Connect with us
Nanas, Buah Nanas, Manfaat Nanas, Khasiat Nanas

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Nanas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Nanas merupakan salah satu buah berair yang sangat banyak diminati oleh orang-orang karena selain memiliki rasa yang manis. Buah nanas juga terkenal dengan khasiat dan manfaat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Manfaat nanas sudah dikenal sejak lama, khususnya berbagai penyakit yang memerlukan vitamin C sebagai obatnya. Buah ini sendiri terkenal dengan vitamin C nya yang banyak. Selain itu, buah yang berasal dari Amerika ini bermanfaat juga untuk kecantikan wajah dan kulit.

Nanas, Buah Nanas, Manfaat Nanas, Khasiat Nanas

Ciri utama dari nanas adalah duri dan rasanya yang manis keasaman. Buah ini banyak ditemukan di Indonesia dan digunakan sebagai bahan rujak dan lainnya. Nenas juga sangat sehat untuk dikonsumsi secara rutin dengan campuran bahan sehat lainnya seperti madu. Warna umum pada buah ini yang sudah matang biasanya berwarna orange sedikit kuning. Jenis nanas juga beragam, baik dilihat dari segi ukuran, bentuk, dan semacamnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nanas :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nanas

Nanas memiliki kandungan gizi dan vitamin yang sangat banyak diantaranya adalah vitamin C, antioksidan, kolagen, kalori, karbohidrat, energi, protein, lemak, serat, folat, niasin, piridoksin, riboflavin, thiamin, vitamin A, E, K sodium, kalium, mineral, kalsium, tembaga, dan zat besi. Nanas juga termasuk buah berserat larut dan tidak larut seperti halnya pektin.

Loading...

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Radang Sendi

Radang pada sendi terjadi karena adanya pendarahan dalam sendi. Hal ini akan membuat penderita merasa kesakitan dengan gejala utama bengkak, kaku, dan bergerak terbatas. Manfaat buah nanas untuk peradangan sangat lah mujarab. Nanas mengandung zat aktif seperti anti-oksidan dan anti-inflamasi yang membantu dalam mengatasi setiap masalah pendarahan yang terjadi dalam tubuh khususnya bagian sendi.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nanas memiliki kandungan zat besi yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Selain itu, vitamin C yang terkandung dalam buah nanas dapat membantu meningkatkan imun anak sehingga dianjurkan sekali untuk rutin mengajak anak Anda untuk memakan buah ini. Tidak hanya untuk anak, mengkonsumsi buah nanas secara rutin bisa membantu dalam meningkatkan ketahanan tubuh orang dewasa dan lansia.

3. Sebagai Sumber Kolagen

Kolagen sangat bermanfaat untuk membantu tetap menjaga kesehatan dari pembuluh darah, organ dalam, tulang, kulit, dan sebagainya. Vitamin C yang terkandung dalam buah nanas memiliki takaran yang sangat banyak. Salah satu fungsi dari vitamin C adalah membuat kolagen yang akan digunakan oleh tubuh untuk mengatasi segalah hal yang akan membuat tubuh tetap sehat. Selain itu, kandungan kalsium dan zat mineral lainnya sangat penting untuk kesehatan darah dan tulang.

4. Mencegah Kanker

Kanker sering terjadi karena kesalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu metode yang paling ampuh adalah menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga. Untuk memaksimalkan, rutinlah untuk mengkonsumsi buah nanas yang dipercaya bisa menurunkan tingkat resiko terkena kanker. Anti-oksidan yang ada dalam buah nanas seperti vitamin A, beta karoten, flavonoid, bromelain, dan lainnya membantu dalam mengatasi kanker dan mencegah sel-sel kanker untuk berkembang biak.

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan sering terjadi dan hal ini menjadi masalah yang cukup serius jika dibiarkan begitu saja. Banyak hal yang menjadi penyebab sistem pencernaan menjadi terganggun seperti ada bakteri yang masuk, peradangan, kotoran menumpuk, dan lainnya. Untuk tetap membantu menjaga kesehatan dari sistem pencernaan Anda, rutinlah untuk mengkonsumsi buah ini karena memiliki kandungan serat yang banyak. Serat sangat berguna untuk mengatasi segala gangguan pencernaan yang umum terjadi seperti sakit perut, sembelit, diare, dan lainnya.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi batuk.

7. Mengatasi pilek.

8. Mencegah tulang kropos.

9. Menjaga kesehatan mulut.

10. Mengatasi tekanan darah tinggi tidak stabil.

11. Mengatasi katarak.

12. Mencegah penglihatan kabur dini.

13. Mengatasi sirkulasi darah yang tidak lancar.

14. Memperkuat rambut.

15. Mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

16. Menjaga gusi sehat.

17. Mengatasi asam urat.

18. Mengatasi pembengkakan.

19. Mengatasi sakit tenggorokan.

20. Obat mual.

21. Mengatasi parasit.

22. Mengatasi catarrh.

23. Obat bronkitis.

Cara Memanfaatkan Nanas Untuk Kesehatan :

Buah ini terkenal dengan rasa manis dan asamnya, karena itulah buah ini bisa dijadikan rujak atau bahan makanan yang memerlukan rasa asam sehingga sehat untuk dimakan. Selain itu, penggunaan yang baik lainnya adalah dengan dijadikan jus, makan langsung, atau mencampur dengan bahan sehat lainnya.

Manfaat Nanas Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Jerawat Pada Wajah dan Punggung

Vitamin C terkenal dengan kandungan zat aktifnya yang bisa membantu mengatasi segala gangguan jerawat di kulit, baik itu wajah atau punggung. Selain vitamin C, kandungan lain seperti bromelain, anti-inflamasi, dan enzim berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan sel dan mengatasi pendarahan ringan pada kulit yang biasa disebut dengan jerawat. Penggunaannya bisa digunakan sebagai masker atau diminum rutin sebagai jus.

2. Membuat Kulit Tampak Muda

Sintesis kolagen merupakan zat aktif yang bisa mempermuda kulit. Semakin tinggi sintesis kolagen dalam tubuh, semakin muda Anda dipandang. Kandungan ini bisa ditemukan dalam buah nanas dengan jumlah yang sangat banyak. Penggunaannya bisa dengan masker dan yang paling direkomendasikan diminum secara rutin.

3. Memutihkan dan Mencerahkan Wajah

Jika Anda memiliki keluhan kulit terlihat hitam dan kusam, bisa jadi kulit Anda kekurangan vitamin dan perawatan yang kurang baik. Sel kulit mati yang sudah menumpuk harusnya diangkat dan digantikan dengan sel kulit lainnya sehingga tampak cerah. Namun sering kali, proses ini diabaikan karena kurangnya vitamin C yang dikonsumsi. Buah ini memiliki zat aktif yang membantu mengangkat sel kulit mati dan membantu dalam melindungi kulit dari sinar UV yang bisa menghitamkan.

4. Mengatasi Telapak Kaki Pecah-Pecah

Kulit kasar dan pecah-pecah sering ditemui pada telapak tangan dan telapak kaki, khususnya tumit. Masalah ini terjadi karena kurangnya vitamin C yang masuk ke kulit Anda. Zat aktif dalam buah manis asam ini membantu dalam mengatasi telapak kaki pecah dengan sangat ampuh. Karena itulah banyak sekali kaum hawa yang memanfaatkan buah ini sebagai makanan wajib mereka karena sangat membantu untuk mengatasi setiap gangguan kulit yang dideritanya. Meski berada di kaki, tetap saja akan mengganggu penampilan.

5. Memperindah Kuku

Kuku cantik menjadi idaman bagi semua perempuan. Nanas memiliki kandungan kalsium dan vitamin A serta B yang sangat membantu dalam membuat kuku Anda semakin kuat, cantik, dan enak dipandang.

Manfaat Nanas Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Merawat kulit tetap cantik.

7. Memutihkan gigi.

8. Mengatasi bibir pecah.

9. Mengatasi rambut kusam.

10. Mengatasi rambut rontok.

11. Mengatasi gatal kulit kepala.

Cara Memanfaatkan Nanas Untuk Kecantikan :

Bisa diminum dengan cara dijus, dimakan langsung, dan lainnya. Namun untuk memaksimalkan, gunakan sebagai masker bisa menggunakan irisan buah langsung atau dihaluskan terlebih dahulu kemudian oleskan pada kulit. Lakukan secara rutin dan lihat perbedaannya.

Efek Samping Nanas :

Efek Samping Nanas

Meski memiliki kandungan sehat yang banyak, buah nanas dikonsumsi secara berlebihan sangat tidak baik. Berikut ini adalah efek samping nanas untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Menggugurkan kandungan.

2. Penyebab rematik.

3. Meningkatkan gula darah.

4. Saki kepala.

5. Alergi.

6. Overdosis vitamin C.

7. Tak cocok dengan obat.

8. Meningkatkan asam lambung.

Baca Juga: Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu dia manfaat nanas untuk kesehatan dan kecantikan beserta efek samping jika terlalu overdosis. Rata-rata buah bernama inggris pineapple sering di gunakan untuk rujak. Bahkan juga ada orang yang beranggapan bahwa buah ini bisa dijadikan sebagai penggugur janin. Anda dapat melihat serta mambaca manfaat buah lainnya.

Advertisements

Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Buah

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top