Connect with us

32 Manfaat Kelapa untuk Pengobatan, Wajah, Kulit dan Rambut

Buah

32 Manfaat Kelapa untuk Pengobatan, Wajah, Kulit dan Rambut

Manfaat Buah Kelapa – Kelapa merupakan salah satu buah yang banyak dimanfaatkan oleh manusia hampir seluruh bagian dari buahnya. Bagaimana tidak? rasanya yang sangat segar membuat kita ketagihan untuk terus ingin merasakannya. Pohon buah kelapa ini diperkirakan berasal dari pesisir Samudera Hindia di sisi Asia, tapi saat ini telah menyebar luas di semua pantai tropika yang ada di dunia.

Kelapa, Buah Kelapa, Kelapa Hidau, Daging Kelapa, Air Kelapa, Pohon Kelapa, Kelapa Muda, Kelapa Tua

Selain rasanya yang segar, kelapa juga dikenal mempunyai beragam manfaat serta banyak kegunaannya. Baik itu dari kulitnya, air yang segarnya, hingga daging kelapa nya yang mampu dimanfaatkan untuk beragam hal yang bermanfaat.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kelapa

  • Energi 36,04 kcal
  • Protein  0,53gr
  • Lemak 0,48 gr
  • Karbohidrat 7,42 gr
  • Vit.C 2,12 mg
  • Kalsium 3,71 mg
  • Zat Besi 0,53 mg
  • Fosfor 15,9 mg
  • Air 44,15 gr
  • Mineral 0,42 gr

Manfaat Kelapa untuk Pengobatan Penyakit

1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Berat badan yang berlebih tentu saja menjadi masalah yang cukup berat bagi sebagian orang. Demi mendapatkan tubuh yang ideal mereka melakukan apa saja agar berat badan turun dan mendapatkan tubuh yang mereka inginkan. Nah, bagi anda yang ingin menurunkan berat badan bisa mencoba mengkonsumsi daging kelapa.

Karena daging kelapa mampu untuk memecahkan lemak pada tubuh anda. Itu disebabkan karena daging buah tersebut kaya akan serat yang baik untuk menurunkan berat badan anda. Selain itu, daging kelapa juga mampu untuk melancarkan sistem pencernaan pada tubuh anda.

Loading...

2. Membuang Racun pada Tubuh

Racun merupakan zat padat, gas, atau cair yang mampu mengganggu suatu proses pada sel suatu organisme. Terkadang racun yang ada pada tubuh mampu untuk menimbulkan beberapa penyakit seperti kenaikan berat badan, perut kembung,atau pun kesehatan yang tidak baik.

Nah, untuk menghilangkan racun pada tubuh alangkah baiknya anda mengkomsumsi daging buah kelapa. Itu disebabkan karena pada daging buah obat tersebut mempunyai zat anti oksidan yang mampu membasmi racun yang ada pada tubuh anda.

3. Memperbaiki Metabolisme pada Tubuh

Ketika proses metabolisme pada tubuh anda tidak berjalan sempurna, maka kesehatan organ pada tubuh anda yang akan menjadi resikonya. Nah, daging kelapa mampu untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh anda sehingga akan berjalan baik. Oleh karena itu, daging kelapa mampu untuk membuat organ tubuh anda menjadi berfungsi dengan baik.

Manfaat Kelapa untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Membantu Membangkitkan Energi

5. Mampu Membantu Menurunkan Kolestrol

6. Mampu Mengatasi Dehidrasi

7. Lebih Menguatkan Sistem Imun

8. Mampu Mengurangi adanya Peradangan

9. Mengurangi adanya Luka pada Permukaan Lambung

10. Melawan Radikal Bebas yang Merusak Sel-Sel

11. Mengatasi Beragam Penyakit

12. Menghindari dari Resiko Gangguan Jantung

13. Membantu Sistem Pencernaan saat Buang Air

14. Meningkatkan Vitalitas Pria.

Manfaat Kelapa untuk Wajah

1. Menjauhkan dari Penuaan Dini

Tentu saja hampir semua orang ingin menjauhkan wajahnya dari masalah penuaan dini. Karena masalah tersebut mampu menjadikan beberapa tahun lebih tua dibanding umur yang sebenarnya. Namun tidak usah khawatir, karena dengan mengkomsumsi air buah kelapa anda mampu mencegah dari penuaan dini.

Itu disebabkan karena air kelapa mengandung asam laurat dan sitokin yang mampu berguna untuk memproses pertumbuhan dan regulasi pada sel-sel tubuh.

2. Mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah

Kondisi bibir yang kering atau pecah-pecah menandakan bahwa bibir anda kurang lembab. Jika anda memiliki bibir yang sehat tentu saja itu akan lebih membuat menarik tampilan pada wajah anda, berbeda jika bibir anda kering dan pecah-pecah. Biasanya ini disebabkan karena lingkungan seperti cuaca di tempat anda atau pun suhu pada ruangan.

Nah, untuk mengatasinya anda bisa menggunakan minyak kelapa yang memiliki kandungan alami. Karena minyak kelapa memiliki efek anti jamur yang mampu melembabkan kulit kering anda. Untuk penggunaanya pun sangat mudah, cukup oleskan pada bibir anda saja.

3. Mengatasi dari Jerawat

Mengatasi dari jerawat merupakan salah satu manfaat dari air kelapa juga. Teman-teman bisa mencobanya ke wajah saat sebelum beranjak tidur. Karena khasiat air kelapa merupakan salah satu cara yang mampu menghilangkan jerawat secara cepat dan alami. Untuk penggunaanya cukup siapkan 1 gelas air kelapa, lalu campurkan dengan 3 sendok makan bubuk kunyit yang telah anda parut. Lalu diamkanlah di kulkas selama semalam.

Nah, setelah itu anda saring kunyit dengan kain. Lalu anda tinggal oleskan ke permukaan kulit deh. Biarkan selama 20 menit dan bilas wajah dengan menggunakan air yang bersih.

Manfaat Kelapa untuk Wajah Lainnya

4. Menghilangkan Bintik atau Bercak Hitam

Manfaat Kelapa untuk Kulit

1. Mampu Membuat Kulit Halus dan Bercahaya

Bagi anda yang sering terkena sinar matahari maa wajib untuk mencoba perawatan menggunakan air kelapa. Karena jika anda mencuci wajah menggunakan air kelapa, itu mampu untuk menjaga serta mencerahkan kulit. Untuk penggunaanya cukup siapkan buah mentimun secukupnya, lalu haluskan menggunakan blender dan tambahkan satu setengah cangkir air kelapa.

Nah, setelah itu anda tinggal oleskan saja pada kulit secara merata, dan biarkan selama setengah jam. Jika sudah, maka tinggal anda bilas menggunakan air bersih.

2. Membantu Membersihkan Pori-Pori pada Kulit

Selain membuat kulis halus dan bercahaya, ternyata air kelapa juga mampu bermanfaat untuk membantu membersihkan pori-pori pada kulit kita yang kotor, baik itu disebabkan polusi, udara, ataupun debu di jalanan. Untuk penggunaannya pun cukup anda basahi kapas menggunakan air kelapa lalu bersihkanlah muka anda secara rutin tiap hari.

3. Mengatasi Kulit yang Kering

Mengatasi kulit yang kering merupakan salah satu manfaat dari air kelapa. Karena dengan itu, mampu membuat kulit anda menjadi lembab kembali. Untuk penggunaanya cukup celupkan ke dalam air kelapa lalu oleskan ke wajah secara merata ya.

Setelah sekitar setengah jam, bersihkan menggunakan air. Diharapkan untuk melakukan hal ini secara rutin ya supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Manfaat Kelapa untuk Kulit Lainnya

4. Mampu Melembabkan Kulit

5. Me-minimalkan penuaan pada kulit

Manfaat Kelapa untuk Rambut

1. Mengatasi Rambut yang Kering

Untuk mengatasi rambut yang kering anda cukup mengoleskan minyak kelapa alami dan mengoleskannya pada bagian rambut yang memang menurut anda kering. Setelah itu, diamkan selama sekitar setengah jam dan bilas menggunakan air bersih.

2. Membuat Rambut menjadi Lembut

Untuk membuat rambut anda menjadi lembut merupakan salah satu manfaat dari minyak kelapa juga. Untuk penggunaanya cukup oleskan pada seluruh rambut dan diamkan selama kurang lebih setengah jam. Lalu, silahkan anda bilas menggunakan air yang bersih.

3. Mengatasi Rambut yang Selalu Kusut

Nah, untuk mengatasi rambut yang selalu kusut anda bisa mencoba menggunakan santan kelapa. Untuk penggunaanya cukup anda oleskan santan pada rambut anda. Setelah di diamkan selama kurang lebih sepuluh menit maka tinggal bilas menggunakan air bersih.

Manfaat Kelapa untuk Rambut Lainnya

4. Menghilangkan gatal dan ketombe

Efek Samping dan Bahaya Mengonsumsi Kelapa Berlebihan

Memang, pada umumnya air kelapa memiliki segudang manfaat yang berguna bagi kesehatan dan tubuh. Namun ternyata, kelapa juga memiliki beberapa efek samping yang mungkin harus anda ketahui.

  1. Meningkatkan Kalori
  2. Tidak direkomendasikan untuk orang yang sering terkena alergi
  3. Memiliki kandungan diuretik alami
  4. Menyebabkan ketidak seimbangan elektrolit
  5. Meningkatkan kadar gula darah

Baca Juga: Manfaat Kopi Untuk Pengobatan Penyakit, Wajah, Kulit, Rambut dan Ibu Hamil

Ya walaupun kelapa memiliki banyak sekali khasiat, ternyata masih ada saja efek samping yang dimilikinya dan itu memang harus kita ketahui. Dan air buah kelapa akan bermanfaat jika diminum disaat yang tepat, begitu juga sebaliknya jika diminum dalam kondisi tidak tepat maka akan menimbulkan efek samping.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top