Connect with us
Plum, Buah Plum, Manfaat Plum , Manfaat Buah Plum, Khasiat Plum

Buah

40 Manfaat dan Khasiat Buah Plum untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Plum – Prem dalam bahasa Inggris dikenal dengan Plum adalah tanaman dan buah dari keluarga semak-semakan. Buah plum ini buah yang segar dan lezat dengan kandungan antioksidan tinggi. Sehingga, tak heran bila manfaat plum banyak sekali bagi tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Buah prem mempunyai 2000 lebih varietas berbeda. Secara umum terbagi dalam 3 jenis yakni Eropa-Asia (Prunus Domestica), Jepang (Prunus Salicina) dan Damson (Prunus Insititia).

Plum, Buah Plum, Manfaat Plum , Manfaat Buah Plum, Khasiat Plum

Penghasil utama buah ini adalah negara China, urutan selanjutnya ada Amerika Serikat, Serbia, lalu Rumania. Selain buah segar, prem ini dapat diperoleh dalam bentuk olahan seperti prem kering atau kalengan. Umumnya harga buah plum kering atau yang sudah diolah lebih mahal ketimbang buah segarnya. Kalau soal manfaat prem lebih banyak, buah segar daripada olahan. Sebelum menggunakan buah prem untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, ketahui dulu kandungannya!

Kandungan Gizi dan Nutrisi Plum

Selain antioksidan, kandungan prem bermacam-macam bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Karena itu mengonsumsi buah plum setiap hari akan sangat bermanfaat. Berikut kandungan buah prem :

Nilai Nutrisi per 100 g tanpa biji :

  • Energi 192 kJ/ 45 Kkal
  • Karbohidrat 11,4 g
  • Gula 9,9 g
  • Serat pangan 1,4 g
  • Lemak 0,28 g
  • Protein 0,70 g
  • Vitamin A 345 IU
  • Vitamin C 9,5 mg
  • Fosfor 16 mg
  • Kalium 157 mg

Kandungan Plum yang Sudah Dikeringkan Nilai Nutrisi Per 100 g:

  • Energi 1.006 kJ (240 Kkal)
  • Karbohidrat 63,88 g
  • Gula 38.13 g
  • Serat pangan 7,1 g
  • Lemak 0,38 g
  • Protein 2,18 g
  • Vitamin A 781 IU
  • Vitamin C 0,6 mg
  • Fosfor 69 mg
  • Kalium 732 mg

Manfaat Plum untuk Kesehatan :

Setelah mengetahui apa saja kandungan buah plum, tentunya kamu ingin mengetahui juga manfaat dan khasiat prem bagi kesehatan. Berikut manfaat prem :

1. Efek Antioksidan

Kandungan vitamin C dan fitronutrisi dalam manfaat buah prem ini mampu memberikan efek antioksidan bagi tubuh. Antioksidan yang aktif mampu menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, fenol pada plum juga meningkatkan efek perlindungan pada neuron dan membran sel dari luka karena radikal bebas.

2. Menurunkan obesitas

Ekstrak prem mampu menurunkan berat badan tubuh, sehingga mampu mencegah atau mengobati dari obesitas. Harga optrimax plum berkisar antara 250 ribu – 500 ribu per 10 sachet yang bisa kamu dapatkan secara online, tergantung kemasannya juga. Penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi buah prem bisa memerangi sindrom metabolik. Lalu, Flavonoid dan senyawa fenolik seperti quercetin, klorogenat dan anthocyanin serta catechindalam memiliki efek anti obesitas.

3. Mencegah osteoporosis

Tindakan anabolik dan anti resorptive dalam buah prem dapat menjaga kesehatan tulang. Selain itu, asam caffeic, juga menghambat kerusakan jaringan tulang serta mencegah osteoporosis bagi wanita pasca menopouse. Kamu bisa membeli plum kering seperti optrimax plum delite di mall ataupun secara online. Harga optrimax plum delite tergantung pada jumlah netto dalam kemasan.

4. Menyehatkan pencernaan

Salah satu khasiat prem adalah bisa menjaga kesehatan pencernaan. Buah ini merupakan sumber serat baik seperti senyawa sorbitol dan isatin yang berfungsi mengontrol sistem pencernaan. Berdasarkan penelitian manfaat buah plum ini secara efektif mengobati gangguan pencernaan. Bahkan lebih baik dari efek obat pencahar kimia.

5. Kesehatan Kognitif

Sementara untuk kesehatan kognitif, khasiat plum diperoleh karena kandungan flavonoidnya. Kandungan ini mencegah terjadinya penurunan kognitif karena usia. Lalu, fitronutrisinya juga mengurangi peradangan dalam proses neuroligis serta meningkatkan kinerja otak dan memori. Jika ingin instan, konsumsi aja prem kering. Harga optrimax buah plum kering juga tidak terlalu mahal, selain itu juga mudah didapatkan.

Manfaat Plum untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mencegah dan menurunkan kolesterol tinggi

7. Mencegah dan mengobati diabetes

8. Menjaga kesehatan sistem saraf

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

10. Menjaga kesehatan sel-sel tubuh

11. Meningkatkan kesehatan jantung

12. Mengurangi kecemasan dan mengobati depresi

13. Mencegah dan mengobati influenza

14. Baik untuk kehamilan

15. Mengobati kanker

16. Membantu menyeimbangkan elektrolit

17. Menjaga kesehatan penglihatan

18. Mempercepat pembekuan darah saat luka

19. Pengobatan sariawan

20. Mengobati sakit gusi

21. Mengobati sakit gigi

22. Meredakan sakit tenggorokan

23. Menyembuhkan bau mulut tak sedap

24. Mencegah anemia

25. Mengatur keseimbangan asam basa dalam tubuh

26. Mengatasi haid tidak teratur

Cara Memanfaatkan Plum untuk Kesehatan :

Memanfaatkan buah prem untuk kesehatan bisa langsung dimakan buahnya atau dibuat jus segar. Tapi, jika tidak ingin sulit memperoleh buah, kamu bisa membeli plum kering. Harga buah plum kering cukup terjangkau dan lebih mudah didapat. Kalau kamu membeli prune kemasan atau sachetan ikuti petunjuk penggunaan untuk memperoleh manfaat buah plum.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Plum untuk Kecantikan :

Manfaat plum juga dapat kamu rasakan untuk kecantikan. Kandungan plum seperti Vitamin C, memiliki khasiat besar bagi peningkatan kecantikan.

1. Melawan tanda-tanda penuaan

Betakaroten dan antioksidan dalam buah ini, melindungi asam lemak dan membran sel dari serangan radikal bebas, yang memungkinkan tubuh untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit seperti hilangnya elastisitas dan kerutan.

2. Meremajakan kulit

Khasiat plum selanjutnya adalah dapat membantu meratakan warna dan mengencangkan kulit dengan meningkatkan kesehatan dan meremajakan penampilan kulit. Kekurangan kolagen sering membuat kulit kusam dan tak bernyawa. buah ini mengandung sejumlah besar vitamin C yang diperlukan untuk memproduksi hydroxyproline dan hydroxylysine, fungsinya untuk mengikat molekul yang menghasilkan kolagen.

3. Menghindari kerusakan pada kulit akibat paparan sinar matahari

Plum memiliki sejumlah besar antioksidan yang memberikan perlindungan efektif terhadap sinar matahari dan mengurangi kerusakan akibat sinar matahari. Kerusakan akibat sinar matahari dapat membuat kulit kasar dan keriput, tetapi kandungan prem mampu mendorong pertumbuhan sel-sel baru dan membuat kulit lebih muda.

4. Merangsang pertumbuhan rambut

Radikal bebas sering membuat rambut kita lemah, rapuh dan tipis. Kondisi ini sering menghambat pertumbuhan rambut yang tepat. Vitamin E dalam plum memperkuat membran sel dan mencegah radikal bebas dari menyerang folikel kulit kepala.

5. Menghilangkan Ketombe:

Vitamin C dalam buah plum juga dapat membantu Anda menghilangkan ketombe. Khasiat buah plum dapat membantu melawan bakteri di kulit kepala dan menenangkan kulit untuk mengusir ketombe. Ini akan menyingkirkan puing-puing folikel dan mendorong pertumbuhan rambut baru.

Manfaat Prem untuk Kecantikan Lainnya :

  1. Menghilangkan flek hitam pada wajah
  2. Memperbaiki kulit yang terkena luka
  3. Memperkuat rambut
  4. Mengatasi rambut rontok
  5. Mempercantik mata
  6. Mengatasi alopecia atau kebotakan pada laki-laki

Cara Memanfaatkan Plum untuk Kecantikan :

Hampir sama seperti buah-buah lainnya, mengambil manfaat prem bisa membuatnya menjadi pasta lalu diterapkan langsung ke area rambut atau kulit secara merata. Setelah itu, diamkan beberapa saat dan bilas. Kamu dapat menambahkan madu agar hasil lebih maksimal. Selain dengan cara itu, kamu dapat mengkonsumsi buahnya secara langsung atau plum kering. Daripada bingung memperoleh buah ini, kamu dapat memberi bibitnya. Harga bibit buah plum sekitar 75 ribu keatas.

Efek Samping Buah Plum :

Prem mengandung asam oksalat yakni zat alami yang dapat mengkristal sebagai batu oksalat dalam saluran kemih, jika dimakan dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, orang yang memiliki batu oksalat di saluran kemih harus menghindari makan buah plum. Sebab, yang didapatkan bukan khasiat buah prem, tapi justru efek sampingnya.

Harga Buah Plum :

  • Buah Plum Merah Segar / 100g = Rp 9.000
  • Optrimax Plum Kering 25gr = Rp.25.000
  • Optrimax Plum Bpom isi 28-30pc = Rp 650.000

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sebelum mengonsumsi buah plum, kamu harus memeriksanya. Hindari membeli buah yang sudah penyok atau kemasan yang sudah menggumpal. Buah plum dapat kamu simpan di lemari es supaya lebih tahan lama.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top