Connect with us
Terong Balanda, Terung Belanda, Solanum betaceum

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Terong Belanda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat terong belanda masih belum banyak dikenal oleh masyarakat umum. Padahal, sudah banyak praktisi kesehatan dan peneliti yang berhasil mengetahui khasiatnya untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Terong belanda atau terung belanda (Solanum betaceum) juga belum banyak dikenal oleh orang karena masih jarang ditemui di pasar maupun di pekarangan-pekarangan rumah. Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Jadi kata Belanda tak ada kaitannya dengan negara Belanda yang berasal dari benua Eropa.

Terong Balanda, Terung Belanda, Solanum betaceum

Terung belanda masih satu keluarga dengan tomat dan terong sayur. Bentuk buahnya tak seperti terong yang biasa kita sayur. Bentuk lonjong, berwarna merah, ada bercak-bercak membujur. Bila dibelah mirip buah tomat. Rasanya masam sehingga cocok dibuat jus atau sup buah.

Kandungan Gizi Terong Belanda :

Kandungan Gizi Terong Belanda

Nutrisi yang terkandung pada terong belanda terbilang lengkap, antara lain: kaya serat, karbohidrat, protein, lemak, vitamin A. vitamin C, dan air. Lengkapnya energi 48 kilokalori, protein 1,5 g, karbohidrat 11,3 g, lemak 0,3 g, kalsium 13 mg, fosfor 24 mg, besi 1 mg, vitamin A 0 IU,  vitamin B1 0,04 mg, vitamin C 17 mg. Bagian buah yang bisa dimakan kurang lebih 73%.

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah terong belanda kaya vitamin C dan beragam mineral. Zat-zat tersebut bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kita tak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit. Nutrisi yang turut mendukung sistem kekebalan tubuh kita, antara lain: karbohidrat, zat besi, fosfor, magnesium, kalsium, dan vitamin C.

2. Menguatkan tulang

Ini berkat kandungan mineral seperti fosfor, magnesium, kalsium, besi yang akan membuat tulang lebih padat dan tak mudah keropos. Itulah mengapa buah ini cocok dikonsumsi orang-orang yang sudah lanjut usia.

3. Mengobati demam

Vitamin C beserta mineral yang terkandung di dalamnya ampuh menurunkan panas dingin tubuh karena terinfeksi penyakit atau gangguan tubuh lainnya.

4. Memperlambat proses penuaan dini

Buah terong belanda kaya zat-zat yang bersifat antioksidan. Vitamin C dan vitamin E yang bersifat antioksidan akan menetralkan senyawa-senyawa yang bersifat radikal bebas. Seperti kita ketahui radikal-radikal bebas ini bersifat racun yang membuat sel-sel dan jaringan kulit menjadi rusak. Dengan konsumsi buah terong belanda ini, kulit tampil kencang dan elastis.

5. Mencegah kanker

Selain kaya zat-zat bersifat antioksidan juga ada kandungan likopen yang juga berperan menangkal senyawa-senyawa yang bersifat radikal bebas. Terbebasnya tubuh dari radikal bebas tentu akan terbebas pula dari kemunculan sel-sel kanker di dalam tubuh.

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan bisul atau koreng

7. Menjaga kesehatan mata

8. Mendukung regenerasi sel-sel DNA rusak

9. Obat kantuk

10. Mencegah anemia

11. Menurunkan kolesterol

12. Menurunkan tekanan darah tinggi

13. Menjaga kesehatan jantung

14. Mencegah diabetes tipe-2

15. Memperlancar sistem pencernaan

16. Mencegah sembelit

17. Mendukung program diet

18. Mencegah penyakit alzheimer

19. Menyembuhkan sakit tenggorokan

20. Mencegah dan mengobati sariawan

21. Mencegah penyakit parkinson

Cara Memanfaatkan Terong Belanda untuk Kesehatan

Terong belanda biasanya diolah menjadi minuman. Yang paling banyak dijumpai dibuat jus.

Bahan-bahan :

  1. Buah terong belanda 100 g.
  2. Serutan es batu.
  3. Yoghurt tawar 100 g.
  4. Anggur merah 100 g
  5. Pemanis, boleh salah satu pilih seperti susu, sirup, dan madu.

Cara membuat :

Semua bahan-bahan tersebut dilumat memakai blender. Pertama-tama masukkan terong belanda yang sudah dibelah, serutan es batu, yoghurt, anggur merah, dan madu. Setelah hancur mirip bubur cair, langsung dihidangkan saja sebagai minuman segar.

Manfaat Terong Belanda untuk Kecantikan :

1. Membuat wajah tampil awet muda

Terong belanda berkhasiat sebagai anti-aging alias penuaan dini. Sebagai buah yang kaya senyawa-senyawa antioksidan, akan mereduksi dan menetralkan senyawa-senyawa radikal bebas yang bisa merusak sel-sel kulit dan jaringan kulit. Kebutuhan oksigen untuk sel-sel kulit menjadi terpenuhi sehingga tetap sehat. Jaringan kulit pun menjadi tak mudah mengeriput.

2. Mencerahkan kulit

Kulit wajah yang dimasker pakai bahan buah terong belanda akan tampil lebih cerah karena asupan nutrisi untuk sel-sel terpenuhi.

3. Menstabilkan berat badan

Kandungan karbohidrat yang ada di dalamnya adalah karbohidrat kompleks yang tidak membuat berat badan lekas naik. Lain halnya dengan karbohidrat pada nasi atau gandum.

4. Menyehatkan mata

Siapa yang tak ingin memiliki mata jernih dan berbinar-binar? Konsumsi saja jus buah terong sesering mungkin. Kandungan vitamin A yang cukup tinggi akan menyehatkan mata Anda.

5. Mengencangkan kulit

Rutin konsumsi jus terong belanda dan dibuat masker di wajah akan membuat kulit terasa lebih elastis dan kenyal. Sel-sel kulit mati mudah terkelupas dan proses regenerasi sel-sel akan terbentuk dengan sempurna. Hasilnya, kulit terasa lebih kencang dan halus.

Manfaat Terong Belanda untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melenyapkan jerawat

7. Melenyapkan noda-noda hitam

8. Melembabkan kulit

9. Mencegah terjadinya pigmentasi

10. Menyegarkan kulit

11. Mengatasi bau mulut

Cara Memanfaatkan Terong Belanda untuk Kecantikan :

Anda dapat memanfaatkan terrong belanda dengan dibuat jus, caranya :

  1. Sediakan terong belanda sebanyak 3 buah. Lalu belah menjadi 4 bagian dengan irisan membujur. Ini akan lebih mempercepat pembuatan jus dibandingkan hanya dibelah dua saja. 
  2. Ambil bagian isinya yang berair dengan memakai sendok. Lalu masukkan ke dalam alat pelumat blender.
  3. Beri air secukupnya saja.
  4. Beri gula, atau madu supaya memiliki cita rasa yang enak.
  5. Lumatkan bahan-bahan tersebut sampai mengental.
  6. Boleh tambahkan susu supaya rasanya lebih enak lagi.
  7. Jus terong belanda siap dikonsumsi.
  8. Dibuat masker, cukup mengambil isi buah terong belanda. Lalu dibuat masker wajah.

Dibuat masakan, misalnya dibuat tumis. Caranya: Siapkan bahan-bahan: buah terong belanda muda, bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe rawit, dan penyedap rasa bila diperlukan. Cara membuatnya, tinggal memotong-motong buah terong muda sesuai selera. lalu cuci bersih. Bawang merah, bawang putih, dan cabe diriris-iris. Siapkan wajan, lalu beri minyak goreng secukupnya. Tumis bumbu sampai beraroma harum, masukkan garam dan gula secukupnta, lalu masukkan buah terong sampai matang. Angkat, lalu sajikan. Rasanya asam manis pedas dan menyegarkan.

Efek Samping Terong Belanda :

Efek Samping Terong Belanda

Sampai saat ini belum ditemukan kasus yang membahayakan terkait dengan efek samping terong belanda bagi tubuh. Terutama bagi orang normal dan sehat. Lain halnya dengan orang yang memiliki sakit maag atau produksi asam lambung yang berlebih. Konsumsi buah terong tidak dianjurkan karena bisa memicu penyakit maag lebih parah. Perlu diperhatikan juga cara proses pengolahannya yang benar. Bagian yang dimanfaatkan dari buah ini yaitu isinya yang lunak dan biji-bijinya yang lunak pula. Terkecuali yang akan diolah menjadi masakan,  yang menyertakan bagian kulit buah terong belanda muda.

Baca Juga: Manfaat Pare Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Begitu banyak manfaat terong belanda untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Akan lebih optimal lagi manfaatnya bila dibarengi dengan pola makan sehat dan penerapan gaya hidup sehat. Pola makan sehat tentunya semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tercukupi dan seimbang. Menu sehat yang baik tentu 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari sumber makanan karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Sedangkan penerapan gaya hidup sehat yaitu rutin berolahraga dan menjauhi perilaku-perilaku tak sehat seperti merokok, begadang, kelelahan, dll. Anda dapat membaca manfaat dan khasiat buah lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top