Connect with us

43 Manfaat Buah Plum untuk Pengobatan, Bayi dan Diet

Buah

43 Manfaat Buah Plum untuk Pengobatan, Bayi dan Diet

Manfaat Buah Plum – Buah plum merupakan salah satu jenis buah yang mungkin masih terdengar asing di telinga para masyarakat Indonesia. Padahal, buah ini memiliki banyak manfaat yang tak kalah hebatnya dengan beberapa jenis buah lainnya.. Fakta menunjukkan bahwa jenis buah yang masih satu famili dengan kacang dan ceri ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem

Buah plum masuk dalam famili Rosaceae genus Prunus dan meliputi aprikot, persik dan nektarin. Buah yang satu ini memiliki berbagai variasi bentuk dan makna, lebih dari dua ribu varietas. Buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi ini menjadikannya banyak dicari masyarakat untuk diambil manfaatnya. Buah ini juga dikenal dengan istilah buah prem.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Plum :

  • Flavanoid
  • Mineral
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin K
  • Magnesium
  • Zat besi
  • Serat
  • Kalium
  • Fenol

Manfaat Buah Plum untuk Pengobatan Penyakit :

1. Membantu mengobati obesitas

Beberapa riset menunjukkan bahwa manfaat dari buah prem merah untuk menurunkan berat badan sangat bagus karena mampu melawan sindrom metabolisme akibat senyawa bioaktif. Ekstraksi buah prem merupakan rahasia pengobatan berat badan berlebih serta komplikasi lain yang erat kaitannya dengan masalah obesitas.

Kandungan fenol dan flavonoid yang terdapat di dalam buah plum ini mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh penderita obesitas. Oleh sebab itu, bagi anda yang merasa kelebihan kolesterol dan juga berat badan maka buah sehat yang satu ini disarankan untuk anda konsumsi secara rutin setiap hari.

Loading...

2. Mengontrol diabetes

Meskipun memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, buah prem ini tidak memberikan efek peningkatan kadar gula darah setelah dikonsumsi. Hal ini karena buah plum memiliki khasiat penting yakni dapat meningkatkan kadar adiponektin, hormon yang berperan penting untuk mengatur kadar gula darah di dalam tubuh.

Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam buah ini memberikan efek protektif terhadap resistensi insulin serta membantu menambah sensitivitas insulin di dalam tubuh. Selain itu, buah plum juga mengandung fiber yang bermanfaat untuk menganggulangi diabetes secara efektif. Fiber ini berfungsi menghambat penyerapan karbohidrat setelah mengkonsumsi makanan dan mengakibatkan gula darah menambah secara perlahan.

3. Menjaga kadar gula darah

Berbagai riset menunjukkan bahwa buah prem memiliki khasiat untuk membantu menurunkan kadar gula darah serta kolesterol yang merupakan penyebab utama dari resiko serangan jantung. Dalam sebuah penelitian dinyatakan subjek rutin mengkonsumsi jus buah prem serta 2-3 buah prem setiap pagi dalam kurun waktu 8 minggu.

Subjek tersebut kemudian diteliti dan dibandingkan dengan subjek lain yang hanya mengkonsumsi segelas air putih saat perut dalam keadaan kosong. Penelitian ini memberikan jawaban bahwa subjek yang mengkonsumsi jus buah prem setiap harinya memiliki kadar gula darah dengan tingkatan yang rendah serta kolesterol yang rendah pula.

Manfaat Buah Plum untuk Pengobatan Penyakit Lainnya :

4. Mencegah resiko osteoporosis

5. Membantu menjaga kesehatan tulang

6. Menjaga sistem pencernaan

7. Membantu meningkatkan kemampuan kognitif

8. Menjaga daya tahan tubuh

9. Melancarkan sistem peredaran darah

10. Menjaga keseimbangan elektrolit tubuh

11. Membantu menyerap zat besi

12. Membantu menjaga kondisi kulit

13. Mampu menangkal radikal bebas

14. Meningkatkan perkembangan janin

15. Mencegah influenza

16. Menjaga kesehatan psikologis

17. Membantu kelancaran fungsi sitem saraf

18. Baik untuk jantung

19. Obat alami anemia

20. Mengatasi kecemasan

21. Sebagai obat flu alami

22. Melawan sel kanker

23. Menjaga keseimbangan asam basa dalam tubuh

24. Mempercepat proses pembekuan darah

Manfaat Buah Plum untuk Bayi :

1. Membantu menyehatkan sistem pencernaan

Buah prem memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan zat tersebut sangat berperan penting untuk membantu meningkatkan sistem pencernaan. Ibu yang sedang mengandung cukup rentan untuk mengalami gangguan kesehatan pencernaan. Oleh sebab itu, disarankan bagi anda yang sedang mengandung untuk mengkonsumsi buah prem sesuai dengan dosis yang dianjurkan untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Menyehatkan tulang

Meminum jus plum secara teratur saat sedang mengandung bermanfaat untuk membantu mempercepat pertumbuhan tulang pada janin yang ada di dalam kandungan. Hal ini karena buah prem mengandung kalsium yang cukup tinggi dan bagus untuk perkembangan tulang.

3. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Sistem imun dalam tubuh yang kuat sangat dibutuhkan bagi ibu yang sedang mengandung. Buah prem memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil usahakan untuk mengkonsumsi buah sehat yang satu ini.

Manfaat Buah Plum untuk Bayi Lainnya :

4. Mencegah radikal bebas

5. Kaya akan asam folat serta kaya vitamin

6. Menghindarkan dari sembelit

Manfaat Buah Plum untuk Diet :

1. Memiliki kandungan serat yang cukup tinggi

Buah plum dapat dijadikan sebagai salah satu menu sarapan bagi anda yang mendambakan tubuh langsing dan ideal. Memilih menu sarapan yang berat tentu sangat tidak bagus untuk berat badan anda.  Dengan mengkonsumsi buah plum maka perut kita akan mudah merasa kenyang dan nutrisi dalam tubuh pun bisa terpenuhi.

Buah prem juga memiliki kandungan kalori yang rendah dibandingkan dengan menu sarapan yang lain seperti nasi atau telur. Diketahui bahwa dalam setiap porsi buah plum hitam memiliki akndungan serat sebanyak 1.5 gram. Selain itu, kandungan karbohidrat di dalam buah plum mampu menjadi sumber energi tubuh pada pagi hari. Jadi, anda tidak perlu merasa khawatir akan merasa lemas karena hanya mengkonsumsi buah saat sarapan.

2. Rendah karbohidrat

Buah prem mengandung karbohidrat yang bermanfaat sebagai cadangan energi bagi tubuh. Namun, jumlah kandungan karbohidrat tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan buah pisang yang mengandung 15 gr karbohidrat. Buah prem mengandung 7.5 gr karbohidrat dan bagus untuk dikonsumsi saat anda sedang menjalani program diet.

3. Rendah lemak

Buah prem memiliki kandungan lemak yang rendah pada setiap butirnya. Kandungan lemak yang ada dalam sebutir buah plum adalah 0.2 gr. Bahkan buah prem ini hampir tidak mengandung lemak jenuh yang disinyalir dapat mengakibatkan penyakit kolesterol dan kardiovaskular.

Manfaat Buah Plum untuk Diet Lainnya :

4. Rendah gula

5. Memiliki kandungan vitamin C tinggi

6. Rendah kalori

7. Berfungsi sebagai antioksidan

Efek Samping Buah Plum :

  • Dapat menyebabkan kerusakan neuropati
  • Menyebabkan diare
  • Mampu menambah berat badan
  • Menyebabkan gas usus dan kembung
  • Mengakibatkan ketergantungan laksatif
  • Menyebabkan feses gelap

Setelah ditelaah dengan lebih mendalam, buah plum ternyata memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun sayangnya keberadaan buah ini di Indonesia masih tergolong langka. Untuk bisa menikmatinya secara teratur masih banyak kendala. Meskipun ada, mungkin harganya pun juga cukup menguras isi kantong. Namun melihat manfaat dan khasiat dari buah plum ini bagi kesehatan, nampaknya harga tersebut bukan menjadi masalah.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Ibu Hamil

Selain bermanfaat untuk menyehatkan tubuh dari berbagai penyakit, buah plum juga bermanfaat untuk perkembangan janin dan cocok sebagai salah satu menu sehat saat sedang diet. Selain dikonsumsi dengan porsi yang pas, sebaiknya jangan lupa untuk menjalani gaya hidup sehat untuk mendapatkan khasiat terbaik.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top