Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Melon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Melon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Melon atau Cucumis melo L. tergolong jenis buah yang mengandung banyak air. Mitosnya, kandungan gizinya amat sedikit karena hanya berisi air saja. Namun anggapan tersebut kurang benar, sebab buah bulat besar ini tetap mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan dan kecantikan.

Melon, Manfaat Melon, Khasiat Melon

Manfaat Melon sangat ampuh untuk meningkatkan stamina. Minum jus melon tiap hari juga akan menyehatkan ginjal. Selain itu, membuat masker dan lulur dari melon yang diblender dan ditaroh freezer dulu terkenal sangat ampuh untuk memutihkan, menghaluskan dan menyegarkan kulit. Dengan begitu, meski buah ini mengandung banyak air, namun khasiatnya banyak juga. Tinggal kita pintar-pintar saja dalam mengolah tanaman labu-labuan ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Melon :

Kandungan Melon

Tidak banyak yang tahu, ternyata buah melon kaya dengan vitamin dan mineral. Meskipun sering dianggap hanya mengandung air belaka, namun rupanya pemahaman itu kurang tepat. Misalnya kandungan vitamin A pada buah ini yang mencapai 3382 IU.

Loading...

Kemudian ditemukan pula vitamin C yang mencapai 37 gram/100 gramnya. Tentu saja ini membuat buah berbentuk bulat ini bisa menjadi alternatif sumber vitamin C.  Kemudian yang tak kalah penting adalah kandungan kalsiumnya yang mencapai 9 gram/100 gram. Maka tak heran bila buah ini pun baik untuk dikonsumsi orang sepuh, agar kesehatan tulang mereka terjaga.

Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan :

1. Mencegah Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Untuk mencegah darah tinggi kita bisa mengonsumsi buah melon karena didalam buah yang satu ini tidak terdapat lemak didalam buah ini dan  juga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah sehingga salah satu manfaat buah ini adalah untuk mencegah darah tinggi.

2. Mencegah Dehidrasi

Melon mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Mengapa buah ini bisa mencegah dehidrasi? Karena buah ini mengandung banyak air, bahkan menjadi buah yang memiliki kandungan air terbanyak. Sehingga saat kita olahraga buah ini cocok menjadi pendamping karena bisa membuat tubuh kita segar kembali.

3. Membantu Mencegah Sembelit

Sembelit adalah adalah masalah pencernaan yang paling sering di alami orang-orang. Sembelit tentu membuat kita tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk terhindar dari sembelit kita perlu makanan yang berserat untuk membantu pencernaan kita. Buah melon adalah salah satu buah dengan kandungan serat yang cukup tinggi sehingga salah satu manfaat buah Cucurbitaceae adalah untuk mencegah sembelit.

4. Mencegah Terserang Penyakit Jantung

Serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja. Salah satu penyebab serangan jantung adalah tekanan darah yang tinggi. Buah yang satu di percaya dapat menurunkan tekanan darah karena buah ini dapat meluruhkan lemak jahat pada tubuh. Jadi untuk terhindar dari serangan jantung kita bisa mengambil manfaat buah melon.

5. Membantu Mencegah Panas Dalam

Melon adalah salah sati buah yang mengandung banyak air sehingga buah ini sangat berkhasiat untuk mencegah terjadinya panas dalam. Kita bisa memakannya langsung atau bisa juga membuatnya menjadi jus untuk bisa menikmati manfaat buah yang satu ini.

Manfaat Melon Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan pencernaan
7. Mengatasi gangguan ginjal
8. Menghilangkan lemak
9. Mencegah kegemukan
10. Mengatasi aterosklerosis
11. Mencegah gigi keropos
12. Mencegah pengapuran tulang
13. Membuat otot kuat
14. Mengatasi bau mulut
15. Menyegarkan napas
16. Mencegah gangguan lambung
17. Mengatasi pusing
18. Mengobati sakit kepala
19. Meringankan migraine
20. Menyegarkan badan
21. Menguatkan sistem imun
22. Melancarkan air seni
23. Mencegah gagal ginjal
24. Mengeluarkan racun dari tubuh
25. Mencegah masuknya radikal bebas
26. Mempercepat regenerasi sel
27. Menyaring darah
28. Melegakan pencernaan
29. Menyehatkan usus
30. Mencegah kanker

Cara Memanfaatkan Melon Untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan buah ini mudah saja, bisa dengan langsung memakannya. Bisa pula dengan diolah dulu jadi jus. Namun hindari merebus melon karena ini justru merusak kandungan gizinya.

Manfaat melon akan didapatkan bilamana buah ini dimakan dalam kondisi segar. Agar vitamin dan mineralnya utuh, tidak rusak. Dan usahakan untuk memakannya sebelum makan berat seperti nasi dan lauk-pauk. Agar tubuh, terutama usus lebih mampu mengolah buah ini, seperti menggunakan seratnya untuk melancarkan sistem pencernaan.

Manfaat Buah Melon Untuk Kecantikan :

1. Melembabkan Kulit Wajah

Masalah kulit kering banyak dialami orang-orang. Biasanya kulit kering terjadi karena kurangnya asupan air ke tubuh. Untuk itu kita perlu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air. Salah satu buah yang mengandung banyak air adalah buah melon. Dengan demikian kita bisa mengambil manfaat buah ini untuk melembabkan kulit wajah

2. Mencegah Keriput

Keriput di wajah terjadi karena kulit kita kering dan kita biarkan saja. Mempunyai wajah keriput tentu sangat membuat kita tidak percaya diri. Untuk itu kita perlu banyak mengonsumsi makanan yang membuat wajah kita menjadi lembab dan tidak kering. Kita bisa mengambil manfaat buah melon untuk mengatasi masalah keriput karena buah melon bisa melembabkan kulit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Wajah yang kusam dan keriput membawa kesan kita menjadi lebih tua sebelum waktunya. Ini masalah berat bagi para remaja yang mengalami masalah penuaan dini. Maka dari itu kita perlu mencari solusi. Solusinya adalah makan secara rutin buah melon, karena buah yang satu ini mengandung banyak air.

4. Melembutkan Kulit Wajah

Manfaat buah melon salah satunya adalah untuk melembutkan kulit. Mengapa demikian? Karena buah ini mengandung banyak air sehingga jika kita rutin mengonsumsi. Kulit kita akan lembab dan juga lembut.

5. Memutihkan Kulit Wajah

Bagaimana caranya memutihkan wajah dengan buah melon? Caranya adalah pertama-tama blender buah tanpa di beri air. Lalu setelah itu masukkan kedalam frezzer, setelah itu oleskan di wajah sampai kering lalu bilas. Lakukan itu secara rutin dan dalam seminggu kulit wajah akan memutih.

Manfaat Buah Melon Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan noda hitam di wajah
7. Mengatasi komedo
8. Mencegah jerawat
9. Menyembuhkan jerawat
10. Menyegarkan kulit
11. Mencerahkan kulit
12. Meratakan warna kulit
13. Meremajakan kulit
14. Mengangkat sel kulit mati
15. Membuat bola mata berbinar jernih
16. Mengatasi bau badan
17. Mencegah bau mulut
18. Menghilangkan selulit
19. Mengatasi obesitas
20. Membantu diet ketat

Cara Memanfaatkan Melon Untuk Kecantikan :

Sama saja dengan untuk kesehatan, buah ini pun bila digunakan untuk kecantikan bisa langsung dimakan sebagai buah potong atau jus. Namun sebaiknya juga ada yang dibuat lulur dan masker dingin.

Cara membuat lulur dan masker melon dingin ini mudah saja. Cukup diblender tanpa air secukupnya hingga agak hancur dan lembut. Kemudian ditaroh di freezer supaya dingin. Lalu yang terakhir tinggal dioleskan saja ke wajah dan tubuh.

Efek Samping Buah Melon :

Efek Samping Melon

Tidak ada efek samping makan atau minum buah ini. Hanya saja, terkadang ada reaksi  bila dikonsumsi berlebihan seperti:

1. Diare
2. Sakit kepala
3. Disentri
4. Meningkatnya intensitas kencing
5. Cepat kenyang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Anggur Untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Dari sekian banyak manfaat buah melon untuk kesehatan dan kecantikan di atas, sudah selayaknya buah ini dimasukkan dalam kategori super fruit yang wajib dimakan sehari-hari. Maka dalam meja makanan wajib bagi anda untuk menyediakan labu-labuan ini sebagai buah untuk dikonsumsi sehari-hari.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top