Connect with us
Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi

Daging

25 Manfaat dan Khasiat Daging Sapi untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Daging Sapi – Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang banyak digemari masyarakat di berbagai kalangan. Selain memiliki rasa yang nikmat, jenis daging ini juga bisa diolah menjadi berbagai macam kreasi sesuai dengan selera. Olahan daging sapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tak heran jika banyak yang gemar mengkonsumsi daging sapi ini dibandingkan dengan jenis daging lainnya.

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi

Manfaat daging sapi sendiri mungkin masih sangat awam di telinga pendengar. Meskipun hampir semua dari kita sudah pernah merasakan nikmatnya daging sapi atau daging merah, namun mungkin anda belum mengetahui segudang khasiat yang didapat dari mengkonsumsi daging tersebut. Manfaat daging sapi yang utama adalah untuk membantu tumbuh kembang badan. Inilah yang menjadi alasan banyak produk makanan bayi yang dibuat dari bahan daging sapi. Lalu apa manfaat daging sapi untuk orang dewasa?

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daging Sapi :

Dalam setiap 100 gr daging sapi mengandung nutrisi dan gizi sebagai berikut.

  • protein 26 gram
  • kolesterol 90 mg
  • lemak 15 gram
  • natrium 72 mg
  • kalsium 18 mg
  • kalium 318 mg
  • Magnesium 21 mg
  • zat besi 2,6 mg
  • vitamin B6 0,4 mg
  • vitamin B12 2,6 mikroram
  • vitamin D IU

Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan :

1. Membantu mencegah resiko serangan stroke

Salah satu akibat terjadinya serangan stroke adalah sel-sel syaraf yang tidak mendapatkan cukup banyak asupan oksigen dari pembuluh darah kapiler. Daging merah mengandung asam lemak jenuh yang bermanfaat untuk melancarkan sistem sirkulasi darah. Namun yang harus diingat, manfaat daging sapi ini akan sempurna jika kita mengolahnya dengan cara yang benar. Cara pengolahan daging merah yang tepat bisa dengan direbus ataupun dipanggang.

2. Mencegah resiko diabetes

Diabetes merupakan gangguan kesehatan yang terjadi akibat kekurangan kadar insulin dalam tubuh yang bermanfaat untuk merombak gula darah. Dengan mengkonsumsi olahan daging merah secara rutin dan sesuai aturan maka tubuh akan terhindar dari resiko penyakit diabetes.

3. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Nutrisi dan gizi penting di dalam daging merah bermanfaat untuk menambah sistem kekebalan tubuh. Ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang berburu daging sapi sebagai menu harian meskipun harganya lumayan mahal. Manfaat daging merah untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini memang patut dicoba agar tubuh kita selalu sehat dan bebas beraktivitas.

4. Mencegah anemia

Daging merah mengandung zat besi yang cukup tinggi. Zat besi merupakan salah satu penyusun utama dari sel darah merah. Jika produksi sel darah merah dalam tubuh meningkat maka kebutuhan darah dalam tubuh dapat tercukupi. Dengan demikian tubuh kita akan terhindar dari resiko kekurangan sel darah merah atau yang biasa disebut dengan istilah anemia.

5. Meningkatkan kecerdasan otak

Salah satu manfaat daging sapi yang diburu oleh para orang tua adalah untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Kandungan daging merah terbaik sangat bagus untuk membantu tumbuh kembang sang buah hati tercinta. Beberapa kandungan daging sapi yang bagus untuk menutrisi otak anak tersebut diantaranya asam lemak omega 3, protein, dan juga omega 6. Dengan berbagai zat penting tersebut maka kemampuan kognitif si kecil akan terus meningkat secara efektif.

6. Mencegah obesitas

Kandungan protein yang cukup tinggi pada daging sapi sangat bagus untuk di konsumsi bagi anda yang sangat takut akan kegemukan. Kandungan ini seimbang dengan rendahnya lemak dalam daging merah. Tentunya daging merah ini sangat bagus untuk anda karena setiap asupan yang kita makan akan diambil untuk membangun massa otot.

7. Menambah massa otot, lebih kuat dan kencang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan protein pada daging merah turut berperan dalam menambah massa otot, menguatkan sekaligus mengencangkan. Para atlet binaragawan biasanya menyertakan olahan daging ini ke dalam menu harian mereka yang terbukti menyehatkan.

8. Sebagai sumber energi

Manfaat daging merah sebagai sumber energi ideal bukanlah hal yang baru lagi. Dalam setiap 100 gr daging sapi memberikan sekitar 250 kkal energi. Hal ini tentunya menjadi jumlah energi yang cukup bagi tubuh kita sehingga kebutuhan harian kita dapat terpenuhi dengan sempurna.

9. Meningkatkan produksi sperma

Manfaat daging merah untuk membantu meningkatkan produksi sperma sudah banyak dikenal sejak dahulu. Sperma yang dihasilkan setelah mengkonsumsi daging sapi dengan kandungan nutrisi tinggi lebih aktif dan lebih berkualitas.

10. Menjaga berat badan ideal

Daging merah memiliki kandungan nutrisi penting yang bagus untuk mendukung program diet. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa manfaat daging sapi diantaranya adalah untuk menambah daya tahan tubuh dan juga sebagai sumber energi. Hal ini secara tidak langsung juga berbubungan dengan berat badan yang akan menjadi ideal tanpa gangguan kesehatan.

Manfaat Daging Sapi untuk Kesehatan Lainnya :

11. Meningkatkan kualitas hidup

12. Menjadikan berat badan proporsional

13. Membantu fungsi jantung

14. Membantu mempercepat penyembuhan luka

15. Memperbanyak sel darah merah

16. Sebagai sumber karbohidrat

17. Memelihara sistem syaraf pusat

18. Mempertajam konsentrasi

19. Sebagai sumber perlindungan yang cukup baik

20. Membantu fungsi hati

Cara Mengolah Daging Sapi :

Selain daging ayam, daging merah bisa dikreasikan menjadi beberapa menu makanan yang lezat dan nikmat. Daging merah bisa diolah menjadi menu soto, bistik, sup hingga rendang. Cita rasadari olahan daging sapi ini jika bumbu pas, maka akan memikat pembeli dan membuat ketagihan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Buaya untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daging Sapi untuk Kecantikan :

1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat daging sapi untuk kecantikan adalah mampu menjaga kesehatan kulit. Kandungan mineral, protein serta vitamin pada daging merah bermanfaat untuk meregenerasi sel. Dengan demikian kesehatan kulit kita akan selalu terjaga dan awet muda.

Tips Memilih Daging Sapi :

Beberapa ciri daging merah yang sehat, segar dan layak konsumsi diantaranya sebagai berikut.

  • Perhatikan warna daging. Daging merah yang bagus memiliki warna merah mengkilat, tidak pucat dan tidak kotor.
  • Perhatikan tekstur daging merah, pilihlah yang memiliki tekstur kenyal, elastis atau tidak lembek.
  • Aroma daging. Daging merah yang bagus tidak memiliki bau yang asam dan menyengat.
  • Usahakan untuk tidak memilih daging merah yang berair atau berlendir.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Katak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daging Sapi untuk Anak :

Selain memiliki rasa yang nikmat, daging merah juga sangat dibutuhkan pada periode emas anak yakni di usia 2-3 tahun. Beberapa manfaat daging sapi untuk anak antara lain :

1. Kaya akan kandungan protein

Dalam teori yang dianut sebelumnya menyatakan bahwa protein bisa diperkenalkan pada anak ketika memasuki usia 8-9 bulan. Namun teori ini sudah berubah sejak tahun lalu, protein sudah bisa mulai diperkenalkan pada anak usia 6 bulan. Disarankan pemberian protein ini setelah melampaui pengenalan MP-ASI pertama, yakni beras-berasan (serealia). Berbicara mengenai protein, daging sapi merupakan sumber protein yang cukup tinggi dan bagus untuk memenuhi kebutuhan protein harian sang buah hati tercinta.

2. Sumber zat besi

Selain protein, daging merah juga memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi merupakan salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh sebagai bahan dasar pembentukan hemoglobin atau sel darah merah. Sedangkan hemoglobin ini bermanfaat untuk membawan nutrisi dan oksigen ke otak dan juga seluruh sel tubuh yang lain.

Memberikan daging merah pada si kecil setidaknya 2-3 kali dalam seminggu hingga usia mereka menginjak 2 atau 3 tahun dapat membantu mencegah resiko kekurangan zat besi. Pemberian daging merah ini juga bisa diselingi dengan jenis daging lain seperti ayam atau ikan agar anak tidak merasa bosan.

Menurut para ahli, saat bayi menginjak 6 bulan atau dalam masa MP-ASI maka mereka membutuhkan berbagai nutrisi lain selain sayuran, bubur atau jus buah. Si kecil membutuhkan asupan zinc dan zat besi yang bisa didapatkan dari daging. Hal ini karena, cadangan zat besi pada tubuh bayi yang baru lahir lama kelamaan akan berangsur habis di usia tersebut.

Pemberian daging merah tidak harus dalam jumlah yang banyak, secukupnya saja agar kebutuhan zinc dan besi dalam tubuh terpenuhi. Seperti halnya zat besi, zinc juga memiliki peranan penting bagi tubuh. Zinc sangat dibutuhkan tubuh sebagai daya tahan tubuh agar kebal terhadap serangan berbagai macam penyakit.

Makanan padat bisa diperkenalkan untuk si kecil sedikit demi sedikit agar bayi mulai terbiasa dan selera makan mereka meningkat. Daging merupakan salah satu asupan kaya akan zat besi yang bagus untuk masa perkembangan otak, sumber energi serta pertumbuhan.

Jumlah Asupan Daging untuk Anak :

Kebutuhan zat besi pada masing-masing anak mungkin berbeda-beda. Panduan sederhana bagi orang tua yang ingin memperkenalkan daging bagi si kecil adalah sebagai berikut.

  • Bayi usia 7 – 12 bulan disarankan untuk memberikan 20 hingga 30 gr daging merah setiap harinya. Jumlah ini setara dengan daging halus sekitar 4 hingga 6 sendok teh.
  • Bayi usia 1 – 2 tahun disarankan untuk memberikan 65 gr daging merah setiap harinya agar kebutuhan nutrisi si kecil terpenuhi dengan baik.

Cara Mengolah Daging Sapi untuk Anak :

  • Pilihlah daging yang kandungan lemaknya sedikit
  • Daging sebaiknya digiling halus atau dicacah lembut
  • Daging diolah dengan cara direbus sampai matang. Kaldu daging bisa dimanfaatkan sebagai campuran nasi lembek/ bubur. Setelah itu, campurkan dengan daging matang dan dihaluskan. Anda bisa menyaring atau memblender hingga teksturnya lembut dan halus.
  • Bayi yang sudah memiliki gigi dan bisa mengunyah maka daging bisa diberikan dengan dipotong kecil-kecil dan ditambahkan pada nasi tim.
  • Pemberian bumbu dapur seperti gula dan garam boleh sedikit saja untuk memberikan rasa pada MPASI yang diberikan.
  • Hindari pemberian daging sapi yang diolah menjadi sosis, daging asap, bakso atau nugget karena dikhawatirkan mengandung banyak garam, zat kimia dan juga pengawet.

Efek Samping Daging Sapi :

Daging sapi yang di konsumsi secara wajar akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita. Konsumsi daging sapi yang berlebihan dapat meningkatkan kadar protein lemak tubuh yang memicu resiko obesitas. Selain itu, mengkonsumsi daging sapi dalam jumlah terlalu banyak juga dapat meningkatkan LDL atau kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bukan hanya itu saja, baik cara mengkonsumsi ataupun pengolahan yang salah juga memberikan efek samping negatif seperti serangan jantung. Hal ini tentunya juga dapat memicu berbagai serangan penyakit kronis lainnya yang di luar dugaan. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengkonsumsi daging sapi dengan aturan konsumsi yang wajar diimbangi dengan nutrisi penting lainnya seperti sayur dan buah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daging Kuda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat daging sapi memang sangat beragam bagi tubuh kita. Meskipun demikian, daging sapi juga memiliki kandungan lemak yang dapat membahayakan kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan. Konsumsilah daging lezat ini secara bijak untuk mendapatkan manfaat daging sapi secara maksimal.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Daging

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top