Connect with us

25 Manfaat dan Khasiat Pisang Kepok untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

25 Manfaat dan Khasiat Pisang Kepok untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Pisang Kepok Pisang kepok merupakan buah yang masuk dalam jenis pisang serta kaya akan manfaat bagi bagi kesehatan, kecantikan dan bahan makanan. Manfaat pisang kepok yang sudah pasti diketahui oleh orang yaitu menjadi aneka olahan bahan makanan. Di makan segar pun terasa enak, namun kemanisannya semakin bertambah bila dipanaskan dan diolah. Misal dikukus atau digoreng. Itulah mengapa, pisang ini biasa diolah menjadi pisang goreng, kolak, pisang kukus, dan aneka penganan jajanan lainnya.

Pisang Kepok, Manfaat Pisang Kepok, Khasiat Pisang Kepok

Tak hanya untuk mengisi perut saja, tapi bermanfaat untuk berbagai jenis pengobatan. Akhir-akhir ini pisang kepok sering dipakai sebagai terapi kecantikan di klinik-klinik kesehatan. Hasilnya, memang menakjubkan untuk perawatan tubuh dan wajah. Jenis pisang ini juga dipilih untuk pakan burung kicauan karena bisa menambah kualitas suaranya. Masih banyak manfaat lainnya yang belum diketahui bersama. Mari, kita ulas satu per satu.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pisang Kepok :

Kandungan gizinya berdasarkan hasil penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Nutrisi Universitas Diponegoro, antara lain: air 65,94%, karbohidrat 31,4%, protein 1,75%, lemak 0,19%, abu 0,72%, antioksidan 12,34%, inulin 0,1256%, dan serat kasar 1,14%. Selain itu terdapat kandungan vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C. Nilai kalori sebesar 136.

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan :

1. Mengurangi kolesterol di dalam darah

Berdasarkan dari hasil hewan percobaan tikus, ekstrak pisang kepok mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Serat terlarut yang mampu diserap sampai ke dalam jaringan tubuh akan mengikat cairan di dalam empedu. Serat terlarut ini akan mengikat kolesterol dalam darah dan selanjutnya dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk feses.

Loading...

2. Memperlancar sistem pencernaan

Baik serat terlarut maupun serat kasar berperan dalam memperlancar proses pencernaan di usus. Serat akan mempertahankan kadar air tetap normal, membantu penyerapan sari-sari makanan oleh usus, membantu ekosistem usus tetap kondusif untuk kehidupan bakteri-bakteri baik sehingga pembentukan feses lancar.

3. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh kita bergantung pada keseimbangan jumlah sel darah putih, sel-sel darah merah, dan keeping-keping darah merah. Supaya jumlahnya seimbang, perlu asupan nutrisi yang cukup untuk pembentukan sel-sel darah tersebut. Pisang ini mengandung potassium yang membantu proses produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Selain itu, potassium juga membantu setiap proses metabolisme di dalam tubuh kita.

4. Mengendorkan syaraf-syaraf yang tegang

Masih berkaitan dengan peran potassium ini. Manfaatnya bisa mengendorkan syaraf-syaraf yang tegang. Ini tentu membuat tubuh kita lebih rileks dan tenang. Cobalah Anda rasakan ketika merasa tertekan atau stress karena pekerjaan, konsumsi pisang akan membuat nyaman suasana hati Anda.

5. Memperlancar sistem ekskresi pada ginjal

Organ ginjal merupakan tempat buangan berbagai macam zat-zat sebelum dikeluarkan dalam bentuk urin. Supaya proses ekskresi ini berjalan lancar dan optimal, peran potassium sangat dibutuhkan. Potassium akan membantu penyerapan zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh dan melepaskan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Misalnya, mampu mengikat kalsium yang masih dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi stress

7. Memperlancar buang air besar

8. Mendukung penyerapan kalsium pada tulang

9. Sumber energi yang tinggi

10. Membantu kesembuah sakit maag

11. Mengontrol tekanan darah

12. Mengobati diare pada bayi

13. Menurunkan berat badan

14. Melancarkan fungsi usus besar

15. Buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes

Cara Memanfaatkan Pisang Kepok Untuk Kesehatan :

Untuk memperoleh manfaat dari buah pisang kepok sangatlah mudah. Buah ini bisa dikonsumsi langsung dalam keadaan segar maupun sudah diolah. Masing-masing cara konsumsi ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Cara konsumsi segar jelas lebih memberikan khasiat yang banyak dibandingkan dengan olahannya. Namun, olahan pisang yang digoreng akan menurunkan kualitas khasiatnya. Apalagi ditambahkan dengan tepung terigu. Jadi, pilihan dikonsumsi segar dan dikukus adalah yang terbaik untuk kesehatan.

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kecantikan :

1. Memperindah mata

Kandungan karoten pada pisang kepok kuning cukup tinggi. Karoten ini merupakan pro vitamin A yang nanti diubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Vitamin A inilah yang dibutuhkan oleh sel dan jaringan sekitar organ mata. Kesehatan mata pun tetap terjaga dan memperbaiki sel-sel yang rusak serta mencegah perkembangan sel-sel abnormal.

2. Menghaluskan kulit wajah

Kandungan vitamin  dan mineral serta patinya akan menyehatkan sel-sel dan jaringan kulit di wajah. Vitamin memberikan nutrisi pada sel-sel dan mengganti sel-sel yang rusak. Selain itu, vitamin dan mineral membantu pengecilan pori-pori di wajah sehingga wajah tampak lebih halus.

3. Melenyapkan noda-noda hitam di wajah

Noda-noda hitam yang terbentuk di wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa karena rusaknya pigmen kulit akibat paparan radiasi sinar ultraviolet atau terpapar zat-zat berbahaya lainnya. Zat pati, vitamin, dan mineral yang terkandung di dalam buah akan memberi nutrisi pada sel-sel yang rusak sekaligus melindungi sel-sel yang masih sehat.

4. Menghitamkan rambut

Siapa disangka bagian kulit pisang ternyata bisa menghitamkan rambut. Bagian kulit kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Salah satunya mineral selenium yang dibutuhkan oleh perakaran rambut supaya tetap kuat dan memperlancar pengangkutan zat-zat ke rambut. Dibantu dengan potassium untuk memperlancar metabolisme.

5. Mencerahkan kulit

Zat pati, vitamin, dan mineral bekerja saling bersinergi untuk menjaga kesehatan sel-sel kulit dan membuang sel-sel kulit yang tidak sehat maupun rusak. Sel-sel kulit yang sehat akan tampak lebih cerah dan kencang. Lemak-lemak yang terdapat di lapisan dalam jaringan kulit lebih terkontrol produksinya.

Manfaat Pisang Kepok Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menyuburkan rambut

7. Melembabkan bibir

8. Membuat merdu suara

9. Menghilangkan bau badan

10. Menghilangkan bagian kulit yang berwarna gelap

Cara Memanfaatkan Pisang Kepok Untuk Kecantikan :

Cara yang umum dipakai yaitu digunakan sebagai masker wajah dan luluran. Supaya hasilnya lebih efektif, ditambahkan bahan-bahan pendukung lainnya. Biasanya ditambahkan bahan organik beraroma harum dan bahan pengental. Cara membuat masker pisang kepok tinggal mengambil daging buahnya, lalu diblender sampai membentuk pasta atau bubur.

Pasta ini tinggal ditambah dengan bahan beraroma wangi. Selanjutnya, aplikasikan ke wajah atau sebagai luluran ke sekujur tubuh. Untuk kesehatan rambut, bagian yang diambil yaitu kulitnya. Haluskan kulit pisang dengan blender sampai berbentuk pasta, lalu dibuat masker rambut untuk semalam. Keesokan harinya dibilas dengan air bersih.

Efek Samping Pisang Kepok :

Bila buah pisang kepok dikonsumsi dalam keadaan segar, akan membuat orang mudah kentut (karminatif). Asalkan konsumsinya tak berlebihan, kentut yang terjadi membuat sehat tubuh. Lain halnya bila kentut ini sudah sampai membuat perut mulas. Ini tentu sudah membuat gangguan bagi tubuh.

Tidak disarankan dikonsumsi oleh penderita diabetes karena bisa mendongkrak angka gula darah.  Terutama olahan pisang yang justru akan menambah kadar gula turunannya. Terlebih-lebih olahan pisang yang digoreng pakai tepung.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Pisang Ambon Untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat pisang kepok tak hanya mengenyangkan perut dan memberikan asupan energi. Namun khasiatnya juga untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, jangan ragu-ragu mengkonsumsinya sebagai menu harian di rumah. Toh, buah ini selalu tersedia di pasar dan harganya pasti terjangkau oleh kantong kita.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top