Connect with us
Buah Salak

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Salak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Salak adalah salah satu buah yang tumbuh di daerah tropis dengan rasa yang manis. Buah salak dikenal juga dengan nama sala di daerah serta bahasa Minangkabau, Makasar, Bugis, dan Thailand. Keberadaan buah dengan kulit yang keras ini pun sangat banyak sehingga mudah dijumpai. Harganya yang murah dan manfaatnya yang banyak menjadikan buah sala ini sebagai pilihan cuci mulut untuk dimakan sehari-hari. Dibalik rasanya yang lezat dan segar, manfaat buah salak ini bisa dibilang sangat banyak karena mengandung nutrisi dan gizi yang berkhasiat baik.

Buah Salak

Buah berbiji ini mempunyai banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan kulit. Tak heran jika banyak orang mengonsumsi buah salak baik dengan memakannya langsung, mengubahnya menjadi smoothies, diolah menjadi manisan, maupun mencampurnya dengan salad.

Jenis dan Macam Salak :

Jenis Salak, Macam Salak

Jenis, macam dan ragam salak di Indonesia sangatlah banyak. Selain itu buah tersebar luar di berbagai daerah. Berdasarkan ragamnya, di Indonesia rata-rata masyarakat mengetahui antara 20 hingga 30 jenis di bawah spesies. Berikut ini beberapa macam salak yang ada di Indonesia.

  1. Salak Pondoh berasal dari Yogyakarta.
  2. Salak Gading berasal dari Yogyakarta.
  3.  Salak Kembang Arum berasal dari Yogyakarta.
  4. Salak Sidimpuan berasal dari Sumatera Utara.
  5. Salak Bali berasal dari Bali.
  6. Salak Gula berasal dari Sibetan, Karang Asem, Bali.
  7. Salak Condet berasal dari Jakarta.
  8. Salak Penjalinan berasal dari Madura dan Bangkalan.
  9. Salak Hutan berasal dari Madura dan Bangkalan.
  10. Salak Si Nase berasal dari Madura dan Bangkalan.
  11. Salak Si Manggis berasal dari Madura dan Bangkalan.
  12. Salak Manonjaya dari Pasibatang dan Cilangkap, Tasikmalaya.
  13. Salak Banjarnegara berasal dari Banjarnegara.
  14. Salak Bongkok berasal dari Bongkok, Sumedang.
  15. Salak Suwaru berasal dari Gondanglegi, Malang.
  16. Salak Ambarawa berasal dari Bejalen, Ambarawa.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Salak : 

Kandungan Gizi dan Nutrisi Salak

Buah salak atau nama ilmiahnya Sallaka edulis ini, ternyata mengandung banyak nutrisi dan gizi yang penting bagi tubuh manusia. Setiap 100 gram salak mengandung kurang lebih 368 kilokalori energi, 38 miligram kalsium, 8,4 miligram vitamin C, 3,9 miligram zat besi, fosfor sebanyak 31 miligram, serat, karbohidrat kompleks, protein, dan banyak vitamin B serta mineral yang baik untuk tubuh.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan :

1. Mengobati Sakit Diare

Manfaat buah salak yang pertama adalah mengobati sakit diare. Diare adalah penyakit yang menyerang perut tepatnya di bagian usus. Sakit diare ternyata dapat dikurangi bahkan diobati dengan cara mengonsumsi buah salak. Buah sala terbukti ampuh dalam meredakan sakit diare karena kandungan senyawa tanin seperti dalam buah jambu biji. Salacca zalacca juga mengandung serat yang tinggi sehingga mampu mengobati gejala maupun komplikasinya.

2. Menjaga agar Mata Sehat

Buah salak mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan indera penglihatan, bahkan dapat mengobati berbagai sakit mata. Menurut beberapa penelitian, buah sala mempunyai betakaroten sebanyak 5,5 kali lebih banyak daripada buah mangga dan semangka. Menjaga kesehatan dan mengobati penyakit mata dapat dilakukan dengan mengonsumsi salak secara teratur.

3. Menjaga Kuku agar Tetap Sehat

Kuku yang sehat adalah kuku yang kebutuhan kalsium dan mineral lainnya cukup. Untuk menjaga agar kuku tangan maupun kaki tetap sehat, dapat dilakukan dengan mengonsumsi buah salak seperti dimakan langsung, dicampur dengan salad, dan sebagainya. Cara ini akan membuat kuku kaki maupun tangan menjadi lebih kuat dan tidak gampang patah.

4. Mengatasi Penyakit Kanker

Sebuah penelitian ilmiah dan kesehatan yang telah dilakukan oleh Therapies of Intregative Center, menyatakan bahwa salah satu manfaat buah salak adalah mengatasi kanker. Kemampuan buah salak yang hebat ini didapatkan dari kandungan senyawa pektin yang dikenal dapat mencegah maupun mengobati penyakit kanker prostat. Penderita kanker dapat mengonsumsi buah ini secara teratur dengan anjuran dokter.

5. Mengobati Penyakit Diabetes

Buah salak ternyata mempunyai khasiat dalam mengobati diabetes. Adanya ferulicic acid, proline, dan cinnamic acid derrivative dalam buah salak akan membantu perbaikan pankreas pada penderita penyakit diabetes melitus tipe 1. Adanya arginin dalam buah ini juga akan membantu pemulihan penyakit diabetes melitus tipe 2.

Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai makanan untuk diet
7. Mengurangi rasa mual
8. Membantu melancarkan pencernaan
9. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia
10. Meningkatkan kekuatan tulang
11. Bermanfaat untuk kecerdasan otak anak
12. Menyembuhkan anemia
13. Membantu memperlancar asi
14. Dapat meningkatkan stamina tubuh
15. Mencegah penyakit rabun jauh
16. Mencegah dan mengatasi sembelit
17. Membantu peningkatan kecerdasan otak
18. Membantu menjaga kesehatan kulit
19. Menangkal radikal bebas
20. Menjaga jantung agar tetap sehat
21. Menjaga keutuhan gigi
22. Menjaga kesehatan gusi
23. Membantu memulihkan jaringan tubuh yang rusak
24. Membantu melancarkan bab
25. Meningkatkan perkembangan otak

Cara Memanfaatkan Buah Salak Untuk Kesehatan :

Memanfaatkan buah salak untuk kesehatan caranya sangat mudah. Buah sala dapat dikonsumsi langsung setelah dikupas dan dicuci. Sebagai alternatif lain, buah ini dapat diolah menjadi minuman dingin seperti jus dan smoothies. Pengonsumsian buah salak akan lebih baik jika dicampur dengan jenis buah lain seperti apek, jeruk, semangka, dan buah lainnya. Bisa juga ditambahkan dengan salad dan keju.

Manfaat Buah Salak Untuk Kecantikan :

1. Mencegah Keriput pada Kulit Wajah

Wajah yang keriput tidak selalu menandakan penuaan, namun bisa dikarenakan kurangnya nutrisi di dalam kulit maupun terlalu lama terpapar sinar matahari. Untuk mencegah kekeriputan yang pastinya tidak diinginkan, gunakan buah salak yang segar dan masih baru. Hal ini dikarenakan salak yang segar masih terjaga kandungan nutrisinya.

2. Menjaga Kuku agar tetap Berkilau

Kuku yang sehat adalah kuku yang berkilau, tidak rapuh, serta memiliki warna yang alami. Untuk mendapatkan kuku yang sehat, sangat disarankan untuk mengonsumsi salak secara teratur, namun tetap diimbangi dengan makanan lain. Dengan melakukan hal tersebut, kuku tangan maupun kaki senantiasa sehat dan berkilau.

3. Menutrisi Kulit Wajah

Salak mengandung banyak nutrisi yang secara alami mampu menutrisi sel-sel yang kekurangan zat tertentu. Kandungan vitamin dan mineralnya yang kaya juga diperlukan oleh kulit.  Untuk marasakan manfaat daun salak tersebut, kita bisa mengonsumsi langsung buahnya maupun mengolahnya menjadi masker atau scrub untuk wajah.

4. Dapat Membuat Wajah Cerah

Kulit wajah yang cerah adalah idaman semua wanita. Untuk mendapatkannya, kita bisa menggunakan salak yang mengandung bahan-bahan berkhasiat salah satunya vitamin C. Buah salak dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah alami yang aman dari efek samping untuk memperoleh kulit wajah yang cerah.

5. Menjaga Kekencangan Kulit Wajah

Keelastisan kulit wajah daapt dijaga dan ditingkatkan dengan hanya menggunakan bahan-bahan dari alam, salah satunya adalah buah salak. Buah tropik ini dapat dijadikan sebagai masker untuk merawat kulit agar terasa kencang dan elastis. Penggunaannya pun sangat mudah yaitu dengan memarut buah sala dan mencapurnya dengan madu.

Manfaat Buah Salak Lainnya untuk Kecantikan :

6. Menghambat kekusaman pada kulit
7. Mengurangi produksi minyak berlebih di wajah
8. Dapat membantu mengangkat kotoran
9. Menghidrasi Kulit Wajah
10. Mencegah adanya komedo
11. Mencegah adanya jerawat
12. Menghambat penuaan dini
13. Menghilangkan flek hitam
14. Melembabkan wajah

Cara Memanfaatkan Buah Salak untuk Kecantikan :

Sala adalah jenis buah tropik yang memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisinya yang baik, salah satunya untuk kecantikan. Cara untuk mendapatkan manfaat buah salak untuk kecantikan pun tidaklah sulit. Sala yang masih segar dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. Kemudian dicampurkan dengan sedikit madu dan sedikit perasan jeruk. Oles secara merata di seluruh permukaan wajah dan bilas jika sudah mengering.

Beberapa Efek Samping dari Buah Salak :

Efek Samping Buah Salak

 

Buah sala memang terkenal akan kandungan bahan-bahan alami dan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Khasiat dan manfaat yang berguna juga beragam dan sangat banyak. Namun terdapat beberapa efek samping buah salak yang harus diperhatikan seperti terlalu banyak mengonsumsinya dapat menyebabkan sembelit karena kandungan serat yang sangat tinggi.

Efek samping lain yang dapat ditimbulkan jika berlebihan mengonsumsi buah salak adalah membuat sakit tifus lebih parah dan menyebabkan sakit maag. Sala yang berasa masam jika dikonsumsi terlalu banyak akan meningkatkan cairan asam lambung. Hal ini akan berakibat lambung terasa panas hingga terasa sakit. Oleh karena itu, saat mengonsumsi buah salak harus diimbangi dengan karbohidrat maupun protein.

Baca Juga: Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu dia manfaat salak yang baik untuk kesehatan serta kecantikan tubuh kita. Tidak hanya dimakan secara langsung, Anda juga bisa membuatnya menjadi makanan maupun minuman lain seperti setup atau bisa juga dicampur dengan bahan sehat lainnya. Anda dapat melihat manfaat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top