Connect with us
Tomat, Buah Tomat, Sayur Tomat, Sayuran Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat

Buah

100 Manfaat dan Khasiat Tomat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) menjadi salah satu bahan masakan serta sayuran yang sangat sehat untuk Anda konsumsi. Manfaat tomat untuk kesehatan dan kecantikan sangat banyak, terkenal dengan manfaatnya yang membantu dalam menyehatkan kulit dan kesehatan mata. Penggunaan tomat sendiri bisa dibuat sayuran atau dimakan langsung. Namun karena rasanya yang sedikit aneh ketika di makan langsung, banyak orang yang lebih memilih mengkonsumsi tomat dalam bentuk jus dan lainnya.

Tomat, Buah Tomat, Sayur Tomat, Sayuran Tomat, Manfaat Tomat, Khasiat Tomat

Tomat juga terkenal dalam membantu menurunkan berat badan. Kandungan didalamnya terdapat serat yang sangat bermanfaat untuk menurunkan tubuh dan menyehatkan sistem pencernaan dalam tubuh. Jenis buah dan sayuran ini menjadi pilihan yang tepat dijadikan sebagai jus atau makanan pokok program diet Anda. Tidak hanya serat, masih banyak lagi kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada tomat ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Tomat :

Kandungan Gizi Tomat

Kandungan yang pada tomat diantaranya adalah kalori, lemak jenuh, lemak trans, sodium, serat, gula, vitamin A, dan Kalsium. Meski sehat untuk kesehatan, mengkonsumsi secara berlebihan bisa mengakibatkan efek samping diantaranya adalah obesitas karena mengandung lemak, gula, karbohidrat, dan kalori yang tinggi.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Kanker

Kanker bisa terjadi karena beberapa faktor, diantaranya tumbuhnya sel-sel kanker dalam tubuh. Sel kanker ini bisa diakibatkan dari virus yang masuk dalam tubuh. Tomat memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik dalam mengatasi berbagai kanker. Selain itu, kandungan didalamnya seperti anti-oksidan dan anti-kanker membantu dalam mengatasi sel-sel kanker yang masuk ke dalam tubuh.

2. Mengatasi Keseleo

Khasiat serta manfaat lain buah tomat yaitu dapat mengatasi keseleo. Dengan penggunaannya menggunakan blender kemudian diambil minyaknya, bisa digunakan sebagai alat pijat. Menggunakan minyak tomat bisa membantu dalam mengatasi berbagai macam keseleo atau masalah otot dan tulang lainnya. Untuk memaksimalkan, Anda bisa meminum jus tomat agar bisa meningkatkan kesembuhan pada keseleo Anda.

3. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

Kandungannya yaitu vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan janin pada ibu hamil. Konsumsi secara rutin membantu dalam memperkuat janin, mempercepat pertumbuhan janin, dan mencegah lahir cacat. Penggunaan yang tepat untuk ibu hamil adalah dengan cara di jus dan dijadikan bahan sup atau sayur sehat.

4. Mengatasi Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah adalah kondisi dimana ada gel darah yang memadat kemudian menghambat aliran darah ke dalam tubuh. Kandunga zat aktif yang terdapat pada bagian kuningnya bisa membantu mengatasi masalah penggumpalan darah yang bisa menyebabkan berbagai penyakit jantung ini.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi karena masalah pada dalam darah. Biasanya disebabkan karena pola makan yang kurang baik diterapkan sehari-hari. Tomat mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bermanfaat untuk tetap menjaga kesehatan jantung. Penggunaan yang baik untuk penderita penyakit jantung adalah rutin meminum jusnya.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Mengatasi kanker.

7. Meningkatkan kadar ASI.

8. Mengatasi rasa sakit.

9. Mencegah hipertensi.

10. Atasi sel kulit rusak.

11. Meningkatkan mood.

12. Meningkatkan stamina tubuh.

13. Sebagai sumber antioksidan.

14. Antibodi.

15. Atasi kolestrol.

16. Atasi darah kotor.

17. Atasi diabetes.

18. Meningkatkan metabolisme.

19. Menjaga tulang sehat.

20. Atasi osteoporosis.

21. Atasi radikal bebas.

22. Atasi epilepsi.

23. Sebagai antiinflamasi.

24. Menjaga kesehatan tiroid.

25. Atasi kadar gula.

26. Atasi strok.

27. Menjaga kesehatan ginjal.

28. Sehat untuk diet.

29. Sehat untuk usus.

30. Meningkatkan produksi sperma.

31. Atasi saraf rusak.

32. Atasi pikun.

33. Tingkatkan hemoglobin.

34. Meningkatkan massa otot.

35. Atasi anemia.

36. Atasi insomnia.

37. Meningkatkan konsentrasi.

38. Sumber energi.

39. Menurunkan LDL.

40. Meningkatkanm HDL.

41. Mencegah katarak.

42. Atasi alzheimer.

43. Pembentukan sel darah merah.

44. Memecah protein.

Cara Memanfaatkan Tomat Untuk Kesehatan:

Penggunaan yang sehat dan tepat untuk memanfaatkan khasiat tomat secara penuh, bisa digunakan sebagai jus sehat untuk diminum setiap minggu atau beberapa hari sekali. Cara lainnya adalah digunakan sebagai bahan sayuran, sup, tumis, atau juga bisa dimakan langsung dengan catatan kebersihannya harus benar-benar terjaga.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan:

1. Menyehatkan Mata

Mata merah menjadi masalah yang sering dikeluhkan oleh para kaum hawa. Menurut mereka, masalah mata ini tidak hanya mengganggu kesehatan tapi juga bisa mengganggu penampilan mereka. Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam kandungannya bisa membantu dalam membuat mata selalu sehat dan meningkatkan kualitas penglihatan. Tentu saja akan menambah kesan cantik pada mata dan sekitar wajah Anda.

2. Melangsingkan Tubuh

Tubuh gemuk tentu saja tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja, tapi juga mempengaruhi penampilan Anda. Serat yang terkandung didalamnya sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kandungan yang hanya bisa menaikkan berat badan antar lain lemak, karbohidrat, dan kalori. Serat sangat membantu dalam menurunkan badan karena tidak mengandung kandungan yang bisa menaikkan badan dan bisa memperlancar buang air besar yang secara logika, membuang seluru isi perut yang bisa membuat tubuh gemuk.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Kandungan vitamin C yang ada dalam tomat membantu untuk mengatasi kandungan minyak yang banyak ditemukan dalam kulit wajah. Minyak ini sangat mengganggu penampilan. Selain itu, wajah berminyak bisa membuat rasa tidak nyaman untuk Anda dan orang disekililing Anda. Contoh misalnya saat sedang bertelepon karena minyak akan menempel pada hp Anda. Penggunaan yang baik untuk mengatasi kulit berminyak adalah tomat dijadikan masker.

4. Sebagai Tabir Surya

Kandungan vitamin C yang terkandung didalamnya bisa membuat kulit tetap terjaga dari sinar UV. Selain itu, kandungan lycopene membuat kulit tetap cerah meski terpapar sinar matahari langsung. Konsumsi tomat secara rutin juga dipercaya bisa mengatasi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh terpapar sinar UV setiap saat, terkena virus, bakteri, dan lainnya yang bisa mengakibatkan jerawat berdarah.

5. Menyehatkan Rambut

Pada umumnya, rambut adalah mahkota wanita. Karena itulah menjaga kesehatan rambut sangat lah penting. Ciri-ciri rambut yang sehat adalah hitam, tidak berwarna, tebal, tidak rontok, dan terlihat kokoh. Kandungan vitamin A membantu dalam menyehatkan rambut, jadi tidak hanya untuk mata, kulit, dan tulang saja. Penggunaan yang baik adalah menggunakan ekstrak tomat sebagai shampoo atau bahan keramas.

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Atasi penuaan dini

7. Memutihkan gigi

8. Memperindah kuku

9. Atasi kulit keriput

Cara Memanfaatkan Tomat Untuk Kecantikan :

Untuk melangsingkan, bisa dengan cara dimakan langsung, di jus, dan dijadikan bahan sayuran, namun dengan takaran yang pas dan harus seimbang dengan kebutuhan lainnya. Dalam perawatan kulit, bisa dijadikan sebagai masker dengan cara penerapan sama seperti mentimun. Cara terakhir, menggunakan tomat yang sudah dihaluskan kemudian oles pada wajah yang terkena jerawat atau masalah lainnya seperti panu, kutil, dan bisul. Penggunaan cara ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut.

Efek Samping Tomat :

Efek Samping Tomat

Konsumsi secara berlebihan tanpa memerhatikan kandungan sehat lainnya sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan efek samping sebagai berikut:

1. Membentuk penyakit batu ginjal

2. Overdosis vitamin

3. Sakit kepala

4. Mual

5. Muntah

6. Masalah gas perut/kembung

7. Gangguan pencernaan

8. Diare

9. Lemahnya imun tubuh

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Terong Belanda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Khasiat dan manfaat tomat untuk kesehatan serta kecantikan sangatlah banyak, selain itu efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi secara berlebihan. Mengonsusmsi tomat secara rutin setiap hari sangat dianjurkan oleh para dokter untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Continue Reading

Lainnya dari Buah

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top