Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Bunga Kamboja untuk Pengobatan, Kecantikan, Ritual Serta Efek Samping

Bunga

45 Manfaat dan Khasiat Bunga Kamboja untuk Pengobatan, Kecantikan, Ritual Serta Efek Samping

Manfaat Bunga Kamboja – Kamboja, Semboja atau Plumeria adalah bunga berkelopak 5 yang berasal dari Amerika Tengah. Kembang ini biasanya ditanam di kuburan-kuburan yang ada di Indonesia, terutama pulau Jawa. Entah mengapa bunga cantik ini dipilih untuk menghias area pemakaman, sehingga menjadikannya kental dengan unsur mistis. Biasanya bunga kamboja warna pink dan kuning yang ada di kuburan orang Jawa.

Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih

Namun beberapa tahun belakangan, popularitas pohon kamboja meningkat. Bunga kamboja mulai banyak ditanam di pekarangan rumah untuk menghias taman. Nursery atau toko bunga biasanya menjajakan yang jenis kamboja putih kuning, di mana jenis semboja ini endemik khas Indonesia.

Kemudian bunga Kamboja Jepang juga amat populer sebagai bunga taman. Ukurannya yang kerdil membuatnya sangat cocok ditaruh di pot. Bunga ini memiliki nama lain Rose of Desert atau Mawar Gurun karena memang habitat aslinya yang berasal dari daerah panas Afrika, khususnya Tanzania.

Manfaat bunga kamboja memang hanya dikenal luas masyarakat sebagai bunga taman dan bunga kuburan. Namun lebih dari itu, khasiat kembang ini pun ternyata bisa untuk pengobatan berbagai penyakit. Bunga ini juga bisa dimanfaatkan untuk membuat tempura, makanan ringan khas Jepang yang terbuat dari daging, sayuran, buah maupun rumput yang dibalut tepung, kemudian digoreng. Untuk membuat tempura kamboja sangat mudah, tinggal dicuci bersih saja bunga plumeria ini, kemudian diungkep dengan bumbu dan tepung, lalu digoreng hingga garing.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Jenis-Jenis Bunga Kamboja :

Sebagaimana spesies bunga yang lainnya, bunga kamboja juga terdiri dari berbagai jenis. Belum lagi ditambah dengan hasil persilangannya yang seringkali menghasilkan warna dan ciri khas baru pada bunga maupun ukuran pohonnya. Namun ada beberapa kembang semboja yang terkenal di dunia, yaitu:

I. Plumeria Cendana

II. Adenium Obesum / Kamboja Jepang

III. Plumeria Bali-Whirl

IV. Plumeria Acuminata

V. Plumeria Acutifolia

Manfaat Bunga Kamboja untuk Pengobatan :

1. Bahan Baku Obat Nyamuk

Sekitar 12 tahun yang lalu, bunga kamboja kering banyak dicari oleh para pengepul yang tidak jelas siapa. Orang di pedesaan banyak yang giat mencari bunga ini untuk dikeringkan dan disetorkan kepada para tengkulak itu. Orang desa tidak mengerti hendak digunakan untuk apa bunga ini. Namun informasi yang beredar, bunga ini akan dijadikan bahan baku membuat obat nyamuk. Sungguh sangat unik memang, kegiatan mencari guguran bunga semboja biasanya dilakukan di kuburan. Dampak positifnya adalah area pemakaman jadi bersih dari guguran kembang yang memang mudah jatuh dari tangkainya ini.

2. Obat Anti Inflamasi

Khasiat bunga kamboja bisa untuk anti inflamasi, artinya memiliki efek anti peradangan. Selama ini dunia medis mengenal obat-obatan NSAID seperti Dexamethasone sebagai anti inflamasi. Namun obat ini sebenarnya sangat keras dan efeknya bisa merusak hati jika digunakan dalam jangka waktu lama. Nah, untuk yang sedang mengalami peradangan hebat, cobalah terapi dengan meminum air teh kembang semboja.

3. Mengobati Gatal

Gatal-gatal bisa disebabkan karena banyak hal, namun biasanya karena jamur atau bakteri. Untuk mengatasi gatal yang tak kunjung sembuh, cobalah memakai getah pohon bunga kamboja. Sejak dulu getah ini terkenal efektif memang dalam mengatasi gatal-gatal di kulit dalam waktu yang relatif cepat. Namun alangkah baiknya buat tes sensitivitas kulit dulu, jangan langsung mengoleskan getahnya banyak-banyak ke kulit. Tesnya bisa dengan oleskan di punggung jari, sedikit saja. Jika tidak ada reaksi gatal berlebih, kemerahan atau rasa terbakar, maka getah Plumeria ini aman dipakai.

4. Obat Sakit Gigi Alami

Tahukah bahwa sakit gigi yang dibiarkan saja akan sangat berbahaya untuk tubuh karena bisa menyebabkan peradangan kronis pada pulpa. Ketika pulpa meradang, tentu saja seseorang akan sangat merasa kesakitan karena pulpa ini berisi syaraf-syaraf gigi. Tidak hanya rasa nyeri saja yang perlu diwaspadai, namun juga pembengkakan, berdarah bahkan bernanah yang menjadi tanda infeksi sudah parah. Jika dibiarkan sakit gigi ini bisa berakibat fatal karena infeksi bisa meluas ke organ lain, bahkan bisa menyebabkan tumor. Makanya atasi segera sakit gigi dengan bunga kamboja, jika nyerinya sudah sembuh, sebaiknya segera lakukan Root Canal Treatment atau opsi terakhir adalah pencabutan gigi.

5. Merupakan Antibiotik

Memang ada banyak tanaman yang bisa menjadi antibiotik alami, seperti tanaman bunga kamboja yang juga ternyata punya sifat anti bakteri. Ini cocok dalam rangka melawan bakteri penyebab penyakit serta mencegah infeksi lebih lanjut yang membahayakan tubuh. Cara penggunaannya dengan jalan merebus beberapa helai bunga kamboja, kemudian air rebusannya diminum. Alangkah baiknya jika menggunakan bunganya yang sudah dikeringkan.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Pengobatan Lainnya :

6. Mengatasi bisul

7. Melancarkan kencing

8. Menjadi aroma terapi

9. Menghilangkan stress

10. Meringankan nyeri saat menstruasi

11. Dapat menjadi analgesik penahan rasa sakit

12. Mengatasi kelelahan akut

13. Menguatkan stamina

14. Mencegah terjadinya heatstroke

15. Mengatasi panas dalam

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan :

1. Memudarkan Bekas Luka

Bunga semboja juga ampuh dalam memudarkan bekas luka. Ingatlah bahwa sekecil apapun bekas luka sangat mempengaruhi kecantikan seseorang. Bahkan banyak orang yang gagal mendapatkan pekerjaan tertentu, misalnya profesi pramugari hanya karena memiliki bekas luka yang besar dan sangat nampak dari luar tubuh, apalagi di wajah. Untuk memudarkan bekas luka ini, cobalah kembang semboja.

2. Mengatasi Flek Hitam

Manfaat bunga kamboja ampuh sekali untuk mengatasi flek hitam. Di mana gejala flek hitam merupakan sebuah pigmentasi kulit berlebihan yang menimbulkan bercak-bercak hitam atau kecoklatan. Biasanya menimpa area pipi dan sekitar pelipis. Flek hitam sangatlah menyebalkan karena mengurangi kecantikan kulit, untuk itu mesti segera diberantas dengan kembang semboja ini, bisa mencoba dengan cara menempelkan remasan bunganya ke area yang berflek.

3. Menghilangkan Jerawat

Khasiat bunga kamboja bisa menghilangkan jerawat dengan cepat, ini karena efek anti bacterial yang ada di dalamnya memang membuat jerawat cepat kempis. Peradangan pada jerawat yang seringkali lama dan menimbulkan bekas yang parah juga akan teratasi perlahan-lahan. Maka dari itu, jangan menunda-nunda lagi menggunakan cara alternatif menghilangkan jerawat ini.

4. Memutihkan Kulit Wajah

Siapa yang ingin memiliki kulit wajah yang putih dan mulus bersih? Tentu semua orang akan menjawab ingin bila demikian, kecuali bagi mereka yang tidak mengidentikkan kecantikan dengan kulit putih, tapi dengan kulit hitam eksotis. Memutihkan kulit dengan cara alami memang banyak caranya, salah satunya dengan menggunakan bunga kamboja. Ekstrak bunga ini bisa dicampurkan ke dalam produk kosmetik seperti lotion pemutih.

5. Menghias Kepala

Kini marak kegiatan menghias kepala dengan mengepang-ngepang rambut. Untuk mempercantik biasanya digunakan jepitan rambut dan aneka bentuk karet. Nah, salah satu jepitan rambut yang terkenal dan banyak digunakan adalah yang berbentuk bunga kamboja. Bahkan bunga segarnya pun sering dipakai dengan diselipkan di telinga.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memancarkan aura kecantikan

7. Memberikan energi positif

8. Membuka aura wajah

9. Meningkatkan karisma

10. Membuat wajah jadi lebih manis

11. Menghilangkan bekas jerawat

12. Memudarkan kerutan halus

13. Menghilangkan flek hitam secara perlahan

14. Melancarkan sirkulasi darah di wajah

15. Menghaluskan kulit

Manfaat Bunga Kamboja untuk Ritual :

1. Ditanam di Kuburan

Entah untuk tujuan apa, pohon bunga kamboja selalu saja ditanam di area perkuburan, terutama di pulau Jawa. Namun sepertinya hanya sebagai penanda dan batas areal saja bahwa tanah yang ditumbuhi bunga ini merupakan tempat pemakaman umum. Namun kalau kuburan Cina atau tanah perkuburan elite, biasanya tidak begitu banyak ditanami pohon ini, paling hanya beberapa saja di pinggirannya. Beda dengan kuburan orang kampung yang penuh pohon ini sehingga menimbulkan kesan menyeramkan.

2. Simbol Kematian

Di dalam seni lukis, grafis atau seni pada umumnya, bunga kamboja adalah lambang atau simbol kematian. Ini tak lepas dari eksistensi pohon kamboja yang ada di kuburan. Terutama kembang semboja lima warna pink sangat lekat dengan image ini. Sedangkan jenis kamboja Jepang berbeda, justru lebih ditafsirkan secara artistik sebagai simbol kewibawaan perempuan.

3. Dipakai dalam Upacara Keagamaan

Bunga kamboja untuk ritual tentu saja dipakai dalam upacara keagamaan, seperti misalnya upacara-upacara agama Hindu Bali. Di pulau Bali, bunga ini selalu saja nampak dikenakan sebagai hiasan kepala maupun taburan dalam sesaji-sesaji ritus adat mereka. Bicara tentang penggunaan kembang semboja, pastilah akan langsung teringat dengan Bali, bahkan salah satu spesies bunga ini dinamakan Plumeria Bali-Whirl.

4. Rias Gadis Bali

Ya, sebagai riasan gadis Bali yang hendak mengikuti upacara adat, agama maupun melakukan pertunjukan seni seperti tarian khas Bali. Mereka selalu menyelipkan bunga kamboja segar ke telinga, tujuannya tentu saja sebagai pemanis dan pemancar aura. Memang bunga ini akan memberikan kesan magis yang dalam namun juga mampu memendarkan energi aura jauh lebih kuat.

5. Mitos Kamboja Kelopak 3 dan 6

Ada mitos yang beredar berkaitan dengan ritual untuk memperoleh kecerdasan, kewibawaan dan ilmu pengetahuan yang luas. Bahwa jika seseorang ingin pintar menguasai berbagai pelajaran di sekolahnya, cobalah untuk menaruh bunga kamboja berkelopak 3 atau 6 di antara sebuah buku pelajaran yang digunakannya.

Sungguh ini sangat aneh karena nyatanya kelopak kembang ini hanya berjumlah 5. Kalau pun ada yang 3 atau 6 kelopak, maka ini sangat jarang dan bahkan sepertinya hanya mitos saja, sama sekali tidak ada faktanya. Namun orang di pedesaan, terutama yang tinggal di dekat area TPU, biasanya mempercayai dan terus menceritakan mitos ini secara lisan, turun-temurun kepada keluarga, kolega dan siapapun yang dikenalnya.

Manfaat Bunga Kamboja untuk Ritual Lainnya :

6. Untuk mandi kembang

7. Menetralisir energi negatif

8. Mengundang hantu

9. Meningkatkan kesan kelam

10. Membuat ruangan jadi lebih horor

11. Untuk sesembahan pada jin

12. Meningkatkan wibawa seseorang

13. Menjadi penglaris

14. Menjadi pagar gaib

15. Menjadi simbol sihir hitam

Efek Samping Bunga Kamboja :

Ada banyak efek samping atau dampak dari penggunaan bunga kamboja untuk manusia. Memang kembang semboja selalu mengandung unsur magis dan mistis yang terkadang juga dikultuskan bahkan ditakuti. Berikut dampaknya:

1. Merupakan perbuatan bid’ah
2. Menimbulkan rasa takut
3. Membuat jadi delusi
4. Mengotori pekarangan rumah
5. Memicu rasa pusing jika dihirup baunya

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk mencegah pengkultusan bunga kamboja, seperti tentang mitos kelopak 3 dan 6, ada baiknya untuk memperkuat akidah dan keimanan pada Allah. Tidak ada sedikit pun kecerdasan dan kekuatan yang tidak bersumber dari Allah. Janganlah kepercayaan akan khasiat kembang kamboja justru menjatuhkan seseorang pada perbuatan syirik yang membuat dosa besar.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Bunga

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top