Connect with us

32 Manfaat dan Khasiat Buah Loquat / Biwa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

32 Manfaat dan Khasiat Buah Loquat / Biwa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Loquat – Buah loquat, lokat atau biwa atau eriobotrya japonica merupakan suatu spesies buah dari tanaman berbunga yang termaduk dalam family rosaceae. Manfaat buah loquat untuk tubuh begitu besar, sehingga tak heran bila sampai sekarang dibudidayakan. Lokat adalah buah kuno yang tumbuh sejak 1000 tahun lalu di Jepang dan berasal dari area perbukitan dingin dari selatan sampai tengah Tiongkok. Loquat juga dikenal dengan nama prem Jepang, prem Tionghoa dan pipa di China.

Buah Biwa, Manfaat Buah Biwa, Khasiat Manfaat Loquat

Tumbuhan ini merupakan pohon hijau abadi atau perdu yang ditanam untuk diambil buahnya dan sebagai tumbuhan ornamental. Bentuk buahnya seperti pir, tapi agak lebih besar dari buah plum. Buahnya mempunyai warna kulit kuning, oranye dan terkadang berwarna merah. Sedangkan daging buah loquat berwarna putih, kuning, oranye dan bijinya berwarna coklat. Rasa buah biwa sendiri seperti kombinasi antara rasa mangga dan persik.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Loquat :

Khasiat buah loquat untuk kesehatan dan kecantikan itu, tak lepas dari kandungan gizi dan nutrisi loquat. Dengan mengetahui kandungan gizi, kamu bisa menggunakannya secara tepat, baik untuk peningkatan kesehatan maupun kecantikan kamu. Inilah kandungan gizi dan nutrisi lokat per 100 g :

  • Energi : 47kcal
  • Karbohidrat : 12.14g
  • Serat makanan : 1.7g
  • Lemak : 0.2g
  • Protein : 0.43g
  • Vitamin A : 76 μg
  • Tiamin : 0,019mg
  • Riboflavin : 0,024mg
  • Niacin : 0,18mg
  • Vitamin B6 : 0,1mg
  • Folat : 14 μg
  • Vitamin C : 1mg
  • Kalsium : 16mg
  • Zat besi : 0,28mg
  • Magnesium : 13mg
  • Mangan : 0,148mg
  • Potasium : 266 mg
  • Natrium : 1mg
  • Seng : 0,05 mg

Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan :

Berbagai macam zat terkandung di dalam buah lokat ini karena itulah manfaatnya sangat besar untuk tubuh. Kamu dapat mengambil manfaat loquat sebagai obat alami dalam pengobatan ataupun pencegahan suatu penyakit. Berikut ini khasiat loquat untuk kesehatan :

Loading...

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Lokat kaya akan vitamin C. Sehingga manfaat buah lokat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini bertindak sebagai antioksidan yang mampu menangkat kuman atau bakteri penyebab penyakit. Kalau sistem imun tubuh kuat, maka bisa melawan berbagai penyakit yang datang pada tubuh.

2. Mencegah gangguan pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu sistem penting dalam tubuh. Jika pencernaan bermasalah, maka bisa membuat tubuh lemah, kekurangan tenaga, sakit perut dan menimbulkan gangguan lainnya. Jika mengalami masalah pencernaan, gunakanlah khasiat buah lokat untuk menyelesaikannya. Diperkaya serat alami, lokat bisa mengontrol gerakan usus agar tetap normal dan menghindari peradangan pada usus.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa memicu munculnya penyakit jantung. Oleh karenanya, jika sudah mengalami gejala-gejala tekanan darah tinggi, segeralah untuk mengobatinya. Dengan mengambil manfaat lokat, kamu bisa menurunkan tekanan darah tinggi dan menstabilkan tekanan darah. Berkat mineral di dalamnya bisa meringankan tekanan pada pembuluh darah.

4. Mengurangi resiko terhadap penyakit kanker

Radikal bebas memiliki kontribusi besar dalam pertumbuhan dan pengembangan sel kanker pada tubuh. Sangat penting sekali membasmi radikal bebas dalam tubuh, kamu bisa melawannya dengan antioksidan. Nah, buah biwa ini mempunyai efek antioksidan tinggi. Sehingga, mengkonsumsi buah ini membuat kamu mendapatkan khasiat lokat sebagai pembasmi kanker. Harga buah biwa cukup mahal bisa mencapai 100 ribu/ kg, lebih baik kamu menanamnya sendiri agar lebih hemat.

5. Memperkuat tulang

Wanita yang sudah berumur rentan kehilangan kepadatan tulang. Itu sudah menjadi masalah umum pasca menopause. Buah Loquat dapat mengembalikan kepadatan yang hilang karena kandungan kaya akan mineral. Ahli gizi juga memuji manfaat buah biwa dalam hal ini. Jika ingin tulang padat sampai tua, gunakan buah ini. Supaya bisa kapan saja mendapatkannya, tanam saja loquat di halaman rumah. Harga bibit buah biwa mulai dari Rp 50 ribuan tergantung asal dan variannya.

Manfaat Buah Loquat untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menstabilkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes

7. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

8. Menjaga kesehatan jantung

9. Melancarkan peredaran darah dalam tubuh

10. Mencegah stroke dan membantu pengobatannya

11. Mencagah arteriosklerosis

12. Mengatasi dan mencegah masuk angin dan pilek

13. Meredakan stres

14. Meredakan rasa nyeri

15. Membantu pengobatan penyakit paru-paru

16. Mengobati batuk

17. Menenangkan tenggorokan

18. Mencegah dan meredakan gejala asma

19. Mengeluarkan lendir-lendir pada saluran pernapasan

20. Mendukung proses diet

21. Melindungi otak

22. Memberikan efek detoksifikasi

23. Meningkatkan penyerapan zat besi

24. Meningkatkan produksi sel darah merah

25. Mengatasi dan mencegah insomnia

26. Memberikan efek anti peradangan

27. Antivirus yang baik

28. Menjaga kesehatan gigi

29. Meningkatkan metabolisme tubuh

30. Menjaga kesehatan organ hati

31. Mencegah kerusakan pada mata

32. Memperbaiki jaringan dalam tubuh

Cara Mengolah Buah Loquat untuk Kesehatan :

Pemanfaatan buah lokat untuk kesehatan bisa dilakukan dengan cara memakan buah segarnya secara langsung. Atau juga bisa mengkonsumsi buah kering atau ekstraknya. Kamu juga bisa membuatnya sebagai jus atau salad. Ada beragam cara yang bisa kamu lakukan agar memperoleh manfaat lokat termasuk memasaknya menjadi selai.

Manfaat Buah Loquat untuk Kecantikan :

Selain memberikan manfaat besar bagi kesehatan, buah biwa juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Kamu bisa menjadikannya sebagai perawatan kecantikan alami tanpa efek samping yang mengkhawatirkan. Inilah khasiat buah biwa bagi kecantikan :

1. Mencerahkan kulit

Sebagai buah yang kaya akan vitamin C, membuat biwa bisa mencerahkan warna kulit. Kamu bisa mendapatkan manfaat biwa dengan cara mengkonsumsinya atau membuatnya sebagai masker, lalu diterapkan pada kulit. Penggunaan secara rutin akan mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat kulit kusam dan akhirnya kulit menjadi lebih bersih nan cerah.

2. Menghambat penuaan dini

Vitamin C dalam buah biwa merupakan antioksidan yang efektif menangkal radikal bebas. Radikal bebas merupakan agen penyebab penuaan.

3. Melembabkan kulit

Kandungan vitamin A dalam lokat juga bisa berguna dalam meningkatkan kelembaban kulit. Jika kulit selalu lembab, maka menjadi lebih sehat dan penampilanpun menjadi lebih percaya dari. Dapatkan khasiat biwa dengan perawatan dalam yakni mengkonsumsinya secara rutin atau perawatan luar melalui penerapan masker buah ini.

4. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A dan C dapat bertindak sebagai antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan seluruh tubuh termasuk kulit kepala. Kedua vitamin ini dapat membuat rambut dan kulit kepala sehat bila digunakan secara rutin.

5. Mencegah munculnya jerawat

Radikal bebas juga bisa disebabkan oleh radikal bebas dan kotoran yang menempel pada wajah. Nah, loquat ini dapat melawannya. Jadi, kamu bisa mencegah jerawat serta masalah wajah lainnya menggunakan buah alami yang rasanya asam manis ini.

Cara Memanfaatkan Buah Loquat untuk Kecantikan :

Buah biwa bisa anda dapatkan khasiatnya untuk meningkatkan kecantikan, melalui pembuatan masker. Haluskan buah biwa secukupnya, kemudian terapkan pada area wajah atau kulit yang ingin anda obati. Diamkan beberapa menit supaya nutrisinya meresap, lalu bilas menggunakan air bersih. Kalau ingin menutup pori-pori besar, lanjutkan perawatan wajah menggunakan es batu secara rutin.

Efek Samping Buah Loquat/ Biwa :

Pengonsumsian buah lokat dalam jumlah tinggi bisa menimbulkan dampak buruk atau efek samping bagi tubuh. Maka, kamu harus memperhatikan penggunaan buah ini. Jangan terlalu berlebihan dan lebih baik konsultasi pada dokter untuk pengobatan penyakit tertentu. Sehingga, manfaat buah loquat yang didapatkan bisa lebih maksimal dan terhindar dari efek samping itu. Berikut adalah efek samping buah lokat :

  • Kelemahan tubuh
  • Menimbulkan rasa nyeri
  • Ruam merah
  • Mulut bengkak
  • Gatal
  • Pusing
  • Keguguran bagi ibu hamil

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik konsultasikan penggunaannya pada dokter, terutama bagi kamu dengan kondisi kesehatan tertentu. Dengan mengetahui manfaat dan khasiat loquat bagi kesehatan, kecantikan serta efek samping, dapat menambah pengetahuan dalam penggunaan bahan-bahan alami.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top