Connect with us
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati

Bunga

47 Manfaat dan Khasiat Bunga Melati untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Bunga Melati – Bunga Melati, Kembang Mlati, atau Jasmine adalah sebuah bunga kecil berkelopak putih yang memiliki aroma harum. Kembang Mlati menjadi ikon kusuma bangsa Indonesia. Warna putihnya melambangkan kesucian. Manfaat bunga melati lekat dengan penggunaannya sebagai bunga tradisi “nyekar”. Banyak pula dipakai dalam prosesi adat dan budaya sebagai bunga hiasan dan taburan. Kembang wangi ini pun banyak dipakai dalam ritus upacara pernikahan untuk jalinan kalung pengantin atau untuk siraman pengantin.

Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati

Melati memiliki banyak sekali nama penyebutan di seluruh Indonesia, hampir di tiap daerah mengenalnya dengan julukan tertentu, seperti: Meulu Cina, Meulu Cut, Merul, Malar, Malati, Manuru, Menur Malate, Menuh, Mayora, Mundu, Wilangunga Loro, Manjora, Bunga Mo Putih, Bunga Maluru, Bunga Baluru, Bunga Didi, Manjuru, Manuju, Manduru, Bunga Elung, Bunga Pute, Manyuru, Bung Manuru, Saya Manuru. Namun tentu saja nama yang populer adalah Melati.

Khasiat bunga melati dipakai di bidang kuliner sebagai bahan campuran minuman. Tentu saja yang paling terkenal adalah teh melati atau minuman jasmine teh. Aroma wangi dan khasnya menambah sensasi kelezatan teh.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Bunga Melati :

Apa sajakah kandungan gizi dan nutrisi yang ada di bunga melati? Ternyata bunga ini memiliki kadar zat-zat di bawah ini:

•    Asam format
•    Asam asetat
•    Asam benzoate
•    Asam salicylat
•    Linalool
•    Benzyl linalool ester
•    Benzyl alcohol
•    Lindol
•    Methyl palmitat
•    Methyl linolenat
•    Methyl anthranilate
•    Methyl linalool ester
•    Sesquiterpene
•    Sesquiterpenalcohol
•    Phytol
•    Isophytal
•    Phytylacetat
•    Hexenyl benzoate
•    Genaryl linaloal
•    Jasmon
•    Livalylacetaat

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan :

1. Menenangkan Sistem Syaraf

Siapa si yang tidak mengenal kembang melati, bunga yang satu ini memiliki khasiat yang swngat luar biasa untuk tubuh, yaitu menenangkan sistem saraf. Aromanya sangat harum sehingga saat kita menikmatinya saraf kita menjadi tenang. Biasanya melati ini di campurkan di teh untuk menghasilkan rasa yang sangat lezat.

2. Menjadi Aromaterapi

Bunga melati memang salah satu bunga yang memiliki aroma enak. Bunga ini sering di jadikan aroma untuk parfum, pengharum ruangan, bahkan shampo. Aromanya sangat menyejukkan hati. Untuk itu kembang ini sering di jadikan salah satu aromaterapi.

3. Mencegah Gangguan Psikis

Aroma melati yang harum dan segar dapat menyejukkan hati, menenangkan pikiran agar tetap fresh. Jika pikiran kita fresh dan hati kita tenang kita akan terhindar dari masalah psikis. Cara yang di lakukan mudah campurkan teh dengan bunga ini lalu seduh. Teh jasmine ini sangat cocok di minum pagi maupun sore hari.

4. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat melati untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menangkal rafikal bebas karena bunga ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Cara mengolahnya untuk di konsumsi bisa di campurkan dengan teh. Minuman ini cocok di minum di semua waktu

5. Mencegah Infeksi

Manfaat bunga melati yang selanjutnya adalah mencegah infeksi karena bunga ini mengandung antiseptik. Caranya adalah dengan menumbuk bunga melati lalu tempelkan pada luka yang sudah bersih. Setelah itu tunggu sampai kering lalu cuci. Untuk luka dalam bisa di konsumsi dengan teh.

Manfaat Bunga Melati untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan depresi
7. Mengatasi stress
8. Meringankan sakit kepala
9. Menyembuhkan migrain
10. Menghilangkan rasa kantuk
11. Meningkatkan Konsentrasi
12. Mengeluarkan racun dari tubuh
13. Menangkal radikal bebas
14. Menguatkan badan
15. Mengatasi kelelahan akut
16. Menyuburkan rambut
17. Membuat badan bugar
18. Menghilangkan rasa letih
19. Mengatur suhu tubuh
20. Menurunkan panas demam

Cara Memanfaatkan Bunga Melati untuk Kesehatan :

Untuk kesehatan biasanya bunga melati dijadikan bahan campuran minuman teh. Aroma wangi melati memang amat baik sekali untuk menenangkan jiwa dan pikiran. Selain itu, bunga ini juga bagus dalam menurunkan panas demam dan meringankan nyeri. Cocok untuk mereka yang sedang menjalani kemoterapi.

Sebaiknya saat hendak pakai bunga ini, lakukan dulu uji alergi dengan cara menggosok-nggosokkan bunganya ke tangan atau daerah belakang telinga. Jika muncul ruam merah, tandanya tubuh alergi. Sehingga baiknya tak dilanjutkan lagi pakai bunganya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bunga Rosella untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan :

1. Mengharumkan Badan

Sudah tidak di ragukan lagi ekstrak melati memang sering sekali di pakai untuk membuat parfume. Wanginya sudah tidak perlu di ragukan lagi. Membuat parfumenya sendiri pun tidak sulit. Untuk membuat parfume di perlukan banyak bunga melati.

2. Membuat Awet Muda

Manfaat bunga melati untuk kecantikan yang selanjutnya adalah membuat awet muda. Caranya adalah dengan mengolahnya menjadi masker. Mudah sekali membuatnya, yaitu dengan cara menumbuk melati lalu campurkan dengan minyak zaitun. Aplikasikan di wajah selama 15 menit lalu bilas dengan sabun dan air

3.  Mengencangkan Kulit

Bunga melati juga berkhasiat untuk mengencangkan kulit diwajah. Caranya mudah yaitu dengan membuatnya menjadi masker. Cara pembuatan maskernya pun mudah yaitu dengan menghaluskannya sampai menjadi bubur lalu aplikasikan diwajah, tunggu sekitar 20 menit sampai kering lalu bilas dengan air.

4.  Mencegah Bau Ketiak.

Manfaat melati untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mencegah bau ketiak. Mudah sekali caranya yaitu dengan menggosokan bunga melati setiap kali mandi. Lakukan itu secara rutin setiap mandi.

5.  Memutihkan Kulit

Bunga melati juga bisa kita manfaatkan untuk memutihkan kulit. Caramya adalah dengan menggosok bunga melati ke seluruh tubuh lalu diamkan dulu selama beberapa menit. Lalu siram dengan air. Lakukan ini setiap mandi maka kulit menjadi putih.

Manfaat Bunga Melati untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
7. Mencegah munculnya komedo
8. Menghaluskan kulit
9. Membuat wajah halus
10. Mengatasi edema kulit
11. Mengatur kelembaban kulit
12. Mengencangkan kulit wajah
13. Mencegah pertumbuhan bulu
14. Mengatasi penyumbatan pori-pori
15. Menghilangkan bekas luka
16. Mencegah keloid
17. Mengangkat daki
18. Mengangkat sel kulit mati
19. Menbuat badan wangi
20. Memancarkan aura jiwa

Cara Memanfaatkan Bunga Melati untuk Kecantikan :

Untuk memakai bunga melati demi kecantikan ada banyak caranya, misalnya bunga ini dibuat hiasan di kepala atau dijadikan kalung untuk mempercantikan sepasang pengantin. Pokoknya kalau untuk bunga hiasan, melati amat mudah dipakai.Beda kalaubdibuat makanam ata minuman, tentunya harus dikeringkan dulu.

Begitu pun kalau dibuat bahan campuran kosmetik juga mesti diekstrak dulu. Namun sebelum memakai melati, alanglah baiknya tes alergi dan sensitivitas dulu. Ambil 1 saja kelopak melati, gosok-gosokkan ke punggung tangan. Diamkan selama 5 menit. Jika terasa gatal, artinya ada alergi dan janganlah dipakai lagi. Karena tubuh menolak bunga ini.

Efek Samping Bunga Melati :

Di bawah ini adalah beberapa efek sampingnya memakai bunga melati untuk kesehatan dan kecantikan. Memang bunga ini kurang lazim digunakan langsung, kecuali oleh almarhumah Suzanna yang memakainya dengan cara dimakan langsung untuk mempercantik dirinya, konon. Selain itu, bunga ini mulai banyak pula dijadikan campuran teh yang dikenal dengan nama teh jasmine. Nah, efek samping di bawah ini bisa saja terjadi pada sebagian orang:

1. Mumet
2. Pusing
3. Muntah
4. Gangguan Makhluk Halus
5. Bullying Dipandang Aneh
6. Alergi
7. Sakit Perut

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Bunga Mawar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyaknya efek samping bunga melati tak seharusnya menjadikan bunga ini dibenci atau ditakuti. Justru masyarakat terutama dari kelangan farmasi, biologi dan teknologi makanan agar senantiasa melalukan riset dan membuat produk-produk dari bunga ini agar pemanfaatannya lebih luas. Tak selayaknya melati hanya berakhir menjadi bunga tabur yang membusuk di kuburan. Sudah saatnya diolah jadi kuliner dan obat herbal menyehatkan.

Continue Reading

Lainnya dari Bunga

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top