Connect with us

23 Manfaat Daging Kelapa Muda Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Ibu Hamil

Buah

23 Manfaat Daging Kelapa Muda Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Daging Kelapa Muda – Daging Kelapa Muda, Pohon kelapa memiliki nama latin cocos nucifera. Pohon tinggi ini sering kita temui di sekitaran daerah pantai. Seluruh komponen pohon ini dapat kita manfaatkan, dimulai dari pohon, daun , air kelapa, daging kelapa dll, seperti halnya air kelapa muda, ternyata daging kelapa muda juga memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Pada pembahasan kali ini kita akan mengupas manfaat dari daging kelapa muda.

Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda

Untuk daging kelapa sendiri, baik itu daging kelapa muda atau daging kelapa tua juga mengandung nutrisi yang bermanfaat. Seperti halnya yang sering kita manfaatkan yaitu daging kelapa tua, yang digunakan untuk diambil santannya sebagai bahan masakan. Sedangkan untuk daging kelapa muda dapat kita manfaatkan sebagai bahan pokok pembuatan minuman, daging kelapa muda memiliki rasa yang manis dan lembut di lidah.

Buah kelapa muda selain bernilai ekonomi tinggi, daging buahnya memiliki komposisi gizi yang cukup baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan zat gizi tersebut beragam sesuai dengan tingkat kematangan buah. Sebelum kita kupas beberapa manfaat dari daging kelapa, kita wajib mengetahui cara-cara pemilihan kelapa dengan kualitas baik, agar kelapa yang kita konsumsi bernutrisi dan gizi yang baik bagi tubuh kita.

Kandungan Daging Kelapa Muda

1. Kadar air 80 %
2. Lemak diatas 5%
3. Kandungan asam lemak omega 9 dan omega 6
4. Vitamin B
5. Serat
6. Lemak jenuh
7. Zat antioksidan

Loading...

Manfaat Daging Kelapa Untuk Kesehatan

1. Mencegah penyakit anemia.

Berkurangnya hemoglobin di dalam sel darah merah atau dapat kita sebut sebagai anemia, memiliki tanda-tanda seperti : mudah merasa lelah dan tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, sering merasa pusing, dan terlihat pucat dari biasanya. Biasanya banyak orang panik dalam menghadapi penyakit satu ini, periksakanlah ke dokter untuk mengetahui lebih pasti. Akan tetapi selain itu untuk pengobatan anemia secara alami anda dapat mengkonsumsi daging dari kelapa muda. Hal ini disebabkan karena daging dari buah tersebut mengandung vitamin B yang baik untuk meningkatkan produksi sel darah merah dan meningkatkan kadar hemoglobin di dalam darah.

2. Melancarkan sistema pencernaan

Sesuai dengan kandungan yang terdapat pada daging kelapa, daging buah ini mengandung serat berjumlah sekitar 20%. Dalam melancarkan sistem pencernaan diperlukan serat. Serat berguna dalam membantu melancarkan pencernaan. Sistem pencernaan yang sehat ditandai dengan lancarnya buang air besar. Sistem pencernaan sehat berfungsi untuk memudahkan penyerapan nutrisi yang masuk melalui makanan, makanan yang masuk tersebut akan diserap melalui usus halus kemudian diedarkan melalui darah.

3. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang ada didalam tubuh memiliki fungsi untuk membantu pertumbuhan jaringan syaraf dan otak. Selain berasal dari tubuh kolesterol juga berasal dari makanan seperti kuning telur, jeroan, dan daging. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan kadar kolesterol, karena kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai macam komplikasi bagi tubuh, diantaranya adalah penyakit jantung.

Pola makan dan pola hidup yang kurang sehat akan memicu timbulnya penyakit satu ini, untuk penyembuhannya banyak alternatif pengobatan yang ditawarkan. Anda dapat menggunakan pengobatan alami dengan mengambil manfaat dari daging buah kelapa muda dan mengkonsumsi nya secara teratur. Hal ini disebabkan karena daging buah ini mengandung lemak jenuh yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dari dalam tubuh.

Manfaat Daging Kelapa Untuk Kesehatan Lainnya

4. Meningkatkan metabolisme tubuh
5. Menambah energi
6. Mengobati perut kembung
7. Pemecahan lemak

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Diet

1. Mengurangi lapar

Selain dari meningkatkan metabolisme dalam tubuh kita, daging dari buah kelapa ini juga dapat mengurangi lapar bagi anda yang sering merasakan hal tersebut dan ingin mencoba mengatasinya. Kelapa yang diolah menjadi minyak dapat mengurangi lapar dengan efektif dari pada jenis minyak yang lainnya. Dengan begitu asupan kalori yang diterima tubuh tidak terlalu banyak.

2. Sumber serat balik

Pada perbandingan antara serat yang terkandung dalam daging buah kelapa dengan serat yang terkandung dalam gandum, ternyata lebih banyak serat yang terdapat pada daging buah kelapa.

3. Mengatasi dehidrasi saat diet

Saat diet ada beberapa tipe dalam diet seperti tipe diet juicing atau diet jus yang dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Hal ini terjadi karena tipe diet tersebut menghilangkan berat air pada tubuh. Akan tetapi ada alternatif diet secara alami dan sehat dengan mengkonsumsi daging dan air dari buah kelapa muda dengan takaran yang cukup.

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Diet Lainnya

4. Mencegah penyakit jantung yang disebabkan oleh diet.
5. Mengatasi rasa lemas selama diet
6. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil

1. Mencegah sembelit

Mengkonsumsi daging dan air kelapa muda dapat membantu mencegah sembelit, karena daging dari buah kelapa ini memiliki fungsi sebagai laksatif.

2. Meningkatkan produksi ASI

Bagi anda ibu hamil yang sedang resah terhadap produksi ASI pada payudara anda, ada solusi alami yang aman dan lebih mudah dilakukan yaitu dengan mengkonsumsi daging buah kelapa muda dengan rutin saat hamil, maka akan meningkatkan produksi ASI setelah anda melahirkan.

3. Sebagai antivirus

Dengan memakan daging dari buah kelapa muda akan membantu tubuh sebagai anti virus, anti bakteri dan anti parasit yang dapat melindungi bayi dari berbagai penyakit.

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Melancarkan sirkulasi darah
5. Membuat tidur lebih nyenyak
6. Membantu pencernaan

Manfaat Daging Kelapa Muda Untuk Anak Dan Bayi

1. Mengatasi sembelit
2. Melawan kuman penyakit
3. Mengobati muntah- muntah
4. Perawatan infeksi saluran kemih

Efek Samping Daging Kelapa Muda

1. Alergi bagi yang menderita hal tersebut.
2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh akan meningkatkan kalori ekstra dalam tubuh.
3. Terjadi gangguan pada perut bila mengkonsumsi secara berlebih.

Telah kita kupas berbagai manfaat yang harus kita ketahui dari salah satu komponen kelapa yaitu daging dari buah kelapa muda. Daging dari buah ini memiliki rasa yang enak dan tentunya juga sehat. Jadi tidak ada salahnya jika anda yang ingin memanfaatkan daging buah ini sebagai salah satu alternatif pengobatan. Namun pemberian daging buah pun harus diperhatikan, karena tidak semua jenis daging buah dapat diberikan. Seperti halnya pemberian daging buah ini pada bayi, bayi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging kelapa tua meski sudah dihancurkan karena pencernaan yang belum kuat.

Meskipun daging buah ini sangat memiliki banyak manfaat, akan tetapi kita tetap harus mengatur pola dalam mengkonsumsi daging buah ini. Dianjurkan untuk mengkonsumsi secara rutin dengan takaran yang cukup. Tidak dianjurkan mengkonsumsi secara rutin dan berlebihan, karena dapat menimbulkan efek samping yang merugikan bagi tubuh anda.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top