45 Manfaat dan Khasiat Pinang Muda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping - Manfaat Dan Khasiat Terbaru
Connect with us
Pinang Muda, Manfaat Pinang Muda, Kasiat Pinang Muda, Buah Pinang Muda, Tanaman Pinang

Buah

45 Manfaat dan Khasiat Pinang Muda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pinang Muda (Areca catechu), Jambe Enom, Pineung, Penang, Pining, Wua, Pua, Bua, Ua, Fua, Hua merupakan buah pinang yang masih muda usianya. Warna buah ini memang dari hijau menjadi semakin kekuningan. Kemerahan dan kecoklatan seiring berjalannya usianya. Manfaat buah pinang muda untuk kesehatan bisa menjadi antibiotic alami. Selain itu, khasiatnya untuk kecantikan sangat bagus untuk merejamakan kulit.

Pinang Muda, Manfaat Pinang Muda, Kasiat Pinang Muda, Buah Pinang Muda, Tanaman Pinang

Biasanya pinang muda dijadikan bahan untuk campuran kapur sirih untuk gaya hidup menginang yang biasanya dilakukan oleh para nenek zaman dulu. Manfaat buah pinang untuk para nenek itu memang diyakini bisa menguatkan gigi dan struktur tulang. Maka tak heran bila para nenek yang mengonsumsi buah ini menjadi memiliki gigi yang cenderung utuh, meskipun usianya sudah tua dan warna giginya berubah menjadi merah-kecoklatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pinang Muda :

Tahukah tentang zat apa saja yang terkandung di dalam pinang muda? Ternyata ada banyak sekali kandungan gizi dan nutrisi pinang yang mestinya dimanfaatkan oleh manusia sebaik mungkin. Oleh karena berbagai zat di bawah ini terbukti ampuh untuk kesehatan maupun kecantikan.

• Alkaloid
• Arecaine
• Flavan
• Arecoline
• Guracine
• Guvacoline
• Guvasine
• Senyawa Fenolik
• Asam Galat
• Lignin
• Arecoline
• Guracine
• Guvacoline
• Guvasine
• Isoguvasine
• Tannin

Loading...

Manfaat untuk Kesehatan Pinang Muda :

1. Mengatasi Nyeri Sendi

Manfaat pinang muda untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi nyeri sendi? Bagaimana cara memanfaatkannya? Caranya mudah sekali. Yang pertama cuci pinang, lalu setelah itu parut pinang. Setelah diparut campurkan air dan gula (jika menginginkan) lalu rebus sampai mendidih. Setelah itu saring menggunakan saringan teh. Jika diminum secara rutin nyeri sendi akan sembuh.

2. Mencegah Gigi Keropos

Pinang muda memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah untuk mencegah gigi keropos. Cara memanfaatkannya bukan di buat menjadi jamu, namun di kunyah secara langsung. Pernahkah kalian melihat orang jaman dahulu mengunyah sirih lalu mengeluarkan merah-merah seperti darah? Itu sebenarnya bukan darah, melainkan sirih yang dicampur dengan pinang yang masih muda. Orang jaman dulu melakukan itu bukan cuma-cuma atau tidak ada manfaatnya. Manfaatnya adalah untuk mencegah gigi keropos. Untuk itu orang tua jaman dulu giginya masih utuh walau sudah lanjut usia.

3. Mengobati Gatal-Gatal di Kulit

Bagaimana cara mengobat gatal-gatal dengan pinang muda? Caranya mudah, yaitu yang pertama parut pinang sampai halus setelah itu oleskan parutan pinang ke bagian tubuh yang gatal. Tunggu sampai dirasa sudah cukup lalu bilas dengan air bersih. Pinang memiliki efek menghangatkan jadi bagi yang tidak menyukai bisa gunakan cara lain.

4. Mengatasi Stress Berlebih

Manfaat pinang muda untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi stress berlebih. Bagaimana pinang mengatasi stress? Caranya adalah dengan mengombinasikannya dengan sirih dan di kunyah. Sebenarnya ini fungsinya hampir sama dengan

5. Mengobati Diare

Bagaimana pinang muda mengobati diare? Cara memanfaatkan pinang untuk mengobati diare mudah yaitu dengan cara menjadikannya sebagai jamu. Cara membuat jamunys pun mudah yaitu dengan memarut pinang lalu di rebus dengan satu gelas air setelah matang saring jamu agar tidak ada ampas pinangnya.

Manfaat Pinang Muda untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menjadi obat antibiotik
7. Menguatkan tubuh
8. Mencegah kerusakan gigi karena karies
9. Menguatkan struktur rahang
10. Mencegah rapuhnya tulang alveolar
11. Mengatasi infeksi
12. Mengobati masuk angin
13. Mengatasi hidung mampet
14. Menghilangkan nyeri sendi
15. Memudarkan bekas luka
16. Meningkatkan nafsu makan
17. Membuang lemak dalam tubuh
18. Melancarkan sistem pencernaan
19. Mengobati sakit kepala
20. Membuat pikiran tenang

Cara Memanfaatkan Pinang Muda untuk Kesehatan :

Memanfaatkan pinang muda untuk kesehatan amatlah mudah. Sebab buah ini sungguh begitu begitu baik untuk tubuh maka harus tahu cara pengolahan terbaiknya. Disarankan agar buah ini dikonsumsi dengan jalan dimasak dulu (direbus). Jangan konsumsi mentah, ini untuk membuat rasanya jauh lebih enak. Selain itu juga untuk meminimalisir resiko alergi.

Manfaat Pinang Muda untuk Kecantikan :

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat pinang muda untuk kecantikan yang pertama adalah mengangkat sel kulit mati. Bagaimana caranya? Caranya yaitu dengan menjadikan pinang sebagai masker. Pertama-tama parut pinang sampai halus setelah itu sampurkan dengan sedikit air. Setelah menjadi pasta, aplikasikankah ke wajah secara merata. Tunggu selama 10 menit setelah itu pijat perlahan wajah kita selama dua menit. Setelah itu bilas dengan air bersih.

2. Membuat Awet Muda

Bagaimana membuat awet muda dengan menggunakan pinang muda? Caranya adalah dengan minum jamu pinang muda secara rutin. Cara membuat jamu nya mudah, cukup dengan memarut pinang lalu merebusnya dengan air. Setelah itu saring ampasnya agar minumnya lebih nyaman.

3. Mengatai Kulit Kering

Kulit kering sangat mengganggu kita bukan? Selain karena mengganggu kulit kering bisa menyebabkan kulit kita mudah tergores bahkan terluka. Masalah itu dapat diatasi dengan cara mengonsumsi jamu pinang muda serta maskernya.

4. Membuat Jernih

Manfaat pinang muda untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membuat mata jernih. Sangat bagus bukan jika mata kita jernih. Kita terlihat lebih cantik. Bagaimana cara menjernihkan mata dengan pinang? Caranya adalah dengan minum jamu pinang.

5. Mencegah Jerawat Muncul

Pinang muda memang di percaya dapat mencegah jerawat muncul. Cara merawat jerawat dengan pinang yaitu dengan menggunakan masker pinang. Cara membuatnya mudah yaitu dengan parut pinang sampai halus setelah itu aplikasikan ke jerawat.

Manfaat Pinang Muda untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan flek hitam
7. Memudarkan kerutan berlebih
8. Mencegah penuaan dini
9. Mengatasi bibir pecah-pecah
10. Menyembuhkan kulit kering
11. Menghilangkan kulit bersisik
12. Membuat kulit lembab
13. Menghilangkan bau badan
14. Menyembuhkan bau mulut
15. Mengobati sariawan
16. Menghilangkan bekas luka
17. Mencegah ketiak bau
18. Meningkatkan kesuburan
19. Membuat napas segar
20. Memendarkan aura kecantikan

Cara Memanfaatkan Pinang Muda untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan pinang muda demi kecantikan tidaklah sulit. Buah ini bisa dipakai sebagai ramuan untuk kulit wajah. Caranya tinggal direbus saja. Nanti air rebusannya diminum atau dipakai cuci muka. Namun mesti hati-hati buat yang alergi terhadap pinang karena rasanya sungguh tidak enak dan bikin enek. Makanya harus tes alergi dulu.

Efek Samping Pinang Muda :

Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan dari konsumsi pinang muda. Berbagai efek di bawah ini menjadi respon individual semata. Jadi tidak semua orang akan mengalaminya. Maka dari itu, sebelum konsumsi atau memakai pinang ini untuk kesehatan, alangkah baiknya buat percobaan terlebih dahulu.

1. Kanker Mulut
2. Kanker Lidah
3. Perubahan Warna Gigi
4. Mual
5. Muntah

Ketahuilah bahwasanya berbagai manfaat dan khasiat pinang muda ini memang baik untuk tubuh. Namun banyak dokter menghimbau untuk tidak sering-sering memakai buah ini untuk menginang karena bisa menyebabkan kanker mulut. Meskipun kebiasaan ini sudah sangat jarang dilakukan oleh orang, namun tetap saja buah ini memang amat bahaya bila keseringan dikonsumsi. Jadi cukup sesekali saja! Jika memang dirasa sangat dibutuhkan sebagai salah satu pengobatan herbal yang tiada duanya. Selain itu, perhatikan pula cara mengolahnya.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Buah

RSS Download Apk

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
DMCA.com Protection Status
To Top