Connect with us
Bunga Rosella

Bunga

100 Manfaat dan Khasiat Bunga Rosella untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Bunga rosella, rosela atau Hibiscus sabdariffa merupakan bunga dari salah satu jenis tanaman bernama Rosella yang biasanya dimanfaatkan sebagai minuman. Bunganya menarik dan tampil cantik sehingga pas kalau ditanam di pekarangan rumah. Tak hanya penampilannya yang menawan, ternyata bunga rosela memiliki sejuta manfaat. Terutama manfaat bunga rosella untuk kesehatan dan kecantikan.

Bunga Rosella, rosela, asam kumbang, asam paya, asam susur, Manfaat rosella, Khasiat rosela

Tak hanya itu saja, minuman bunga rosella sudah digemari oleh masyarakat luas. Baik yang masih berupa teh, sirup, jus, dll. Kandungan senyawa-senyawa alami yang terdapat di dalamnya selain menawarkan rasa yang segar dan khas juga mampu mengatasi berbagai macam penyakit degeneratif. Rosela sendiri memiliki nama berbeda-beda di segala tempat, mulai dari rosella, asam kumbang, asam paya, serta asam susur. Bunga rosela sendiri merupakan spesies bunga yang asalnya dari benua Afrika.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bunga Rosella :

Kandungan Bunga Rosella, Kandungan Gizi Rosella, Kandungan Nutrisi Rosella

Nilai gizi tiap 100 g bunga rosella, terdiri atas: 49 kalori, air 84,5%, protein 1,145 g, lemak 2,61 g, karbohidrat 12,3%, serat 12 g, abu 6,9 g, kalsium 1,263 mg, Fosfor 273,2 mg, besi 8,98 mg, karoten 0,029 mg, asam askorbat 6,7 mg, niasin 0,765 mg, riboflavin 0,277 mg, fruktosa 0,82%, sukrosa 0,24%, asam malat 3,31%, tiamin 0,117 mg, niasin 3,765 mg. Semua senyawa-senyawa tersebut berkhasiat untuk tubuh kita.

Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan :

1. Antikanker

Senyawa-senyawa kelompok antosianin pada ekstrak bunga rosella mencapai 51% dan 24% bersifat antioksidan. Senyawa-senyawa ini akan bekerja sebagai penghambat pertumbuhan dan perkembangan sel-sel kanker. Bahkan sampai mematikan sel-sel kanker melalui mekanisme apoptosis (bunuh diri) sel-sel kanker.

2. Antihipertensi

Khasiat sebagai penurun tekanan darah tinggi sudah diketahui lama oleh orang-orang di India, Afrika, dan Meksiko. Bagian bunga rosella bersifat hipotensif-antihipertensi sekaligus antikejang pernapasan. Senyawa-senyawa aktif lainnya yang berperan untuk menurunkan tekanan darah tinggi yaitu asam organik dan flavonoid. Senyawa tersebut akan melancarkan sirkulasi darah sehingga meringankan kerja jantung.

3. Antidiabetes

Sebagai penurun kadar glukosa dalam darah dibuktikan dari pemberian ekstrak rosella selama 12 hari pengidap diabetes. Hasilnya, jenis bunga ini akan menurunkan kadar serum kreatinin, kolesterol, dan glukosa dalam darah.

4. Antikolesterol

Senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan yang berperan sebagai antikolesterol. Senyawa tersebut akan mengurangi penimbunan lemak jahat (LDL) di dalam pembuluh darah. Hasil pemberian ekstrak rosella ke hewan percobaan telah membuktikan adanya pengurangan kadar kolesterol yang signifikan. Ini dibuktikan oleh Cung Shan dari Medical University di Taiwan.

5. Terapi gangguan liver

Bunga rosella terbukti ampuh melindungi organ hati dari senyawa perusak yang bernama tert butyl hidroperoksida (TBH). Organ hati pun terbebas dari proses steasis dan fibrosis.

Manfaat Bunga Rosella untuk Kesehatan Lainnya :

6. Terapi asam urat

7. Antiplasmodik atau antikejang

8. Antibakterial

9. Antihelminthis atau anticacing

10. Menghambat pertumbuhan jamur

11. Menghambat infeksi mikroorganisme parasit

12. Mengurangi ketergantungan minuman beralkohol

13. Meningkatkan daya tahan tubuh

14. Antioksidan

15. Mengobati penyakit jantung (kardiovaskular)

16. Mengobati penyakit TBC

17. Mengobati penyakit maag

18. Mengobati penyakit sariawan

19. Memperlancar BAB

20. Menetralkan racun

21. Mengobati penyakit wasir

22. Mengobati tumor

23. Mengobati migrain

24. Mengurangi tingkat stres

25. Menurunkan kadar gula tinggi

26. Menurunkan panas dalam

27. Memperbaiki sistem pencernaan tubuh

28. Membentuk kecerdasan otak pada janin dalam kandungan

29. meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit

Cara Memanfaatkan Bunga Rosella untuk Kesehatan :

Produk-produk olahan bunga rosella di pasaran sudah banyak, antara lain: teh, salad, jelly, selai, saus, sup, minuman, pikel, tart, puding, sirup, angur, dan gelatin. Produk-produk olahan tersebut biasanya berwarna merah karena adanya kandungan senyawa antosianin yang tinggi.

Cara umum konsumsi rosella yaitu dibuat teh. Cara membuatnya sangat mudah. Ambil kelopak bunga dan daun rosella secukupnya. Buang bijinya, lalu cuci bersih, selanjutnya tinggal dikeringkan. Setelah kering, teh rosella tinggal diseduh dengan air panas sama seperti halnya kita membuat teh tubruk. Tambahkan madu untuk menambah rasa.

Ekstrak bunga rosella memiliki mekanisme kerja yang langsung terasa bagi tubuh. Cara membuat ekstrak yang termudah dengan cara pelumatan. Ambil bunga rosella secukupnya. Buang biji-bijinya. Lalu cuci bersih. Masukkan ke blender dengan ditambahkan sedikit air untuk memudahkan pelumatan. Setelah itu disaring dan diambil airnya. Ekstrak bunga rosella siap dipakai segar untuk pemakaian luar. Untuk pemakaian di dalam tubuh harus dilakukan sterilisasi. Untuk proses sterilisasi bisa memakai autoklaf.

Manfaat Bunga Rosella untuk Kecantikan :

1. Menurunkan berat badan

Orang-orang Meksiko sudah lama mengetahui khasiat bunga rosella untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat terlarut yang tinggi membantu peluruhan lemak di dalam tubuh. Khasiat ini didukung oleh penelitian oleh Francisco J. Alarcon-Aguilar dari Universidad Autanoma Metropolitana Iztapalapa, Meksiko yang memberikan ekstrak rosella pada tikus gemuk.

2. Menjaga elastisitas kulit

Setidaknya ada 18 asam amino dalam rosella yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Senyawa arginin dan lisin berperan dalam proses peremajaan sel-sel kulit. Adanya regenerasi sel-sel di jaringan kulit ini yang membuat elastisitasnya tetap terjaga.

3. Melenyapkan flek-flek di wajah

Senyawa-senyawa antosianin seperti delphinidin 3-sambubioside dan cyanidin 3-sambubioside bersifat antioksidan kuat yang mampu meredam aksi senyawa-senyawa radikal bebas akibat paparan sinar ultraviolet. Hasilnya sel-sel kulit tak berkembang menjadi kanker. Sel-sel kanker kulit ini yang membuat kulit kusam dan tampak bercak-bercak gelap.

4. Menyuburkan rambut

Minyak rosella mudah meresap ke jaringan kulit rambut di kepala. Senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya akan memberikan nutrisi pada folikel rambut sehingga tak mudah rontok serta menguatkan perakaran rambut. Rambut pun sehat dan berwarna hitam kemilau.

5. Mencerahkan kulit wajah

Rutin maskeran rosella akan membuat kulit wajah lebih cerah dari hari ke hari. Ini berkat kerja dari senyawa-senyawa yang bersifat antioksidan beserta vitamin dan mineral. Nutrisi untuk kulit bisa tercukupi sekaligus menawarkan racun-racun dan kotoran-kotoran yang ada di permukaan kulit.

Manfaat Bunga Rosella untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghaluskan dan menyegarkan kulit

7. Memutihkan kulit

8. Melentikan mata

9. Menjernihkan mata

Cara Memanfaatkan Bunga Rosella untuk Kecantikan :

Bunga rosella bisa dikonsumsi dalam bentuk aneka minuman. Misalnya saja dibuat jus. Caranya sangat mudah. Ambil kelopak bunga rosella segar secukupnya saja. Rebus bersama dengan air dengan perbandingan 1 bagian bunga rosella dan 4 bagian air. Selama perebusan, warna bunga rosella akan memudar, sedangkan air akan berwarna merah. Saringlah rebusan ini dan buang ampasnya. Jadilah jus rosella yang siap dikonsumsi. Untuk menambah rasa bisa ditambahkan madu atau gula. Lebih segar lagi dtambahkan es.

Bunga rosela bisa juga dibuat menjadi bubur atau selai. Caranya juga mudah. Bunga rosella dihaluskan dengan alat pelumat (blender). Jadilah bubur rosella yan siap dipakai untuk masker atau luluran. Bubur rosella sangat bagus untuk perawatan wajah dan kulit.

Efek Samping Bunga Rosella :

Efek Samping Bunga Rosella

Di samping memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, bunga rosella juga memiliki risiko-risiko negatif bagi tubuh. Hal ini karena tiap bahan makanan pasti mengandung anti gizi. Misalnya saja pada singkong yang mengandung sianida yang bisa meracuni tubuh. Beberapa efek samping bunga rosella bagi tubuh kita, antara lain:

1. Mengganggu sistem pencernaan

2. Membuat organ ginjal bekerja lebih keras

3. Merangsang emmenagogue

4. Tidak dianjurkan untuk ibu hamil

5. Tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki tekanan darah rendah

6. Penderita kelainan jantung

Para ahli masih banyak yang tertarik dengan manfaat bunga rosella untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini menggembirakan kita semua. Apalagi produk-produk olahan bunga rosella sangat digemari oleh masyarakat luas. Tak hanya cantik penampilan bunganya, khasiatnya memang benar-benar ciamik buat tubuh.

Continue Reading

Lainnya dari Bunga

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top