Connect with us

54 Manfaat Kopi Untuk Pengobatan Penyakit, Wajah, Kulit, Rambut dan Ibu Hamil

Buah

54 Manfaat Kopi Untuk Pengobatan Penyakit, Wajah, Kulit, Rambut dan Ibu Hamil

Manfaat Kopi – Indonesia sangat kaya akan ragam kopi, tak heran jika sebagian besar masyarakat indonesia sangat gemar mengonsumsi buah satu ini. Bagi mereka, sehari saja tanpa kopi, serasa ada sesuatu yang kurang. Secara tidak langsung, manfaat kopi pun sudah banyak dirasakan oleh para penikmatnya.

Kopi, Manfaat Kopi, Khasiat Kopi, Seduhan Kopi, Kopi Hitam, Kopi Pahit

Beberapa penelitian membuktikan bahwa orang yang mengonsumsi kopi secara rutin akan terhindar dari beberapa penyakit serius jika dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak mengonsumsi kopi. Selain bermanfaat untuk kesehatan, jenis buah ini juga dapat digunakan untuk mempercantik kulit dan rambut.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kopi

Kopi bukan sekedar air berwarna hitam yang nikmat saat diminum. Dalam secangkir kopi banyak kandungan nutrisi didalamnya. Semua orang pasti tahu bahwa kopi mengandung kafein. Namun, tak banyak yang tahu bahwa ada beberapa mineral dan senyawa lain yang juga ada dalam kopi. Apa saja sih zat-zat yang terkandung didalam kopi selain kafein? Dan berapa kandungan gizi dalam 100 gram kopi? Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Kandungan yang terdapat didalam kopi selain kafein:

  • Trigoneline
  • Protein
  • Asam Amino
  • Karbohidrat
  • Asam Klorogenat
  • Asam Alifatik (asam karboksilat)
  • Glikosida
  • Lemak dan turunannya
  • Mineral
  • Komponen Volatil

Informasi Kandungan Gizi Dalam 100 gram Kopi:

  • Energi: 352 kkal
  • Protein: 17,4 gra,
  • Lemak: 1,3 gram
  • Karbohidrat: 69 gram
  • Kalsium: 296 mg
  • Fosfor: 368 mg
  • Zat Besi: 4 mg
  • Vitamin A: 0 IU
  • Vitamin B1: 0 mg
  • Vitamin C: 0 mg

Manfaat Kopi untuk Pengobatan Penyakit

1. Mengurangi risiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan salah satu penyakit yang kerap terjadi. Tak hanya di Indonesia, pengidap penyakit ini mencapai 300 juta orang di seluruh dunia. Menurut hasil penelitian, kopi ternyata bisa mengurangi resiko terjadinya diabetes tipe 2. Penikmat kopi kemungkinan mengidap diabetes tipe 2 sekitar 23-50 % lebih kecil jika dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsi kopi. Hasil penelitian dari 457.922 responden, setiap satu gelas kopi dapat menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2 sebesar 7%.

Loading...

2. Menurunkan risiko alzheimer

Alzheimer adalah penyakit dimana kemampuan saraf menurun. Penderita alzheimer ini rata-rata berusia 65 tahun keatas. Hingga saat ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit Alzheimer. Tetapi, ada satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko penyakit alzheimer, yaitu dengan meminum kopi. Dari hasil penelitian, orang yang rutin mengonsumsi kopi kemungkinan mengidap alzheimer 65% lebih rendah daripada orang yang sama sekali tidak mengonsumsi kopi.

3. Mencegah Parkinson

Selain Alzheimer, ada satu lagi penyakit yang menurunkan kemampuan saraf, yaitu Parkinson. Secara spesifik, penyakit parkinson disebabkan oleh saraf penghasil dopamin yang mati. Belum ada satupun obat yang mampu menyembuhkan penyakit parkinson hingga saat ini. Untuk itu, pencegahan terhadap penyakit parkinson sangat penting. Salah satu cara untuk mencegah penyakit parkinson ialah meminum kopi. Jenis kopi yang bisa menurunkan risiko penyakit parkanson adlah kopi yang mengandung kafein.

Manfaat Kopi untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Mencegah penyakit Alzheimer

5. Mencegah penyakit Demensia

6. Mengobati penyakit Rosacea

7. Mengobati sakit gigi

8. Mengobati infeksi gusi

9. Menghilangkan stress dan depresi

10. Mencegah Kanker Kulit

11. Mencegah penyakit Kardiovaskular

12. Mengatasi encok

13. Melindungi liver

14. Mengatasi kejang di kelopak mata

Manfaat Kopi untuk Wajah

1. Menghilangkan Jerawat

Untuk menghilangkan jerawat dengan cepat, biasanya para wanita memilih untuk melakukan facial di salon. Namun, ternyata ada cara alami yang juga mampu menghilangkan jerawat, yaitu dengan menggunakan masker kopi. Caranya juga sangat mudah, cukup sediakan bubuk kopi murni dan seduh dengan air panas tanpa tambahan gula. Setelah dingin, ambil ampas kopi dan balurkan pada wajah secara merata. Biarkan masker kopi menempel pada wajah hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 3 kali seminggu dan jerawat akan menghilang.

2. Menghilangkan Komedo

Selain jerawat, komedo juga masalah yang sering terjadi pada wajah. Komedo paling sering muncuk dibagian T-zone, yaitu di area hidung dan dahi. Penyebabnya ialah produksi minyak yang berlebih pada area tersebut. Komedo bisa diatasi dengan menggunakan masker kopi. Jika dilakukan secara rutin, komedo akan cepat menghilang.

3. Memudarkan Noda Hitam

Noda hitam pada wajah tentunya akn mengganggu penampilan. Noda hitam ini biasanya disebabkan oleh bekas jerawat. Untuk menghilangkannya, masker kopi adalah pilihan yang tepat. Masker kopi akan bekerja sebagai eksfoliator yang akan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah dan noda hitam pun akan memudar. Untuk penggunaannya, masker kopi bubuk bisa dicampur dengan baby oil

Manfaat Kopi Untuk Wajah Lainnya

4. Sebagai Anti-Inflamasi

5. Mencerahkan wajah

6. Mengencangkan kulit wajah

7. Sebagai antioksidan

8. Menghidrasi kulit wajah

9. Melembutkan kulit wajah

10. Menyegarkan wajah

11. Mengecilkan pori-pori wajah

12. Menenangkan kulit wajah

Manfaat Kopi Untuk Kulit

1. Mencerahkan kulit

Manfaat kopi untuk kecantikan memang sudah tidak diragukan lagi. Bahkan, perawatan dengan menggunakan kopi telah banyak dilakukan di salon kecantikan. Salah satu manfaat kopi adalah mencerahkan warna kulit. Anda bisa menggunakan ampas kopi sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa menambahkan minyak zaitun pada scrub kopi. Gosokkan campuran kedua bahan tersebut pada kulit tubuh dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bersihkan dengan air. Lakukan perawatan dengan scrub kopi secara rutin agar kulit terlihat lebih cerah.

2. Menghilangkan bau badan

Bau badan yang tidak sedap tentu akan membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ketika berdekatan dengan orang lain. Ampas kopi bisa digunakan untuk menghilangkan bau badan. Sebab, kopi mempunyai aroma yang khas dan bisa menyerap bau tidak sedap. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat menyerap bau tidak sedap pada tempat-tempat berbau, contohnya kulkas dan sepatu. Untuk menghilangkan bau badan, lakukan perawatan dengan ampas kopi secara teratur.

3. Mengurangi Selulit

Kopi mengandung kafein yang sangat baik untuk mengatasi selulit. Pada kopi, kafein terikat dengan lipotik pada jaringan lemak dan dapat menurunkan diameter sel lemak penyebab selulit hingga 17%. Selain itu, kopi juga dapat meningkatkan sirkulasi darah pada jaringan kulit sehingga dapat menyamarkan selulit.

Manfaat Kopi Untuk Kulit Lainnya

4. Menyegarkan kulit yang lelah

5. Mengangkat sel kulit amti dan kotoran

6. Mengatasi peradangan kulit

7. Menangkal radikal bebas

8. Mencegah kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet

9. Mengencangkan kulit

10. Meregenerasi sel kulit

11. Menghaluskan kulit

Manfaat Kopi Untuk Rambut

1. Menghitamkan Rambut

Sebagian besar orang asia sangat mendambakan rambutnya berwarna hitam berkilau. Jika anda memiliki rambut yang kusam, maka perawatan dengan menggunakan ampas kopi bisa menjadi pilihan yang ampuh. Ampas kopi dapat membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau. Untuk penggunaannya, anda cukup menyiapkan satu sendok ampas kopi ditambah dengan dua sendok kuning telur dan sedikit minyak sayur. Campur ketiga bahan tersebut hingga merata kemudian balurkan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih, anda bisa menggunakan sampo untuk menghilangkan amis telur.

2. Melembutkan Rambut

Rambut yang kering dan kasar terkadang membuat kita kesulitan ketika menyisir dan menatanya. Sebagian besar orang memilih untuk menggunakan conditioner untuk melembutkan rambut. Namun, penggunaan conditioner secara terus menerus justru tidak baik untuk rambut dan kulit kepala karena mengandung bahan kimia. Untuk mengatasi rambut kering dengan bahan alami, anda bisa mencoba ampas kopi.

3. Mengatasi rambut rontok

Banyak faktor yang menyebabkan rambut rontok, salah satunya karena faktor stres. Sebaliknya, melihat rambut rontok dalam jumlah banyak secara terus menerus, juga akan membuat kita menjadi stres. Untuk mengatasi masalah rambut rontok, amda bisa melakukan perawatan rambut dengan menggunakan ampas kopi. Kandungan yang terdapat pada kopi bisa menguatkan akar dan batang rambut sehingga dapat mencegah kerontokan.

Manfaat Kopi Untuk Rambut Lainnya:

4. Mengatasi ketombe

5. Membuat rambut berkilau

6. Merangsang pertumbuhan rambut

7. Membersihkan rambut dari kotoran

8. Menyuburkan rambut

Manfaat Kopi Untuk Ibu Hamil

Untuk ibu hamil, mengonsumsi kopi menimbulkan pro dan kontra. Dari hasil penelitian, batas aman mengonsumsi kopi bagi ibu hamil adalah satu cangkir dan tidak boleh diminum setiap hari. Berikut ini adalah beberapa manfaat kopi bagi ibu hamil.

1. Menjaga Stamina Ibu Hamil

Asalkan dikonsumsi sesuai batas aman, kopi ternyata dapat meningkatkan stamina untuk ibu hamil. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang merupakan zat stimulan. Selain itu, kopi juga mengandung zat psikoaktif. Saat ibu hamil mengonsumsi kopi, zat kafein akan terserap kedalam aliran darah mengalir ke otak. Aliran darah yang lancar otomatis akan menjadikan tubuh lebih berenergi.

2. Meningkatkan Memori Ibu Hamil

Ibu hamil sangat rentan mengalami stres. Hal ini berdampak buruk terhadap memori ibu hamil sehingga mereka akan mudah lupa. Dengan mengonsumsi satu cangkir kopi, daya ingat ibu hamil kan meningkat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan kafein dalam kopi dapat melancarkan peredaran darah ke otak sehingga memori ibu hamil akan menjadi lebih baik dan tidak mudah lupa.

3. Menjaga Mood

Saat hamil, wanita akan mengalami perubahan kadar hormon. Hal ini akan membuat mood ubu hamil berubah-ubah. Kopi dapat membantu mengontrol mood ibu hamil agar tetap stabil. Dengan mengonsumsi secangkir kopi, mood ibu hamil akan membaik dimana hal ini sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan kandungan.

Manfaat Kopi untuk Ibu Hamil Lainnya:

4. Membakar lemak

5. Menorurunkan kadar gula berlebih

6. Meningkatkan kinerja fisik

7. Mencegah depresi

8. Mengurangi rasa cemas

9. Menormalkan tekanan darah

Efek Samping Kopi

Selain memiliki banyak manfaat, kopi juga mempunyai efek samping. Ditambah lagi jika kopi dikonsumsi dengan secara berlebihan. Berikut ini adalah deretan efek samping yang mungkin terjadi setelah mengonsumsi kopi.

1. Detak Jantung Tinggi.

2. Asam lambung meningkat

3. Daya tahan tubuh lemah

4. Kadar trigliserida tinggi

5. Merusak gigi

6. Meningkatkan risiko kanker ovarium dan kandung kemih

7. Merusak sel mulut

8. Meningkatkan risiko endometriosis

9. Kadar homosistein tinggi.

10. Pembesaran pembuluh darah

11. Kram otot

12. Hormon menjadi tidak stabil

13. Gangguan mood

14. Gelisah

15. Hipertensi

16. Produksi urin meningkat

17. Kemandulan

18. Osteoporosis

19. Vertigo

20. Susah BAB

21. Glaucoma

22. Keseimbangan lemak dalam tubuh menurun

23. Iritasi usus

24. Melemahkan sel otak

25. Memicu stress

26. Mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh

27. Perut terasa panas

Sebagian besar masyarakat Indonesia menjadikan kopi sebagai minuman yang wajib dikonsumsi setiap hari. Secangkir kopi dipagi hari dapat membuat seseorang menjadi lebih semangat dan berenergi. Namun, tidak semua orang menyukai kopi, bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa kopi berdampak buruk bagi kesehatan.

Kopi memang memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan tubuh. Namun bukan berarti kopi bisa bermanfaat untuk semua orang. Beberapa orang dengan kondisi tertentu dan memiliki kepekaan terhadap kafein sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi kopi.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Bio Spray, manfaat Bio Spray, Khasiat Bio Spray
Vitamin B1, manfaat Vitamin B1, Khasiat Vitamin B1
Manfaat Kurma, Khasiat Buah Kurma, Kurma
Air Kelapa Muda, Manfaat Air Kelapa Muda
Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat
Daun Sirih, Sirih, Suruh, Obat hErbal
Alpukat, Avokad, Apokat, Manfaat Buah Alpukat
Jus Wortel, Manfaat Jus Wortel, Khasiat Jus Wortel, Minuman Jus Wortel
Plum, Buah Plum, Prem, Manfaat Buah Plum, Khasiat Buah Prem
Manfaat Semangka, Semangka, Semngka Merah, Semangka Kuning
Jus Tomat
Cuka Apel
Es Batu, Manfaat Es Batu, Khasiat Es Batu
Pare, Manfaat Pare, Khasiat Pare
Susu Kedelai, Manfaat Susu Kedelai, Kedelai
Daun Seledri, Manfaat Daun Seledri, Khasiat Daun Seledri, Seledri
Wedang Uwuh, Minuman Khas Jogja
Jus Alpukat, Jus Buah Alpukat, Minuman Alpukat
Vitamin A, Manfaat Vitamin A, Khasiat Vitamin A
Minyak Zaitun, Manfaat Minyak Zaitun, Khasiat Minyak Zaitun
Advertisements
To Top