Connect with us
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya

Daging

30 Manfaat dan Khasiat Daging Buaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daging Buaya – Buaya merupakan sejenis hewan reptil yang memiliki perawakan mirip dengan biawak. Bedanya, buaya memiliki taring dan tubuh yang lebih dominan. Hewan ini termasuk salah satu hewan buas pembunuh nomor satu di daerah sungai dan rawa. Keberadaan buaya di Indonesia sendiri mungkin sudah hampir punah karena perburuan liar dan juga pencemaran lingkungan, karena hampir seluruh bagian tubuh bisa dimanfaatkan serta memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya

Buaya sendiri merupakan salah satu hewan peninggalan jaman purba, sehingga sangat dilindungi keberadaannya meskipun sering dianggap sebagai hewan yang sangat berbahaya. Disamping itu, buaya dikenal sebagai hewan yang rendah kolesterol sehingga banyak dicari untuk memperoleh khasiatnya. Daging buaya memiliki rasa yang mirip seperti campuran kepiting dan ayam. Selain nikmat ternyata manfaat daging buaya kesehatan, kecantikan dan pengobatan, obat herbal sangat banyak.

Manfaat Daging Buaya untuk Kesehatan :

1. Menyehatkan otot

Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging buaya menjadikan hewan reptil ini bisa untuk dikonsumsi untuk menyehatkan otot. Manfaat daging buaya ini sangat cocok bagi anda yang saat ini sedang menjalani masa perkembangan otot. Bukan hanya itu saja, manfaat buaya untuk pertumbuhan otot juga bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi olahan daging lezat sperti sate buaya, sup buaya mapun daging buaya goreng.

2. Membantu melancarkan sistem peredaran darah

Daging buaya mengandung nutrisi dan gizi penting yang sangat bagus untuk membantu melancarkan aliran darah dalam tubuh. Manfaat daging buaya untuk melancarkan peredaran darah ini sudah banyak diyakini oleh orang-orang zaman dahulu yang juga hobi berburu buaya untuk dikonsumsi.

3. Dijadikan obat lemah syahwat

Tahukah anda bahwa daging buaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi lemah syahwat pada pria. Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin mengalami kelainan lemah syahwat maka anda bisa mencoba salah satu manfaat daging buaya ini sebagai pengobatan herbal yang aman dan terbukti ampuh. Selain daging buaya, bagian lain yang dimanfaatkan untuk mengatasi masalah lemah syahwat adalah tangkul atau alat kelamin buaya jantan.

4. Menyembuhkan gejala penyakit jantung

Manfaat daging buaya yang lainnya adalah untuk mengatasi gejala penyakit jantung Kandungan lemak, omega 3 dan omega 6 pada daging buaya dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung. . Anda bisa mengkonsumsi daging buaya secara rutin agar jantung kembali sehat dan bisa kembali beraktivitas dengan bebas seperti semula.

5. Memperkuat tulang dan gigi

Salah satu manfaat daging buaya yang tak kalah pentingnya adalah untuk memperkuat tulang dan gigi. Kandungan nutrisi penting pada daging buaya diyakini mampu membantu tubuh dalam proses pembentukan tulang gigi. Oleh sebab itu, manfaat daging buaya yang satu ini sangat cocok bagi seseorang yang sedang mengalami masa pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Membantu meningkatkan nafsu makan

Menurut beberapa pengakuan dari mereka yang sudah berpengalaman mengkonsumsi daging buaya, daging hewan reptil ini ternyata berkhasiat untuk menambah nafsu makan seseorang. Bagi anda yang mungkin sedang mencari cara untuk menambah nafsu makan, maka anda bisa mencoba manfaat daging buaya ini dengan mengkonsumsinya secara rutin agar nafsu makan anda meningkat.

7. Sebagai sumber protein

Buaya memiliki banyak kandungan gizi yang sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Salah satu kandungan penting tersebut adalah protein yang cukup tinggi. Dengan kandungan protein dalam daging buaya ini dapat membantu tubuh kita untuk memenuhi asupan protein harian agar tubuh selalu sehat dan kuat.

8. Membantu mencegah resiko diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang diakibatkan oleh kurangnya insulin yang berfungsi untuk merombak gula darah. Mengkonsumsi olahan daging buaya bermanfaat untuk menambah produksi insulin. Manfaat daging buaya untuk mendukung produksi insulin ini berpengaruh penting untuk membuat kadar gula darah menjadi seimbang dalam kisaran yang normal.

9. Sebagai obat asma

Penyakit asma tidak bisa dianggap remeh karena jika tidak segera ditangani akan sangat menyiksa si penderita. Selain ditangani dengan mengkonsumsi obat tertentu, ternyata gejala penyakit asma ini juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi olahan daging buaya.

10. Meningkatkan sitem imun dalam tubuh

Manfaat daging buaya berikutnya adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan tubuh terus meningkat maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, tubuh kita akan selalu kuat dan bersemangat saat beraktivitas.

Manfaat Daging Buaya untuk Kesehatan Lainnya :

11. Membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh

12. Sebagai sumber energi

13. Memperkuat kuku

Baca Juga: Manfaat Kulit Buaya untuk Kerajinan Tangan, Sains, Ekonomi dan Budaya

Manfaat Daging Buaya untuk Kecantikan :

1. Sebagai obat gatal

Manfaat daging buaya yang banyak dicari oleh masyarakat adalah untuk menyembuhkan gatal. Penyakit kulit seperti gatal atau alergi bisa segera disembuhkan dengan pengobatan herbal menggunakan buaya ini. Oleh sebab itu,bagi anda yang memiliki masalah kulit gatal ataupun alergi hingga timbul ruam pada bagian tubuh maka anda bisa mencoba manfaat daging buaya ini dengan segera.

2. Mengatasi jerawat

Jerawat membandel sangatlah mengganggu penampilan kita. Masalah ini bisa segera diatasi dengan mengambil manfaat daging buaya. Mengkonsumsi olahan daging buaya ternyata berkhasiat untuk melenyapkan jerawat menahun yang susah untuk dihilangkan. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak instan namun jerawat dapat berangsur hilang dengan rutin mengkonsumsinya.

3. Mengobati jamur

Masalah kulit lain yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi daging buaya adalah penyakit jamur. Kandungan gizi daging buaya yang hampir sama dengan biawak dan daging ular sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit ini.

Cara Mengolah Daging Buaya :

Beberapa cara dapat dilakukan agar mendapatkan manfaat dan khasiat nya dengan baik. Berikut ini cara pengolahan daging buaya agar bisa dikonsumsi.

1. Proses Pembekuan Daging

Jadi daging yang telah anda potong-potong sebaiknya harus dibekukan dahuli di dalam freezer. Tujuan pembekuan daging ini supaya menghambat parasit yang ada pada daging buaya tersebut.

2. Proses Pengolahan 

Untuk mendapatkan hasil hidangan yang lezat harus diolah dengan sebaik-baiknya. Cara mengolahnya pun tidak boleh sembarangan. Manfaat mengolah daging buaya yang benar juga dapat menghambat parasit, selain itu juga menghindari bakteri apa bila dikonsumsi oleh manusia.

Setelah itu, anda bisa memasaknya menjadi olahan menu kesukaan seperti sate buaya, sup atau cukup digoreng dengan bumbu sederhana.

Efek Samping Daging Buaya :

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi tubuh, ternyata daging buaya juga memiliki efek samping yang cukup berbahaya. Bagi anda yang mengkonsumsi daging buaya ini maka anda harus berhati-hati karena bisa mengakibatkan berbagai dampak negatif seperti alergi atau sakit perut bagi mereka yang tidak tawar dengan olahan daging buaya.

Penyakit paling buruk yang mungkin saja ada pada daging buaya adalah penyakit yang disebabkan oleh cacing pita yakni Thichinosis. Penyakit ini hampir mirip dengan bahaya dari daging babi.

Selain itu, efek samping lain dari konsumsi daging buaya adalah pentastomiasis, gnathostomiasis dan sparganosis. Semua panyakit ini adalah jenis penyakit hewan yang bisa saja menular pada manusia.

Berbagai bakteri patogen yang mungkin ada pada buaya juga dikhawatirkan dapat menjangkit manusia yang mengkonsumsinya. Beberapa bakteri tersebut misalnya bakteri E.Coli, Salmonella, Yersinia Enterolitica, Shigella, Clostridium Campylobacter dan Staphylococcus Aureus.

Untuk menghindari berbagai infeksi bakteri patogen tersebut diharapkan untuk membekukan daging terlebih dahulu sebelum dimasak untuk membunuh parasit yang ada didalamnya.

Harga Daging Buaya :

Daging Buaya / Kg = Rp. 600.000

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Belibis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sekilas, saat mendengar kata buaya memang sangat menakutkan. Namun ternyata, hewan yang sering dianggap berbahaya ini memiliki manfaat penting bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaatkan lah daging buaya ini sebaik-baiknya. Menurut para dokter daging buaya juga dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan. Walaupun banyak yang mengatakan daging buaya bisa halal atau haram.

Continue Reading

Lainnya dari Daging

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top