Connect with us
Semangka, Manfaat Semangka, Khasiat Semangka, Buah Semangka

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Semangka untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Semangka, tembikai atau dalam bahasa Inggris sering disebut watermelon dapat dikategorikan sebagai buah dan sayur meskipun pada umumnya lebih sering disebut sebagai buah. Buah yang berasal dari family Cucurbitaceae ini memiliki dua varian jenis. Jika biasanya buah semangka ini selalu mempunyai biji, namun sekarang ini teknologi sudah ada yang bisa menciptakan semangka tanpa biji, sehingga orang-orang tidak akan terganggu dengan banyaknya biji hitam ketika memakannya.

Semangka, Manfaat Semangka, Khasiat Semangka, Buah Semangka

Sekitar 90% komponen dalam semangka adalah air, baik itu semangka dengan daging merah atau pun kuning. Meskipun banyak yang membeli semangka sebagai buah yang hanya dapat menghilangkan dahaga, para ahli menunjukkan bahwa semangka memiliki banyak manfaat yang kaya akan nutrisi. Studi bahkan menunjukkan semangka dapat bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Rasanya yang manis, jenisnya yang cukup beragam, dan kandungan airnya yang tinggi bisa menjadi salah satu penyebab buah ini menjadi makanan penutup paling digemari.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Semangka :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Semangka

Semangka memiliki lebih banyak manfaat dari tomat merah. Setiap irisan semangka mengandung thiamine, riboflavin, niacin, folate, selenium, 43 kalori, 2 miligram sodium, 11 miligram karbohidrat (termasuk 9 gula), 1 gram serat dengan total komponen berkisar 5% biotin, 5% potassium, lebih dari 20% vitamin dan masih banyak kandungan lainnya hanya dalam satu irisan.

Manfaat Semangka Untuk Kesehatan :

1. Mengurangi nyeri otot dan detakan jantung

Menurut laporan dari The Journal of Agricultural and Food Chemistry pada tahun 2013, meminum jus semangka dapat mengurangi nyeri otot dan menstabilkan denyut jantung karena kandungan asam amino, citrulline and argine didalamnya dapat memperlancar sirkulasi. Vitamin B1 dan B6 juga dapat menggabungkan dopamine serta magnesium yang dapat meningkatkan enegi.

2. Menurunkan tekanan darah

Berdasar American Journal of Hypertension, semangka dapat membantu tubuh menstabilkan system sirkulasi bahkan pada orang yang menderita obesitas sekalipun serta kegunaannya dalam melindungi tubuh dari penyakit jantung. Komponen seperti potassium, asam amino, dan magnesium dapat mencegah sklerosis dan menjaga aliran darah tetap stabil.

3. Membantu menyembuhkan kanker

Tingginya kadar antioxidant dan vitamin C atau disebut juga Lycopene dalam semangka dapat membantu tubuh memerangi radikal jahat penyebab kanker. Studi menggaris bawahi bahwa Lycopene sangat membantu mencegah kanker prostat. Konsumsi harian dapat membantu melawan sel kanker karena vitamin A dan C merupakan komponen utama yang mencegah sel dari kerusakan.

4. Mengurangi peradangan

Dr. Jarzabkowski mengatakan bahwa Lycopene di dalam semangka dapat menjadi inhibitor untuk berbagai proses inflamasi dan juga antioksidan sebagai penetralisir radikal bebas. Dalam sebuah artikel yang dipublikasi oleh Shock Medical Journal tahun 2006, semangka juga mengandung chloline yang membuat peradangan kronis turun dan membuatnya stabil.

5. Mencegah dehidrasi

Komponen utama 90% air nyatanya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia untuk mencegahnya dari dehidrasi. Semangka juga mengandung kalsium garam, potassium dan magnesium yang dapat menggantikan ion tubuh. Komponen-komponen terbukti membantu tubuh dari dehidrasi seiring naiknya suhu bumi pada angka 2o C beberapa tahun belakangan ini.

Manfaat Semangka Lainnya Untuk Kesehatan :

6. Memudahkan mencerna makanan
7. Mencegah asma
8. Mencegah pikun
9. Meningkatkan stamina atletik
10. Meningkatkan kesehatan seksual
11. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
12. Menjaga kesehatan jantung
13. Pembuat antioksidan baru
14. Menjaga kesehatan tulang
15. Menambah energi
16. Menjaga kesehatan lambung
17. Memelihara saraf
18. Membentuk alkaline
19. Menjaga kesehatan mata
20. Menyembuhkan luka
21. Menjaga sistem kekebalan
22. Membantu program diet
23. Mencegah dan mengobati stroke
24. Mengobati diabetes
25. Memperbaiki sel yang rusak

Cara Memanfaatkan Semangka Untuk Kesehatan :

Memanfaatkan semangka sama hal nya dengan mengkonsumsi buah dan sayur pada umumnya. Semangka dapat dimakan langsung dengan hanya memotong buah menjadi beberapa bagian atau dapat dibuat menjadi minuman segar hanya dengan tambahan sedikit madu. Jus dari kulit buah semangka juga dapat dinikmati dengan sedikit perasan lemon. Catatan : tidak perlu ada tambahan gula.

Manfaat Semangka Untuk Kecantikan :

1. Mengencangkan kulit dan rambut

Vitamin A yang terdapat dalam semangka sangat memantu tubuh membentuk jaringan baru yang dapat mengencangkan kulit dan melembabkan rambut. Vitamin C di dalamnya juga dapat memperbanyak kolagen pada kulit dan rambut serta komponen magnesium menjaga jaringan baru dari paparan sinar yang menyebabkan kerusakan pada kulit dan rambut.

2. Mengurangi lemak tubuh

Semangka memiliki 0 kalori dan kolesterol serta senyawa citruline yang dapat membantu mengurangi berat badan akibat timbunan lemak. Kandungan air di dalamnya juga mampu mengendalikan porsi makan dan memperlancar proses penyerapan air dalam tubuh sehingga lemak didalamnya dapat terangkat dan tereleminasi.

3. Anti penuaan

Senyawa terkuat seperti lycopene, vitamin A dan C membantu mengurangi radikal bebas penyebab kerutan pada wajah sehingga mencegahnya dari proses penuaan. Konsumsi dan pemakaian semangka dalam bentuk masker secara rutin dapat mengencangkan daerah berkerut di sekitar wajah.

4. Mengatasi jerawat

Kandungan vitamin C membantu wajah mengatasi masalah jerawat hanya dengan penggunaan rutin dan sederhana tanpa biaya mahal. Vitamin C juga mampu menghilangkan noda bekas jerawat secara perlahan dan membantu mencerahkan kulit. Selain vitamin C, gas nitric Oxide turut membantu wajah mengatasi masalah wanita di seluruh penjuru dunia ini.

5. Mengurangi minyak berlebih

Vitamin A dalam semangka dapat memperkecil ukuran pori pada wajah dan mengurangi intensitas minyak yang disebabkan oleh kelenjar sebaceous. Kinerja dari dari senyawa dalam buah ini adalah menyerap minyak dan mengeliminasi sel kulit mati penyebab munculnya jerawat. Biji semangka juga terbukti memiliki kandungan yang sama dengan daging buah dalam mengurangi minyak berlebih.

Manfaat Semangka Lainnya Untuk Kecantikan :

6. Melindungi tubuh dari sinar matahari
7. Sebagai toner alami
8. Membantu melembutkan kulit
9. Membantu mencerahkan kulit
10. Membuat wajah tampak lebih muda
11. Menghilangkan flek hitam
12. Melembabkan kulit
13. Menghilangkan luka
14. Mengatasi kulit kekeringan
15. Memperbaiki jaringan kulit yang rusak

Cara Memanfaatkan Semangka Untuk Kecantikan :

Pada dasarnya, manfaat semangka untuk kecantikan tidaklah rumit. Cukup dengan mencampurkan jus semangka dan madu, lalu oleskan pada bagian wajah dan tubuh yang diinginkan dengan sedikit pijatan. Namun sebelum mulai mengoleskan, pastikan wajah dan tubuh sudah dibersihkan. Tunggu 15-20 menit untuk hasil yang maksimal lalu bilas menggunakan air dingin.

Efek Samping Semangka :

Efek Samping Semangka

Konsumsi buah semangka dalam porsi yang wajar dapat terhindar dari efek samping, tetapi konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah, Menurut American Cancer Society, orang yang mengonsumsi semangka dari yang sewajarnya dapat mengalami mual, diare, kembung dan gangguan pencernaan karena konsumsi lebih dari 30 mg lycopene itu tidak dianjurkan.

Para ahli juga merekomendasikan untuk mengkonsumsi potassium tidak lebih dari 140 mg, dengan begitu orang yang mengkonsumsi terlalu banyak semangka dapat mengalami hiperkalemia. Hiperkalemia dapat menyeabkan denyut jantung tidak teratur dan otot tegang. Mengkonsumsi buah dan sayur memang baik untuk kesehatan, namun ilmuan menyarankan untuk tetap makan sesuatu pada porsinya.

Baca Juga: Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Demikian informasi menarik mengenai manfaat semangka untuk kesehatan, kecantikan, beserta efek sampingnya. Selalu ingat, buah yang kerap dijumpai berwarna kuning dan merah ini tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena akan berefek buruk bagi tubuh. Anda dapat melihat serta mambaca manfaat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top