kolang-kaling. Kedua vitamin inilah yang melindungi kulit dari sinar UV pada siang hari. Potassium didalamnya juga berfungsi sebagai senyawa yang membantu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat pancaran sinar matahari langsung.

3. Mencerahkan kulit

Kadar gelatin berupa glisin dan prorin yang terdapat dalam setiap butir kolang kaling membantu mencerahkan dan mengencangkan kulit. Kolagen yang terbentuk dari asam amino dari protein dalam jenis buah kenyal ini juga membantu kulit cerah dan kencang bertahan lama serta membentuk sel sel kulit baru dan membentuk jaringan kulit.

4. Menstabilkan keremajaan Kulit

Buah kenyal ini ternyata mempunyai khasiat dan manfaat dalam menstabilkan keremajaan kulit. Dengan begitu, kulit akan menjadi tetap awet muda dan cantik alami. Hal ini dikerenakan adanya kandungan gelatin yang terkandung dalam kolang kaling.

5. Menjaga kesehatan gigi

Adanya kandungan fosfor dan kalsium dalam kolang kaling membuat buah ini mempunyai manfaat menjaga kesehatan gigi, tulang, dan persendian. Bahkan, kandungan kalsium dalam buah ini disebuts-sebut menyaingi susu. Jadi, jika anda mempunyai alergi susu, mengonsumsi buah ini untuk kesehatan gigi adalah solusinya.

Manfaat Kolang Kaling Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah gigi keropos
7. Menjaga kesehatan kuku
8. Melembabkan kulit
9. Membantu memperbaiki sel kulit mati
10. Melindungi kulit dari paparan sinar
11. Membantu program diet

Cara Memanfaatkan Kolang Kaling Untuk Kecantikan :

Cara memanfaatkan kolang kaling untuk kecantikan sama hal nya dengan cara memanfaatkan buah ini untuk kesehatan. Mengonsumsi buah ini dengan cara direbus atau tambahkan pada berbagai minuman seperti es campur, es buah, es cendol ataupun dibuat manisan. Usahakan tidak memakai banyak gula atau sirup apalagi pemanis buatan. Untuk masker, dapat diambil dari ekstrak buah aren, bukan dalam bentuk kolang kalingnya.

Efek Samping Kolang Kaling :

Efek Samping Kolang Kaling

Banyaknya kandungan air dalam buah bertekstur kenyal ini tidak selalu menjadikan kabar baik. Konsumsi jenis buah ini secara  berlebihan dapat membuat intensitas air seni lebih banyak yang dapat menuntun pada dehidrasi. Karbohidrat di dalamnya juga membantu tubuh kehilangan banyak cairan. Peneliti menyarankan bagi orang yang berpuasa untuk menghindari makan kolang kaling ketika sahur.

Baca Juga: Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kolang kaling memang baik untuk program diet, namun karbohidrat, gula serta galatin di dalamnya justru dapat menaikkan berat badan apabila dikonsumsi berlebihan. Kolang kaling yang dijual di pasaran juga tidak selamanya higienis dan beberapa juga mengandung formalin. Diharapkan kecermatan dan kehati-hatian dalam memilah kolang kaling terutama yang dijual bebas di pinggir jalan. Anda dapat melihat serta mambaca manfaat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top