Connect with us
Srikaya, Tanaman Srikaya, Khasiat Srikaya, Buah Srikaya, Manfaat Srikaya

Buah

45 Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Srikaya (Annona squamosa) Serikaya, Buah Nona, atau dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Custard Pinepple dan Sugar Apple adalah nama buah tropis berbentuk membulat dengan permukaan menonjol, banyak granul. Manfaat srikaya untuk kesehatan dan kecantikan terkenal sebagai obat rambut alami. Jika masih mentah, Annona berwarna hijau dengan tekstur keras. Sedangkan ketika sudah matang, mulai berwarna kekuningan dan lunak. Jika dibelah, isi buah ini warna putih dengan daging yang tipis-tipis berisi biji warna hitam kecoklatan. Rasanya mirip dengan sirsak, hanya saja lebih manis, lembek, lembut dan tidak wangi.

Srikaya, Tanaman Srikaya, Khasiat Srikaya, Buah Srikaya, Manfaat Srikaya

Buah srikaya memang tidak lazim dijumpai di toko buah, namun buah ini sangat populer sebagai tanaman kebun. Sejarahnya masuk Indonesia konon karena dibawa oleh pemerintah Hindia Belanda dari Peru, Amerika Latin. Terlepas dari asal-usulnya, buah yang bergenus Annona, sama dengan sirsak ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Srikaya :

Sebagai buah tropis yang cukup populer dan sulit didapatkan, tentu saja srikaya memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Di mana masing-masing vitamin dan mineralnya menjadi kebutuhan gizi dan nutrisi harian bagi manusia. Berikut adalah rincian kandungannya di dalam 100 gram srikaya terdapat:

• Kalori: 100 kkal
• Karbohidrat: 25 gram
• Protein: 1,8 gram
• Lemak: 0,5 gram
• Kalsium: 27 mg
• Fosfor: 20 mg
• Zat Besi: 0,7 mg
• Vitamin B1: 0,07 mg
• Vitamin B6: 0,2 mg
• Vitamin C: 23 mg
• Magnesium 20 mg
• Kalium: 200 mg
• Serat Pangan: 4 gram
• Air: 70 gram

Manfaat Srikaya untuk Kesehatan :

1. Mengandung Vitamin C

Memakan srikaya bisa memberikan dampak yang bagus untuk sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin C nya melimpah. Di mana dengan sistem imun yang kuat ini, maka tubuh tidak mudah terserang penyakit. Baik yang disebabkan karena bakteri maupun virus. Vitamin C pun ampuh buat mengatasi sariawan dan panas dalam. Memberikan kesegaran nyata pada mulut.

2. Menunjang Metabolisme Tubuh

Khasiat srikaya juga efektif buat menunjang metabolisme tubuh. Artinya buah ini membantu manusia dalam mencerna makanan dan pengubahan zat makanan menjadi energi. Sistem metabolisme yang baik sangat mempengaruhi pertumbuhan manusia, terutama terkait dengan pembentukan sel-sel dan berat badannya. Orang yang metabolisme tubuhnya baik cenderung punya badan yang bagus dan ideal. Maka buah ini cocok sekali untuk mereka yang memang sedang bermasalah dengan postur tubuh.

3. Memperbaiki Sel-Sel Tubuh yang Rusak

Perbaikan akan sel-sel tubuh yang rusak bisa dilakukan melalui gaya hidup yang sehat. Misalnya dengan rutin konsumsi buah srikaya. Buah yang memiliki bentuk mirip Sirsak ini rupanya memang kaya dengan vitamin B kompleks yang merupakan serangkaian vitamin yang menunjang regenerasi sel. Ketika sel-sel yang rusak ini diperbaiki, otomatis kesehatan tubuh secara total akan pulih dan ditingkatkan kualitasnya.

4. Mencegah Panas Dalam

Panas dalam dapat dicegah dengan banyak minum air dan makan makanan berserat tinggi. Selain itu gaya hidup bersih seperti rutin sikat gigi dan menjaga kebersihan mulut dan lidah juga jadi faktor penentu. Sebab panas dalam rupanya disebabkan karen bakteri atau virus yang kerap berasal dari rongga mulut dan gigi yang kotor.

5. Mengobati Radang Tenggorokan

Orang yang pernah radang tenggorokan cenderung akan kena lagi. Sehingga gangguan radang pada tenggorokan ini seolah merupakan penyakit musiman. Namun ada yang mesti dipahami bahwa tidak ada satu pun penyakir yang tidak bisa disembuhkan, apalagi kalau hanya radang begini. Cara untuk mengobatinya bisa dengan meminum sari srikaya.

Manfaat Srikaya untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan energi dalam tubuh
7. Mengatasi mood yang buruk
8. Menghilangkan stress berlebih
9. Mengatasi mulut kering
10. Meningkatkan kepekaan lidah
11. Mencegah sembelit
12. Memperbaiki imunitas
13. Meningkatkan stamina dalam aktivitas
14. Mencuci mulut
15. Mengatasi halitosis
16. Mencegah kanker
17. Menurunkan panas demam
18. Menyembuhkan edema
19. Meningkatkan nafsu makan
20. Mengatasi gatal-gatal

Cara Memanfaatkan Srikaya untuk Kesehatan :

Memanfaatkan buah srikaya untuk kesehatan mudah saja, alangkah baiknya buah ini langsung dimakan saja atau diseduh dengan air hangat. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat bisa dijadikan bahan membuat es campur atau selai untuk roti. Memang buah ini amat fleksibel untuk diolah jadi aneka makanan dan minuman. Maka jangan ragu buat mengambil manfaatnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Durian untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Srikaya untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Kulit Wajah

Untuk kecantikan, rupanya manfaat buah srikaya ini bagus sekali memutihkan wajah. Seputih daging buahnya, dengan memakan buah ini secara rutin memang berdampak bagi sel-sel kulit yang kusam bakal terangkat dan tergantikan sel baru. Ini tentu sangat praktis, mudah dan murah. Tak perlu lagi pakai krim wajah dan perawatan mahal-mahal di klinik kecantikan.

2. Mengangkat Sel Kulit Mati

Dengan rajin memakan srikaya amat bagus untuk angkat sel kulit mati. Sehingga tubuh tidak lagi kusam warnanya. Terutama pada kulit yang terlihat, tidak tertutup pakaian seperti tangan, kaki dan wajah. Manfaat ini akan dirasakan secara berangsur mulai dari sejak hari pertama konsumsi buah ini.

3. Membuat Wajah Lebih Fresh, Tidak Pucat

Ada banyak orang yang memiliki wajah putih, sayangnya putihnya pucat. Mengapa demikian? Ternyata karena kurangnya asupan vitamin dari buah dan sayuran. Makan sayur memang sulit bagi banyak orang karena rasanya kurang enak. Namun kalau buah srikaya nampaknya semua orang mau memakannya. Di mana buah ini bagus sekali bikin wajah jadi fresh, tidak pucat lagi.

4. Membantu Mencapai Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal dapat dicapai dengan banyak makan sumber makanan berserat tinggi seperti buah srikaya ini. Dengan memiliki berat badan ideal, maka seseorang akan memiliki hidup yang jauh lebih percaya diri. Sebab postur tubuh ideal membuat orang lain tidak akan membully lagi dengan sebutan gendut atau gembrot. Otomatis kehidupan pun menjadi lebih baik dan penuh semangat.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Kondisi bibir yang pecah-pecah pada dasarnya berbahaya karena akan membuat kurang percaya diri. Apalagi biasanya bibir yang pecah pun berdarah dengan kulit terkelupas parah. Ini akan menjadi malapetaka bagi kaum wanita karena bibir bakalan susah diolesi lipstik. Untuk itu segera saja atasi masalah bibir pecah-pecah ini dengan konsumsi buah srikaya.

Manfaat Srikaya untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menurunkan berat badan
7. Membuat badan ideal
8. Membentuk tubuh jadi seksi
9. Meluruhkan lemak perut
10. Membantu mencapai berat badan ideal
11. Menghilangkan bekas luka
12. Menyembuhkan jerawat dengan cepat
13. Mengatasi ruam merah
14. Mengencangkan kulit
15. Membuat badan segar
16. Mencegah bau badan
17. Mengatasi pertumbuhan bulu di tubuh
18. Mencegah kulit kering
19. Meremajakan sulit
20. Memudarkan keloid

Cara Memanfaatkan Srikaya untuk Kecantikan :

Untuk memanfaatkan buah ini sangat mudah. Demi kecantikan, buah ini bisa langsung dimakan dengan cara diambilin dagingnya secara langsung. Namun bisa pula dengan cara diolah jadi jus, campuran es buah, maupun dijadikan selai. Manfaat srikaya yang melimpah seperti disebutkan di atas memang layak sekali buat dicoba dari sekarang. Agar efeknya bisa langsung dirasakan segera.

Efek Samping Srikaya :

Di bawah ini adalah beberapa efek samping dari pepaya yang mestinya diperhatikan oleh semua orang yang hendak memakannya. Meskipun tergolong buah yang sehat, namun ada beberapa reaksi yang bisa terjadi secara individual, seperti:

1. Mual
2. Alergi
3. Sakit Perut
4. Disentri
5. Diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Buah yang memiliki tekstur dan rasa mirip sirsak ini rupanya memang sangat berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk itu, jangan ragu lagi buat memakannya. Buah ini cocok dimakan langsung maupun diolah jadi selai, sirup atau bahan campuran es buah. Memang agak sulit menemukan buah ini di pasaran, untuk itu cobalah buat menanam sendiri buah ini.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top