Connect with us
Pinang, Buah Pinang, Biji Pinang, Manfaat Pinang, Khasiat Buah Pinang

Buah

45 Manfaat dan Khasiat Buah Pinang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pinang (Areca catechu) adalah pohon dan buah dari tanaman sejenis palem. Memiliki nama lain Jambe, Pineung, Pining, Penang, Bua, Wua, Pua, Ua, Fua, Hua. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Betel Palm atau Betel Nut Tree. Pohon ini sangat terkenal di Indonesia, meskipun manfaat pinang untuk kesehatan dan kecantikan tidak banyak diketahui orang awam.

Pinang, Buah Pinang, Biji Pinang, Manfaat Pinang, Khasiat Buah Pinang

Orang mengenal buah Jambe ini dalam dua artian, yakni batang pohonnya yang biasanya dipakai untuk ajang permainan panjat pinang saat momen hari kemerdekaan Indonesia, 17 agustus. Atau buahnya yang seringkali dipakai untuk menginang sirih oleh para nenek zaman dulu.

Padahal, manfaat pinang dan kesehatan dan kecantikan itu ada loh! Meskipun banyak dokter di bidang kesehatan gigi dan mulut, serta penyakit dalam yang melarang memakai Jambe ini dalam waktu lama karena bisa meningkatkan sensitivitas sel-sel kanker. Namun untuk sekadar pengetahuan, sepertinya baik pula mengetahui berbagai kandungan zat, manfaat dan khasiatnya, seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Pinang :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Pinang

Loading...

Pada dasarnya Tuhan memang menciptakan berbagai buah yang memiliki manfaat atau justru memiliki racun dalam dirinya. Khusus buah pinang, ini ada perdebatan mengenai manfaat atau bahayanya. Namun buah ini ternyata memiliki beberapa kandungan zat, mineral dan vitamin seperti yang tercantum di bawah ini:

• Alkaloid
• Arecaine
• Arecoline
• Guracine
• Guvacoline
• Guvasine
• Isoguvasine
• Tannin
• Flavan
• Senyawa Fenolik
• Asam Galat
• Lignin

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan :

1. Menguatkan Gigi

Kita sering melihat orang tua jaman dulu mengunyah sirih lalu mulutnya seperti mengeluarkan darah, padahal itu sebenarnya bukan darah, melainkan karena campuran sirih dan pinang membuat warna merah. Tujuan mereka mengunyah itu apa? Tujuannya adalah untuk membuat gigi mereka menjadi kuat. Tetapi hal itu sudah jarang dilakukan oleh orang-orang jaman sekarang.

2. Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlobang disebakan oleh bakteri yang menggerogoti gigi. Untuk itu kita harus rajin sikat gigi dan berkumur dengan cairan anti bakteri di mulut. Tetapi bisa juga menggunakan cara lain yang lebih tradisional. Yaitu dengan menggunakan pinang, caranya adalah dengan mengunyahnya bersamaan dengan sirih.

3. Mengobati Diare

Diare adalah salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi, penyebabnya banyak, bisa karena faktor makanan atau pola makan. Bagaimana cara mengobatinya? Caranya mudah yaitu dengan menggunakan campuran pinang dan daun jambu biji, dengan cara di rebus lalu diminum airnya.

4. Mengatasi Penyakit Cacingan karena Cacing Pita

Cacingan karena cacing pita sangat berbahaya untuk tubuh. Kita menjadi mudah sakit. Untuk itu harus segera diobati. Dengan cara apa? Mudah, yaitu dengan pinang yang dijadikan sebagai jamu. Minum itu rutin seminggu sekali.

5. Menenangkan Otak

Bagaimana pinang menenangkan otak? Caranya mudah, kita hanya perlu mengunyahnya, agar terasa lebih enak campurkan dengan daun sirih. Ini akan sangat membuat otak tenang, selayaknya mengunyah permen karet.

Manfaat Buah Pinang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Obat antibiotik alami
7. Meningkatkan stamina
8. Mencegah karies gigi
9. Mengatasi gigi keropos
10. Menguatkan tulang alveolar
11. Menambah nafsu makan
12. Mengatasi nyeri kepala
13. Menghilangkan bekas luka
14. Mencegah infeksi
15. Mengurangi nyeri sendi
16. Mengatasi masuk angin
17. Menghangatkan tubuh
18. Menurunkan panas demam
19. Menghilangkan nyeri lutut
20. Mengatasi kesemutan terus

Cara Memanfaatkan Buah Pinang untuk Kesehatan :

Biasanya, buah ini dipakai oleh para nenek zaman dulu untuk kegiatan “menginang” yaitu mengunyah sirih dengan campuran enjet (kapur) dan buah pinang. Jadi cara memakai untuk kesehatannya ini bisa mengikuti para nenek zaman dulu, dibuat nginang saja. Namun kalau enggan melakukannya, maka bisa mencoba mengiris tipis-tipis buah ini, kemudian direbus dan air rebusannya ini dipakai kumur-kumur, membasuh luka ataupun kalau mau aman juga diminum langsung meski rasanya tentu tidak lezat.

Manfaat Buah Pinang untuk Kecantikan :

1. Mencegah Gigi Keropos Muda

Gigi keropos dan menjadi ompong di usia muda itu sangat mengganggu penampilan. Tentu saja ini akan sangat mengurangi kepercayaan diri kita. Bagaimana agar kita terhindar dari gigi keropos? Tentu saja kita harus menjaga makanan yang kita makan, misalnya jangan makan makanan yang terlalu panas lalu minum dingin, itu bisa mempercepat gigi kita keropos. Selain menjaga makanan kita bisa mengunyah pinang untuk mencegah gigi keropos.

2. Memicu Awet Muda

Bagaimana cara pinang bisa memicu awet muda? Caranya adalah dengan mengunyahnya dengan sirih itu jika dilakukan terus menerus kita menjadi awet muda. Karena pada saat mengunyah secara tidak langsung kita melakukan olahraga mulut dan pipi sehingga kita menjadi awet muda.

3. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak diderita oleh orang -orang terutama kalangan remaja yang hormonnya masih belum stabil. Bagaimana cara mengobatinya? Yaitu dengan menggunakan masker dari pinang . Tapi gunakan ini jangan terlalu sering karena justru jika terlalu sering akan merusak wajah

4.Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah adalah idaman semua orang karena kita terlihat lebih cantik jika kulit kita cerah. Bagaimana caranya? Caranya mudah yaitu dengan menggunakan masker dari pinang. Jika dipakai rutin kulit kita menjadi cerah. Tapi tidak dianjurkan pemakaian setiap hari karena bisa merusak wajah.

5. Mencegah Keriput

Kulit awet muda tanpa keriput menjadi anugerah yang sangat luar biasa. Tapi itu bisa kita perjuangkan, yaitu dengan melakukan perawatan wajah menggunakan pinang. Bagaimana bisa? Ya caranya adalah dengan meminum jamu dari pinang secara rutin

Manfaat Pinang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memudarkan flek hitam
7. Mengencangkan kulit
8. Meremajakan kulit
9. Mengatasi penuaan dini pada wajah
10. Melembabkan bibir
11. Mencegah kulit bersisik
12. Mengatasi kulit kering
13. Melembabkan kulit
14. Mencegah bau badan
15. Mengatasi bau mulut
16. Mencegah sariawan
17. Mengatasi bibir pecah-pecah
18. Mengurangi produksi keringat
19. Mencegah bau ketiak
20. Meningkatkan kesuburan

Cara Memanfaatkan Buah Pinang untuk Kecantikan :

Sama saja dengan untuk kesehatan, kalau manfaat pinang untuk kecantikan bisa diperoleh dengan cara mengolahnya jadi rebusan. Air rebusan buah ini bisa dipakai untuk cuci muka dan mandi. Jika mau, bisa pula dibuat ekstrak bubuknya untuk kemudian dibuat pasta untuk jadi masker dan lulur. Di awal pemakaian biasanya akan terasa sedikit gatal dan perih, namun lama-lama akan terbiasa. Hindari menempelkan buah ini pada kulit yang ada luka terbuka.

Efek Samping Buah Pinang :

Efek Samping Buah Pinang

Berikut adalah beberapa efek samping yang harus diwaspadai bilamana hendak menggunakan buah jambe ini untuk pengobatan maupun perawatan kulit. Berbagai efek di bawah ini tidak merata dirasakan semua orang. Jadi hanya merupakan respon alergi secara individual saja. Khusus untuk penyakit kanker mulut, ini adalah resiko terburuk yang bakal dihadapi, meskipun angka kejadiannya tidak pernah terekam dalam sejarah medis. Jadi hanya berupa imbauan saja.

1. Kanker Mulut
2. Gigi Menjadi Memerah
3. Mulut Bau Pinang
4. Pusing
5. Mual dan Muntah

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Nangka untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berdasarkan berbagai manfaat dan khasiat pinang untuk kesehatan dan kecantikan di atas, tentu sekarang jadi lebih paham bahwa buah ini memang mengandung banyak faedah untuk manusia. Namun sebagai manusia juga harus waspada kala menggunakan bahan herbal begini karena tetap ada kontra indikasi dan efek samping yang mesti diterima. Apalagi kalau penggunaannya dalam jangka panjang serta tidak memperhatikan unsur kebersihan dan kondisi fisik buahnya, apakah busuk atau tidak.
Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Buah

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top