Connect with us
Stroberi, Manfaat Stroberi, Khasiat Stroberi, Strawberry, Stroberi Kebun

Buah

60 Manfaat dan Khasiat Stroberi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Stroberi – Stroberi, Stroberi kebun atau Strawberry yang dikenal juga dengan sebutan buah arbei adalah buah dengan warna kehijauan dan bisa berkembang menjadi warna merah setelah matang. Asal dari buah ini adalah Benua Eropa, dan sudah sejak abad ke-18 dan telah banyak dibudidayakan oleh masyarakat di negara-negara belahan Utara seperti Amerika Utara, Eropa, Rusia dan Asia Timur. Buah yang ketika masak berwarna merah ini juga termasuk dalam suku mawar-mawaran.

Stroberi, Manfaat Stroberi, Khasiat Stroberi, Strawberry, Stroberi Kebun

Lebih tepatnya, buah ini sering disebut buah stroberi Kebun atau garden strawberry yang biasa dimakan secara langsung atau diolah menjadi jus, penyedap makanan maupun selai. Buah dengan nama ilmiah Fragaria Ananassa ini juga banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain banyak disukai, manfaat buah stroberi  untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak. Khasiat strawberry diyakini oleh masyarakat sebagai buah penurun kolesterol dan membuat gigi putih.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Stroberi :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Stroberi

Kandungan buah strawberry banyak mengandung vitamin dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga akan sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan pagi pengonsumsinya. Di bawah ini adalah tabel gizi dalam 100 gram stroberi.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%

  • Kalori 32 kcal
  • Karbohidrat 7,7g
  • Air 91%
  • Protein 0,7g
  • Gula 4,9g
  • Serat 2g
  • Lemak 0,3g
  • Vitamin A 1µg 0%
  • Vitamin C 58,8mg 65%
  • Vitamin D 0µg
  • Vitamin E 0,29mg 2%
  • Vitamin K 2,2µg 2%
  • Vitamin B1 (Thiamine) 0,02mg 2%
  • Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 2%
  • Vitamin B3 (Niacin) 0,39mg 2%
  • Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,13mg 2%
  • Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,05mg 4%
  • Vitamin B9 (Folat) 24µg 6%
  • Vitamin B12 0µg
  • Kalsium 16mg 2%
  • Zat Besi 0,41mg 5%
  • Magnesium 13mg 3%
  • Fosfor 24mg 3%
  • Potassium (Kalium) 153mg 3%
  • Sodium 1mg 0%
  • Seng (Zinc) 0,14mg 1%

Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan :

1. Bantu Menjaga kesehatan Mata

Ada beberapa penyakit mata yang disebabkan karena seseorang kekurangan gizi atau nutrisi tertentu, bertambahnya usia dan akibat radikal bebas. Kandungan stroberi seperti Flavonoid, Asam Elegat, Fitokimia Fenolik ternyata dapat membantu mencegah penyakit mata akibat radikal bebas. Manfaat strawberry untuk mata yang lain adalah mampu memperbaiki tebakan okular pada mata dengan benar karena kandungan potasium atau kalium dalam stroberi. Itulah salah satu manfaat buah strawberry untuk kesehatan.

2. Bantu Mencegah Arthritis (Radang Sendi)

Penyebab utama radang sendi atau biasa disebut Arthritis umumnya disebabkan oleh degenerasi otot dan jaringan, bisa juga keran pengeringan cairan sendi, radikal bebas dan akumulasi racun. Antioksidan pada stroberi dapat membantu detoksifikasi secara efektif dengan hasil tubuh akan terhindar dari maslah kesehatan di atas.

Kandungan anti-inflamasinya juga kuat meredakan berbagai serangan yang terkait radang sendi maupun asam urat. Informasi lebih lanjut, Arthritis ialah pembengkakan dan keadaan kaku pada sendi sehingga menyebabkan gerakan tubuh menjadi sulit dan sakit.

3. Bantu Menjaga kesehatan Jantung

Stroberi merupakan buah yang ideal bagi kesehatan jantung karena kandungan folat, serat, serta antioksidan yang tinggi namun tidak berlemak. Kombinasi sempurna dari antioksidan, mineral dan senyawa lain dalam buah ini mampu mengurangi kadar kolesterol pada arteri dan juga pembuluh darah, sehingga akan membuat jantung bekerja normal. Kandungan beberapa vitamin B dalam buah ini juga akan memperkuat otot jantung sehingga kesehatan fungsi jantung akan selalu terjaga

4. Menguatkan Fungsi Otak

Hilangnya ingatan serta pengendalian aktivitas tubuh adalah masalah yang tidak asing lagi dialami oleh seseorang yang telah berusia lanjut. Ini disebabkan oleh aktivitas alami penuaan atau penuaan dini pada otak ataupun sarafnya. Umunya, penyebab utama dari masalah ini adalah radikal bebas yang berpotensi merusak jaringan otak dan saraf hingga menjadi merosot dan lemah. Namun, jangan khawatir stroberi dengan kandungan vitamin C dan fitokimia yang akan menetralkan efek oksidan dalam tubuh.

Kandungan yodium juga mampu mengatur fungsi otak dan sistem saraf. Kandungan kalium dalam jumlah tinggi bisa ditemukan dalam stroberi yang akan dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke otak, hal ini tentu mampu meningkatkan pula fungsi kognitif pada diri seseorang. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada siswa dengan tingkat kalium(potasium) tinggi akan memiliki konsentrasi serta daya ingat yang lebih kuat.

5. Dapat Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem Kekebalan Tubuh adalah tameng pertama pada tubuh manusia untuk melawan berbagai macam infeksi oleh mikroba, virus, bakteri, dan lain-lain. Jenis vitamin C selalu dipercaya dan terbukti dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta dapat mengobati batuk dan pilek. Cara kerja vitamin C ini adalah dengan merangsang aktivitas sel darah putih yang merupakan garis pertama pertahanan tubuh manusia dalam melawan virus serta benda asing.

Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Bantu Mencegah Penyakit Kanker
7. Membantu Meredakan Peradangan
8. Bantu Mencegah Hipertensi
9. Membantu Mengurangi Alergi
10. Merendahkan Risiko Asma
11. Bantu Mengatur Gula Darah
12. Bantu Melancarkan Pencernaan
13. Bantu Mengatasi Stroke
14. Mengurangi Asam Urat
15. Dapat Memperbaiki Jaringan Kulit
16. Mampu Memperbaiki Mood
17. Bantu Mencegah Seriawan dan Panas Dalam
18. Bantu Melawan Radikal Bebas
19. Bantu Menjaga Kesehatan Tulang
20. Sebagai Anti inflamasi
21. Bantu Mencegah Anemia
22. Sebagai Antioksidan
23. Bantu Menurunkan Berat Badan
24. Mampu Mencegah Sembelit
25. Merupakan Menu Sehat Untuk Ibu Hamil
26. Mampu Menguatkan Daya Ingat
27. Bantu Menghilangkan Jamur
28. Memperkecil Risiko Leukimia
29. Bantu Menjaga Fungsi Reproduksi Pria
30. Mampu Mengatur Suhu Tubuh
31. Bantu Mengatasi / Mengobati Batu Ginjal
32. Memaksimalkan Fungsi Otot
33. Menunjang Pertumbuhan Sel Sehat
34. Mencegah Osteoporosis
35. Menyehatkan Indung Telur Wanita
36. Membantu Proses Pembekuan Darah
37. Dapat Menyehatkan Janin
38. Membantu Produksi Enzim Tubuh
39. Menguatkan Plasenta Bayi
40. Mampu menguatkan Otot Jantung

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Mangga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cara Memanfaatkan Stroberi Untuk Kesehatan :

Untuk memanfaatkan stroberi dalam hal kesehatan, maka Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa dalam bentuk olahan selai, syrup, manisan, dan sebagainya. Namun, alangkah baiknya Anda mengonsumsi buah ini secara langsung, dengan catatan Anda harus mencucinya sampai benar-benar bersih.

Manfaat Stroberi Untuk Kecantikan :

Stroberi bukanlah pendatang baru dalam perawatan kecantikan, karena pada dasarnya semua buah mengandung nutrisi tersendiri yang hampir semuanya baik untuk kulit.

1. Mampu Membersihkan Kulit

Stroberi memang sudah sering digunakan sebagai pembersjh kulit dengan menjadikannya sebai masker, scrub wajah atau sabun karena kandungan vitamin c, asam asli sitat, antioksidan, exfokiant yang dapat menghilangkan sel kulit mati dari wajah Anda. Jika kulit anda ingin bersih, maka dapat mencoba manfaat masker strawberry untuk memutihkan wajah.

2. Bantu Memperbaiki Kulit

Vitamin C pada stroberi berisiko memperbaiki jaringan rusak sebagai pembuatan kolagen. Kolagen yang baik bisa disediakan dari sumber makanan, dan secangkir stroberi menyebutkan 100% dari RDA tentang adanya vitamin C yang akan memainkan peran penting dalam memperbaiki kerusakan pada kulit.

3. Membantu Mengencangkan Pori

Asam ellagic yang tergolong sebagai antioksidannya ini dapat memperbaiki kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit Anda. Dengan begitu, stroberi akan dengan mudah mengangkat kotoran juga akan memberikan perlindungan kulit dari bermacam polusi.

4. Mengurangi Jerawat di Wajah

Manfaat lain dari stroberi adalah dapat menghilangkan masalah jerawat di wajah. Kandungan dari stroberi mampu mengurangi produksi jerawat pada kulit seperti kandungan Salicylic acid, salicylic acid yang sering dijadikan bahan dasar dalam obat untuk mengatasi jerawat.

5. Sebagai Anti-Anging

Saat wajah mulai mengalami masalah yang timbul dan mengakibatkan wajah tidak cantik lagi maka hal tersebut bisa bermula dari datangnya keriput. Efek penuaan dini yang satu ini sangat mampu membuat wanita tidak percaya diri lagi, namun kandungan vitamin B1, vitamin B2, serta Provitamin A dapat mencegah terjadinya keriput pada kulit.

6. Memutihkan Gigi

Cara membuat gigi putih yaitu dengan mengkonsumsi secara rutin buah stroberi. Jika satu minggu sekali rutin mengkonsumsi strawberry maka gigi putih anda akan tetap terjaga. Cara ini menjadi tips memutihkan gigi secara murah dan efisien.

Manfaat Stroberi Untuk Kecantikan Lainnya :

7. Sebagai Toner Kulit
8. Sebagai Kondisioner Alami
9. Membantu Pengelupasan Kulit
10. Membantu Pertumbuhan Kuku
11. Bantu Mengurangi Mata Bengkak
12. Dapat Menghaluskan Kulit Wajah
13. Menjadikan Kulit Lebih Putih Bersinar

Cara Memanfaatkan Stroberi Untuk Kecantikan :

Memanfaatkan stroberi untuk kecantikan juga bisa dengan cara Anda mengonsumsinya secara langsung. Atau bisa dibuat masker. Berikut cara membuat masker stroberi:

  1. Siapkan 4-5 butir buah stroberi dan susu tawar segar secukupnya saja.
  2. Haluskan stroberi dan blender, lalu campuri dengan susu tawar tadi. Pastikan tekstur adonan ini mirip pasta yang tidak terlalu encer, dan tidak juga kental.
  3. Oleskan masker alami ini ke bagian wajah yang sudah Anda cuci bersih, oleskan juga kada leher secara merata.
  4. Agar hasilnya maksimal, pijat wajah selama 5 menit dengan gerakan memutar dan diamkan 1 jam.
  5. Bilas masker dengan air dingin hingga bersih.

Kenapa memilih campuran susu?

Karena susu mengandung sangat banyak nutrisi, mulai dari bentuk mineral sampai vitamin. Jadi, penggunaan masker stroberi dengan kombinasi susu akan sangat sempurna sebagai perawatan Anda di rumah, sehingga kulit akan tampah cerah dan putih alami.

Cara Menyimpan Stroberi Yang Benar :

Namun, buah ini cenderung mudah keriput jika Anda diamkan lama-lama dan tidak disimpan dengan benar. Berikut cara agar buah stroberi tetap segar untuk dikonsumsi agar dapat menghadirkan banyak manfaat bagi kesehatan Anda.

1. Buang bagian daun

2. Potong bagian buah yang telah mengerut atau busuk

3. Cuci bersih, lalu potong jadi 2 bagian

4. Masukkan dalam wadah kedap udara

5. Terakhir, masukkan dalam freezer

Cara lainnya adalah dengan membuat larutan atau syrup gila, lalu masukkan stroberi yang sudah Abda cuci ke dalam larutan tersebut. Treatment ini dapat membuat stroberi mampu bertahan selama 6-12 bulan.

Efek Samping Stroberi :

Efek Samping Stroberi

Stroberi yang dikonsumsi dengan wajar akan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan, namun apabila mengubah makannya berlebih maka akan memberikan beberapa efek samping.

1. Memicu Alergi

Perhatikan struktur pori pada stroberi sebelum Anda mengonsumsinya. Karena pori-pori pada stroberi ternyata dapat memicu timbulnya alergi pada orang yang punya kulit sensitif.

2. Sebabkan Gangguan Perut

Bila dipeehatikan secara saksama, ada biji-biji halus yang tertempel di permukaan stroberi. Biji-biji ini dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Terlebih jika Anda sudah memiliki keluhan sakit perut, maka hindarilah mengonsumsi buah ini. Pilih saja buah lain sebagai menu pencuci mulut Anda.

3. Tidak Cocok Untuk Penderita Encok

Kandungan zat jahat pada stroberi bisa menekan kinerja ginjal sehingga akan berbahaya bila dikonsumsi oleh penderita encok maupun darah tinggi. Jika Anda punya riwayat penyakit ini, sebaiknya hindarilah makan stroberi karena justru akan membahayakan kesehatan Anda.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Buah Srikaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sebagai catatan penting, cucilah stroberi dengan benar hingga bersih,karen a biasanya buah ini snagat mudah terserang parasit saat petani menggunakan ououk organik. Atau, jika Anda benar-benar sangat ingin mengonsumsi, sebaiknya konsultasikan kepada dokter pribadi anda untuk mengetahui risiko apa saja yang akan Anda dapatkan ketika nekat mengkonsumsi buah manis-masam ini.

Khasiat dan manfaat strawberry untuk ibu hamil juga ada. Selain untuk menambah gizi bagi ibu hamil, buah yang memiliki rasa manis ini memberikan asupan nutrisi bagi janin.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top