Connect with us

30 Manfaat dan Khasiat Labu Kuning untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

30 Manfaat dan Khasiat Labu Kuning untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Labu Kuning – Labu kuning atau yang juga disebut dengan waluh merupakan salah satu jenis buah yang biasa dimanfaatkan untuk membuat es buah. Selain itu, buah ini juga sering dijadikan sebagai menu hidangan spesial di bulan puasa sebagai makanan pembuka. Labu kuning memiliki warna yang sama seperti namanya yaitu kuning bercampur orange mirip seperti warna jeruk. Buah ini termasuk salah satu jenis buah yang menyegarkan dan bisa dijadikan sebagai alternatif tepat untuk mengatasi masalah dehidrasi.

Labu Kuning, Manfaat Labu Kuning, Khasiat Labu Kuning

Labu kuning memang sering dimanfaatkan masyarakat Indonesia sebagai olahan kolak terutama di bulan suci Ramadhan. Kandungan dalam labu kuning dapat dijadikan sebagai penambah energi saat sedang berpuasa. Sama seperti manfaat labu siam untuk diet, manfaat labu kuning untuk diet juga tidak perlu dipertanyakan lagi.

Sedangkan di luar negeri, buah labu kuning sering diukir untuk dijadikan sebuah hiasan yang cukup menyeramkan di saat halloween. Disamping itu, buah labu kuning ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan dengan kandungan nutrisi gizi yang ada di dalamnya.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Labu Kuning :

Dalam 1 cangkir labu kuning yang direbus tanpa menggunakan garam mengandung nutrisi dan gizi penting sebagai berikut:

Loading...
  • Kalori 49
  • Protein 1,76 gr
  • Lemak 0,17 gr
  • Serat 2,7 gr
  • Karbohidrat 12 gr
  • Gula 5,1 gr
  • Vitamin A 100%
  • Vitamin E
  • Vitamin C 20%
  • Kalium
  • Riboflavin
  • Mangan 10%
  • Tembaga
  • Thiamin 5 %
  • Asam pantotenat
  • Folat
  • Lutein
  • Tiamin
  • Niasin
  • Fosfor
  • Vitamin K
  • Vitamin B6
  • Zeaxanthin

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan :

1. Membantu meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Mengkonsumsi labu kuning menjadi salah satu alternatif tepat untuk membantu memperbaiki sistem imun dalam tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang terus meningkat maka tubuh kita akan semakin mudah dalam menangkal berbagai macam serangan penyakit. Waluh mengandung banyak vitamin A yang bagus untuk melawan virus, infeksi serta penyakit menular.

Mungkin anda juga pernah mendengar khasiat dari minyak labu yang efektif untuk melawan infeksi jamur dan bakteri. Bukan hanya itu saja, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin C yang bagus untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian anda. Jadi, disarankan untuk mengkonsumsi labu kuning ini terutama di musim penghujan untuk mencegah resiko penyakit pilek, flu dan juga batuk.

2. Menjaga kesehatan mata

Labu kuning mengandung banyak vitamin A. Hal ini sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan mata. Oleh sebab itu banyak dokter yang menganjurkan konsumsi labu kuning terutama diusia kita yang makin lama semakin menua. Selain itu, waluh juga mengandung pro vitamin A yang bisa diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh kita.

3. Membantu proses pertumbuhan tulang

Labu kuning merupakan salah satu buah segar yang juga bagus untuk menyehatkan tulang. Kandungan kalium dalam buah labu ini sangat bagus untuk membantu pertumbuhan tulang agar lebih optimal. Dengan demikian tuang kita akan selalu sehat dan kuat dan terhindar dari resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Buah ini bisa dijadikan sebagai salah satu buah yang tepat untuk pertumbuhan tulang si kecil.

4. Bagus bagi penderita anemia

Bagi anda yang mungkin memiliki banyak aktivitas yang dilakukan diluar ruangan, maka kemungkinan besar anda mengidap anemia. Hal ini karena kesibukan yang anda alami sehingga anda kurang waktu untuk makan bahkan anda bisa makan seadanya tanpa memikirkan kandungan gizinya. Misalnya anda terpaksa menyantap mi instan dalam jangka panjang akhirnya membuat anda terkena penyakit anemia.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah anemia tersebut adalah dengan mengkonsumsi labu kuning. Buah waluh ini memiliki akndungan zat besi sebanyak 0.8 mg yang bagus untuk membantu membentuk sel darah merah dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Seperti yang kita tahu bahwa penyakit jantung merupakan penyakit kronis yang sangat dihindari oleh semua orang. Labu kuning mengandung magnesium, karotenoid dan folat yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Magnesium berperan sebagai relaksan pembuluh darah yang akhirnya akan membantu menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah dalam tubuh kita stabil maka kita akan terhindar dari resiko serangan jantung maupun stroke. Selain itu, buah waluh ini juga ampuh mencegah ateroskelrosis.

6. Membantu mengatasi sembelit

Gangguan sembelit merupakan salah satu jenis penyakit dimana organ pencernaan kita mengalami masalah susah buang air besar. Dalam kasus berat hal ini dapat membuat BAB disertai dengan keluarnya darah. Masalah sembelit bisa ditanggulangi dengan manfaat labu kuning yang mampu melancarkan proses pencernaan dengan kandungan serat di dalamnya.

7. Pengembali energi

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, labu kuning sering dimanfaatkan sebagai menu buka puasa karena mampu mengembalikan energi. Kandungan gula hingga 2,76 gr di dalam buah waluh ini bagus untuk mengganjal perut dan menambah energi harian anda.

8. Menstabilkan gula darah

Kandungan gula dalam waluh yang mampu untuk mengembalikan energi dalam tubuh, ternyata masih masuk dalam kategori ringan. Ini dikarenakan gula dalam buah waluh tersebut masuk dalam rantai disakarida. Bahkan kandungan gula dalam buah ini bagus untuk membantu menstabilkan kadar gula darah bagi orang dewasa.

9. Membantu mencegah hipertensi

Manfaat labu kuning yang tak kalah penting adalah untuk mencegah resiko tekanan darah tinggi. Labu kuning mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh agar slealu seimbang dan mencegahnya dari resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi.

10. Bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi

Labu kuning juga bermanfaat untuk bayi atau anak dalam masa pertumbuhan.Manfaat labu kuning untu pembentukan tulang dan gigi patut dicoba karena buah ini mengandung kalsium dan fosfor. Bukan hanya untuk bayi saja, manula juga disarankan untuk mengkonsumsi buah ini untuk memenuhi kebutuhan zat kalsium dan fosfor harian.

Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Lainnya :

11. Mencegah resiko serangan kanker

12. Mencegah katarak

13. Menghilangkan stress

14. Mencegah peradangan tubuh

15. Mengatasi sakit kepala

16. Baik untuk ginjal

17. Sebagai anti inflamasi

18. Mencegah resiko stroke

19. Mengobati cacingan

20. Sebagai makanan pendamping ASI

21. Rendah kalori

22. Sumber serat yang tinggi

Cara Memanfaatkan Labu Kuning untuk Kesehatan :

Labu kuning bisa diolah sebagai menu sehat dan segar. Caranya cukup dengan direbus dan dijadikan sebagai bahan tambahan dalam es buah. Labu kuning juga sangat cocok untuk dijadikan kolak yang lezat.

Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan :

1. Membantu mengatasi masalah jerawat

Labu kuning mengandung vitamin C, E dan anti inflamasi yang bagus untuk menyembuhkan jerawat. Bagi anda yang mungkin sedang mengalami masalah jerawat membandel, mengalami peradangan dan iritasi, maka anda bisa mencoba manfaat labu kuning ini untuk meminimalisirnya.

2. Menangkal radikal bebas

Manfaat labu kuning untuk kecantikan lainnya adalah sebagai penangkal radikal bebas. Dengan demikian anda akan bebas dari masalah tanda-tanda penuaan dini yang dapat mengganggu penampilan anda. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tanda-tanda penuaan dini bisa dipicu oleh beberapa penyebab seperti paparan polusi, sinar UV, asap rokok dan lain-lain.Oleh sebab itu, kita disarankan untuk menambahkan waluh dalam rutinitas perawatan wajah kita untuk menjaga kecantikan kulit.

3. Membantu mencerahkan kulit

Selain sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas, waluh juga kaya akan kandungan enzim yang fungsinya sama seperti kandungan alpha-hydroxy. Kandungan tersebut sering kita jumpai dalam produk pencerah kulit. Enzim tersebut secara efektif bekerja mengangkat sel kulit mati sehingga mencegah bahaya kulit kusam. Selain itu, waluh juga mengandung vitamin A, C dan juga beta karoten yang bagus untuk menutrisi sekaligus memperbaiki jaringan kulit cantik kita.

4. Membantu meremajakan dan melembabkan kulit

Apakah anda mengalami masalah kulit kering? Atau sering timbul dry patches pada wajah anda? Hal ini tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Anda bisa mencoba manfaat labu kuning yang bisa dijadikan sebagai masker alami untuk membantu melembabkan sekaligus meremajakan kulit wajah. Kandungan antioksidan serta vitamin E di dalamnya sangat bagus untuk membuat kulit anda tetap lembab dan sehat sepanjang waktu.

5. Membantu mengontrol produksi minyak

Masalah minyak berlebih kerap dihadapi wanita Indonesia terutama yang memiliki banyak aktivitas di luar ruangan. Namun jangan khawatir. Bagi anda yang mungkin sedang mengalami masalah kulit berminyak maka anda bisa memanfaatkan labu kuning sebagai masker alami untuk mengurangi produksi minyak pada wajah. Anda bisa mencampurkan bahan alami lainnya seperti sari cuka apel agar hasil lebih memuaskan. Kandungan zinc dalam buah waluh sangat bagus untuk memaksimalkan pengurangan sebum dan menyerap kelebihan minyak pada kulit.

Cara Memanfaatkan Labu Kuning untuk Kecantikan :

Labu kuning bisa dimanfaatkan sebagai masker alami yang efektif untuk memaksimalkan kecantikan kita. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan terlebih dahulu yaitu labu kuning rebus 8 ons, Kacang almond 12 butir, Madu ¼ cangkir, Minyak zaitun 1/8 sendok teh.
  2. Setelah itu blender semua bahan sampai berbentuk pasta
  3. Jika sudah halus maka anda bisa mengaplikasikan masker waluh secara merata pada wajah dan diamkan hingga 5 menit.
  4. Bilas dengan menggunakan air hangat
  5. Anda bisa melakukan treatment ini seminggu sekali untuk mendapatkan kulit yang cerah, lembut dan sehat. Anda juga bisa mengkombinasikan labu kuning dengan bahan lain seperti cuka apel, telur, jeruk nipis dan lainnya. Bagi yang ingin mencampurkan dengan bahan alami lain sebaiknya pilih terlebih dahulu yang cocok dengan kulit anda.

Efek Samping Labu Kuning :

  • Disamping banyaknya manfaat yang diberikan oleh labu kuning, ternyata buah ini juga tidak bagus jika dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan lemak yang terdapat pada buah ini dapat menyebabkan gejala sakit perut bahkan disertai nyeri dan kram. Jika tidak segera dihentikan dan diatasi dapat memicu diare.
  • Buah ini juga menimbulkan reaksi alergi tertentu bagi sebagian orang. Gejala yang mungkin timbul akibat alergi setelah mengkonsumsi buah ini antara lain seperti gangguan pernapasan, gatal-gatal, batuk, kulit memerah, radang dan sebagainya.
  • Bagi ibu hamil dan juga yang sedang menyusui disarankan untuk menghindari konsumsi buah ini secara berlebih karena dikhawatirkan dapat mempengaruhi kondisi ibu dan juga bayi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Labu Siam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Oleh sebab itu, sangat diharapkan kita bisa mengkonsumsi buah ini secukupnya saja dan tidak berlebihan. Jika dirasakan timbul gejala atau efek samping yang mengganggu kondisi kesehatan anda setelah konsumsi buah ini, maka segera konsultasi ke dokter atau klinik terdekat.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top