Connect with us
Buah Mangga, Manfaat Mangga, Khasiat Mangga

Buah

50 Manfaat dan Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Mangga atau mempelam adalah jenis buah yang termasuk dalam keluarga mangga-manggan serta mempunyai 35-40 anggota dan suku anacardiaceae. Nama latin atau ilmiahnya adalah Mangifera Indica yang berarti pohon mangga dari India. Kata mangga ini dari bahasa Malayalam maanga. Kemudian, kata ini dibawa ke Eropa yang mana diserap oleh orang-orang Portugis menjadi manga, mango dan lainnya. Manfaat mangga yang begitu besar membuatnya mudah dikenal semua bangsa.

Buah Mangga, Manfaat Mangga, Khasiat Mangga

Buah mangga berasal dari perbatasan India dan Burma, lalu menyebar ke ASEAN sekitar 1500 tahu silam. Dalam bahasa Jawa, buah ini dikenal dengan nama pelem atau poh. Walaupun tidak bisa mengalahkan lemon, kandungan vitamin C dalam buah mangga cukup tinggi. Rasa buah ini saat muda asam, ada pula yang manis tergantung varietasnya. Meskipun banyak bukti yang kalau begitu banyak manfaatnya, tapi tetap ada efek samping mangga.

Jenis Mangga :

  1. Mangga Gedong Gincu
  2. Mangga Arumanis
  3. Mangga Manalagi
  4. Mangga Apel
  5. Mangga Alpukat
  6. Mangga Golek
  7. Mangga Malibu
  8. Mangga Madu
  9. Mangga Nam Dok Mai

Kandungan Gizi dan Nutrisi Mangga :

Sebagai buah dengan rasa yang disukai semua kalangan, buah poh ini mengandung banyak vitamin, serta, mineral dan juga antioksidan. Sehingga, memberikan manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Inilah kandungan gizi dan nutrisi mangga dalam setiap per 100 g  :

  • Energi : 60 kkal
  • Gula : 13,7 g
  • Karbohidrat : 15 g
  • Serat pangan : 1,6 g
  • Protein : 0,82 g
  • Lemak 0,38 g
  • Vitamin A : 54 μg
  • Beta karoten : 640 μg
  • Lutein dan zeaxanthin 23 μg
  • Tiamin (Vit. B₁) : 0,028 mg
  • Riboflavin (Vit. B₂) : 0,038 mg
  • Niasin (Vit.B₃) : 0,669 mg
  • Asam Pantotenat (Vit. B₅) : 0,197 mg
  • Vitamin B₆ : 0,119 mg
  • Folat (Vit. B₉) : 43 μg
  • Vitamin C : 36,4 mg
  • Vitamin E : 0,9 mg
  • Vitamin K : 4,2 μg
  • Kalsium : 11 mg
  • Besi : 0,16 mg
  • Magnesium : 10 mg
  • Mangan : 0,069 mg
  • Kalium : 168 mg
  • Natrium : 1 mg
  • Fosfor : 14 mg
  • Zink : 0,09 mg

Manfaat Mangga untuk Kesehatan :

Zeaxanthin antioksidan, ditemukan pada mangga, dapat mengurangi efek radikal bebas dan melindungi kesehatan mata. Selain itu masih banyak lagi kandungan gizi dan nutrisinya yang bisa memberi manfaat bagi tubuh. Berikut manfaat dan khasiat yang bisa anda rasakan jika menggunakannya untuk kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Buah mangga mengandung karotenoid, asam askorbat, terpenoid, dan polifenol yang semuanya itu mampu mencegah kanker. Pelem juga ditemukan mengandung antioksidan unik yang tidak ada dalam buah dan sayuran lainnya. Sifat antikanker dalam buah ini juga berhubungan dengan mangiferin.

2. Menurunkan Resiko Terkena Penyakit Jantung

Pelem bisa membantu mengurangi lemak tubuh dan mengontrol gula darah. Menurut sebuah penelitian, buah ini mengandung banyak mineral dan phytochemical yang ditemukan memiliki efek positif pada lemak tubuh dan glukosa. Manfaat mangga terkait hal ini adalah bisa melawan radikal bebas penyebab sakit jantung.

3. Bantu Turunkan Kolesterol

Khasiat mangga berikutnya adalah karena mengandung pektin yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol serum. Dalam studi lain menyebutkan bahwa mangiferin pada poh bisa menurunkan kadar kolesterol. Itu juga ditemukan untuk meningkatkan kadar HDL (high-density lipoprotein) atau kolesterol baik.

4. Dapat Membantu Mengobati Diabetes

Sebuah penelitian terhadap 20 orang dewasa yang gemuk menunjukkan bahwa konsumsi setengah buah pelem segar selama 12 minggu menghasilkan penurunan kadar glukosa darah. Efek ini, dikaitkan dengan kehadiran serat dan mangiferin, sebuah fitokimia. Penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa ekstrak kulit buah pelem memiliki sifat antidiabetes.

5. Meningkatkan Pencernaan

Salah satu alasan utama buah ini sangat bagus untuk pencernaan adalah adanya serat yang mencegah sembelit. Serat juga membuat kita kenyang untuk waktu yang lama. Itu membuat usus besar kita bersih dan memungkinkannya bekerja secara optimal. Selain itu, pelem juga mengandung enzim pencernaan tertentu yang memecah protein dan membantu pencernaan.

Manfaat Mangga untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kesehatan hubungan suami istri

7. Bagus untuk kehamilan

8. Membantu mensukseskan diet

9. Meningkatkan fungsi retina mata

10. Mencegah asma

11. Menjaga kesehatan otak

12. Mengontrol tekanan darah

13. Meningkatkan kekebalan tubuh

14. Membantu mengobati batu ginjal

15. Meningkatkan kesehatan tulang

16. Mengobati anemia

17. Mencegah dan memerangi penyakit stroke

18. Membantu mengobati diare

19. Mencegah degenerasi makula

20. Sebagai alkalis tubuh

21. Meningkatkan konsentrasi dan memori otak

22. Sebagai zat besi bagi wanita

23. Kulit mangga membantu memulihkan hangover (sakit akibat mabok)

24. Meningkatkan kesehatan hati

25. Menjaga kelenjar tiroid agar berfungsi optimal

26. Menyeimbangkan sistem metabolisme

Cara Memanfaatkan Mangga untuk Kesehatan :

Cara mudah memperoleh manfaat mangga adalah dengan mengkonsumsinya. Anda bisa langsung makan buah poh atau pelem ini untuk mencegah atau mengobati penyakit. Selain itu ada cara lain yakni membuat teh daun mangga. Siapkan beberapa daun pelem segar dan muda. Lalu bersihkan dan masukkan ke dalam panci. Isi 3 gelas air ke dalam panci dan masak sampai mendidih, sisakan hingga 2 gelas.

Setelah itu matikan kompor dan biarkan dingin. Minum teh daun mangga satu gelas di pagi hari saat perut masih kosong. Minum secara rutin sampai anda mendapatkan manfaatnya. Teh daun mangga ini biasanya digunakan untuk mengurangi gejala diabetes.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Mangga untuk Kecantikan :

Tak hanya memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh saja, pelem juga memiliki banyak khasiat untuk kecantikan anda. Mulai dari rambut sampai kulit, Mangifera Indica terbukti meningkatkan tampilannya baik dari dalam maupun luar. Berikut penjelasannya :

1. Membebaskan Dari Jerawat

Pelem secara alami bisa menyumbat pori-pori dan menonaktifkan bakteri penyebab jerawat. Sehingga, menjadikan kulit bersih dari jerawat.

2. Membuat Kulit Lembut

Tak hanya lembut daging poh, tapi juga mengandung nutrisi yang bisa membuat kulit lembut dan halus. Anda bisa menambahkan madu dan susu saat menggunakannya. Lakukan perawatan ini secara rutin agar cepat mendapatkan manfaat mangga.

3. Meremajakan Kulit

Mangifera Indica kaya akan beta-karoten dan vitamin A yang dapat membantu meremajakan kulit yang bekerja dengan menghilangkan noda bekas jerawat. Sehingga kulit menjadi lembut, segar, tampak muda, sehat dan bercahaya.

4. Perawatan untuk Ketombe

Daging buah pelem yang kaya akan vitamin A dan K sangat baik untuk kesehatan kulit dan kulit kepala. Oleskan beberapa bubur daging pelem langsung pada kulit kepala dan biarkan selama satu jam. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah dan mendorong pertumbuhan rambut.

5. Mengurangi Rambut Rontok

Khasiat mangga berikutnya terletak pada bijinya. Biji ini merupakan sumber mineral, vitamin dan asam lemak esensial yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan kesehatan rambut. Keluarkan kulit luar biji pelem dan letakkan bijinya dalam sebotol minyak kelapa, zaitun atau wijen. Tempatkan minyak ini di bawah sinar matahari selama beberapa hari dan gunakan secara teratur untuk untaian tebal.

Manfaat Mangga untuk Kecantikan Lainnya :

6. Sebagai anti penuaan dini

7. Menghilangkan flek hitam

8. Melembabkan rambut

9. Memberikan perlindungan pada kulit dari sinar matahari

10. Membuat rambut lembut dan berkilau

11. Sebagai exfolian kulit

Cara Memanfaatkan Mangga untuk Kecantikan :

Jika anda ingin mendapatkan manfaat pelem untuk kecantikan, bisa memanfaatkan daging buahnya. Siapkan daging buah mangga secukupnya, campur dengan madu secukupnya lalu terapkan pada rambut atau kulit yang ingin dipercantik. Biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Selain itu, juga dapat menggunakan biji mangga yang letaknya berada di dalam biji luar yang warnanya putih itu.

Taruh bijinya dalam gelas atau mangkuk, tambahkan minyak zaitun atau minyak kelapa. Biarkan selama satu jam, lalu gunakan minyak campuran itu untuk merawat kesehatan rambut. Lakukan setiap hari secara rutin sampai mendapatkan khasiat mangga secara maksimal. Mengkonsumsinya juga merupakan perawatan kecantikan dari dalam. Tapi, jangan berlebihan karena akan menimbulkan efek samping.

Efek Samping Mangga :

Meskipun buah ini adalah makanan yang aman dan juga baik untuk kesehatan kita tetapi ada beberapa risiko dan efek samping mangga yang mungkin timbul. Terutama bagi yang mengkonsumsi terlalu banyak atau yang alergi terhadapnya . Beberapa risiko dan efek samping ini adalah

  • Meningkatkan kadar gula darah
  • Diare
  • Menimbulkan reaksi alergi
  • Menambah berat badan
  • Berpotensi karsinogenik
  • Iritasi
  • Gangguan pencernaan
  • Reaksi “mulut mangga”
  • Infeksi salmonella
  • Memperparah penderita arthritis

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai ulasan tentang beberapa manfaat dan khasiat mangga untuk kesehatan, kecantikan serta efek sampingnya jika mengonsumsi berlebihan. Mengonsumsi mangga dalam jumlah banyak juga dapat menyebabkan sakit perut apalagi yang masih muda.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top