Connect with us
Persik, Buah Persik, Tanaman Persik, Pohon Persik, Manfaat Buah Persik, Khasiat Persik, Manfaat Persik

Buah

40 Manfaat dan Khasiat Buah Persik untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Buah Persik – Persik atau buah peach adalah buah yang merupakan genus semak-semakan. Di Mesir, buah ini disebut juga dengan Khukh yang memiliki nama latin prunus persica. Tanaman buah ini berasal dari China yang sudah ada 2000 SM. Seiring berjalannya waktu dan banyak orang yang mengetahui manfaat persik, terjadi perdagangan antar negara. Sehingga, bibit buah persik pun menyebar ke beberapa negara seperti Jepang, Korea, Vietnam, Turki, Iran, Amerika serta Afrika Utara.

Persik, Buah Persik, Tanaman Persik, Pohon Persik, Manfaat Buah Persik, Khasiat Persik, Manfaat Persik

Sekarang sudah banyak yang jual bibit buah persik bahkan dapat diperoleh secara online. Buah ini mempunyai rasa manis, tapi agak sepet-sepet, dapat dikatakan seperti rasa buah mangga. Warna buahnya kuning kemerah-merahan. Saat sudah matang atau tua, kebanyakan warnanya merah. Aroma buahnya harum serta mempunyai satu biji yang keras. Sebelum mengetahui manfaat peach, ketahui juga kandungan buah persik.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Persik :

Manfaat buah persik, tentu tak lepas dari kandungannya. Buah ini mengandung banyak gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya meningkatkan kesehatan, melainkan juga dapat meningkatkan kecantikan siapapun yang menggunakannya. Berikut kandungan nutrisi peach per 100 g buahnya :

  • Energi 165 kJ (39 kkal)
  • Karbohidrat 9,5 g
  • Gula 8.4 g
  • Serat pangan 1,5 g
  • Lemak 0,3 g
  • Protein 0,9 g
  • Vitamin A 16 μg
  • Vitamin C 6.6 g
  • Zat Besi 0,25 mg
  • Kalium 190 mg
  • Beta carotene
  • Karotenoid
  • Magnesium
  • Vitamin E
  • Vitamin K

Manfaat Persik untuk Kesehatan :

Sebagai buah yang mengandung vitamin a, kita bisa mengetahui kalau manfaat buah peach begitu banyak. Terlebih kandungan vitamin C yang cukup tinggi itu mampu memberikan beberapa efek kesehatan sekaligus. Inilah khasiat persik untuk kesehatan :

1. Menjaga kesehatan jantung

Kaya zat besi dan vitamin K, buah buat diet ini membantu menjaga jantung tetap sehat. Vitamin K mencegah pembekuan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit jantung. Jadi, mengonsumsi buah peach secara teratur bisa membuat jantung lebih sehat dan kuat terhadap beberapa penyakit.

2. Melancarkan peredaran darah

Zat besi dalam buah alami ini dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah. Pada akhirnya menjadikan darah sehat dan mencegah anemia yang ditimbulkan akibat kekurangan zat besi. Selain itu, buah ini juga mengandung kalium, elektrolit yang mengatur tekanan darah dan mempertahankan keseimbangan cairan.

3. Antikanker

Buah peach mengandung antioksidan tinggi, terutama asam klorogenat yang terkonsentrasi pada kulit dan daging buah yang diketahui memiliki sifat anti kanker. Manfaat buah persik ini juga karena merupakan sumber vitamin A yang baik yang memberikan perlindungan terhadap paru-paru dan rongga mulut terhadap kanker.

4. Sebagai detoksifikasi alami

Khasiat persik selanjutnya yakni membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh. Kandungan tinggi potasium dan serat mengurangi risiko sakit radang dan penyakit terkait ginjal. Di Cina, teh buah peach digunakan sebagai obat alami untuk pembersihan dan detoksifikasi ginjal.

5. Penghilang Stres

Di Hungaria, manfaat persik disebut memberikan ketenangan karena kemampuannya untuk menghilangkan stres dan kecemasan. Ini membantu dalam memulihkan ketenangan pikiran dan bunganya sangat bermanfaat untuk mengobati kegelisahan. Kamu bisa menanamnya di rumah dengan membelinya dari toko tanaman yang jual bibit buah persik. Harga buah peach mulai dari puluhan ribu, tergantung kualitas buahnya.

Manfaat Persik untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

7. Mencegah dan mengobati anemia

8. Menurunkan kadar kolesterol tinggi

9. Mencegah dan mengobati sakit maag

10. Menyembuhkan gangguan usus

11. Menghilangkan cacing parasit dalam perut

12. Mengobati radang usus besar

13. Menyembuhkan gastritis

14. Membantu menurunkan berat badan

15. Meredakan asam urat dan rematik

16. Menghalau pertumbuhan tumor

17. Melawan diabetes karena obesitas

18. Mengatasi bronkhitis

19. Mengobati batuk

20. Menyehatkan paru-paru

21. Melancarkan proses pencernaan

22. Menjaga kesehatan gigi

23. Menyehatkan tulang

24. Baik untuk kehamilan

25. Mencegah gangguan otak

Cara Memanfaatkan Persik untuk Kesehatan :

Kamu dapat mengambil manfaat buah persik dengan cara langsung makan buahnya. Atau jika ingin lebih segar, membuatnya menjadi jus bisa menghilangkan rasa dahaga sekaligus memberikan khasiat peach di atas. Kamu harus mengonsumsi secara teratur setiap hari.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Persik untuk Kecantikan :

Ada beberapa kandungan nutrisi buah peach yang juga bermanfaat bagi kecantikan. Inilah khasiat yang akan kamu dapatkan :

1. Mengatasi masalah kulit kering

Konsumsi buah peach yang teratur baik untuk kulit dan sangat bermanfaat bagi kamu dengan masalah kulit kering. Selain itu, jus persik juga bisa diaplikasikan pada kulit untuk kulit bercahaya. Jus persik baik tidak hanya untuk kulit kering tetapi juga untuk kulit berminyak.

2. Mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini

Manfaat persik untuk kecantikan lainnya adalah kemampuan untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Khasiat buah peach ini terutama karena kehadiran antioksidan seperti vitamin C, dan senyawa antioksidan lain, flavonoid. Antioksidan inilah yang melawan radikal bebas dari tubuh.

3. Melindungi dari Sinar UV Berbahaya

Sinar UV yang berbahaya dapat menyebabkan kerusakan besar pada kulit dan membuatnya tampak tidak bernyawa. Jadi, langkah terpenting menuju kulit yang sehat adalah melindunginya dari radiasi ini. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang meminimalkan kerusakan akibat paparan sinar matahari.

4. Mencegah Kerontokan Rambut

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit yang disebut follicular hyperkeratosis (pengendapan protein keratin di sekitar rambut). Peach bisa bermanfaat untuk penyakit ini, karena memiliki cukup vitamin A. Rambut rontok juga bisa diobati dengan buah ini melalui konsumsi setiap hari atau bahkan dengan aplikasi di kulit kepala sebagai masker. Manfaat buah persik secara maksimal bisa kamu dapatkan dengan mengaplikasikan kedua cara tersebut.

5. Menutrisi kulit kepala

Peach baik bukan hanya untuk rambut tetapi juga untuk kulit kepala. Khasiat peach sering digunakan dalam masker rambut untuk mengobati berbagai masalah kulit kepala. Menerapkan pasta buahnya pada kulit kepala dapat membersihkan dan juga menyediakan makanan yang tepat untuk rambut dan kulit kepala.

Manfaat Persik untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah munculnya jerawat

7. Mencegah komedo

8. Mengurangi resiko terhadap kanker kulit

9. Melembabkan kulit

10. Mencerahkan kulit

11. Membantu penyembuhan luka

12. Mengencangkan pori-pori kulit

13. Melembabkan rambut

Cara Memanfaatkan Persik untuk Kecantikan :

Agar memperoleh manfaat dan khasiat persik, kamu bisa menerapkan masker buah ini ke kulit atau rambut. Ambil buah peach secukupnya, lalu di tumbuh secara halus dan terapkan pada kulit atau rambut. Biarkan selama 10-15 menit supaya meresap. Setelah itu, bilas sampai bersih. Aplikasikan secara rutin dan dapatkan hasilnya.

Efek Samping Persik :

Dibalik khasiat buah peach, tetap ada efek sampingnya. Efek samping persik atau dampak buruk ini dapat terjadi karena berlebihan mengkonsumsi buahnya. Inilah beberapa efek samping yang ditimbulkan :

  • Menimbulkan sesak napas
  • Urtikaria
  • Anafilaksis
  • Konstriksi bronkus

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Penggunaan buah peach yang berlebihan harus dihindari. Selain itu, sebaiknya seseorang dengan kondisi tertentu konsultasi dulu kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. Terutama bila mengkombinasikan dengan obat-obatan kimia. Bagi yang sehat, bisa mulai makan buah ini secara rutin. Harga buah persik tidak terlalu mahal dan bisa kamu dapatkan di mall atau marketplace secara online. Selain itu buah yang baik untuk diet dan buah-buahan untuk ibu hamil adalah buah persik.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top