Connect with us
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda

Daging

35 Manfaat dan Khasiat Daging Kuda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daging Kuda – Daging kuda merupakan jenis daging yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, kecantikan dan pengobatan. Sudah pernahkan anda mencoba mengkonsumsi daging kuda? Olahan daging kuda masih tergolong langka di Indonesia. Tak banyak yang menjual olahan ini meskipun daging kuda memiliki citarasa khas yang perlu dicoba. Jika pun ada tentunya harga yang dipatok untuk setiap porsi olahan daging kuda lumayan mahal karena masih sedikit yang mengolah daging ini untuk mengambil manfaatnya. Padahal manfaat daging kuda bukan hanya untuk kesehatan saja, tapi juga untuk memaksimalkan kecantikan.

Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda

Manfaat daging kuda yang paling banyak dikenal adalah untuk meningkatkan keperkasaan pria. Hal ini identik dengan kebiasaan hewan ini sebagai penarik kereta karena memiliki tenaga yang luar biasa besar. Kuda mampu menarik beban yang berat dengan kencang jika dibandingkan dengan beberapa hewan lainnya. Di samping itu, kuda memiliki kandungan nutrisi penting bagi tubuh sehingga banyak yang memanfaatkannya untuk di konsumsi.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daging Kuda :

  • Energi 118 kkal
  • Karbohidrat 0,9 gr
  • Protein 18,1 gr
  • Fosfor 150 mg
  • Lemak 4,1 gr
  • Kalsium 10 mg
  • Zat besi 3 mg

Manfaat Daging Kuda untuk Kesehatan :

1. Membantu meningkatkan stamina

Manfaat daging kuda yang sudah sejak lama dipercaya masyarakat luas adalah untuk menambah stamina tubuh. Inilah alasan mengapa banyak laki-laki berburu daging ini untuk di konsumsi. Harapannya, mereka dapat mengembalikan vitalitas setelah kelelahan karena bekerja seharian.

2. Menambah massa otot

Bagi seorang binaragawan atau atlet otot merupakan bagian tubuh yang sangat penting. Banyak yang melakukan berbagai treatment seperti diet, fitnes ataupun mengkonsumsi suplemen khusus otot sebagai upaya untuk meningkatkan massa otot mereka. Selain itu, para atlet biasanya juga mengkonsumsi berbagai makanan rendah lemak dan tinggi protein salah satunya daging kuda.

3. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan fosfor yang cukup tinggi di dalam daging ini memberikan manfaat untuk menunjang fungsi otak. Kandungan fosfor ini berperan penting untuk membantu tumbuh kembang syaraf kognitif pada otak. Tak heran jika banyak kandungan fosfor yang terdapat di dalam sel-sel maupun jaringan otak.

4. Menjaga kadar kolesterol

Manfaat daging kuda selanjutnya adalah untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap normal. Daging ini termasuk daging yang rendah lemak, bahkan 70% lebih rendah dibandingkan dengan daging kambing dan sapi. Dengan demikian, manfaat daging kuda ini sangat bagus bagi para penderita kolesterol karena mereka bisa menghindari makanan berlemak meskipun menyantab masakan yang lezat.

Hanya saja yang harus diingat adalah cara pengolahan masakan daging ini yang harus memperhatikan kandungan kolesterol bahan lain ataupun bumbu yang dimasukkan bersama masakan tersebut.

5. Membantu menyembuhkan gejala anemia

Kandungan zat besi pada daging ini lebih tinggi dibandingkan dengan daging kambing. Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa zat besi sangat efektif untuk mengatasi gejala anemia. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk mencoba manfaat daging kuda ini untuk mengatasi gejala anemia yang mengganggu kesehatan.

Adapun ciri-ciri yang muncul saat seseorang terserang anemia diantaranya sakit kepala, tubuh lemah, dan sensitif terhadap ruangan yang suhunya dingin.

6. Menurunkan berat badan

Salah satu manfaat daging kuda yang sudah dijelaskan diatas adalah untuk menurunkan atau menstabilkan kadar kolesterol. Hal ini berarti daging ini juga aman di konsumsi sebagai menu diet yang sehat. Selain memiliki kandungan lemak yang rendah, daging kuda juga memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan daging sapi.

Di samping itu, daging ini juga memiliki jumlah kalori yang lumayan rendah sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program penurunan badan.

7. Menjaga kepadatan tulang

Kandungan fosfor daging ini lebih besar daripada daging kambing, sapi, kerbau atau ayam. Fosfor dan juga kalsium memiliki peranan penting untuk membantu menjaga kepadatan tulang. Hal ini berarti, mengkonsumsi daging ini juga berperan penting dalam pencegahan resiko osteoporosis. Manfaat daging kuda yang satu ini patut dicoba sedari dini agar tulang kita selalu padat dan kuat.

8. Menjaga kepadatan gigi

Organ penting bagi manusia yang bermanfaat untuk membantu proses pencernaan adalah gigi. Manfaat daging kuda ternyata bukan hanya untuk menjaga kepadatan tulang saja, namun juga bagus untuk menjaga kepadatan gigi. Dengan konsumsi fosfor yang cukup dari daging kuda maka gigi kita akan selalu sehat dan tidak mudah rapuh.

9. Membantu meringankan gejala rematik

Rasa sakit yang timbul pada bagian otot dan sendi akibat terjadinya peradangan dinamakan dengan rematik. Olahan daging ini ternyata memiliki manfaat untuk membantu meringankan gejala penyakit ini. Oleh sebab itu bagi anda yang mungkin menderita rematik, maka anda bisa mencoba manfaat daging kuda ini sebagai alternatif herbal untuk menyembuhkannya.

10. Menunjang pertumbuhan

Lagi-lagi kandungan fosfor yang cukup tinggi pada kuda juga sangat efektif untuk menunjang pertumbuhan. Fosfor berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Oleh sebab itu, bagi remaja dalam masa pertumbuhan disarankan untuk mencoba manfaat daging ini untuk masa depan anda yang lebih cerah.

Manfaat Daging Kuda untuk Kesehatan Lainnya :

11. Membantu penyerapan vitamin

12. Meningkatkan imunitas tubuh

13. Membantu penyerapan mineral

14. Menjaga keseimbangan hormon

15. Melancarkan peredaran oksigen pada tubuh

16. Memperbaiki jaringan tubuh dan sel

17. Membantu pembentukan urine

18. Menjaga temperatur tubuh

19. Meredakan pegal-pegal

20. Mengobati diabetes

21. Mengatasi asam urat

22. Membantu menyembuhkan flek pada paru-paru

23. Meredakan stress

24. Mengatasi epilepsi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Buaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daging Kuda untuk Kecantikan :

1. Perawatan kulit wajah

Daging kuda yang dijadikan sebagai minyak kuda bermanfaat untuk menambah nutrisi kulit.

2. Sebagai lotion tubuh

Musim dingin dan musim gugur membuat kulit terasa cepat kering. Manfaat daging kuda ternyata mampu dijadikan sebagai moisturizer atau pelembab yang dapat membantu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

3. Sebagai obat jerawat

Bagi anda yang memiliki masalah jerawat membandel dan susah hilang, anda bisa mencoba manfaat daging kuda untuk diaplikasikan setelah darah dan nanah keluar. Minyak daging ini diyakini bagus untuk membantu mempercepat penyembuhan luka.

4. Menjaga kesehatan rambut

Protein pembentuk rambut kuda pada dasarnya identik dengan manusia. Oleh sebab itu bisa disimpulkan bahwa rambut kuda mirip dengan rambut manusia. Protein yang terkandung dalam minyak daging ini bermanfaat untuk menumbuhkan rambut.

5. Membantu menyembuhkan bekas luka atau terbakar sinar matahari

Kulit yang terkena luka bakar ataupun tersiram air panas bisa diatasi dengan minyak kuda. Minyak ini memiliki kandungan asam linoleat dan vitamin E yang cukup tinggi sehingga bagus untuk menutrisi kulit.

Manfaat Daging Kuda untuk Kecantikan Lainnya :

6. Untuk melembabkan bibir

7. Sebagai pelembab puting susu

Cara Memanfaatkan Minyak Daging Kuda untuk Kecantikan :

1. Sebagai pelembab wajah

Hal pertama adalah bersihkan wajah dengan pembersih. Keringkan sekitar 2-3 menit lalu aplikasikan minyak kuda ke seluruh area wajah.

2. Lotion kulit tubuh

Anda bisa mengaplikasikan lotion setelah mandi secara merata sambil melakukan pemijatan ringan.

3. Obat jerawat dan bekas luka

Minyak kuda bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme. Hal ini sangat bagus untuk menyehatkan kulit dan mencegah penuaan dini. Oleh sebab itu, minyak kuda ini juga bisa dijadikan sebagai tretment pada area wajah yang berjerawat ataupun pada kulit yang terdapat bekas luka

4. Sebagai pelembab bibir dan puting susu

Anda cukup mengoleskannya pada bibir dan juga area puting susu setelah anda selesai menyusui sang buah hati.

5. Menyehatkan rambut

Oleskan minyak daging kuda secara merata hingga ke akar rambut. Treatment pada rambut sebelum keramas ini bisa anda barengi dengan pemijatan ringan pada kepala. Setelah itu diamkan hingga 20 menit dan bersihkan dengan keramas menggunakan shampo.

Efek Samping Daging Kuda

Jika ada mengkonsumsi secara berlebihan maka akan menyebabkan beberapa hal atau reaksi dalam tubuh seperti :

1. Tekanan Darah Naik

2. Kepala Pusing

3. Alergi

Harga Daging Kuda

Daging Kuda / Kg = Rp. 70.000 – RP. 100.000

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Katak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daging kuda memang jarang ditemukan mengingat harganya yang cukup mahal dan cara mengolahnya yang tidak mudah. Namun hal itu sebanding dengan manfaat daging kuda yang akan kita dapatkan jika mau mengkonsumsinya dengan benar sesuai porsinya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daging

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top