Connect with us
Bunga Mawar, Manfaat Bunga Mawar, Khasiat Bunga Mawar

Bunga

45 Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bunga mawar merupakan bunga yang berasal dari tanaman mawar. Mawar sendiri merupakan jenis tanaman semak yang berasal dari mawar-mawaran sekaligus merupakan nama bunga yang dari tanaman ini. Mawar sangat banyak sekali spesiesnya terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan mawar tumbuh di belahan bumi utara yang mempunyai udara sejuk. Mawar merupakan spesies tanaman semak yang berduri atau disebut tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 sampai 6 meter. Walaupun jarang kita temukan, tinggi tanaman mawar ini bisa merambat di tanaman lain bisa mencapai ketinggian hingga 20 meter.

Bunga Mawar, Manfaat Bunga Mawar, Khasiat Bunga Mawar

Mawar tentunya bunga yang sangat indah dan melambangkan rasa cinta, bukan hanya sebagai tanaman hias, tapi bunga mawar mempunyai banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Khasiat bunga mawar untuk kecantikan sudah tidak diragukan lagi. Tentunya banyak produk kecantikan yang dihasilkan dari bunga Mawar.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bunga Mawar :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bunga Mawar

Kandungan dalam bunga mawar, tentu sangat berguna untuk kecantikan dan kesehatan. Beberapa kandungan bunga mawar yang harus Anda ketahui yang tentunya diperlukan untuk tubuh dalam menjaga kesehatan, Berikut kandungan nya :

  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B
  • Zat tanin
  • Geraniol
  • Nerol
  • Pectin
  • Terpena dan terpenoid
  • Flavonoid
  • Asam geranik
  • Polifenol

Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan :

1. Memperkuat saluran pencernaan

Memiliki saluran pencernaan yang sehat bisa membantu kita dalam menjauhi banyak sekali macam kasus pencernaan, salah satunya misalnya susah BAB. Kandungan yang telah ada pada bunga mawar ini dianggap sanggup membantu anda untuk mengobati BAB dan bisa membersihkan limbah atau kotoran yang telah ada di dalam usus besar dan usus kecil .

2. Mengatasi gejala wasir

Mawar merah mempunyai kandungan serat dan air yang tinggi sehingga jika dikonsumsi akan membantu membersihkan pencernaan dan mengeluarkan banyak sekali macam racun dalam tubuh. Cara membuat ramuannya yaitu 50ml air masak dicampur dengan segenggam kelopak mawar dan lalu dilumatkan sampai halus hingga ramuan menjadi kental. Ramuan ini diminum selama tiga hari berturut-turut sebelum makan atau ketika perut sedang kosong.

3. Mengatasi tertekan dan depresi

Extrak Aroma dari mawar merah juga mempunyai imbas sedatif atau menenangkan sehingga dapat dimanfaatkan buat menghilangkan stres dan depresi. Untuk mengatasi depresi Anda bisa memanfaatkan bunga Mawar dengan cara memasukkan sejumlah kelopak mawar merah ke dalam air hangat yang digunakan untuk berendam atau mandi. Aroma mawar merah akan keluar dan terhirup selama berendam sehingga bisa membantu mengatasi stres dan depresi. Sama seperti manfaat melon golden.

4. Membuang racun berbahaya pada tubuh

Makanan yang kita makan, udara yang kita hirup, serta gambaran zat-zat lainnya tidak mampu dijamin 100% bebas dari racun. Tubuh kita pasti terdapat racun yang menumpuk walaupun tidak terlalu banyak tapi jika dibiarkan dapat membahayakan kesehatan. Untuk membuang racun-racun ini tubuh kita bisa memanfaatkan bunga mawar merah.

5. Memelihara kesehatan mata

Dalam kehidupan kita sehari-hari tentunya debu dan Polusi yang ada disekitar kita dapat mengakibatkan mata kita terkena iritasi. Untuk mencegah dan mengatasi kasus kesehatan mata misalnya mata pedih atau merah kita dapat memanfaatkan air bunga mawar merah. Caranya dengan meneteskan beberapa tetes air bunga mawar merah ke mata dan didiamkan sebentar.

Manfaat Bunga Mawar Untuk Kesehatan Lainnya:

6. Meningkatkan metabolisme
7. Baik buat kegiatan seksual
8. Dapat Mengatasi batuk kering
9. Mengatasi bengkak atau radang pada kaki
10. Mengatasi iritasi pada kulit sensitive
11. Menurunkan tekanan darah
12. Mengobati nyeri haid
13. Untuk Pembuatan Teh Herbal
14. Sebagai Perisa Makanan
15. Sebagai Aroma Terapi
16. Mengatasi bau Mulut
17. Membersihkan Usus
18. Melancarkan BAB
19. Menjaga kesehatan kulit
20. Mempunyai Sifat Anti-bacterial

Cara Memanfaatkan Bunga Mawar Untuk Kesehatan :

Jika Anda terkena batuk kering pastinya menyakitkan karena membuat tenggorokan anda gatal dan terasa sakit. Untuk mengatasinya Anda dapat memanfaatkan bunga mawar merah yang sudah kering dan kemudian anda rebus dengan air dan juga sedikit gula batu. Ramuan bunga mawar ini kemudian Anda minum secara rutin hingga batuk sembuh.

Mawar merah juga mangandung sifat antiinflamasi sehingga banyak dimanfaatkan untuk mengatasi sakit yang disebabkan peradangan. Caranya sangat mudah dengan merebus satu tangkai bunga mawar merah dengan ditambahkan daun sembung sebanyak 40 gram. Ramuan mawar ini kemudian Anda minum secara rutin hingga bengkak pada kaki Anda sembuh.

Manfaat Bunga Mawar Untuk Kecantikan :

1. Mengatasi kulit berminyak

Pemilik kulit berminyak juga bisa memakai air bunga mawar merah buat mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajahnya. Dimana air bunga mawar merah bisa menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit wajah.

2. Manfaat Mawar bisa Menurunkan berat badan

Dengan mengonsumsi segenggam kelopak bunga mawar merah dapat menciptakan perut terasa kenyang sebagai akibatnya bisa mengurangi nafsu makan. Hal ini tentu sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain dikonsumsi secara langsung mawar merah pula bisa dikonsumsi menggunakan cara meminum air rebusannya.

3. Melembabkan dan mencerahkan warna bibir

Untuk menerima manfaat ini kita membuat ramuan dari campuran kelopak mawar merah yang dilumatkan, madu beberapa tetes, dan krim susu sebanyak satu sendok. Ramuan ini diaduk sampai sebagai pasta. Pasta inilah yang diaplikasikan dalam bibir dan didiamkan sekitar 15 sampai 20 mnt. Baru lalu dibilas. Dengan pemakaian yang rutin maka bibir anda akan lembab dan cerah alami.

4. Mengatasi jerawat

Mawar merah pula dapat dipakai buat mengatasi jerawat pada paras. Caranya menggunakan menciptakan masker berdasarkan air mawar merah dan biji fenugreek. Kemudian Biji direndam menggunakan sedikit air lalu tambahkan air mawar merah. Campuran ini lalu diaduk sampai menjadi pasta. Gunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 20 menut. Setelah itu pakai air mawar yang dingin buat membasuh wajah.

5. Mengecilkan pori-pori Wajah Anda

Kulit paras dengan pori-pori terlihat besar sungguh tidak sedap dipandang sehingga banyak macam produk kecantikan yang menjamin bisa mengecilkan pori-pori paras. Jika anda ingin mendapatkan obat yang cukup Aman dan alami maka anda bisa memanfaatkan air mawar merah buat mengecilkan pori-pori paras. Caranya dengan memercikkan air mawar merah dalam paras yang telah dibersihkan.

Manfaat Mawar untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjadikan kulit wajah lebih lembut
7. Sebagai bahan buat membuat kondisioner
8. Mengatasi bau Mulut
9. Sebagai astringent alami
10. Menjadikan kulit wajah lebih Segar
11. Menjaga kesehatan kulit
12. Menjaga kesehatan rambut
13. Menyegarkan mata hitam akibat kurang tidur
14. Sebagai bahan standar pembuatan parfum
15. Mengatasi iritasi untuk kulit sensitive
16. Membersihkan kulit wajah
17. Menambah nutrisi pada kulit
18. Menghilangkan jerawat
19. Mencegah jerawat muncul
20. Membersihkan noda pada kulit wajah

Cara Memanfaatkan Bunga Mawar Untuk Kecantikan :

Bunga mawar dapat menjaga kesehatan rambut, dengan cara mengambil sari air bunga mawar merah. Anda mampu memakai air dari bunga ini buat keramas yang dicampurkan dengan shampo. Dengan hal ini nantinya sanggup membantu kulit Kepala anda agar permanen sejuk dan lembab terjaga.

Contohnya dalam orang yang mnderita susah tidur (insomnia), bekerja lembur, kerja shift malam, begadang, dan lain sebagainya. Hal tadi menaruh resiko di lebih kurang mata terlihat area mata hitam (seringkali disebut “mata panda”). Cara mengatasinya: Kompres-lah air mawar menggunakan kapas yang dicelupkan pada air mawar, lalu tinggal tempelkan pada area mata, lakukan secara rutin (setiap hari) hingga warna hitam di mata hilang.

Mawar merah juga terkenal dengan baunya yang harum sebagai akibatnya minyak bunga ini juga dijadikan menjadi bahan standar pada pembuatan parfum. Caranya menggunakan melumatkan daun-daun mahkota dan lalu disuling dan diuapkan. Minyak mawar inilah yang nantinya diolah buat sebagai parfum.

Efek Samping Bunga Mawar :

Efek Samping Bunga Mawar

Mengenai bunga mawar, hampir tidak mempunyai efek samping yang membahayakan dalam hal ini. Tetapi bila di gunakan secara berlebihan juga akan mengakibatkan hal yang negatif, dan usahakan pemakaian bunga mawar khususnya untuk kecantikan dilakukan secara bijaksana. Apa saja efek samping bunga mawar bila pemakaian secara tidak teratur? beberapa hal di bawah ini mungkin akan beresiko:

  • Menyebabkan iritasi pada kulit
  • Mengakibatkan alergi
  • Membuat kulit tampak kusam
  • Menghambat sel kulit baru untuk tumbuh
  • Mengurangi nutrisi pada kulit

Untuk mencegah hal ini, Anda bisa mengatasinya dengan cara tidak berlebihan dalam memakainya, bunga mawar sendiri bila tidak berlebihan tidak akan mengakibatkan efek samping apapun. Maka dari itu kami sarankan untuk tetap berupaya memakainya secara bijak, agar kulit menjadi lebih sehat dan cantik secara alami.

Continue Reading

Lainnya dari Bunga

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top