Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Buah Tin untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Buah tin termasuk buah yang populer di dunia dengan sebutan “buah dari surga”. Tak hanya itu saja, nama buah ini bahkan disebutkan di dalam kitab suci umat Islam, yakni Al-Qur’an. Oleh masyarakat Indonesia sendiri buah ini termasuk buah istimewa, karena selain mendapat julukan sebagai ‘buah dari surga’, buah tin juga biasa dijadikan oleh-oleh orang yang menjalankan ibadah haji dan umrah.

Buah Tin, Manfaat Buah Tin, Khasiat Buah Tin

Meski dianggap sebagai buah yang istimewa, sangat disayangkan sekali masyarakat Indonesia belum rutin mengkonsumsinya. Padahal buah ini memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat, baik itu untuk kesehatan maupun untuk kecantikan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Tin :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Buah Tin, Buah Tin, Pohon Buah Tin

Banyak ahli yang menyebut buah jenis ini sebagai buah super nutrition. Ini tidak lain karena kandungan di dalamnya terhitung lengkap. Beberapa diantara kandungan tersebut adalah kalium, omega 3, omega 6, coumarin, kalsium, tryptophan, serat, potassium, fosfor, zinc, vitamin C, folat, magnesium, vitamin B6, panthotenic acid, riboflavin, niacin, thiamine, protein, zat besi serta karbohidrat.

Loading...

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan :

1. Bisa Membantu Mengatasi Hipertensi

Buah tin bermanfaat dalam mengatasi hipertensi karena memiliki kandungan fosfor, omega 6, omega 3, magnesium, dan fenol. Semua kandungan tersebut mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang sekaligus bisa mencegah jantung koroner.

2. Mencegah Kanker

Buah ini memiliki kandungan polyphenol yang berperan sebagai antioksidan penangkal radikal bebas, Radikal bebas inilah yang bisa menyebabkan kanker muncul. Sementara kita tahu bahwa kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan, hampir apapun jenisnya termasuk kanker serviks, otak, paru-paru dan darah. Jadi dengan mengkonsumsi buah tin, kanker semacam ini bisa dicegah.

3. Bisa Mencegah Diabetes

Jenis buah ini juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah diabetes, selama pengkonsumsian buah ini tidak dilakukan secara berlebihan. Kandungan glukosa serta fruktosa yang ada di dalam buah tin tidak akan menaikkan kadar gula di dalam darah. Justru sebaliknya, buah ini malah membuat proses penyerapan gula berlebih tersebut menjadi terhambat.

4. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Kandungan serat larut dalam buah ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Caranya adalah membuang kolesterol tersebut melalui air kencing, keringat maupun air besar. Dengan demikian, berbagai resiko yang mungkin timbul akibat kelebihan kolesterol bisa dihindari.

5. Membantu Mencegah Anemia

Kandungan zat besi dalam buah ini sangat berperan dalam mencegah anemia, karena zat tersebut bisa mengoptimalkan pembentukan hemoglobin darah. Jika jumlah hemoglobin ini terpenuhi, maka anemia bisa dihindari. Zat besi dalam buah tin ini juga lebih dianjurkan daripada zat besi yang ada dalam makanan olahan lain, karena proses penyerapannya lebih mudah untuk dilakukan oleh tubuh.

Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan Lainnya :

6. Bisa mencegah serangan jantung
7. Menguatkan tulang dan mencegah tulang keropos
8. Membantu mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita
9. Meninggikan badan secara alami
10. Solusi bagi penderita insomnia
11. Membantu mengatasi sembelit
12. Bisa menyembuhkan wasir dan ambeien
13. Membantu mencegah munculnya tumor, baik tumor jinak maupun tumor ganas
14. Mengatasi abses dan bisul
15. Bisa menurunkan berat badan
16. Mengatasi gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan
17. Mengatasi sakit tenggorokan
18. Mempercepat proses sembuhnya luka baru
19. Mencegah kanker prostat
20. Baik untuk ibu yang baru melahirkan
21. Bisa menurunkan kadar trigliserida
22. Meluruhkan batu ginjal
23. Meningkatkan sistem imun tubuh
24. Membantu mengontrol kadar gula di dalam darah
25. Menormalkan nafsu makan
26. Membantu menstabilkan detak jantung
27. Menghalau bakteri jahat
28. Mencegah sel kanker untuk menyebar
29. Mengobati encok
30. Mengurangi serangan angina
31. Mengobati sakit lambung
32. Menangkal bakteri dan jamur penyebab penyakit
33. Mencegah kanker usus
34. Membantu meningkatkan kesehatan reproduksi
35. Bisa mencegah degenerasi macula

Cara Memanfaatkan Buah Tin untuk Kesehatan :

Pemanfaatan buah tin untuk kesehatan bisa dilakukan dengan cara memakannya langsung ketika kondisinya masih segar. Jika tidak, bisa juga dengan merebusnya atau mengawetkannya terlebih dahulu. Sementara untuk jenis buah yang kering, cara mengkonsumsinya juga bisa secara langsung ataupun dengan direndam dalam air terlebih dahulu.

Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan :

1. Memelihara Kesehatan Kulit

Buah tin memiliki kandungan coumarin di dalamnya. Kandungan ini berperan sebagai antioksidan yang akan menangkal radikal bebas. Seperti yang kita tahu, radikal bebas inilah yang bisa menyebabkan kulit menjadi rusak. Jadi, mengkonsumsi buah ini secara rutin, bisa menghindarkan kulit dari potensi kerusakan tersebut.

2. Bisa Mencerahkan Kulit Wajah

Sama seperti lemon dan jeruk nipis, buah tin juga memiliki kandungan vitamin C di dalamnya yang sangat berperan penting untuk manfaat kedua ini. Selain vitamin C, kandungan serat alami dalam buah ini juga ikut membantu mencerahkan kulit, karena serat tersebut membantu proses regenerasi.

3. Membantu Mengatasi Jerawat

Tak hanya bisa memelihara kesehatan kulit dan mencerahkannya saja, nyatanya buah ini juga mampu mengatasi jerawat. Buah tin memiliki kandungan semacam mineral alkali yang bisa mengatasi masalah kulit satu ini.

4. Membantu Membersihkan Pori-Pori

Perlu diketahui bahwasanya pori-pori kulit rentan mengalami penyumbatan, yang diakibatkan oleh lemak serta minyak. Apabila kondisi pori-pori menjadi tertutup, ini justru akan menyebabkan berbagai masalah kulit seperti jerawat. Buah tin bisa menghindarkan kulit dari hal tersebut, karena buah ini bisa membuat sirkulasi di dalam kulit menjadi lebih lancar.

5. Membuat Kulit lebih Kencang

Bukan hanya kulit cerah saja yang akan didapatkan oleh anda jika mengkonsumsi buah tin secara rutin, tetapi kulit anda juga bisa menjadi lebih kencang. Ini berkat kandungan omega 3 serta omega 6 yang ada di dalam buah tin, yang sekaligus bisa membuat kulit terasa lebih lembut. Berkat manfaat buah yang satu ini, kulit cantik bukan hanya mimpi lagi, tetapi memang benar-benar bisa anda miliki.

Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Bisa membantu mengatasi obesitas sehingga penampilan bisa menjadi lebih baik
7. Bisa membantu mengontrol pH kulit
8. Membantu mengurangi kadar minyak yang berlebih
9. Membuat kulit menjadi lebih mulus
10. Membantu proses regenerasi kulit
11. Mencegah serta memperbaiki jaringan kulit yang rusak
12. Bisa mengatasi psoriasis, vitiligo dan eksim

Cara Memanfaatkan Buah Tin Untuk Kecantikan :

Manfaat buah ini untuk kecantikan bisa didapatkan dengan cara mengkonsumsinya secara langsung. Atau bila ingin sedikit lebih rumit, buah tin ini bisa dijadikan masker. Ada baiknya bila masker buah jenis ini diaplikasikan saat malam hari sebelum tidur supaya kerjanya bisa lebih optimal.

Efek Samping Buah Tin :

Efek Samping Buah Tin

Jenis buah ini apabila dikonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan diare, dan jika buah ini dikonsumsi dalam kondisi kering bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada gigi. Kemudian untuk orang yang memiliki alergi terhadap kombonen kimia tertentu yang ada di dalam buah tin juga bisa menimbulkan reaksi, dimana reaksi tersebut bisa ringan dan bisa juga berat.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tentu saja manfaat buah tin ini sangat banyak, apalagi dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Namun harus selalu tetap diingat untuk tidak mengonsumsinya dengan dosis atau kadar yang berlebihan. Jika terjadi, bisa saja menyebabkan efek samping pada tubuh. Anda dapat melihat serta mambaca manfaat buah lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
3 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Buah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top