Connect with us
Daun Bidara, Manfaat Daun Bidara, Khasiat Daun Bidara

Daun

45 Manfaat dan Khasiat Daun Bidara untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun Bidara merupakan daun dari tanaman bidara (Ziziphus mauritiana), Widara, Dara, Kalangga, Rangga. Atau dikenal pula di beberapa negara asia dengan nama Jujub, Epal Siam Kon, Kom, Kok, Ko, Bekul, Bukol, Zee-Pen, Jujube, Putrea, Than, Phutsaa, Ma Tan, Tao, Tao Nhuc. Sedangkan di negara barat, dikenal dengan nama Indian Plum, Indian Jujube atau Chinese Apple. Manfaat daun bidara untuk kesehatan dan kecantikan pun perlu ditinjau dengan baik. Pasalnya, daun ini mengandung banyak gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Daun Bidara, Manfaat Daun Bidara, Khasiat Daun Bidara

Obat herbal ini sangat terkenal di Asia Tenggara. Buahnya merupakan kultivar unggalan yang diperjual-belikan secara komersil. Buah segar bidara memang sangat lezat untuk dimakan langsung, dijadikan sirup ataupun dibuat rujak dan salad. Sedangkan daun bidara yang masih muda biasanya dijadikan sayuran tumis atau rebusan. Rasanya sungguh bikin nafsu makan meningkat.

Manfaat daun bidara sangat lekat dengan kultur dan religi Islam. Di dalam Al Quran disebutkan beberapa kali mengenai pohon bidara. Menggunakan daunnya untuk mandi wajib usai haid adalah sunnah hukumnya. Selain itu, daun ini juga dipakai buat memandikan jenazah. Banyaknya manfaat bidara perlu diteliti lebih jauh terkait kandungannya, agar manfaatnya bisa menjadi lebih maksimal didapatkan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Bidara :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Bidara

Sebagai pohon yang melimpah dengan gizi dan nutrisi, sudah pasti kandungan vitamin dan mineralnya menarik dan kompleks. Berikut adalah beberapa zat yang ditemukan dalam 100 gram daun bidara:

• Karbohidrat: 15 gram
• Gula: 6-10 gram
• Serat Pangan: 0,5 gram
• Protein: 0,6 gram
• Lemak: 0,05 gram
• Air: 85 gram
• Tiamin
• Ribovlavin
• Niacin
• Zat Besi
• Fosfor
• Kalsium
• Vitamin A
• Vitamin C

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan :

1. Bahan Membuat Jamu

Jamu adalah minuman tradisional dari rempah-rempah atau herbal asli. Daun bidara adalah salah satu herbal yang digunakan untuk membuat jamu. Daun ini dibuat menjadi jamu pasti karena ada manfaatnya. Kandungan antibakterial yang dimiliki dapat mencegah kita terkena penyakit yang asalnya dari bakteri. Antibiotik alami ini juga yang kerap dipakai untuk mengobati berbagai infeksi, terutama infeksi saluran kencing.

2. Menurunkan Demam

Daun bidara biasanya digunakan untuk mengobati demam. Bagaimana caranya? Caranya mudah yaitu dengan cara diremas-remas dan dipakai untuk mandi. Mudah sekali bukan? Namun pada kasus demam tinggi sebaiknya juga diiringi dengan pemberian obat oral dari dokter. Oleh karena sifat daun pohon bidara ini hanyalah membantu meringankan dan menurunkan demam saja, tidak benar-benar akan mengentas sumber demam.

3. Bahan Memandikan Jenazah

Biasanya saat memandikan jenazah ada yang menggunakan daun. Ya, daun itu adalah daun bidara. Mengapa di gunakan untuk memandikan jenazah?karena terdapat kandungan antibakteria yang menjaga jenazah terkena bakteri dan mengalami pembusukan.

4. Mengobati Nyeri Perut

Bagaimana caranya mengobati sakit perut dengan menggunakan daun bidara? Caranya mudah sekali dengan merebusnya lalu meminum air rebusannya. Rebus tiga lembar daunnya dengan segelas air. Daun ini memang sangat banyak manfaatnya.

5. Mengatasi Nyeri Saat Kencing

Saat kita buang air kecil dan terasa nyeri sangat tidak enak bukan? Bagaimana cara mengatasinya. Cukup mudah, kita bisa memanfaatkan khasiat dari daun bidara. Yaitu dengan membuatnya membuatnya menjadi jamu. Cukup merebusnya lalu meminum air rebusannya itu, jika tidak ingin pahit, tambahkan madu secukupnya.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membersihkan darah haid
7. Membersihkan darah nifas
8. Memandikan mayat
9. Mengatasi nyeri sendi
10. Mempercepat penyembuhan luka dalam
11. Membuat minuman tonik
12. Mengatasi gangguan lambung dan usus
13. Mengobati kencing darah
14. Menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh
15. Menangkal radikal bebas
16. Membantu proses metabolisme zat makanan
17. Mencegah tulang keropos
18. Mengatasi gangguan liver
19. Mencegah radang tenggorokan
20. Mengobati panas dalam

Cara Memanfaatkan Daun Bidara untuk Kesehatan :

Seperti yang sudah diuraikan di atas, manfaat daun bidara untuk kesehatan itu banyak sekali. Maka kini saatnya memikirkan cara terbaik buat mengolahnya. Kebanyakan orang menjadikan daun ini sebagai rebusan. Airnya diminum dan nanti daunnya juga dimakan. Sebaiknya konsumsi daun ini cukup sekali sehari di pagi hari.
Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan :

1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas akan sangat bahaya untuk kecantikan kita. Kandungan senyawa antibakteria dalam daun bidara mampu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan jerawat di kulit kita. Maka dari itu kita bisa mampu memanfaatkan daun itu untuk menyembuhkan jerawat pada kulit.

2. Meremajakan Kulit

Daun bidara dapat membantu kita dalam proses meremajakan kulit. Mengapa demikian? Karena daun ini dapat membantu proses regenerasi kukit kita sehingga kulit kita menjari sehat. Caranya mudah yaitu dengan membuatnya menjadi masker.

3. Membuat Awet Muda

Menjadi awet muda atau kita terlihat lebih muda dari umur kita yang sebenarnya menyenangkan bukan? Tentu saja menyenangkan. Daun bidara dapat membantu kita tetap awet muda. Bagaimana caranya? Tentu sangat mudah yaitu dengan menjadikannya sebagai masker. Jika di pakai secara rutin wajah kita menjadi awet muda.

4. Mencerahkan Wajah

Wajah kusam sangat tidak enak bukan? Bagaimana caranya agar wajah kita terbebas dari kusam dan menjadi cerah. Sangat mudah yaitu dengan menggunakan masker daun bidara secara rutin. Masker ini mampu membantu meregenerasi sel kulit sehingga kulit kita terbebas dari kusam dan tetap cerah.

5. Mengatasi Bibir Pecah-Pecah

Daun bidara juga bisa membantu mengatasi bibir pecah pecah. Bibir pecah-pecah terjadi karena bibir kita kering. Masker bibir dari daun bidara dapat membantu kita mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Cukup oleskan masker itu ke bibir.

Manfaat Daun Bidara untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memutihkan kulit
7. Menghilangkan stretch mark
8. Meremajakan kulit
9. Melembabkan bibir
10. Mengangkat minyak di wajah
11. Mencegah bau badan
12. Mencegah kemunculan jerawat
13. Mengatasi komedo
14. Memudarkan flek hitam
15. Menyegarkan napas
16. Membuat badan seksi
17. Menjaga berat badan agar ideal
18. Mencegah kanker kulit
19. Mencegah bulu kaki cepat panjang
20. Mengangkat daki membandel

Cara Memanfaatkan Daun Bidara untuk Kecantikan :

Untuk mengambil manfaat daun pohon bidara mudah saja, langsung saja merebus daunnya dan dimakan sebagai sayuran. Bisa dimasak dengan bumbu sesuai selera. Namun sebaiknya pilihlah daun yang masih muda-muda. Merebus atau memasaknya juga jangan lama-lama agar vitamin dan mineralnya tidak rusak.

Efek Samping Daun Bidara :

Efek Samping Daun Bidara

Mengonsumsi maupun menggunakan obat-obatan herbal memang tetap saja beresiko. Bahkan resikonya seringkali lebih banyak daripada obat-obatan pabrik farmasi. Ini terjadi karena obat herbal yang berasal dari tanaman seringkali tidak jelas dosis pemakaiannya serta aturan pakainya. Untuk itu sebelum memakai jenis obat herbal seperti olahan daun bidara ini mestinya konsultasi dulu pada ahlinya. Berikut adalah beberapa efek sampingnya :

1. Mengantuk
2. Alergi Kulit
3. Muntah
4. Mual
5. Lidah Kepahitan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Berbagai efek samping di atas bisa diminimalisir kejadiannya bila daun ini dikonsumsi sesuai dengan cara yang baik dan benar. Melakukan uji alergi daun ini jauh lebih baik, misalnya dengan menggosok-gosokkan dulu daunnya ke tangan atau belakang telinga. Jika tidak ada reaksi seperti gatal, kemerahan dan edema atau pembengkakan, artinya tubuh bisa menerima daun dari pohon bidara ini.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top