Categories: Buah

43 Manfaat Belimbing untuk Obat, Wajah, Mata, Diet, dan Ibu Hamil

Manfaat Belimbing – Belimbing adalah buah dengan bentuk yang khas berasal dari Indonesia, Sri Langka dan India. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007. Buah belimbing warnanya kuning ke hijauan. Ketika baru tumbuh, buahnya masih berwarna hijau. Biji buah ini kecil dan berwarna coklat. Buah belimbing renyah saat dimakan, rasanya manis dan agak sedikit asam. Buah ini banyak mengandung vitamin C.

Salah satu jenis dari belimbing yaitu belimbing wuluh yang sering digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberi rasa asam pada masakan. Tak seperti tanaman tropis pada umumnya, pohon belimbing tidak terlalu memerlukan sinar matahari. Penyebarannya pun sangat luas, karena benih buah ini disebarkan oleh kelelawar. Salah satu wilayah yang dikenal dengan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Jenis yang berasal dari Demak terkenal besar ukurannya, warnaya kuning cerah dan rasanya juga manis.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Belimbing

Di dalam 100 gram Buah Belimbing dengan jumlah yang bisa dimakan sebanyak 86 % memiliki kandungan energi sebesar 36 kkal, protein 0,4 gram, lemak 0,4 gram, karbohidrat 8,8 gram, zat besi 1 miligram, kalsium 4 miligram, dan 12 miligram. Tak hanya itu, di dalam buah Belimbing juga terdapat kandungan vitamin C 35 miligram, vitamin A sebanyak 170 IU dan vitamin B1 0,03 miligram.

Manfaat Belimbing untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Kandungan kalium, zat besi, fosfor dan seng pada buah belimbing berfungsi untuk membantu mengontrol detak jantung serta mengontrol tekanan darah pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah ini baik di jus maupun secara langsung bisa menekan penyakit hipertensi.

2. Mengurangi kadar kolesterol

Zat patin yang terkandung di dalam buah belimbing bermanfaat untuk mengurangi serta mengontrol kadar kolesterol pada darah. Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengkonsumsi buah belimbing untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Mengatasi gangguan ginjal

Pada buah belimbing terkandung zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi gangguan ginjal.

Manfaat Belimbing untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mencegah kanker

5. Menjaga Kesehatan pencernaan

6. Mencegah Penuaan Dini

7. Membantu dan menjaga kesehatan rambut

8. Menjadikan rambut lebih kuat

9. Mencegah jerawat

10. Menjaga kesehatan mata

11. Menghaluskan kulit

Manfaat Belimbing untuk Wajah

1. Menyegarkan Kulit Wajah

Karena kandungan air yang tinggi, buah belimbing bisa menghidrasi kulit sehingga menjadikan kulit akan tetap lembab dan tidak mudah kering ataupun mengelupas. Dengan begitu kulit akan tetap segar dan lebih cerah secara alami.

2. Mengurangi Produksi Minyak Wajah

Manfaat lain untuk menghidrasi kulit dari belimbing yaitu dengan menggunakannya sebagai masker belimbing sehingga membuat wajah akan mengurangi produksi minyak berlebih.

3. Mengatasi Jerawat Pada Wajah

Buah belimbing memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk membersihkan dan mengurangi radang yang disebabkan oleh jerawat.

Manfaat Belimbing untuk Wajah Lainnya

4. Menghaluskan Kulit

5. Mencerahkan Kulit Wajah

6. Mengecilkan Pori-Pori Wajah

7. Mengangkat Sel Kulit Mati

8. Menyamarkan Flek Hitam Bekas Jerawat

9. Membuat Kulit Wajah Lebih Kenyal

10. Menunda Penuaan Dini

Manfaat Belimbing untuk Mata

1. Mengobati sakit mata

Buah belimbing juga telah dipakai untuk mengobati sakit mata. Jika Anda juga sedang mencari kandungan magnesium dalam diet Anda, maka mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin B6 bersama dengan buah belimbing akan sangat baik dampaknya.

2. Manfaat Buah Belimbing Untuk Mata Berkabut

Buah belimbing ini mempunyai kandungan senyawa beta karoten yang berfungsi untuk menjaga serta merawat mata, hal ini karena betakaroten pada buah belimbing bisa diubah menjadi retinol serta vitamin A yang secara tidak langsung sangat bagus untuk memperbaiki penglihatan yang menurun sekaligus menjaga kesehatan mata Anda.

3. Khasiat Belimbing Manis Untuk Mata Kabur

Mata kabur juga bisa diobati dengan belimbing manis, apab tiba-tiba ketajaman mata Anda berkurang dari pandangan serta menjadi kabur dalam beberapa waktu terakhir, Anda tidak perlu bingung. Manfaatkan belimbing manis, dengan memarut serta dicampur dengan sedikit air, kemudian saring hingga halus lalu minum sebanyak satu gelas setiap hari menjelang tidur. Lakukan cara ini dengan rutin supaya mata kabur menjadi normal.

Manfaat Belimbing untuk Mata Lainnya

4. Mengatasi pandangan kabur

Manfaat Belimbing untuk Diet

1. Memiliki Kandungan Serat Tinggi

Buah belimbing memiliki kandungan serat yang tinggi. Selain bermanfaat untuk mengenyangkan, serat juga sangat penting dalam kelancaran sistem pencernaan.

2. Menyerap Kadar Glukosa dalam Tubuh

Buah belimbing berfungsi untuk menyerap serta mengikat sisa-sisa glukosa dalam tubuh dan kemudian mengeluarkannya melalui saluran pencernaan.

3. Sebagai Menu Diet yang Aman

Dengan melakukan program diet menggunakan menu buah belimbing Anda tidak perlu khawatir. Karena kandungan lendir yang ada didalam lapisan mukosa gastrointestinal berfungsi untuk mengatasi permasalahan yang muncul apabila dalam saat tertentu terjadi indikasi kerusakan organ pencernaan akibat dari gastritis.

Manfaat Belimbing untuk Diet Lainnya

4. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

5. Memiliki Zat Antioksidan

6. Kaya Vitamin C

7. Mengatasi Gangguan Pencernaan

8. Rendah Kalori

Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil

1. Buah belimbing kaya kandungan nutrisi

Nutrisi sangat baik untuk pengaruh baik pula untuk kehamilan Anda. Dengan begitu, mengonsumsi belimbing bagi ihu hamil sangatlah dianjurkan

2. Mengatasi infeksi pada mulut, flu

Beberapa infeksi disembuhkan disembuhkan dengan meminum jus belimbing. Kandungan asam folat serta mineral yang terdapat di dalam belimbing bisa menjaga stamina dan kebutuhan energi ibu hamil.

3. Menjaga sistem imun tubuh.

Belimbing mengandung antioksidan yang bisa melawan penyakit dan infeksi. Tidak hanya itu, vitamin C yang terdapat pada belimbing bisa menghindarkan diri dari serangan radikal bebas.

Manfaat Belimbing untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Belimbing mempunyai komposisi potassium yang tinggi.

5. Menjadi menu diet untuk ibu hamil.

6. Melancarkan sistem pencernaan ibu hamil.

7. Kandungan karbohidrat, asam organik, vitamin, komponen karoten, mineral, serta nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi di dalam kandungan.

Efek Samping Belimbing

Terlalu banyak mengkonsumsi belimbing juga akan menimbulkan efek samping seperti berikut ini :

  1. Orang yang memiliki masalah pada ginjalnya harus menghindari konsumsi buah belimbing karena mengandung asam oxalat.
  2. Jus yang dibuat dari belimbing justru lebih berbahaya karena konsentrasi asamnya menjadi lebih tinggi.
  3. Orang yang mempunyai kolesterol tinggi atau penderita diabetes juga harus menjauhi buah belimbing, karena kandungan gulanya yang begitu tinggi.

Belimbing sama dengan jeruk, yaitu yang telah diketahui bisa bereaksi negatif dengan banyak obat. Mengkonsumsi belimbing bersama obat tertentu bisa menyebabkan tingkat efek samping atau toksisitas. Maka dari itu, kami sangat menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan ahli medis sebelum mengkonsumsi belimbing bersama dengan obat farmasi.

Share
Tags: Belimbing

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago