Connect with us
Pir, Buah Pir, Manfaat Pir. Khasiat Pir

Buah

70 Manfaat dan Khasiat Buah Pir untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pir atau bernama Inggris pear menjadi salah satu jenis buah yang memiliki banyak kandungan sehingga sangat baik untuk tubuh. Manfaat pir untuk kesehatan dan kecantikan sudah sejak lama dikenal di Negara-negara Eropa Barat karena asal buah ini berasal dari sana. Setelah terkenalnya akan khasiat yang kaya, buah dari jenis tanaman mawar-mawaran ini kemudian tenar di Asia dan telah berusaha untuk membangun budidaya buah pir di kawasan Asia.

Pir, Buah Pir, Manfaat Pir. Khasiat Pir

Di Indonesia sendiri, buah pir bisa ditemukan baik di pasar atau di budidayanya langsung. Penggunaan buah pir biasanya dimakan sama halnya dengan buah-buah lain seperti apel dan lainya. Pir yang sudah matang akan cenderung berwarna coklat dan masa ini dipercaya masa yang paling pas untuk dipanen karena khasiatnya yang benar-benar sudah layak dikonsumsi.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Pir :

Kandungan Nutrisi dan Gizi Pir

Kandungan proteinnya sangat tinggi meliputi Tryptophan 3.0 mg, Threonine 16.3 mg, Isoleusin 16.3 mg, Leusin 28.1 mg, Lisin 25.2 mg, Metionin 3.0 mg, Sistin 3.0 mg, Fenilalanin 16.3 mg, Tirosin 3.0 mg, Valin 25.2 mg, Arginine 14.8 mg, Histidin 3.0 mg, Alanine 20.7 mg, Asam aspartat 155 mg, Asam glutamat 44.4 mg, Glycine 19.2 mg, Proline 31.1 mg Serine 22.2 mg, sedangkan karbohidrat bisa mencapai 22.9g.

Untuk vitaminnya sendiri sangat beragam yaitu Vitamin A 34.0 IU (1%), Aktivitas Retinol 1.5 mcg, Beta karoten 19.2 mcg, Beta Cryptoxanthin 3.0 mcg, Lutein + Zeaxanthin 66.6 mcg, Vitamin C 6.2 mg (10%), Vitamin E 0.2 mg (1%), Vitamin K 6.7 mcg (8%), Thiamin 0.0 mg (1%), Riboflavin 0.0 mg (2%), Niasin 0,2 mg (1%), Vitamin B 0.0 mg (2%), Folat 10.4 mcg (3%), Folat 10.4 mcg, Aset Folat 10.4 mcg, Asam pantotenat 0,1 mg (1%), Kolin 7.5 mg, dan Betaine 0,3 mg.

Tak tanggung-tanggung, mineral dalam buah ini juga tinggi seperti Kalsium 13.3 mg (1%), Zat Besi 0,3 mg (1%), Magnesium 10.4 mg (3%), Fosfor 16.3 mg (2%), Kalium 176 mg (5%), Sodium 1.5 mg (0%), Seng 0,1 mg (1%), Tembaga 0,1 mg (6%), Mangan 0,1 mg (4%), Seleniu 0,1 mcg (0%), dan Fluor 3.3 mcg.

Manfaat Pir Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Anti Radikal

Radikal bebas sering kali menjadi faktor luar kedatangan penyakit pada tubuh, bahkan bisa menyebabkan penyakit yang berpotensi kematian. Untuk mengatasinya, rutinlah mengkonsumsi buah pir yang mengandung banyak citamin C, vitamin K, tembaga, dan zat besi yang membantu dalam mengatasi radikal bebas serta meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Mengatasi Penyakit Jantung

Kandungan serat pada buah pir sangat membantu dalam selalu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, vitamin yang terkandung pada buah ini juga memiliki manfaat menjaga aliran darah sekitar jantung sehingga menjaga resiko terjadinya penyakit jantung seperti serangan jantung atau gagal jantung.

3. Mengatasi Kanker

Karena memiliki zat mineral tinggi yang berfungsi untuk menangkal racun dan mengatasi sel kanker, buah ini sangat berpotensi untuk mengatasi serangan kanker yang bisa bersifat membunuh. selain itu, serat tinggi pada buah pir membantu dalam mematikan sel-sel kanker dan mencegah masuknya.

4. Tidak Membuat Alergi

Sehat untuk tubuh karena dikenal memiliki kandungan vitamin, mineral, dan zat-zat aktif lainnya yang sangat banyak. Meski sangat banyak, tapi ternyata tidak menimbulkan efek alergi yang bisa menyebabkan beberapa gangguan terutama kulit. Namun Anda dihimbau terus untuk tetap berhati-hati jika terjadi alergi meski hal itu sangat kecil kemungkinannya.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Zat besi dan zat mineral lainnya membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin A, dan vitamin C juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh akan virus, bakteri, radikal bebas, atau sel-sel jahat dari luar.

Manfaat Buah Pir Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menjaga kadar gula

7. Mengatasi osteoporosis

8. Meningkatkan energi

9. Sehat untuk ibu hamil

10. Sehat untuk anak

11. Atasi masalah kandung empedu

12. Radang usus

13. Atasi radang sendi

14. Atasi gout

15. Atasi tekanan darah

16. Atasi peradangan

17. Atasi sesak napas

18. Masalah tenggorokan

19. Scrub natural

20. Sehat untuk bibir

21. Sebagai anti inflamasi

Cara Memanfaatkan Pir Untuk Kesehatan :

Pada umumnya buah pir sangat enak untuk dimakan, bisa dengan cara di jus atau lainnya. Buah pir juga enak untuk disantap bersama bahan-bahan sehat lainnya seperti madu atau sebagai pelengkap makan siang.

Manfaat Pir Untuk Kecantikan :

1. Mengantisipasi Kerusakan Sel Kulit

Saat terluka, kulit akan berdarah dan sobek. Hal ini bisa juga disebut sebagai rusaknya jaringan sel-sel kulit. Kandungan anti inflamasi pada buah ini akan membantu dalam meredakan rasa sakit akibat luka tadi dan mempercepat penyembuhan. Di sisi lain, serat, vitamin C, vitamin E, dan zat mineral akan membantu dalam memperbaiki jaringan kulit.

2. Mengatasi Keriput

Keriput sering kali menjadi salah satu keluhan paling banyak dari wanita. Hal ini benar-benar bisa sangat mengganggu penampilan jika terjadi pada area muka. Karena mengandung vitamin C dan vitamin K yang tinggi, keriput bisa diatasi dengan rutin mengkonsumsi buah ini. Bisa dipadukan dengan susu agar lebih nikmat.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak biasanya disebabkan karena kelenjar minyak pada kulit wajah yang tidak stabil. Kandungan nutrisi di dalam buah ini akan membantu dalam mengontrol kelenjar tersebut sehingga mengurangi potensi kulit beminyak dan mengatasinya. Penggunaan yang tepat adalah menggunakan buah ini sebagai masker alami.

4. Mengatasi Jerawat

Karena memiliki kandungan anti inflamasi dan vitamin C, E, dan K yang sangat tinggi, buah pir bisa menjadi solusi yang paling tepat dalam mengatasi jerawat pada kulit. Selain itu, buah ini juga akan membantu dalam meredakan jerawat besar dan menghilangkan bekas hitam yang biasanya muncul ketika jerawat sudah benar-benar sembuh.

5. Sebagai Pelembab Kulit

Bagi Anda yang sering mengeluh dengan kulitnya yang selalu kering, maka cobalah untuk mengatasinya menggunakan buah pir. Karena mengandung banyak cairan didalamnya, pir menjadi buah yang sangat pas untuk meningkatkan kelembapan kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam meningkatkan kadar air pada lapisan kulit.

Manfaat Pir Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyehatkan gigi

7. Menyehatkan mata

8. Mengatasi komedo

9. Atasi kulit kendor

10. Memperindah kuku

11. Sehat untuk rambut

12. Mengatasi ketombe

13. Mencegah penuaan dini

14. Mengatasi rambut kering

15. Mengatasi rambut keriting

16. Mengatasi rambut kusam

17. Sehat untuk rambut ikal

Cara Memanfaatkan Pir Untuk Kecantikan :

Bisa dengan cara dimakan langsung, dijadikan jus, atau dicampur dengan bahan lain seperti madu. Namun sebagian orang menggunakan buah ini sebagai masker dengan cara dihaluskan terlebih dahulu kemudian dioles pada wajah. Begitu juga dengan pemakaian lain seperti menjaga kulit kepala atau telapak kaki.

Efek Samping Pir :

Efek Samping Pir

Meski memiliki banyak sekali kandungan sehat didalam buah ini, beberapa efek samping bisa terjadi jika dikonsumsi secara berlebihan seperti:

1. Tidak baik untuk ibu hamil

2. Tidak baik untuk pencernaan

3. Kegemukan

4. Overdosis vitamin C

5. Kanker

6. Tekanan darah tak stabil

7. Overdosis zat besi

8. Overdosis vitamin A

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Pepaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat pir untuk kesehatan dan kecantikan, serta cara memanfaatkan khasiatnya. Penggunaan takaran harus Anda perhatikan karena jika terlalu berlebihan, bisa menyebabkan berbagai efek samping seperti yang telah disebutkan. Selain itu, penggunaan untuk Anda yang mengidap alergi terhadap buah pir meski presentasinya sedikit sangat tidak dianjurkan pengkonsumsian secara lanjut.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top