Connect with us
Kandungan Gizi dan Nutrisi Pisang Ambon

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Pisang Ambon Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pisang Ambon atau Pisang Cavendish merupakan jenis buah pisang yang lezat. Dari berbagai macam jenis pisang yang ada di dunia, pisang ambon ini menjadi salah satu pisang yang banyak di sukai oleh orang. Biasanya orang-orang makan pisang jenis ambon untuk cuci mulut setelah makan atau bisa juga untuk mengganjal perut saat lapar jika tidak ingin makan makanan berat. Pisang Cavendish ini mengandung banyak vitamin sehingga sangat baik untuk di konsumsi.

Pisang Ambon, Manfaat Pisang Ambon, Khasiat Pisang Ambon, Jenis Pisang

Vitamin yang ada pada pisang ambon ini selain untuk kesehatan tubuh juga bisa membuat kita lancar buang air besar. Selain itu bagi yang ingin membuat tubuhnya langsing bisa mengonsumsi pisang cavendish secara rutin, karena kandungan gizi dan serat di dalam jenis pisang ini bisa membuat kita kenyang lebih lama dan juga menjaga pencernaan kita.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pisang Ambon :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pisang Ambon

Sebagaimana jenis buah-buahan lainnya, maka pisang ini pun memiliki gizi dan nutrisi melimpah. Ada banyak vitamin dan mineral yang bisa diperoleh. Di dalam 100 gram pisang ambon terdapat 99 kilo kalori. Makanya tiap habis makan pisang ini rasanya kenyang.

Adapun vitamin A nya juga tinggi, yakni 140 SI/100 gram. Ditemukan pula jenis vitamin lainnya seperti vitamin C, B1, B12, B6 dan vitamin D yang sangat penting untuk penyerapan kalsium, mengaktifkan hormon dan meningkatkan sistem imun. Sehingga ketika banyak konsumsi buah pisang ini, maka kesehatan total akam diperoleh.

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan :

1. Mengandung Kalsium

Pisang adalah salah satu sumber kalsium. Seperti pisang ambon ini pun punya kalsium yang melimpah. Di mana kalsium amat dibutuhkan tubuh buat mencegah gangguan tulang.

2. Mengandung Fosfor

Mirip dengan kalsium, mineral fosfor pun mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Manfaat pisang ambon yang kaya fosfor mencegah kerapuhan gigi. Sehingga gigi tak gampang keropos.

3. Menambah Daya Ingat

Sudah bukan rahasia kalau manfaat pisang ambon ampuh sekali menambah daya ingat. Dengan memakannya secara rutin, niscaya terhindar dari serangan pikun dini.

4. Menambah Nafsu Makan

Makan pisang sebagai buah pencuci mulut bisa menjadi alternatif pelejit nafsu makan. Manfaat pisang ambon yang seperti curcuma ini membuatnya dinobatkan sebagai pisang yang baik untuk lambung dan usus.

5. Membuat Rasa Kenyang Lebih Lama

Memakan pisang ambon membuat rasa kenyang jadi lebih lama. Cocok untuk yang sedang diet. Sehingga mudah menahan rasa lapar, meskipun kurang asupan makanan berat.

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit
7. Menghindarkan dari gangguan penglihatan
8. Mencegah Alzheimer
9. Mencegah demensia
10. Mengatasi aterosklerosis
11. Mendetoks racun dari tubuh
12. Mencegah sembelit
13. Membersihkan usus
14. Mencegah diare
15. Mengobati disentri
16. Mengurangi resiko bayi lahir cacat
17. Membuat tulang kuat
18. Mencegah gigi rapuh
19. Mengatasi gizi buruk
20. Menghilangkan nyeri sendi
21. Mencegah rambut ubanan
22. Meningkatkan kemampuan berpikir
23. Mencegah gangguan mental
24. Mengatasi radang tenggorokan
25. Meringankan penyakit asam lambung
26. Mengobati migrain
27. Menghilangkan bau badan
28. Mencuci mulut
29. Mencegah sariawan
30. Mengatasi mulut kering

Cara Memanfaatkan Pisang Ambon Untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan pisang ini mudah saja. Bisa langsung dimakan sebagai buah, atau bisa pula diolah dulu menjadi makanan lain, seperti kue dan kolak. Namun tentu saja untuk mendapatkan kandungan gizi yang utuh dari buah pisang ini, sebaiknya pisangnya dimakan langsung saja, jadi vitaminnya tidak rusak karena proses pemanasan saat masak.

Manfaat pisang ambon untuk kesehatan ini juga sebaiknya sabar untuk memperolehnya karena efeknya baru akan terasa bilamana secara simultan dan sabar tiap hari selalu konsumsi. Misalnya untuk pengobatan penyakit yang disebabkan asam lambung, disarankan makan pisang yang masih mentah secara rutin tiap hari.

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi Kulit Bersisik

Kulit bersisik menjadi salah satu permasalahan kulit yang serius. Biasanya di bagian hidung dan tangan. Kulit bersisik ini membuat kulit nampak pecah-pecah dan terkelupas. Manfaat pisang ambon bisa mengatasinya.

2. Mengobati Kulit Kering

Kemudian, pisang ambon juga bisa untuk mengatasi kulit kering. Keringnya kulit akan membuat kasar dan jelek. Atasi saja dengan rutin memakan buah pisang ini.

3. Melembabkan Kulit Wajah

Manfaat pisang ambon juga ampuh untuk melembabkan kulit. Membuat minyak-minyak di wajah keluar. Serta membuat kulit wajah terkesan Kenyal. Cocok untuk mereka yang sedang usaha perawatan wajah.

4. Mencerahkan Wajah

Khasiat pisang ambon bagus sekali untuk mencerahkan wajah. Membuat kulit yang kusam jadi tercerahkan. Cocok untuk mereka yang sedang ingin mencerahkan wajah secara alami.

5. Memutihkan Badan

Manfaat pisang ambon juga amat baik untuk memutihkan kulit secara alami. Ketika wajah terbebas dari permasalahan kulit, niscaya perlahan bakal memutih.

Manfaat Pisang Ambon Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan kerutan di kening
7. Mencegah wajah berminyak
8. Mengatasi komedo
9. Mecegah munculnya jerawat
10. Merjernihkan bola mata
11. Mencegah kebotakan rambut
12. Menjaga keindahan gigi
13. Mengurangi lemak di tubuh
14. Mencegah kegemukan
15. Menghilangkan selulit
16. Membuat kulit mulus
17. Mengatasi mata merah
18. Mencegah gigi menghitam
19. Mengobati halitosis
20. Menghilangkan garis lemak

Cara Memanfaatkan Pisang Ambon Untuk Kecantikan :

Demi kecantikan wajah dan tubuh, sebaiknya konsumsi pisang ini secara rutin. Berbagai manfaat pisang ambon untuk kecantikan di atas hanya bisa diperoleh bilamana dimakan secara teratur.

Selain itu, bisa pula dengan mencobanya dengan dibuat masker dan lulur. Tinggal dihaluskan saja pisangnya, kemudian dibalurkan ke seluruh tubuh, termasuk wajah. Lakukan rutin sebanyak sekali sehari selama 1 bulan, nanti akan terlihat hasilnya.

Efek Samping Pisang Ambon :

Efek Samping Pisang Ambon, Pisang Cavendish

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun pisang ini pun memiliki efek samping dan kontraindikasi apabila dikonsumsi berlebihan. Sebab sifat buah yang mengandung serat dan bertekstur licin ini akan menjadi pencahar yang amat ampuh di usus. Sehingga nantinya malah menyebabkan hal-hal buruk seperti:

1. Mencret

2. Muntah

3. Kekenyangan

4. Pusing

5. Mual-Mual

6. Alergi

7. Gangguan usus

8. Nyeri Perut

Baca Juga: Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Makanya saat mengambil manfaat pisang ambon, sebaiknya diiringi pula dengan konsumsi makanan berat seperti nasi, lauk-pauk dan sayuran. Supaya usus dan lambung baik-baik saja, tidak terlalu asam dan dipenuhi serat. Yang mana serat berlebihan itu sama sekali tidak baik buat tubuh.

Melihat berbagai uraian informasi di atas, maka selayaknya mulai mengambil manfaat buah pisang ambon untuk kesehatan dan kecantikan ini. Silahkan pisang lezat ini diolah menjadi aneka makanan favorit. Namun alangkah baiknya untuk langsung mengonsumsinya saja sebagai buah segar. Agar kandungan gizi dan nutrisinya tetap utuh. Tidak berkurang bahkan hilang karena terkena suhu tinggi saat memasak. Anda dapat melihat manfaat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top