Connect with us
Pisang, Buah Pisang, Manfaat Pisang, Khasiat Pisang

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Pisang atau Musa paradisiaca sering kali dijadikan makanan yang pas untuk disantap langsung atau dengan cara penyajian yang beragam seperti pisang goreng, pisang kukus, pisang nougat, dan lainnya. Manfaat pisang tidak hanya bisa dijadikan sebagai pengenyang perut saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah Anda. Pisang sendiri bisa ditemukan diberbagai banyak tempat di Indonesia karena memang, Indonesia terkenal dengan pohon pisangnya yang sangat banyak.

Pisang, Buah Pisang, Manfaat Pisang, Khasiat Pisang

Cita rasa dari buah kuning ini sangat khas dengan berbagai macam jenis, mulai dari dengan ukuran kecil sampai ukuran paling besar. Namun pada dasarnya, rasa pada buah ini adalah manis. Jenis buah ini enak dimakan setelah matang dan pekat rasanya jika masih muda. Saat matang, warna kulit akan berubah menjadi kuning orange dan bisa dimakan langsung.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Pisang :

Pisang tidak hanya memiliki daging yang padat sehingga mengenyangkan, tapi mengandung gizi lain seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalium, potassium, magnesium, karbohidrat, protein, folat, mangan, riboflavin, niacin, zat besi, serat, dan sodium. Kandungan dengan takaran tertinggi adalah kalium yang bisa menghasilkan 450 miligram kalium dalam 1 buah pisang.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan :

1. Atasi Penyakit Lambung atau Maag

Maag biasanya merupakan penyakit lambung yang terjadi tiba-tiba dengan waktu yang tidak terkira. Namun, banyak orang yang berkata kalau buah kuning ini memiliki zat aktif yang bisa meningkatkan kadar gas lambung yang bisa mengakibatkan sakit maag, tapi faktanya, buah pisang justru membantu dalam mengatasi maag. Buah ini bisa dikonsumsi secara rutin dan dimakan jika rasa sakit maag kembali kambuh. Lakukan dengan tidak berlebihan dan lihat hasilnya.

2. Menjaga Kesehatan Ginjal

Tidak hanya membantu lambung, buah ini juga bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan ginjal. Pada umumnya, salah satu nutrisi yang diperlukan oleh ginjal adalah kalium. Kandungan ini sangat banyak ditemukan dalam buah pisang sehingga sangat bagus untuk dikonsumsi secara rutin jika Anda memiliki gangguan pada ginjal. Penggunaan yang baik untuk masalah ginjal adalah dengan rutin konsumsi jus pisang yang sudah dibersihkan terlebih dahulu.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jika terjadi kerusakan pada sel darah yang menuju ke jantung, resiko terburuknya adalah gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian. Karena itulah, masalah pada darah jangan pernah diremehkan. Buah kuning ini mengandung banyak zat aktif yang membantu dalam menjaga kesehata jantung dan mencegah dari penyakit jantung yang berbahaya. Selain itu, pisang juga bermanfaat untuk menyehatkan sel-sel darah dalam tubuh.

4. Atasi Penyakit Anemia

Anemia terjadi karena kurangnya pasokan darah dalam tubuh. Biasanya terjadi karena kurangnyat zat besi yang diperlukan untuk membentuk sel-sel darah merah yang kemudian dialirkan ke seluruh tubuh. Pisang mengandung banyak zat besi sehingga sangat baik untuk mengatasi penyakit anemia yang bisa bersifat kronis. Beberapa efek dari anemia adalah tubuh menjadi lemah, pucat, pusing, sakit kepala, dan lainnya.

5. Atasi Luka Bakar

Luka bakar akan merusak sel-sel kulit. Karena itulah jika terluka, kulit akan sobek dan berdarah karena selnya telah rusak. Kandungan aktif pada buah ini membantu dalam membangun sel-sel kulit yang rusak tadi dengan cepat. Cara penggunaan yang paling efektif untuk mengatasi luka bakar adalah dengan pisang ditumbuk atau diblender sampai halus kemudian dioleskan pada luka bakar tadi. Lakukan terus menerus sampai luka benar-benar sudah sembuh.

Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Rasa sakit akibat diabetes.

7. Atasi sengatan serangga.

8. Memperlancar metabolisme.

9. Atasi sakit menstruasi.

10. Menyehatkan mata.

11. Melancarkan peradaran darah.

12. Atasi mood buruk.

13. Cairan tubuh seimbang.

14. Meningkatkan energi.

15. Atasi hipertensi.

16. Mencerdaskan otak.

17. Menjaga kesehatan kardiovaskuler.

18. Atasi diare.

19. Atasi liver.

20. Atasi lambung.

21. Atasi suhu tak stabil.

22. Menyehatkan tulang.

23. Sehat untuk gigi.

24. Baik untuk ibu hamil.

25. Meningkatkan inum tubuh.

26. Meningkatkan pasokan oksigen.

Cara Memanfaatkan Pisang Untuk Kesehatan :

Pisang yang sudah matang bisa dimakan langsung. Dijus juga menjadi pilihan yang sangat tepat karena bisa membantu menurunkan berat badan yang bermanfaat untuk program diet Anda. Penggunaan lainnya adalah dengan cara digoreng, dikukus, dijadikan pisang naugat, atau metode penyajian lainnya asalkan bahannya dari buah tanaman pisang. Untuk penyajian dengan cara digoreng sebaiknya tidak dikonsumsi secara sering karena kandungan minyak yang tidak sehat.

Manfaat Pisang Untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan Tubuh

Kandungan fruktosa serta berindeks glikemiks yang rendah membantu dalam menurunkan berat tubuh karena jenis gula sehat ini sangat sehat untuk dijadikan menu makanan dan minuman saat menjalani program diet. Tidak hanya itu, kandungan serat didalamnya juga bermanfaat untuk mengenyangkan namun tidak bersifat menggemukkan. Serat juga berfungsi untuk memperlancar saluran pencernaan seperti masalah sembelit dan lainnya.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat adalah radang yang terjadi pada wajah. Biasanya bisa disebabkan karena bakteri atau alergi pada makanan yang tidak seharusnya Anda makan. Kandungan dalam buah ini membantu dalam mengatasi berbagai jenis jerawat. Kandungan C dalam buah ini sangat bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan kulit, khususnya jerawat. Anda boleh mengkonsumsinya dengan cara dimakan atau menggunakannya sebagai bahan halus yang kemudian dioleskan pada jerawat, penggunaan pisang sebagai masker juga disarankan.

3. Menghaluskan Wajah

Vitamin pada buah pisang memiliki kandungan yang bisa membantu dalam menghaluskan wajah dan menghilangkan sifat kasar pada wajah. Penggunaannya bisa dengan cara dijadikan masker dan dilakukan secara rutin minimal 1 kali dalam seminggu agar tetap menjaga kulit halus. Untuk memaksimalkan, Anda bisa menambahkan sedikit campuran madu kemudian dioleskan pada wajah. Setelah didiamkan selama kurang lebih 30 menit, bilas menggunakan air bersih.

4. Memutihkan Gigi

Banyak orang yang menyarankan buah pisang sebagai pencuci mulut yang sehat dimakan setelah makan. Selain alasan untuk membersihkan saluran pencernaan dari sisa makanan, pisang juga bermanfaat untuk membersihkan setiap sisa makanan pada gigi dan memutihkan gigi. Karena itulah untuk membantu agar tetap menyehatkan gigi dan memutihkannya, rutin lah untuk konsumsi salah satu jenis terna (pisang-pisangan) ini.

5. Mengatasi Ruam dan Gatal-Gatal

Ruam biasanya penyakit kulit yang tidak bersifat kronis, pada umumnya. Tapi bisa sangat mengganggu penampilan jika sedang mengalami ruam khususnya pada bagian leher. Kandungan vitamin C dan zat anti bakteri pada buah ini bisa membantu dalam mengatasi berbagai penyakit kulit seperti masalah ruam atau gatal-gatal. Cara penggunaannya bisa dengan cara jus, dimakan langsung, dijadikan olesan, dan dijadikan masker.

Cara Memanfaatkan Pisang Untuk Kecantikan :

Untuk memaksimalkan hasilnya, gunakan buah pisang sebagai masker. Cara penyajikan bentuk masker ada dua yaitu dengan irisan pisang (Seperti masker mentimun) dan dihaluskan terlebih dahulu kemudian oleskan pada wajah. Untuk lebih memaksimalkan lagi, campur dengan madu yang banyak juga mengandung zat aktif sehat untuk kecantikan wajah dan kulit.

Efek Samping Pisang :

Efek Samping Pisang

Buah ini memiliki kandungan vitamin yang sangat banyak, tapi over vitamin juga sangat berbahaya untuk tubuh karena kurangnya keseimbangan nutrisi dan gizi dalam tubuh. Karena itulah, memakan pisang secara terus menerus tanpa diimbangi dengan makanan sehat lainnya tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan efek samping seperti:

1. Migrain.

2. Ngantuk.

3. Over kalium.

4. Gula naik.

5. Hormon tidak seimbang.

6. Kegemukan.

7. Saraf rusak.

8. Alergi.

9. Gas tubuh.

10. Masalah pernapasan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Delima untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itu dia manfaat pisang untuk kesehatan dan kecantikan serta efek samping yang bisa ditimbulkan. Pisang merupakan nama populer diberikan pada tanaman terna raksasa yang memiliki daun besar memanjang. Bahkan daun tanaman ini sangat banyak sekali manfaatnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top