Connect with us
Daun Afrika, Manfaat Daun Afrika, Khasiat Daun Afrika

Daun

37 Manfaat dan Khasiat Daun Afrika untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun afrika juga dikenal sebagai salah satu obat herbal yang banyak dijadikan andalan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Tidak hanya untuk kesehatan saja, daun afrika juga memiliki segelintir manfaat baik untuk kecantikan kulit. Manfaat daun afrika untuk kesehatan sudah diuji terlebih dahulu oleh para ilmuan dan telah dipercaya mampu menjadi tanaman herbal sehat untuk tubuh, bahkan sudah sejak puluhan tahun lalu.

Daun Afrika, Manfaat Daun Afrika, Khasiat Daun Afrika

Sederhana saja, hal ini karena daun afrika memiliki cukup banyak kandungan nutrisi dan gizi yang menjadikan daun ini sangat berguna bagi kesehatan. Sayangnya di Indonesia sendiri, kehadiran daun ini masih belum terlalu sering ditemukan di mana saja, perlu yang namanya budidaya sehingga bisa menghasilkan daun ini. Meski memiliki nama afrika di dalam daun ini, tapi banyak yang percaya kalau daun ini berasal dari Tiongkok, bukan dari Benua Afrika.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Afrika :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Afrika

Kandungan yang ada pada daun ini sangat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Diantaranya adalah protein, lemak, serat kasar, fitat, tanin, mineral, dan abu. Selain zat mineral dan zat-zat aktif lainnya, daun ini juga mengandung vitamin seperti vitamin B1, vitamin A, vitamin B2, vitamin C, dan vitamin E.

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kekebalan tubuh yang terjaga khususnya pada anak-anak sangat membantu dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan radikal bebas. Karena itulah ketahanan tubuh sangat penting. Kandungan zat mineral dalam daun ini khususnya zat besi mampu memperkuat pertahanan tubuh untuk melawan bakteri dan semacamnya. Penggunaannya cukup rutin menggunakan obat herbal ini setiap hari namun dengan takaran sesuai dengan resep dokter.

2. Mengatasi Batuk

Batuk bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari lingkungan udara sekitar kurang bersih atau gejala dari suatu penyakit. Tapi tetap saja batuk adalah batuk di mana bisa diatasi oleh kandungan dari daun ini. Meski tak sekuat jahe efeknya dalam mengatasi batuk, zat aktif dalam daun afrika bisa membantu mengatasi batuk yang jika dibiarkan begitu lama bisa mengganggu pekerjaan harian Anda.

3. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol adalah sebuah lemak jahat yang berada pada saluran darah. Jika terus menumpuk, akan terjadi yang namanya kolestrol tinggi. Kolestrol yang sudah meninggi bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung, atau masalah-masalah yang terjadi pada saluran darah dalam tubuh. Kandungan zat anti oksidan dan vitamin A pada daun ini membantu dalam mengatasi masalah-masalah yang terkait dengan darah dan menurunkan kolestrol.

4. Mengatasi Masalah Panas Dalam

Penyakit panas dalam biasanya memiliki banyak gejala yang jika dibiarkan, bisa menyebabkan penyakit berkepanjangan meski pada umumnya masalah panas dalam bisa sembuh tanpa harus diobati sekalipun. Beberapa gejalanya adalah sariawan, sakit tenggorokan, dan lainnya. Untuk membantu mempercepat penyembuhan, Anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi air rebusan dari daun afrika yang dipercaya bisa mengatasi masalah panas dalam karena mengandung zat anti oksidan didalamnya.

5. Sebagai Obat Hipertensi

Hipertensi atau juga disebut sebagai tekanan darah tinggi menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada orang yang sudah berumur 40 tahun lebih karena di usia ini, tubuh manusia akan rentang terkena masalah darah. Tapi bukan berarti yang muda tidak akan terkena. Untuk membantu dalam menurunkan tekanan darah yang tinggi, Anda bisa mencoba untuk rutin mengkonsumsi obat herbal sehat yang terbiuat dari daun afrika.

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Obat sembelit

7. Mengatasi kesemutan

8. Mengatasi sakit tenggorokan

9. Mengatasi sakit kepala

10. Bersifat diuretik

11. Mengatasi perut kembung

12. Mengatasi diabetes

13. Sebagai penangkal racun

14. Menjaga sistem pencernaan tubuh

15. Menjaga kesehatan paru-paru

16. Sebagai anti inflamasi

17. Sebagai obat malaria

18. Mengatasi radikal bebas

19. Sebagai anti virus

20. Sebagai anti kanker

21. Membantu mengatasi demam

22. Melancarkan pernafasan

23. Mengatasi rematik

24. Atasi pegal

25. Membuat tubuh rileks

26. Mengatasi wasir

27. Obat disentri

Cara Memanfaatkan Daun Afrika Untuk Kesehatan :

Pada umumnya, daun afrika tidak dimakan secara langsung apalagi dalam keadaan tidak dicuci terlebih dahulu. Beberapa alat yang harus Anda siapkan adalah panci, air, dan beberapa lembar daun ini. Rebuslah daun afrika sampai benar-benar matang. Diamkan sebentar kemudian airnya diminum. Bekas daun rebusan tadi bisa dibuang karena semua kandungannya sudah larut ke dalam air.

Manfaat Daun Afrika Untuk Kecantikan :

1. Melangsingkan Tubuh

Meski daun ini memiliki sedikit kandungan lemak, tapi lemak yang dimaksud adalah lemak bersih yang jika dikonsumsi tidak terlalu berakibat pada berat badan. Di sisi lain, kandungan serat pada daun ini membantu dalam melancarkan proses pengeluaran kotoran dari tubuh sehingga membantu dalam menurunkan berat badan. Untuk memaksimalkan, makan lah makanan berserat tinggi lainnya daripada makanan berkalori atau berminyak.

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat biasanya datang dan menghilang secara tiba-tiba pada daerah kulit. Jerawat juga bisa tumbuh pada bagian punggung yang biasa disebut dengan jerawat punggung. Karena kandungan anti inflamasi dan vitamin C pada daun ini, sangat membantu dalam mengatasi jerawat bahkan jerawat membandel sekalipun.

3. Menyehatkan Kulit Kepala

Ketombe, rambut rontok, rambut kering, dan masalah rambut lainnya pasti akan membuat penampilan Anda terganggu. Semua itu berakar kepada satu yaitu kulit kepala. Karena itulah menjaga kesehatan kulit kepala sangat dianjurkan. Salah satu metodenya adalah rutin mengkonsumsi rebusan air daun ini karena mengandung banyak vitamin C yang sehat untuk kulit.

4. Memutihkan dan Mencerahkan Kulit

Untuk Anda yang sering mengeluhkan kulit kusam atau kulit terlihat hitam, bisa mencoba alternatif obat herbal sehat menggunakan daun afrika. Kandungan vitamin C dan E pada daun ini membantu untuk tetap menjaga kesehatan kulit seperti menjaganya dari sinar UV matahari sampai dengan membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kusam dan tampak hitam.

5. Mengatasi Luka dan Bekas Luka

Luka biasanya bisa mengakibatkan penampilan Anda terganggu, tapi tidak selamanya. Luka bisa sembuh dengan sendirinya dan Anda tak perlu terlalu memikirkannya untuk penampilan Anda, tapi berbeda dengan bekas luka yang bisa saja bersifat permanen. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan zat anti inflamasi pada daun afrika ini membantu dalam mengatasi luka, infeksi luka, dan menghilangkan bekasnya.

Cara Memanfaatkan Daun Afrika Untuk Kecantikan :

Ada dua metode untuk kecantikan yang pertama adalah meminum air rebusannya dan yang kedua adalah mengaplikasikan langsung pada muka Anda. Untuk metode yang kedua cukup mudah, siapkan beberapa lembar daun ini kemudian iris atau haluskan sampai keluar cairannya dan tempelkan pada muka Anda. Beberapa efek samping mungkin terasa seperti rasa gatal tapi hal ini termasuk wajar.

Efek Samping Daun Afrika :

Efek Samping Daun Afrika

Jika mengkonsumsi terlalu sering, bisa menyebabkan efek samping seperti:

1. Rasa pahit pada lidah

2. Terjadi peradangan

3. Penyebab bengkak

4. Kulit terasa gatal

5. Tidak baik untuk ibu hamil (Harus dihindari)

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Jarak untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat daun afrika  memang terkenal ampuh sebagai obat herbal menyembuhkan penyakit diabetes dan kolesterol. Tetapi anda harus tahu aturan pakai dan cara memanfaatkan sebagai obat tersebut. Ingat juga adanya efek samping dari daun tanaman ini. Anda dapat membaca dan mencari informasi manfaat dan khasiat daun lainnya,

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top