Connect with us
Buah Naga Merah

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Merah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah naga merah merupakan jenis atau varietas dari tanaman buah naga yang memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus. Buah naga dikenal sebagai buah yang manis dan enak untuk dimakan. Jenisnya sendiri pun cukup beragam dan paling terkenal adalah buah naga merah serta putih. Namun pada dasarnya, manfaat buah naga merah dan putih hampir sama saja, baik itu untuk kesehatan dan kecantikan. Sejak dulu jenis kaktus ini memang sudah terkenal sebagai makanan yang menyehatkan. Di dunia modern, buah naga bahkan bisa dibilang sebagai salah satu minuman jus yang terkenal.

Buah Naga Merah, Mafaat Buah Naga Merah, Khasiat Buah Naga Merah

Namun menurut pakar ahli, mengkonsumsi buah naga khususnya buah naga merah sebaiknya benar-benar dibatasi, mengingat efek samping berbahaya yang bisa ditimbulkan. Dalam sebuah studi, efek samping yang bisa diakibatkan oleh buah naga biasanya selalu berkaitan dengan sistem pencernaan seperti masalah maag, perut kembung, sembelit, dan lainnya. Tapi disisi lain, manfaatnya untuk kesehatan sangatlah banyak karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Naga Merah :

Kandungan Nutrisi dan Gizi Buah Naga Merah

Kandungannya adalah 87 g air, 1.1 g protein, 0.4 g lemak, 11.0g karbohidrat, 0.04 mg serat, 0.04 vitamin B1, 0.05 vitamin B2, 0.16 vitamin B3, 20.5 mg vitamin C, 8.5 mg kalsium, dan 0.16 mg zat besi.

Loading...

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Antioksidan

Fungsi dari zat antioksidan sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari beberapa faktor luar yang berbahaya seperti virus, bakteri, dan radikal bebas yang jika masuk dalam tubuh, bisa menyebabkan berbagai masalah seperti yang terburuk adalah tumor. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi buah naga merah secara rutin bisa membantu dalam mengatasi radikal bebas karena mengandung banyak zat antioksidan didalamnya.

2. Mengatasi Kanker

Kanker bisa menjadi pembunuh paling mematikan untuk tubuh manusia. Perkembangan sel-sel kanker bisa didukung tanpa sepengetahuan kita seperti tak memerhatikan makanan dan lingkungan sekitar. Kandungan anti kanker dalam buah naga merah membantu dalam mengatasi kanker dan perkembangan sel kanker yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.

3. Meningkatkan Imun Tubuh

Kekebalan tubuh juga memiliki banyak fungsi, tidak hanya untuk sekedar memperkuat tubuh bagian luar. Kandungan antioksidan yang tinggi membuat buah naga ini menjadi salah satu buah yang bisa sangat berperan penting untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Karena itulah pemberian buah naga merah untuk anak-anak disarankan karena masa kanak biasanya memerlukan asupan nutrisi tinggi untuk meningkatkan imun tubuhnya yang masih sangat rentang oleh penyakit.

4. Atasi Diabetes Melitus

Diabetes biasanya disebabkan karena pola makanan yang tidak sehat. Karena kandungan antioksidan dalam buah naga ini, bisa membantu dalam mecegah diabetes. Namun karena sifat dari diabetes bisa menurun, penggunaan buah naga merah mungkin tidak berefek untuk sebagian jenis orang. Tapi sebagian besar berpendapat kalau buah naga merah sangat berkhasiat untuk menyembuhkan diabetes yang bisa bersifat kronis. Penggunaannya bisa dengan rutin mengkonsumsi jus buah naga setiap hari, dengan catatan porsi yang sesuai.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Nafsu makan berkurang biasanya disebabkan karena masalah pada pencernaan. Dalam kasus anak-anak yang sering ditemukan, nafsu makan berkurang terjadi karena cacingan. Jika iya, buah naga sangat berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan yang hilang sekaligus mengusir cacing dalam tubuh anak karena kandungan anti oksidan yang dikandungnya. Selain itu, rasa manis dari buah ini membantu dalam meningkatkan rasa ingin makan.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Atasi masalah batuk

7. Atasi masalah asma atau sesak nafas

8. Sehat untuk tulang

9. Mengatasi tekanan darah tinggi

10. Mengatasi masalah jantung

11. Mengatasi masalah darah

12. Sehat untuk ibu hamil

13. Atasi peradangan

14. Menjaga ion tubuh

15. Meningkatkan stamina

16. Tidak mudah kram

17. Mencegah kelumpuhan

18. Atasi masalah sakit perut

19. Baik untuk manula

20. Menjaga syaraf sehat

21. Menjaga usus dari bakteri

22. Perwarna alami

23. Mengatasi sembelit

24. Mencegah tulang rapuh

25. Baik untuk pencernaan bayi

26. Menjaga sistem peradaran darah

27. Baik untuk ASI

28. Baik untuk panas dalam

29. Baik untuk sariawan

30. Mengatasi tengorokan kering

31. Sehat untuk tulang

32. Pendeteksi boraks dan formalin

33. Menjaga kesehatan pencernaan

34. Sebagai anti kanker

35. Sebagai sumber vitamin C

36. Sebagai sumber zat mineral

Cara Memanfaatkan Buah Naga Merah Untuk Kesehatan :

Kebanyakan orang menggunakan buah naga merah sebagai jus karena memang penyajian seperti ini terbilang mudah dan lebih efektif. Anda bisa menggunakan cara ini namun dengan catatan porsi tidak boleh berlebihan. Pakar menyarankan untuk tidak memakan lebih dari 3 buah dalam sehari, cukup 1 atau 2 buah saja perhari. Untuk memaksimalkan, Anda boleh mencampurkan jus Anda dengan bahan sehat lainnya seperti madu atau lainnya.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan Tubuh

Buah naga menjadi salah satu bahan jus yang sangat efektif untuk diterapkan dalam program diet karena manfaatnya bisa sangat membantu dalam menurunkan badan dan membuatnya lebih ramping. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam buah naga sangat tinggi sehingga sangat membantu dalam menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan air yang banyak serta rendah kalori dan lemak membantu juga dalam menguruskan badan.

2. Menunda Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya terjadi pada orang yang berusia 30 tahun ke atas. Sebagai tindakan pencegahan, rutin mengkonsumsi buah naga merah bisa membantu dalam mengatasi penuaan dini yang biasanya ditandai dengan uban, keriput, kantung mata hitam, dan lainnya. Kandungan vitamin C yang banyak dalam buah naga merah membantu dalam meremajakan kulit.

3. Memutihkan Gigi

Gigi putih sering kali menjadi hal yang paling disukai oleh banyak orang, tapi malas untuk merawatnya. Mengkonsumsi buah naga bisa membantu dalam memutihkan gigi karena mengandung banyak zat kalsium dan zat mineral lainnya yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan gigi.

4. Mempercantik Mata

Mata indah adalah mata yang terbebas dari mata merah dan masalah mata lainnya. Tentu saja jika bermasalah bisa sangat mengganggu kecantikan Anda. Kandungan vitamin dalam buah naga ini membantu dalam menyehatkan mata sehingga membuat mata tampak lebih cantik lagi, baik mata itu sendiri dans sekelilingnya.

5. Melembabkan Kulit

Karena kandungan air dalam buah naga merah sangat banyak, sehingga bisa membantu dalam mengatasi kulit kering dengan kata lain melembabkan kulit. Jika kulit lembab, tentu saja akan terhindari dari kata keriput dan membuat kulit lebih kenyal.

Manfaat Buah Naga Merah Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Membasmi jerawat

7. Menjaga kulit wajah tetap kencang

8. Sehat untuk kuku

Cara Memanfaatkan Buah Naga Merah Untuk Kecantikan :

Penggunaannya biasanya bisa dijadikan jus sehat untuk diminum setiap hari. Namun untuk sebagian orang, bisa dijadikan sebagai masker dengan cara diiris kemudian ditempel pada kulit atau dihaluskan terlebih dahulu kemudian di oles pada kulit.

Efek Samping Buah Naga Merah :

Efek Samping Buah Naga Merah

Jika mengonsusi atau memakan  buah naga merah secara berlebihan, efek samping bisa saja terjadi seperti:

1. Penyebab perut kembung

2. Menyebabkan masalah maag

3. Penyebab diabetes

4. Sakit pada perut

5. Diare

6. Kencing atau kotoran merah

7. kembung

8. Dan gangguan pencernaan lainnya

Itu dia manfaat buah naga merah untuk kesehatan dan kecantikan serta efek samping jika dikonsusmsi secara berlebihan. Konsumsilah secara teratur, karena buah naga merah menjadi jenis buah yang mempunyai banyak manfaat untuk membantu mengobati berbagai penyakit.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Buah

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top