Connect with us
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak

Daging

42 Manfaat dan Khasiat Daging Katak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daging Katak – Daging katak merupakan daging yang bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit kulit dan bagus bagi ibu hamil. Saat mendengar kata katak atau kodok, mungkin kebanyakan dari kita merasa jijik bahkan takut untuk sekedar melihatnya. Namun siapa sangka ternyata katak merupakan salah satu hewan kesayangan bapak presiden kita, yakni Joko Widodo. Hewan yang memiliki perawakan gempal ini sering membuat orang gemas melihatnya terutama jika katak tersebut memiliki warna yang unik dan indah dipandang.

Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak

Harus diakui, manfaat daging katak memang cukup banyak untuk kesehatan. Bukan hanya untuk menjaga tubuh saja namun daging katak ini juga sangat bagus untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Khasiat daging katak sudah diyakini oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu. Berdasarkan wasiat turun temurun, daging amfibi ini banyak dimanfaatkan untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit dalam dan juga penyakit degeneratif lainnya. Walau pun sebenarnya daging kodok dalam islam diharamkan dan diperdebatkan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daging Katak :

Pada setiap 100 g daging katak terdapat kadungan nutrisi dan gizi sebagai berikut.

  • Protein 16,4 gram
  • Lemak 0,3 gram
  • Kalsium 18 mg
  • Fosfor 147 mg
  • Vitamin A
  • Vitamin B1 0,14 mg
  • Vitamin C
  • Karbohidrat
  • Zat besi

Manfaat Daging Katak untuk Kesehatan :

1. Membantu mengatasi masalah impotensi pada pria

Para penduduk yang bertempat tinggal di Peru banyak yang mengkonsumsi jus daging katak sebagai viagra.Hal ini karena mereka percaya bahwa manfaat daging katak sangat bagus untuk mengatasi lemah syahwat pada pria. Jus daging hean amphibi ini sudah sejak lama dimanfaatkan masyarakat Peru untuk meningkatkan stamina mereka.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan di dalam daging katak bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem imun dalam tubuh terjaga maka daya tahan tubuh akan meningkat sehingga tubuh akan aman dari berbagai serangan penyakit.

3. Meregenerasi sel darah merah

Daging katak mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membantu proses regenerasi sel darah merah. Seperti yang sudah kita tahu bahwa zat besi adalah penyusun utama sel darah merah. Manfaat daging katak yang satu ini sangat disarankan bagi anda yang mungkin mengidap penyakit anemia (kekurangan sel darah merah).

4. Menyehatkan gigi

Manfaat daging katak berikutnya adalah untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini karena daging katak mengandung cukup banyak fosfor yang bagus untuk kesehatan gigi. Fosfor ini biasanya akan mengendap pada matriks tulang sehingga gigi akan tetap sehat dan terhindar dari resiko kehilangan mineral penting.

5. Mencegah resiko penyakit bronkitis

Salah satu upaya untuk mencegah resiko penyakit paru-paru yaitu bronkitis adalah dengan mengkonsumsi daging katak. Kandungan nutrisi dan gizi daging katak sangat bagus untuk menyehatkan organ tubuh termasuk paru-paru.

6. Mengobati kanker

Manfaat daging katak yang menakjubkan lainnya adalah mampu mencegah sekaligus mengobati penyakit kanker. Salah seorang profesor asal Inggris berhasil mengidentifikasi 2 jenis protein pada daging katak. Kedua protein tersebut diyakini ampuh untuk menyembuhkan penyakit kanker dan juga membunuh sel tumor. Selain dagingnya, bagian katak lain seperti lendir katak juga bermanfaat untuk membantu menyembuhkan penyakit kanker.

Pihak rumah sakit biasanya memberikan obat herbal ini melalui infus sebagai efek kemoterapi yang tidak akan memberikan efek panas seperti kemoterapi pada umumnya.

7. Meningkatkan kecerdasan otak

Selain memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, daging katak juga mengandung omega 3 dan omega 6 yang sangat bagus untuk meningkatkan perkembangan otak anak. Dengan konsumsi asam lemak yang cukup maka kecerdasan anak semakin bagus terutama di saat mereka dalam masa pertumbuhan. Manfaat daging katak ini disarankan untuk diberikan kepada anak agar anak menjadi lebih pintar dan mudah menyerap pelajaran.

8. Menyehatkan organ jantung

Luka yang mungkin terjadi pada organ jantung bisa disembuhkan dengan cara mengkonsumsi olahan daging katak. Anda bisa memasaknya dengan berbagai bahan lain sesuai selera anda agar nafsu makan anda meningkat. Mengolah daging katak yang bagus untuk kesehatan jantung adalah dengan cara merebusnya. Usahakan untuk tidak terlalu lama merebus daging serta bumbu daging katak agar nutrisi yang terdapat dalam daging katak tidak hilang.

9. Bersifat antibiotik

Sifat antibiotik yang dimiliki oleh daging katak sangat bermanfaat untuk mencegah masuknya berbagai macam bakteri dalam tubuh. Hal ini juga berlaku pada mikroorganisme maupun parasit yang menjangkit sel tubuh. Anda bisa mendapatkan manfaat daging katak sebagai antibiotik ini dengan cara mengkonsumsi olahan daging katak atau menempelkan daging tersebut pada bagian tubuh yang bermasalah.

10. Membantu mencegah penyakit asma

Kebanyakan dari kita mungkin masih belum mengetahui bahwa daging katak berkhasiat untuk mencegah datangnya penyakit asma. Bagi masyarakat Peru, jus daging katak memiliki khasiat yang penting untuk mencegah penyakit asma. Jus sehat ini juga menjadi salah satu ramuan yang cukup laris di pasar lokal Peru tersebut.

Oleh sebab itu, bagi anda yang mungkin memiliki riwayat sakit asma maka tidak ada salahnya anda mencoba manfaat daging katak ini agar penyakit asma tidak kambuh kembali.

Manfaat Daging Katak untuk Kesehatan Lainnya :

11. Sebagai sumber protein hewani

12. Manfaat daging katak untuk mengatasi penyakit diabetes

13. Membantu menyembuhkan cidera

14. Mencegah resiko osteoporosis

15. Manfaat daging katak sebagai sumber energi

16. Mencegah resiko penyakit mata

17. Membantu meningkatkan regenerasi sel

18. Mengatur metabolisme lemak

19. Mencegah kanker usus

20. Membantu fungsi ginjal

21. Manfaat daging katak untuk meningkatkan kuantitas buang air kecil

22. Membantu mengatasi gejala asam urat

23. Mencegah penyakit rakhitis

24. Manfaat daging katak untuk menyehatkan organ hati

25. Mengatasi lemah dan lesu otot

26. Menyehatkan usus

27. Mempercepat pengeringan luka bagi penderita diabetes

28. Penangkal radikal bebas

29. Melancarkan sistem pernapasan

30. Mencegah resiko serangan stroke

31. Mempercepat penyembuhan luka sobek

32. Menjernihkan pandangan

33. Membantu mengendalikan tekanan darah

34. Menjaga kepadatan tulang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Bulus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cara Mengolah Daging Katak :

Pada umumnya cara memasak daging katak tidak lah sulit. Hanya saja mungkin sebagian dari kita merasa jijik saat harus memegangnya. Namun hal ini sepadan dengan rasa nikmat serta manfaat yang akan kita dapatkan dari olahan daging katak yang dimasak dengan baik dan benar.

Pertama katak dikuliti hingga tersisa bagian pahanya saja. Setelah itu bersihkan dengan air mengalir sampai benar-benar bersih. Tambahkan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, garam, merica dan juga cabe bagi yang suka pedas. Selanjutnya goreng daging katak hingga kering baru bisa di konsumsi. Anda juga bisa menambahkan bahan lain sesuai selera seperti petai atau yang lainnya.

Mencuci katak harus secara hati-hati dan sampai bersih karena di dalam perut katak biasanya terdapat cacing yang dapat mengganggu kesehatan jika ikut kita konsumsi.

Efek Samping Daging Katak :

1. Mengandung racun

Jenis katak di Indonesia ini memang cukup banyak. Terdapat sekitar 150 jenis katak yang menyebar di seluruh penjuru nusantara. Namun dari semua jenis katak tersebut, hanya terdapat 10 jenis katak yang dianggap memiliki kandungan racun didalamnya. Racun tersebut terdapat di dalam daging katak karena berasal dari bahan kimia yang biasanya dimanfaatkan untuk membasmi hama, yaitu biomagnifield.

Katak yang berekosistem di lokasi hama tersebut jelas akan memiliki racun yang terakumulasi di dalam tubuhnya. Jika katak tersebut kita konsumsi maka hal ini dapat memicu berbagai gangguan kesehatan.

Adapun jenis katak yang dianggap aman dan tidak beracun adalah Rana Ingeri, Rana hinascaris, Rana Glandilosa, Hyhrun Arfiki, Rana Magna, Rana Modesta, Rana Canarivon, Rana catesbiana dan juga Hyhrun Pagun.

2. Banyak cacing di dalam tubuh katak

Tentu saja kita diharuskan untuk menghindari makanan yang mengandung cacing di dalamnya. Sebab cacing yang masuk ke dalam sistem pencernaan dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh. Terlebih jika cacing tersebut memakan setiap asupan makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Tentu saja kita akan menjadi kurus karena kekurangan asupan nutrisi bagi  tubuh.

Orang yang cacingan biasanya ditandai dengan rasa lapar yang terus berdatangan padahal sudah mengkonsumsi cukup banyak makanan. Hal ini terjadi karena nutrisi yang dimakan dilahap habis oleh cacing yang ada di dalam sistem pencernaan. Memasak daging katak yang tidak benar justru dapat memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Bagi pemerintah Australia, setiap katak pastilah mengandung cacing yang sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, mereka menghimbau para masyarakatnya untuk menghindari konsumsi daging katak.

3. Kurang bagus untuk kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ penting bagi tubuh yang berfungsi dalam proses pengolahan dan pembuangan nutrisi yang sudah tidak dipakai lagi di dalam tubuh. Meskipun salah satu manfaat daging katak yang sudah dijelaskan diatas adalah untuk membantu fungsi ginjal, namun hal ini akan berlaku sebaliknya jika konsumsi katak berlebihan.

Mengkonsumsi daging katak secara berlebih dapat menghambat sistem metabolisme dalam organ hati. Tugas hati untuk membuang zat-zat sisa justru akan dikerjakan oleh ginjal. Jika hal ini terjadi maka kerja ginjal akan semakin buruk karena terlalu banyak membuang protein yang tidak dibutuhkan.

4. Rentan terhadap penyakit kanker

Daging katak memiliki kandungan residu yang cukup banyak dan berbahaya bagi tubuh. Kandungan residu tersebut dapat memicu tubuh lebih rentan terhadap resiko penyakit kanker. Hal ini karena residu akan terakumulasi di dalam tubuh katak. Oleh sebab itu, jika anda benar-benar ingin mengkonsumsi daging katak untuk mengatasi masalah yang anda alami sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

5. Rentan terkena penyakit gagal ginjal

Selain resiko kanker, konsumsi daging katak juga beresiko terhadap penyakit gagal ginjal. Hal ini karena seseorang yang mengkonsumsi daging katak akan mendapatkan residu yang turut masuk bersama olahan daging swie kee tersebut. Organ pertama yang berfungsi untuk mengolah racun yang ditemui masuk ke dalam tubuh adalah ginjal. Bagi anda yang hobi mengkonsumsi daging katak ini maka tidak menutup kemungkinan bahwa kondisi ginjal anda lama kelamaan akan semakin buruk.

Banyaknya racun yang masuk ke dalam tubuh akan membuat kerja ginjal semakin berat. Hal ini memicu ginjal untuk mudah lelah dan tidak mampu mengendalikan kandungan racun tersebut. Akibatnya, resiko gagal ginjal yang sangat dihindari akan menimpa karena ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Jika dilanjutkan terus menerus maka dapat membuat resiko gagal ginjal akut.

Efek Samping Daging Katak Lainnya :

6. Banyak pertentangan mahzab yang membolehkan dan melarang

7. Mengganggu fungsi kerja hati

8. Membuat pusing

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Belibis untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daging katak yang terkesan menjijikkan dan membuat kita geli saat melihatnya ternyata memiliki banyak kandungan penting yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Disamping itu, terdapat efek samping berbahaya jika kita mengkonsumsi daging katak ini dengan cara yang salah. Yang paling penting yaitu menghindarkan anak-anak untuk mengkonsumsi hewan ini, karena dalam agama Islam tidak dianjurkan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daging

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top