Connect with us
Buah Kurma, Kurma, Manfaat Kurma, Khasiat Kurma

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Kurma untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Kurma atau bernama latin Phoenix dactylifera merupakan tumbuhan palma yang buahnya dapat kita makan. Buah kurma khas dari daerah Timur Tengah yang pohonnya masih sekerabat dengan palem. Rasa buahnya manis sehingga sangat bagus untuk mengembalikan energi yang sedang drop. Namun, manfaat kurma tak hanya itu saja. Manfaat lainnya masih banyak untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan.

Buah Kurma, Kurma, Manfaat Kurma, Khasiat Kurma

Sekarang, di daerah iklim tropis ada jenis kurma yang bisa ditanam dan bisa sampai berbuah. Kelak, Indonesia sendiri bisa memproduksi buah eksotis ini tanpa mengimpor langsung dari Timur Tengah, Australia, atau Amerika.

Kandungan Gizi Kurma :

Kandungan Kurma, Kandungan Gizi Kurma, Kandungan Nutrisi Kurma

Kandungan gizi kurma tiap 100 g, terdiri dari: air 18,27%, energi 251 kkal, protein 2,81 g, karbohidrat 66,78 g, serat 7,1 g, gula 56,38 g, lemak 0,35 g, lemak jenuh 0,0028, MUFA 0,0032 g, PUFA 0,017 g, kalsium 35 mg, zat besi, 0,91 mg, magnesium 38 mg, fosfor 55 mg, kalium 484 mg, sodium 2 mg, seng 0,26 mg, vitamin A 9 IU, vitamin B1 (tiamin) 0,046 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0,059 mg, vitamin B3 (niasin) 1,134 mg, vitamin B5 (asam pantotenat) 0,525 mg, vitamin B6 (piridoxin) 0,147 mg, vitamin B9 (folat) 17 mcg, vitamin C 0,4 mg, vitamin E 0,04 mg, vitamin K 2,4 mcg, beta karoten 5 mcg, lutein dan zeaxantin 67 mcg. Tak mengherankan buah asal Arab ini kaya khasiat

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan :

1. Mencegah encok atau rematik

Bahan aktif yang mampu meredakan rasa sakit pada penyakit rematik yaitu mineral. Buah yang masih berkerabat dekat dengan palem ini kaya mineral yang bagus memberi nutrisi pada tulang dan otot. Sakit rematik menyerang pada bagian persendian akibat gesekan antar tulang. Cukup mengkonsumsi buah ini sebanyak 15 saja sudah bisa memenuhi kebutuhan mineral untuk tubuh seperti kalsium, kalium, magnesium, sulfur, dan boron.

2. Memperlancar sistem pencernaan

Serat terlarut membantu memperlancar sistem pencernaan. Gerakan peristaltik dalam usus akan bekerja optimal. Di dalam usus itu sendiri akan selalu bersih karena sampah-sampah sisa makanan yang dicerna bisa langsung terbuang. Serat terlarut di dalam kurma itu sendiri berbentuk pektin.

3. Mencegah kanker otak

Mineral seperti magnesium, sulfur, kalsium, potassium, boron sangat bagus untuk mencegah perkembangan sel-sel penyebab kanker. Terutama pada organ otak. Itulah mengapa dianjurkan mengkonsumsi buah kurma sebanyak 15 butir supaya kebutuhan mineral harian selalu tercukupi.

4. Menguatkan badan yang sedang loyo

Rosulullah sendiri pernah mengajarkan bagaimana caranya memulihkan badan yang loyo dengan buah kurma. Caranya sangat sederhana, cukup minum air putih dan kurma beberapa butir. Tak lama kemudian badan loyo terasa segar kembali. Boleh juga melumatkan daging buahnya dengan menambahkan sedikit air supaya sari-sarinya larut. Sari buah kurma langsung dikonsumsi.

5. Bersifat antioksidan

Kandungan zat-zat yang bersifat antioksidan terbilang tinggi sehingga ampuh membuang senyawa-senyawa yang bersifat radikal bebas. Senyawa-senyawa radikal bebas merupakan pencetus penyakit kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan dari kelompok polifenol, sterol, tanin, dan karoten.

Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati penyakit demam berdarah

7. Menjaga kesehatan jantung

8. Mencegah stroke

9. Buah yang aman dikonsumsi untuk penderita hipertensi

10. Mencegah kekurangan darah

11. Menguatkan kerja otak

12. Mengatasi insomnia

13. Buah yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes

14. Tidak membuat kegemukan

15. Mencegah resiko penyempitan pembuluh darah

16. Mendukung perkembangan otot

17. Mencegah koagulasi

18. Menguatkan gigi

19. Menyembuhkan penyakit gatal-gatal

20. Mengobati kembung

21. Mengobati keputihan

22. Meredakan rasa nyeri di perut

23. Mengatasi migrain

24. Membantu kesuburan wanita maupun pria

25. Menghangatkan badan

26. Mendukung perkembangan bakteri baik di usus

Cara Memanfaatkan Kurma Untuk Kesehatan :

Pada umumnya, cara memanfaatkan buah kurma yaitu dengan dikonsumsi langsung segar. Baik yang masih muda maupun yang sudah masak. Bagian daging buah bisa juga diolah dengan cara dilarutkan dengan sedikit air. Cara ini akan memudahkan usus menyerap sari-sari buah kurma.

Manfaat Kurma Untuk Kecantikan :

1. Menjaga kesehatan kulit

Senyawa yang berguna untuk menjaga kesehatan kulit yaitu asam salisilat. Senyawa ini akan mengatasi permasalahan di kulit wajah seperti jerawat, komedo, dan minyak berlebih. Dengan perawatan yang teratur, kulit akan tetap sehat dan bersih dari segala macam permasalahan kulit tersebut.

2. Melembabkan rambut

Senyawa asam patotenat bersama vitamin dan mineral mampu menjaga kelembaban rambut. Ini cocok diterapkan untuk orang-oranga yang memiliki rambut tipe kering. Rambut kering tampak kusam dan mudah rontok. Hal ini bisa saja terjadi karena kekurangan nutrisi di bagian akar rambut. Buah kurma akan memberi asupan nutrisi untuk rambut supaya tetap sehat.

3. Mencegah kegemukan atau obesitas

Kandungan gula dan karbohidrat yang tinggi tidaklah menyebabkan kegemukan. Gula pada buah kurma dibentuk dari proses fermentasi alami yang dibantu oleh enzim dan mikroba-mikroba baik. Saat masuk ke dalam sistem pencernaan, dengan bantuan mikroba baik akan menghasilkan sari-sari makanan siap serap. Sari-sari makanan ini diserap oleh tubuh untuk perkembangan otot dan jaringan-jaringan tubuh lainnya. Bukan ditimbun menjadi lemak penyebab obesitas.

4. Mencegah kerontokan rambut

Sama halnya dengan jaringan-jaringan lain, rambut memerlukan nutrisi yang cukup supaya tetap sehat. Folikel rambut memerlukan zat selenium untuk memperkuat perakaran rambut dan otot rambut. Zat ini bisa diperoleh dari buah asal Timur Tengah ini.

5. Menjaga elastisitas kulit

Vitamin A mampu mengangkat sel-sel mati di kulit sehingga memudahkan pembentukan sel-sel baru. Lapisan sel-sel baru ini memiliki tingkat elastisitas tinggi sehingga terasa lebih kencang dan kenyal.

Manfaat Kurma Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memperkecill pori-pori kulit

7. Melembutkan kulit

8. Menjaga kulit sensitif

9. Mencerahkan kulit

10. Melenyapkan flek-flek di wajah

Cara Memanfaatkan Kurma Untuk Kecantikan :

Untuk melembabkan rambut cukup dengan mengambil sari-sari buah kurma yang ditambah sedikit air, lalu dioleskan ke bagian kulit kepala. Bahan lain yang sering ditambahkan yaitu minyak zaitun untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Bisa juga dibuat menjadi masker dengan mengambil daging buahnya, lalu dihaluskan. Selanjutnya dicampur dengan minyak zaitun. Aplikasikan ke kulit wajah. Inapkan selama semalam. Keesokan harinya baru dibersihkan dengan air hangat. Kulit wajah pun tampak bercahaya dan berseri-seri.

Efek Samping Kurma :

Efek Samping Kurma, Efek Negatif Kurma, Dampak Buruk Mengonsumsi Kurma

Selama mengkonsumsi buah yang berasal dari jazirah Arab ini dengan takaran yang wajar, tubuh kita tak akan merasa ada gangguan apapun. Namun, pada beberapa orang akan dijumpai kasus khusus. Terutama pada kandungan senyawa-senyawa antigizi yang bisa mengakibatkan diare atau malah sebaliknya sembelit. Misalnya saja, zat tanin pada kurma muda. Bisa juga serat kasar pada kurma yang sudah mengering dan terlalu masak.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Begitu banyak manfaat kurma bagi tubuh kita. Tak harus mengkonsumsi buah asal Timur Tengah ini pada bulan Ramadhan. Sebagai menu harian pun sah-sah saja dihidangkan. Harganya pun relatif murah dan mudah didapatkan di pasar maupun supermarket. Anda dapat melihat atau mambaca manfaat dan khasiat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top