Connect with us
Buah Markisa, Manfaat Buah Markisa, Khasiat Tanaman Markisa

Buah

40 Manfaat dan Khasiat Buah Markisa untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Markisa atau yang memiliki nama latin Passiflora quadrangularis L. merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin B tinggi. Kandungan vitamin tersebut bersifat menenangkan ditambah lagi dengan adanya kandungan potasium yang mampu menjadikan syaraf terasa rileks. Menurut warga Amerika Selatan, buah ini dapat dijadikan sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi insomnia. Bahkan mereka juga menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi satu buah markisa sebelum tidur dapat menjadikan mimpi indah.

Buah Markisa, Manfaat Buah Markisa, Khasiat Tanaman Markisa

Buah asal daerah sub tropis dan tropis di Amerika ini memang sudah banyak ditemui di Indonesia. Berbagai daerah di Indonesia seperti Sulawesi Selatan dan Sumatera Utara menjadi salah satu pemasok terbesar buah segar ini. Buah ini memang memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan karena kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Nutrisi dan Nutrisi Buah Markisa :

Kandungan Nutrisi dan Nutrisi Buah Markisa

Buah markisa memiliki kandungan vitamin serta nutrisi penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin tinggi dari buah ini misalnya vitamin A, vitamin B6, B12 dan juga vitamin D. Selain itu, buah ini juga mengandung berbagai mineral penting seperti magnesium, zat besi, potassium, sodium, kalsium dan juga sedikit asam folat. Buah ini juga memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup tinggi.

Senyawa fitokimia juga terdapat dalam buah markisa, diantaranya karotenoid dan polifenol yang bermanfaat untuk melawan sel kanker. Selain itu senyawa lain yang terdapat pada buah ini misalnya passaflorine, harman, harmalin, harmol,viteksin, isoviteksin dan juga krisin. Kandungan gizi lain seperti riboflavin, asam askorbat, niasin, tiamin, serat fosfor dan asam sitrat juga terdapat dalam buah ini.

Jenis Markisa :

1. Markisa ungu (passiflora edulis)

2. Markisa kuning (passiflora flavicarva)

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan :

Karena mengandung berbagai kandungan gizi yang melimpah, buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Membantu mengatasi insomnia

Insomnia merupakan sebuah gejala yang menjadikan seseorang kesulitan untuk tidur nyenyak sehingga mengakibatkan frustasi dan tubuh terasa lemas. Dengan mengkonsumsi buah markisa secara teratur maka gejala insomnia dapat teratasi.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Sistem imun dalam tubuh bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai serangan penyakit. Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik maka kesehatan tubuh juga akan selalu terjaga setiap hari. Ini dikarenakan kandungan vitamin C dalam buah markisa yang mampu menjadikan tubuh selalu stabil.

3. Memberikan efek relaksasi

Saat anda sedang mengalami stres karena bertumpuknya pekerjaan yang harus segera diselesaikan, maka kita membutuhkan sedikit ketenangan untuk bisa kembali beraktivitas. Buah ini bisa dijadikan sebagai sirup buah segar yang mampu mengendurkan ketegangan saraf dan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang.

4. Menstabilkan tekanan darah

Tidak mengontrol makanan yang dikonsumsi bisa jadi akan memicu naiknya tekanan darah. Terlebih jika kita terlalu banyak makan daging tanpa diimbangi banyak gerak maka tekanan darah tinggi yang menyerang juga bisa mengakibatkan stroke. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin maka tekanan darah tinggi dapat kembali ke posisi normal yang stabil.

5. Melawan sel kanker

Buah markisa memiliki kandungan senyawa fitokimia yang bermanfaat sebagai pelawan sel kanker sehingga kita bisa terhindar dari berbagai gejala penyakit kanker kronis.

Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menjaga kesehatan jantung

7. Sebagai sumber serat tinggi

8. Mengontrol kadar kolesterol

9. Sebagai sumber antioksidan

10. Membantu meningkatkan ketajaman penglihatan

11. Mencegah dehidrasi

12. Membantu mengatasi asam urat

13. Membantu menguatkan tulang dan gigi

14. Mencegah terjadinya peradangan

15. Meredakan nyeri sendi

16. Sebagai menu diet alami

17. Membantu produksi sel darah merah

18. Melebarkan pembuluh darah yang sempit

19. Mencegah cacat bayi

20. Mengatasi batuk

21. Sebagai anti alergi

22. Membantu melancarkan ASI

23. Menenangkan anak yang hiperaktif

24. Sebagai antiseptik

25. Menjaga kecantikan wajah

26. Sebagai obat penurun panas

Cara Memanfaatkan Buah Markisa untuk Kesehatan :

Buah ini bisa dikonsumsi dengan diolah menjadi bahan untuk sirup, minuman, kue dan juga makanan lainnya. Buah ini juga bisa dijadikan sebagai minuman hangat dengan menyeduh markisa matang bersama tambahan madu atau gula.

Manfaat Buah Markisa untuk Kecantikan :

1. Menjaga elastisitas kulit

Kulit yang akan akan kolagen akan nampak sehat dan elastis. Namun sayangnya produksi kolagen tersebut akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya umur. Masalah kulit yang kendur ini dapat ditanggulangi dengan rajin mengkonsumsi buah markisa secara rutin.

2. Membantu menyembuhkan iritasi

Pembengkakan dan iritasi biasanya terjadi karena terdapat infeksi bakteri. Kondisi tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat membahayakan dalam jangka panjang. Sifat anti-inflamasi dalam buah ini diyakini dapat meredakan sekaligus menyembuhkan iritasi dalam waktu singkat.

3. Melembutkan dan menghaluskan kulit

Kandungan vitamin B dalam buah ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kebutuhan nutrisi kulit dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin. Oleh sebab itu, bagi anda yang mengingnkan kulit lembut dan halus demi penampilan cantik anda maka tidak perlu ragu lagi untuk segera mengkonsumsinya.

4. Membantu membasmi bekas jerawat

Bekas jerawat biasanya sangat sulit untuk dihilangkan. Buah ini memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi pembengkakan dan mengatasi iritasi. Buah ini bisa dijadikan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat bahkan yang membandel sekalipun. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang berfungsi untuk mencerahkan wajah dari bekas-bekas jerawat.

5. Membantu mencegah rambut rontok

Kandungan mineral dan vitamin yang tinggi pada buah ini sangat penting untuk menutrisi rambut agar selalu sehat dan tidak mudah rontok. kandungan vitamin tersebut diantaranya vitamin A, B komples dan juga vitamin C.

Manfaat Buah Markisa untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membantu melembabkan kulit

7. Menjaga keremajaan kulit

8. Mencerahkan kulit wajah

9. Sebagai masker alami untuk menjadikan kulit wajah bersih dari kotoran

10. Mencegah penuaan dini

11. Meregenerasi sel yang rusak

Cara Memanfaatkan Buah Markisa untuk Kecantikan :

Bukan hanya bagian serat buahnya saja yang dapat dimanfaatkan sebagai masker alami wajah. Biji buah markisa juga memiliki manfaat untuk menjadikan kulit terasa kenyal dan bercahaya. Cara untuk membuat masker alami dari buah ini pun cukup mudah yakni dengan memblender buah markisa beserta bijinya. Setelah itu bisa langsung diaplikasikan diseluruh area wajah dan biarkan hingga mengering. Setelah kurang lebih 20 menit bilas dengan menggunakan air hangat. Anda bisa menggunakan masker alami ini secara rutin seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Efek Samping Buah Markisa :

Efek Samping Buah Markisa

Disamping manfaatnya yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan, buah markisa juga memiliki efek samping terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Bagi anda yang sedang mengalami diare, sebaiknya anda menjauhi konsumsi buah ini karena dapat mengganggu sistem pencernaan anda.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Manggis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah markisa yang memiliki banya manfaat dibandingkan dengan efek negatifnya ini bisa dikonsumsi kapan saja. Namun jika anda merasa mengalami kecanduan dari efek relaksasi dari buah ini maka anda harus segera berkonsultasi pada dokter dan berhenti mengkonsumsinya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top