Connect with us

25 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Ibu Hamil

Buah

25 Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Nangka – Salah satu tempat yang menjadi penyebaran buah nangka ialah Asia Tenggara, terutama Indonesia. Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kekayaan nabati terbanyak di asia tenggara. Buah yang sudah tidak asing di lidah orang indonesia ini memiliki ciri-ciri buah yang besar dan kulit yang tajam namun tidak menyakitkan ketika dipegang. Namun walau begitu, rasa dari buah nangka sangat khas dan enak serta cocok untuk lidah orang indonesia.

Nangka, Manfaat Nangka, Khasiat Nangka, bahaya Nangka, Buah Nangka. Tanaman Nangka, Biji Nangka

Tentu saja kita tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah yang bernama latin Artocarpus Heterophyllus ini banyak kita temui di pasar moderen dan bahkan pasar tradisional. Harga buah yang satu ini juga cukup terjangkau, walaupun begitu anda jangan meremehkan khasiat dari buah yang satu ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi pada buah Nangka

Buah nangka merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Hal ini disebabkan buah ini rendah kalori. Walaupun buah ini memiliki rendah kalori, buah ini cukup mengenyangkan. Bukan hanya itu saja, buah ini mengandung beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti zat besi, kalsium, niasin, seng, thiamin, kalium, riboflavin, vitamin C dan juga vitamin A. Buah nangka juga mengandung anti oksidan yang baik untuk tubuh guna memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Manfaat Nangka untuk Kesehatan

1. Manfaat untuk kesehatan tulang

Buah yang satu ini mengandung kalsium dan magnesium yang dapat menguatkan struktur tulang dan mampu menjaga kesehatan tulang dari penyakit osteoporoisi. Penyakit osteoporosis biasa diderita oleh orang yang berumur 40 keatas. Sehingga nangka sangat baik bagi mereka yang memiliki usia lanjut. Bukan hanya itu saja, karena sangat baik untuk pertumbuhan tulang, buah nangka sangat cocok untuk anak anak.

Loading...

2. Manfaat untuk kesehatan mata

Mengonsumsi buah nangka secara rutin dapat mengurangi resiko terkena penyakit rabun senja. Rabun senja diakibatkan karena kekurangan vitamin A. Oleh karena itu, mengonsumsi buah nangka yang mengandung banyak sekali vitamin A dapat mencegah rabun senja serta degenerasi makula. Manfaat lain vitamin A ialah untuk melembutkan kulit.

3. Manfaat untuk kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, anda harus menjaga jantung agar tetap sehat dengan menjaga tekanan darah agar tetap normal. Tekanan darah yang tinggi dapat mengakibatkan kerja jantung ekstra. Kandungan kalium yang terdapat pada buah nangka dapat menurunkan tekanan darah.

Manfaat Nangka untuk Kesehatan lainnya

4. Dapat menyembuhkan Borok atau luka terbuka

5. Mencegah Kanker dan memperlambat Degenerasi sel

6. Akar nangka mampu mengontrol penyakit Asma

7. Sumber energi alami

Manfaat Nangka untuk Kecantikan

1. Menyuburkan rambut

Kita tahu bahwasannya rambut merupakan mahkota bagi wanita. Memiliki rambut yang subur dan sehat merupakan keinginan setiap wanita. Ternyata biji buah nangka dapat menyuburkan rambut loh. Cara memanfaatkan biji buah ini ialah dengan cara menghaluskannya. Setelah halus lalu gunakan biji tersebut untuk creambath. Biji nangka dapat melancarkan sirkulasi darah pada daerah kepala sehingga mampu mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Didalam biji nangka mengandung vitamin A yang baik untuk rambut.

2. Menghaluskan kulit

Bukan hanya untuk menyuburkan rambut, biji nangka juga mampu menghaluskan kulit jika kita manfaatkan dengan benar. Untuk memanfaatkan biji nangka menjadi obat perawatan wajah ialah dengan cara menghaluskan sampai kering. Kemudian campurkan susu dan madu pada gilingan biji nangka tersebut. Oleskan pada wajah anda secara merata. Lakukanlah perawatan ini secara berkala, maka anda bisa mendapatkan manfaatnya.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering diderita oleh kaum remaja. Ternyata dengan mengonsumsi buah nangka secara rutin atau menggunakannya untuk masker wajah, dapat mengatasi masalah jerawat. Kandungan nutrisinya yang baik untuk kulit mampu menjadikan nangka sebagai buah untuk melawan jerawat. Apabila buah tersebut digunakan untuk masker, maka bekas jerawatnya pun juga ikut tersamarkan.

Manfaat Nangka untuk Kecantikan lainnya

4. Mengurangi resiko penuaan dini

5. Mencerahkan dan menghaluskan kulit

6. Mengatasi masalah kulit kering

7. Mengatasi kulit kusam dan komedo

Manfaat Nangka untuk Diet

1. Rendah kalori

Kalori yang terkandung di buah nangka ternyata rendah, sehingga aman untuk program diet. Walaupun rendah kalori, buah ini ternyata cukup mengenyangkan. Hal ini disebabkan buah ini mengandung banyak air yang membantu mengenyangkan.

2. Kaya serat

Serat sangat baik buat tubuh terutama untuk memecah lemak yang ada di jaringan tubuh. Serat juga mampu memunculkan sensai kenyang. Sehingga anda akan cenderung untuk tidak makan lagi. Karena anda sudah merasa kenyang.

3. Mengandung banyak energi

Energi digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari hari. Energi yang ada pada nangka di dapatkan dari gula gula alami yang rendah kalori. Energi yang terkandung di buah nangka mampu mencukupi kebutuhan energi harian.

Manfaat Nangka untuk Diet lainnya

4. Memiliki sodium yang rendah sehingga aman untuk berat badan

5. Mengandung mineral dan vitamin yang besar

6. Bebas kolesterol atau lemak jenuh

Manfaat Nangka untuk ibu Hamil

Manfaat nangka untuk ibu hamil ialah mampu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga janin dan ibu akan aman dari berbagai penyakit luar. Ibu hamil juga membutuhkan kalsium tambahan, karena ibu hamil sangat membutuhkan kalsium. Kandungan gula alaminya juga mampu memenuhi energi untuk ibu dan janinnya.

Efek samping Nangka

Ternyata buah nangka juga memiliki efek samping, sehingga patut untuk anda perhatikan. Efek samping nangka ialah dapat membuat perut menjadi kembung karena buah ini mengandung banyak gas. Selain itu bisa mengambuhkan penyakit maag bagi penderita maag kronis dan kandungan seratnya yang tinggi mampu menyebabkan feses menjadi tidak normal. Bukan hanya itu, anda harus perhatikan apakah anda termasuk orang yang alergi dengan buah nangka atau tidak.

Disamping itu, pohon dari buah nangka sendiri juga cukup besar dan sekali berbuah, pohon ini mampu menghasilkan sekitar puluhan buah. Jadi tak heran jika banyak orang yang menanam pohon ini untuk urusan komersial atau untuk pribadi. Harga memang boleh murah, namun khasiat buah nangka tidak kalah dengan buah buah yang lainnya. Buah yang memiliki warna, tekstur, dan bau yang khas ini memiliki kandungan tepung dan beberapa vitamin yang berguna untuk tubuh.

Baca Juga: Manfaat Jeruk Lemon untuk Obat, Diet, Kecantikan, Rambut dan Ibu Hamil

Buah nangka sangat cocok dikonsumsi untuk keluarga, sehingga tak ada salahnya buah ini masuk ke dalam daftar buah yang patut dikonsumsi oleh keluarga. Mengonsumsi buah nangka anda akan mendapatkan manfaat ganda, selain mengenyangkan buah ini memiliki nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga anda. Jadi setidaknya anda menyediakan buah nangka disetiap minggunnya untuk keluarga anda. Namun anda harus ingat dengan efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi buah nangka. Jangan anda terlalu banyak mengonsumsi buah nangka, karena nantinya bukan manfaat yang anda dapatkan malah efek sampingnya yang anda rasakan.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top