Connect with us
Daun Beluntas, Khasiat Daun Beluntas, Manfaat Daun Beluntas

Daun

35 Manfaat dan Khasiat Daun Beluntas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Beluntas – Daun beluntas merupakan daun dari tanaman pagar yang dapat tumbuh subur tanpa harus dibudidayakan. Para masyarakat memang cenderung memanfaatkan daun ini sebagai tanaman pagar, hiasan pekarangan dan juga untuk lalapan. Mungkin masih jarang yang tahu bahwa sebenarnya daun beluntas ini memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Orang-orang pada zaman dahulu banyak yang memanfaatkan beluntas sebagai salah satu obat tradisional.

Daun Beluntas, Khasiat Daun Beluntas, Manfaat Daun Beluntas

Daun beluntas dipercaya mampu mengatasi masalah bau badan yang diakibatkan oleh bakteri dan keringat. Beluntas ini memiliki sebutan yang berbeda di berbagai daerah seperti luntas di daerah Jawa dan lamatusa di daerah Makasar. Manfaat yang dimiliki oleh beluntas ini mirip dengan manfaat dari daun kemangi, yakni sangat ampuh untuk mengatasi bau badan. Namun nyatanya, masih banyak manfaat dan khasiat penting lainnya yang dimiliki oleh daun beluntas.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Beluntas :

  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Asam amino
  • Fosfor
  • Minyak astiri
  • Tannin
  • Natrium
  • Lemak
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Vitamin A
  • Vitamin C

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan :

1. Membantu mengobati pegal linu

Pegal linu biasanya dirasakan setelah melakukan aktivitas berat dan melelahkan. Mungkin sebagian dari kita mengatasi masalah pegal linu ini dengan mengoleskan balsem atau memakai koyo. Namun, sudah tahukah anda bahwa pemakaian koyo dan balsem dapat memberikan efek samping jangka panjang seperti pori-pori kulit yang membesar. Sebagai alternatif yang aman untuk mengatasi pegal linu, anda bisa mencoba ramuan dari rebusan beluntas 3 kali sehari secara teratur.

2. Menyembuhkan perut kembung

Perut kembung bisa terjadi akibat terlau banyak angin di dalam perut sehingga membuatnya terasa sangat penuh. Hal ini dapat membuat kita merasa tidak nyaman bahkan sering muncul rasa mual dan mau muntah. Untuk meredakan gejala tersebut kita bisa memanfaatkan khasiat rebusan beluntas secara teratur.

Loading...

3. Membantu menguatkan saraf

Daun beluntas juga bermanfaat untuk merelaksasi tubuh serta meningkatkan fungsi saraf. Daun ini bisa kita jadikan bahan untuk berendam sembari menikmati waktu bersantai dan memanjakan tubuh. Aroma rebusan beluntas dapat memberikan efek tenang pada pikiran sehingga sangat bagus untuk meningkatkan sistem saraf.

4. Sebagai obat malaria

Malaria merupakan suatu penyakit yang dipicu oleh nyamuk. Gejala malaria seperti demam, sakit kepala, muntah dan mudah lelah dapat diatasi dengan khasiat daun beluntas. Anda dapat menjadikannya sebagai rempah-rempah yang ampuh untuk membasmi penyakit malaria.

5. Sebagai anti mikroba

Dalam sebuah study disebutkan bahwa daun beluntas bermanfaat untuk membunuh K antiulcer dan E Coli sehingga bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah infeksi saluran kemih, lambung atau gangguan pencernaan lainnya.

Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi keputihan

7. Menangani perdarahan

8. Mengobati rematik

9. Mengatasi gangguan menstruasi

10. Mengobati gangguan pencernaan pada anak

11. Menghilangkan bau mulut

12. Menurunkan tekanan darah

13. Sebagai anti bakteri

14. Mengatasi kista ovarium

15. Menghilangkan bau badan

16. Membantu menurunkan demam

17. Mengatasi asma

18. Mengobati gangguan paru-paru

19. Mencegah terjadinya infeksi

20. Menyehatkan mata

21. Melancarkan keluarnya keringat

22. Mengatasi sakit tenggorokan

23. Melancarkan produksi ASI

24. Menambah nafsu makan

Cara Memanfaatkan Daun Beluntas untuk Kesehatan :

Resep jus beluntas

Bahan :

  • 2 genggam daun beluntas
  • 3 ruas kunyit
  • 1 buah pinang
  • 1 ruas kayu manis
  • 1 lmbr daun pandan
  • ¼ sdt asam jawa
  • 25 gr gula merah
  • 400 ml air

Cara membuat :

  • Cuci bersih daun beluntas, daun pandan, buah pinang dan kayu manis.
  • Setelah itu, haluskan beluntas dengan cara ditumbuk atau diblender, tambahkan air.
  • Masukkan sari beluntas ke dalam panci dan tambahkan daun pandan, kunyit, buah pinang yang sudah dibelah dua, kayu manis, gula merah, asam jawa dan garam.
  • Rebus bahan-bahan tersebut dengan api sedang.
  • Setelah mendidih, angkat dan biarkan hangat.
  • Jus beluntas siap disajikan dengan disaring terlebih dahulu.

Daun beluntas sebaiknya diminum saat masih hangat agar vitamin dan nutrisi yang terkandung di dalam daun ini tetap utuh dan bisa terserap ke dalam tubuh secara maksimal. Selain itu anda harus mengkonsumsi racikan minuman ini secara teratur dan berangsur.

Manfaat Daun Beluntas untuk Kecantikan :

1. Mencegah penuaan dini

Daun beluntas mengandung vitamin A dan vitamin C yang cukup tinggi. Kedua vitamin ini memberikan efek posotif bagi kulit kita. Dengan mengkonsumsi beluntas secara rutin maka kulit kita dapat terhindar dari masalah tanda-tanda penuaan ini.

2. Mencerahkan kulit

Selain memperlambat proses penuaan dini, kandungan vitamin dalam daun beluntas juga efektif untuk mencerahkan kulit dan membuatnya nampak lebih kencang.

3. Membasmi jerawat dan komedo

Masalah kulit berjerawat serta komedo membandel selalu menjadi momok bagi setiap wanita yang mengalaminya. Bukan hanya karena hormon saja, jerawat juga bisa muncul karena kita terlalu sering beraktivitas di luar ruangan. Untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah tersebut, kita bisa memanfaatkan khasiat beluntas yang mampu membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat dan komedo.

4. Memperbesar payudara

Setiap wanita pasti mengharapkan memiliki bentuk payudara yang nampak kencang dan bagus. Khasiat penting dari  beluntas ini dapat membantu para wanita yang ingin memperbesar payudara dengan cara yang alami. Tentunya beluntas ini juga harus dikombinasikan dengan berbagai bahan lain seperti daun melati dan temugiring.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Suji untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cara Memanfaatkan Daun Beluntas untuk Kecantikan :

Cara mengkonsumsi daun beluntas sangatlah mudah, yakni dapat dijadikan sebagai lalapan ataupun jus segar. Untuk mengolahnya menjadi jus, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

Cara membuat jus daun beluntas untuk kecantikan :

  1. Sediakan 2 genggam daun beluntas, cuci sampai bersih.
  2. Kemudian masukkan beluntas tersebut ke dalam blender bersama sedikit perasan jeruk nipis.
  3. Anda bisa menambahkan madu organik sesuai selera.
  4. Tambahkan 1 gelas air.
  5. Blender hingga tercampur rata dan halus lalu saring.
  6. Sajikan ke dalam gelas saji.

Efek Samping Daun Beluntas :

1. Mengalami kerusakan hati

Kandungan minyak atsiri pada beluntas dapat mengakibatkan kerusakan hati. Hal ini karena organ hati bekerja keras untuk menjadikan minyak atsiri larut bersama dengan cairan lain. Oleh sebab itu karena terlalu keras dan aktif bekerja hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada hati itu sendiri.

2. Gangguan kehamilan

Kandungan minyak atsiri dalam beluntas juga dapat mengakibatkan gangguan kehamilan yang dikenal dengan istilah teratogenicity. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil tidak disarankan untuk terlalu banyak mengkonsumsi beluntas.

3. Alergi

Kondisi tubuh masaing-masing orang berbeda-beda terhadap reaksi suatu zat. Ada beberapa dari kita yang mengalami sifat sensitif terhadap asam amino. Daun beluntas memiliki kandungan asam amino yang dapat menjadikan alergi bagi mereka yang kondisi tubuhnya tidak cocok dengan asam amino. Gejala alergi tersebut biasanya ditandai dengan munculnya ruam merah pada kulit dan juga sakit perut.

4. Gangguan pada ginjal

Kandungan fosfor pada daun beluntas sangat efektif untuk proses pembentukan tulang dan gigi. Namun jika daun ini dikonsumsi secara berlebihan dapat memberikan efek samping yakni gangguan ginjal. Hal ini karena kandungan fosfor tersebut semakin lama akan mengendap pada ginjal sehingga terjadi gangguan ginjal.

5. Penyakit tulang

Selain dapat menjadikan gangguan ginjal, kandungan fosfor pada beluntas juga dapat mengakibatkan penyakit tulang jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu jangan terlalu banyak mengkonsumsi daun beluntas ini.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Seri untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun beluntas yang tumbuh subur sebagai tanaman pagar dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan menjadikan kulit wajah yang sehat, kencang dan bercahaya. Disamping itu kita harus mengkonsumsinya dengan dosis yang wajar agar tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Advertisements

Continue Reading

Lainnya dari Daun

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top