Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

45 Manfaat dan Khasiat Buah Nangka untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Nangka, nongko, langge, anane, lumasa,gori atau yang bernama latin Artocarpus Heterophyllus merupakan salah satu jenis buah yang sudah tidak asing lagi di mata masyarakat Indonesia. Buah nangka memiliki bentuk khas seperti buah durian, namun susunan geriginya lebih padat dan kulitnya lebih halus. Menariknya, bukan hanya buahnya saja yang nikmat untuk dikonsumsi, namun biji buah nangka ini pun juga memiliki rasa nikmat untuk dikonsumsi.

Buah nangka, Nangka, Manfaat Nangka, Khasiat Nagka, nongko, langge, anane, lumasa,gori

Nangka sendiri juga merupakan jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan semua, mulai dari daun, batang, buah, akar, biji, kulit dan getah. Tanaman nongko termasuk tanaman berbunga yang memiliki nama Inggris yaitu jackfruit. Dari segi kegunaan, manfaat nangka untuk kesehatan, kecantikan dan obat sangatlah banyak.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nangka :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Nangka

  • Mengandung energi tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Dalam 100 gr nangka mengandung kurang lebih 100 kalori dan 50 kalori pada buah yang masih muda.
  • Kaya akan viamin A, vitamin B1 dan vitamin C.
  • Nangka masak yang memiliki warna kuning cerah menandakan bahwa buah ini mengandung betakaroten tinggi
  • Kaya akan serat
  • Memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium dan zat besi.
  • Biji nangka dapat dimanfaatkan sebagai pengganti kacang dalam olahan menu masakan. Biji buah nongko memiliki kandungan fosfor, protein dan juga karbohidrat yang bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan buahnya sendiri.

Manfaat Nangka untuk Kesehatan :

Selain lezat dan nikmat, buah jenis ara-araan ini juga menjadi salah satu makanan khas kota Yogyakarta yang biasanya diolah menjadi menu masakan bernama Gudeg. Buah nongko bisa dijadikan sebagai sumber gizi tinggi karena berbagai kandungan gizi yang ada didalamnya. Berikut uraian manfaat nangka untuk kesehatan tubuh.

Loading...

1. Mencegah penyakit kanker

Kandungan fitonutrien pada buah nangka menjadi senyawa yang bagus untuk kesehatan. Senyawa tersebut meliputi lignin, saponin  dan isoplafon yang sangat efektif untuk mencegah kanker. Buah nangka ini juga membantu tubuh kita dari berbagai faktor penyebab penyakit kanker.

2. Mencegah penyakit anemia

Penyakit anemia merupakan kondisi dimana seseorang kekurangan asupan darah merah dan akhirnya menyebabkan tubuh mudah merasa lemas dan letih. Zat besi adalah senyawa penting yang baik untuk mencegah penyakit anemia. Buah nangka memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Buah nangka bersifat anti ulkus yang mampu membuat sistem pencernaan dalam tubuh berjalan dengan lancar. Selain itu, nangka juga kaya akan kandungan serat yang mampu membantu usus besar mengikat sisa makanan sekaligus membuangkan dari tubuh.

4. Menyehatkan dan menguatkan tulang

Khasiat lain yang terdapat pada buah nongko adalah kaya akan magnesium yang mampu menyehatkan dan menguatkan tulang. Inilah mengapa buah ini menjadi jenis buah yang bermanfaat baik bagi mereka yang sudah berumur maupun yang masih anak-anak, karena dengan mengkonsumsi buah ini, maka tulang akan senantiasa kuat dan sehat. Manfaat nangka ini cocok bagi anda yang biasa melakukan pekerjaan berat.

5. Menyehatkan mata

Nangka mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan mata. Dengan vitamin A ini maka penglihatan akan semakin jelas dan tajam. Bagi anda yang tidak terlalu suka mengkonsumsi sayuran bervitamin A, maka buah nongko ini bisa menjadi buah pilihan yang kami sarankan untuk anda.Selain nikmat, buah nangka juga berkhasiat tinggi untuk menyehatkan mata dan cocok dikonsumsi bagi mereka yang berkacamata.

Manfaat Nangka untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menjaga sistem metabolisme tubuh
7. Sumber energi tinggi pada tubuh
8. Membantu menurunkan tekanan darah
9. Mencegah penyakit jantung
10. Memproduksi hormone
11. Mengatasi asma
12. Mengontrol kadar kolesterol
13. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
14. Menyehatkan usus besar
15. Menyembuhkan penyakit borok
16. Mencegah penyakit kanker rongga mulut

Cara Memanfaatkan Nangka untuk Kesehatan :

Buah nangka bisa dikonsumsi secara langsung setelah matang. Buah ini juga bisa diolah sebagai kripik nangka yang gurih dan nikmat. Sekarang ini banyak yang sudah menjual kripik nongko di pasaran. Bagi anda yang suka mengkonsumsi gudeg, maka anda bisa mengolah nangka muda sebagai menu olahan gudeg khas Yogyakarta.

Manfaat Nangka untuk Kecantikan :

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, nangka juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaatnya  untuk kecantikan.

1. Mengatasi kulit kering

Kulit kering menjadi salah satu masalah bagi penampilan kita. Bahkan kulit kering juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah kulit yang lin seperti komedo dan kulit kusam. Bagi anda yang memiliki masalah kulit kering, nangka bisa anda jadikan solusi tepat untuk mengatasinya.

2. Menuntaskan komedo

Buah nangka juga bisa dimanfaatkan sebagai solusi untuk mengatasi komedo membandel pada kulit yang sensitif terhadap komedo.

3. Meredakan jerawat

Jerawat memang menjadi momok bagi para wanita. Berbagai cara alami dapat anda lakukan untuk menuntaskan jerawat salah satunya dengan memanfaatkan buah nangka. Bahan alami untuk menghilangkan jerawat ini akan sangat berkhasiat jika anda memanfaatkannya secara rutin.

4. Menghilangkan keriput pada wajah

Munculnya keriput wajah menjadikan tampilan kita terlihat lebih tua. Untuk menghindari masalah keriput pada wajah maka kita bisa menggunakan buah nangka sebagai masker untuk menghaluskan wajah.

5. Mengatasi kutil

Tidak hanya buahnya saja, biji nangka juga memiliki manfaat yang luar biasa. Anda bisa memanfaatkan biji nongko sebagai obat untuk menyembuhkan kutil. Caranya adalah dengan memblender biji buah ini sampai halus kemudian tinggal dioleskan pada bagian yang berkutil secara teratur.

Manfaat Nangka untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan flek hitam
7. Mengatasi penuaan
8. Mengobati luka
9. Meminimalir pigmentasi kulit disekitar dagu dan mulut
10. Mengatasi kulit rusak atau terbakar
11. Mengatasi kulit berminyak lebih
12. Menyamarkan keriput disekitar mata
13. membuat kulit tanpak cerah
14. Masker

Cara Memanfaatkan Nangka untuk Kecantikan :

Buah nangka bisa dijadikan bahan alami untuk memaksimalkan kecantikan. Caranya adalah dengan membuatnya sebagai masker. Masker alami yang terbuat dari buah nangka bisa anda tambahkan dengan madu atau minyak zaitun untuk memperoleh hasil yang maksimal. Bukan hanya sebagai masker, buah ini juga bisa dimanfaatkan dari dalam tubuh dengan cara dikonsumsi secara langung. Jika anda menggunakan masker atau mengkonsumsi buah ini secara rutin maka anda akan melihat hasil yang sempurna, kulit anda akan nampak bersih, cerah dan awet muda.

Efek Samping Nangka :

Efek Samping Nangka

Dibalik limpahan kandungan gizi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, nangka juga memiliki beberapa kandungan yang membahayakan kesehatan. Kandungan tersebut tidak akan berperan jika kita mengkonsumsinya secara normal, namun jika dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan efek samping berbahaya.

Kandungan berbahaya yang terdapat pada buah nongko menjadikan buah ini tidak boleh dikonsumsi bagi sebagian orang terutama bagi mereka dengan beberapa jenis penyakit. Berikut uraian lebih lengkap mengenai efek samping mengkonsumsi buah nangka.

  1. Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit maag kronis, mengkonsumsi nangka akan memberikan efek samping yakni menjadikan maag tersebut kambuh kembali.
  2. Dapat mengakibatkan alergi.
  3. Meningkatkan koagulasi bagi penderita kelainan darah. Koagulasi adalah proses penggumpalan larutan atau cairan sebagian atau menyeluruh dan mmbentuk gumpalan keras maupun lunak seperti gel.
  4. Meningkatkan toleransi glukosa bagi penderita diabetes.
  5. Bagi penderita diabetes tidak disarankan untuk mengkonsumsi buah nangka karena dapat mengakibatkan glukosa dalam darah meningkat.
  6. Mengakibatkan feses menjadi abnormal.
  7. Menjadikan perut kembung, diare dan bergas.
  8. Meningkatkan kontraksi dini.

Buah nangka yang dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah yang normal akan memberikan manfaat yang melimpah. Namun apabila buah ini dikonsumsi dalam jumlah berlebih maka akan mengakibatkan suhu janin meningkat dan kontraksi lebih awal sehingga bayi bisa lahir secara prematur bahkan keguguran.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Khasiat buah nangka untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak apa lagi untuk masalah kulit serta mengobati penyakit. Akan tetapi anda harus paham juga efek samping ketika mengonsumsi terlalu berlebihan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top