Connect with us
Jantung pisang, Manfaat Jantung pisang, Khasiat Jantung pisang

Bunga

50 Manfaat dan Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Jantung pisang sendiri merupakan bunga tanaman pisang yang ingin berubah menjadi buah pisang apabila sudah masak. Jantung pisang, makanan kaya serat yang tak banyak diketahui orang. Mungkin sebagian dari kita tidak mengetahui bahwa makanan ini dapat dikonsumsi dan dapat diolah sebagai makanan. Bahan makanan ini merupakan bunga yang nantinya akan menghasilkan buah pisang. Karena manfaat jantung pisang sangat banyak, biasanya masyarakat mengolahnya ini menjadi sayur lodeh maupun oseng sebagai lauk pangan.

Jantung pisang, Manfaat Jantung pisang, Khasiat Jantung pisang

Jantung pisang yang dapat dikonsumsi dan diolah sebagai sayur adalah dari jenis pisang batu, pisang kapok, pisang klutuk dan pisang siam. Selain jenis pisang tersebut jantung pisang tidak dapat dikonsumsi karena memiliki kandungan tanin yang jika dikonsumsi akan terasa pahit. Makanan tinggi nutrisi ini memiliki kandungan gizi dan manfaat bagi kesehatan, berikut penjelasannya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jantung Pisang :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Jantung Pisang

Jantung pisang ini memiliki banyak kandungan gizi yang banyak orang tidak tahu. Kandungan nutrisi per 100 gram jantung pisang (Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI, 1992) yaitu,

  • Energi : 31 kkal
  • Protein : 1,2 g
  • Lemak : 0,3g
  • Karbohidrat : 7,1 g
  • Kalsium : 3,0 mg
  • Fosfor : 50 mg
  • Zat Besi : 0,1 mg
  • Vitamin A : 170 mg
  • Vitamin B1 : 0,05 mg
  • Vitamin C : 10 mg
  • Air  90,2 g
  • BDD 25%

Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesehatan :

1. Mengontrol darah ketika haidf

Dengan mengkonsumsi jantung pisang sebagai sayur ketika haid bermanfaat untuk mengontrol darah. Hal ini karena makanan yang didapat dari pohon pisang ini dikenal mampu mengontrol hormon progestron serta mengontrol keluarnya darah. Jadi sangat disarankan bagi perempuan untuk mengkonsumsi makanan kaya serat ini selagi dalam masa menstruasi.

2. Mencegah kolestrol

Selain mengontrol darah, manfaat bahan makanan ini selanjutnya yakni mampu mencegah kolestrol, dengan cara mengkonsumsi jantung pisang sebagai sayur. Makanan tinggi serat tersebut dapat mengikat lemak serta kolestrol yang mengendap di dalam tubuh, ketika anda memakan sayur yang terbuat dari bahan makanan ini semua lemak jahat dan kolestrol akan dikeluarkan melalui fases.

3. Menurunkan kadar gula

Kadar gula yang tinggi di dalam darah akan menyebabkan penyakit serius di dalam tubuh. Mengkonsumsi jantung pisang baik untuk penderita diabetes, karena kandungan glikemik yang ada pada makanan kaya nutrisi ini sangat rendah. Glikemik ini ternyata dapat berfungsi untuk mengubah glukosa menjadi energi. Sehingga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah yang berlebihan.

4. Dapat menambah nafsu makan

Faktanya, jantung pisang sangat bagus dikonsumsi sebagai suplemen alami yang berguna untuk menambah nafsu makan terutama pada anak-anak yang memiliki nafsu makan rendah. Bahan makanan ini sangat baik dikonsumsi untuk anda yang jarang suka makan terutama anak-anak. Bahan makanan ini dapat diolah menjadi makanan lezat untuk menambah selera makan.

5. Obat sakit kepala alami

Manfaat selanjutnya yaitu, mengkonsumsi bahan makanan yang didapat dari bagian pohon pisang ini bermanfaat untuk menghilangkan sakit kepala. Mengkonsumsi olahan yang terbuat dari jantung pisang ini sangat baik untuk anda yang tidak suka meminum obat. Selain itu efek sampingnya pun tidak terlalu besar asal dikonsumsi secara wajar.

Manfaat Jantung Pisang Untuk Kesahatan Lainnya :

6. Meningkatkan kekebalan pada tubuh
7. Dapat menyembuhkan infeksi
8. Dapat memperbaiki mood
9. Melancarkan sistem pencernaan
10. Meningkatkan ASI ibu
11. Mengaktifkan hormon-hormon tertentu
12. Melancarkan sistem peredaran darah
13. Mencegah penyakit kanker
14. Mengatasi obesitas
15. Mencegah penyakit gondok
16. Dapat menghilangkan selulit
17. Mengobati sakit kepala
18. Menguatkan gusi
19. Dapat mengatasi mual
20. Menyembuhkan migran
21. Mengandung kalsium yang tinggi
22. Memiliki kandungan potassium
23. Mencegah penyakit ostroporosis
24. Mencegah kanker payudara
25. Mencegah kanker otak
26. Menyehatkan jantung
27. Dapat meningkatkan jumlah hemoglobin
28. Menyembuhkan meriang
29. Mencegah Alzheimer
30. Mencegah keropos pada gigi

Cara Memanfaatkan Jantung Pisang Untuk Kesehatan :

Selain enak dikonsumsi dan dijadikan olahan sayur lodeh atau oseng, jantung pisang memiliki banyak sekali manfaat seperti yang sudah dijelaskan di atas. Cara memanfaatkan bahan makanan ini pun sangat mudah. Mungkin kebanyakan orang sudah bosan mengolahnya menjadi sayur lodeh atau oseng. Ada beberapa menu masakan yang menggunakan bahan utama dari makanan ini seperti dendeng jantung pisang, abon, lumpia, dan lain sebagainya.

Memanfaatkan Jantung Pisang Untuk Kecantikan :

1. Sebagai anti penuaan

Bahan makanan yang kaya akan serat ini dapat mencegah kerutan yang ada pada wajah. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan flavonoid yang dapat berperan secara efektif sebagai anti radikal serta dapat memperbaiki beberapa sel yang rusak.

2. Baik untuk diet

Karena jantung pisang ini apabila dikonsumsi akan membuat efek yang menjadikan kita kenyang lebih lama.

3. Menguatkan gigi dan gusi

Siapa yang tidak ingin memiliki gigi nyang bagus serta kuat, dengan mengkonsumsi olahan dri jantung pisang ini dapat membuat gigi kita menjadi kuat, sehingga tidak perlu takut akan mengalami keropos pada gigi.

4. Mampu Mengurangi Resiko Terkena Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya berbagai masalah kulit seperti penuaan dini hingga kanker kulit. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya akumulasi radikal bebas, maka sangat disarankan seseorang untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini dalam takaran yang cukup dan seimbang. Bisa juga ditambahkan bahan lain untuk meningkatkan keefektifan dalam menangkal bahaya raadikal bebas.

5. Mengurangi Dampak Terpapar Sinar Matahari

Sinar Matahari terdiri dari sinar ultraviolet yang dapat membuat kerusakan pada kulit sehingga membuat kulit terlihat kusam, terasa kering, bahkan yang lebih parah lagi dapat mengelupas. Oleh karena itu, dampak dan bahaya paparan sinar matahari harus ditangkal. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengkonsumsi jantung pisang yang telah dimasak.

Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan bekas luka di kulit wajah
7. Menyamarkan noda hita secara perlahan
8. Menghindarkan kulit dari kekeringan
9. Menghidrasi kulit
10. Kandungan vitaminnya mampu menutrisi kulit
11. Mengurangi kekusaman yang terjadi karena paparan sinar UV
12. Mengurangi tingkat stres kulit
13. Membuat rona wajah semakin cemerlang
14. Menjaga kekencangan kulit wajah maupun tubuh
15. Menyehatkan dan merawat kulit

Cara Memanfaatkan Jantung Pisang Untuk Kecantikan :

Wanita mana yang tidak ingin wajahnya terlihat awet muda, dengan cara mengkonsumsi makanan dari olahan jantung pisang ini dapat mencegah kerutan halus yang terdapat pada kulit wajah anda. Makanan kaya gizi ini dapat dijadikan sayur lodeh atau oseng maupun bisa diolah menjadi lumpia, abon, dan dendeng. Serta mengkonsumsinya merupakan cara alami untuk anda yang sedang berdiet.

Efek Samping Jantung Pisang :

Efek Samping Jantung Pisang

Mengkonsumsi jantung pisang memang baik karena memiliki banyak kandungan gizi didalamnya sehingga baik untuk kesehatan, tetapi ada beberapa efek samping apa bila kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Berikut efek samping makanan ini, salah satunya yaitu dapat membuat ingin selalu buang angin.

Mengkonsumsinya secara berlebihan akan membuat perut kita mulas dan selalu ingin buang angin. Hal tersebut sangat mengganggu bagi sebagian orang apabila kita sedang ditempat umum yang akan membuat kita tidak nyaman karena harus menahan untuk buang angin.

Selain itu efek samping yang ditimbulkan dari pengknsumsian makanan ini secara berlebihan adalah dapat menyebabkan penyakit asam urat. Jantung pisang ini memiliki kandungan purin yang sangat tinggi, sehingga dapat menimbulkan penyakit asam urat (gout). Purin adalah protein yang terdapat pada inti sel semua bahan makanan baik itu hewani maupun nabati yang bisa memicu kenaikan kadar asam urat dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah berbagai khasiat, manfaat dan efek samping dari jantung pisang yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk konsumsi kedepannya. Konsumsi secara wajar, imbangi dengan pola hidup yang teratur jika ingin hidup sehat. Manfaat jantung pisang sendiri merupakan hal yang kerap kali dipertanyakan oleh semua orang. Sebab, masyarakat juga sering membuat bahan makanan atau olahan masakan dari jantung pisang ini.

Continue Reading

Lainnya dari Bunga

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top