Connect with us
Daun Binahong, Manfaat Daun Binahong, Khasiat Daun Binahong

Daun

100 Manfaat dan Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun binahong, gondola, gedrek, genjerot, atau uci-uci merupakan daun tanaman herbal yang sejak dulu sudah terkenal bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan dalam diri manusia. Daun ini sering ditemukan di daerah tropis dan sudah sering dijadikan oleh dokter sebagai bahan obatnya. Tentu saja sudah diuji dengan hasil yang sehat untuk tubuh manusia. Manfaat daun binahong sendiri tidak hanya sekedar membantu menyehatkan tubuh, namun juga bermanfaat untuk kaum hawa dalam mengurus setiap masalah kecantikan.

Daun Binahong, Manfaat Daun Binahong, Khasiat Daun Binahong, gondola, gedrek, genjerot, uci-uci

Daun ini juga sangat mudah ditemukan di wiliayah Indonesia. Karena itulah, banyak orang yang sering menggunakan daun ini sebagai obat ampuh dalam mengatasi penyakit, bahkan untuk kanker sekalipun. Penggunaan dan lokasi yang mudah sangat membantu untuk orang yang ingin memanfaatkan daun ini. Kandungan gizi dan nutrisi yang ada pada daun binahong juga sangat bagus untuk kesehatan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Binahong :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Binahong

Daun binahong memiliki banyak sekali zat aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantaranya adalah alkaloid, minyak atsiri, anti-oksidan, dan berbagai banyak nutrisi lainnya. Kandungan tersebut juga sangat membantu dalam pembentukan zat-zat aktif lainnya seperti anti-oksidan.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Diabetes

Diabetes bisa terjadi karena masalah gula dalam tubuh manusia. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit ganas karena bisa menyebabkan kematian meski presentasinya sedikit. Daun binahong memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh sehingga terhindar dari masalah diabetes. Rutinlah untuk mengkonsumsi daun binahong untuk mencegah diabetes.

2. Mengatasi Kolestrol Tinggi

Kolestrol bisa terjadi karena terlalu sering memakan makanan yang tak sehat seperti makanan cepat saji atau makanan dengan minyak tinggi. Kandungan alkali yang terdapat pada daun binahong sangat membantu dalam mengatasi kolestrol tinggi yang sering menjadi keluhan bagi para penderitanya.

3. Mengatasi Sesak Nafas atau Asma

Sesak nafas bisa terjadi karena berbagai masalah seperti kotoran yang ada pada saluran pernapasan sehingga menyebabkan asma atau sesak nafas. Jika seperti itu, konsumsi daun binahong adalah langkah yang sangat tepat karekan kandungan aktif yang ada pada daun ini berfungsi untuk mengatasi dan membersihkan saluran pernpasan yang kotor tadi. Selain itu, infeksi pernapasan juga bisa diatasi oleh daun ini.

4. Kekurangan Darah

Anemia biasanya terjadi karena tubuh kekurangan darah. Gejala umumnya adalah lemah lesu dan sering pusing. Zat besi yang terkandung dalam daun binahong berfungsi untuk membentuk sel-sel darah merah dalam tubuh sehinggai mencegah anemia pada seseorang. Karena itulah, orang yang memilliki gangguan darah rendah sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun sehat ini.

5. Mengatasi Batuk

Batuk bisa terjadi karena berbagai masalah seperti misalnya kotoran yang ada pada saluran pernapasan atau flu. Kandungan yang ada pada daun binahong membantu dalam mengatasi batuk. Rutinlah untuk meminum air rebusan daun binahong karena dengan metode ini, dapat memaksimalkan khasiat daun ini untuk mengatasi batuk. Daun binahong juga terkenal dengan nama obat tradisional batuk.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatasi paru-paru kotor.

7. Mengatasi racun yang masuk dalam tubuh.

8. Mengatasi stamina yang kurang.

9. Mempercepat penyembuhan luka.

10. Mengatasi maag atau nyeri pada lambung.

11. Mengatasi lemah syahwat pada kaum laki-laki.

12. Melancarkan datang bulan untuk wanita.

13. Mengatasi anak yang susah makan.

14. Menambah selera makan.

15. Sebagai obat mimisan.

16. Mengatasi penyakit wasir.

17. Mengatasi ambien.

18. Obat pasca operasi melahirkan.

19. Menjaga tubuh agar tetap hangat.

20. Mengatasi kanker.

21. Mengatasi bengkak.

22. Mengatasi luka/memar.

23. Mengatasi radang pada tenggorokan.

24. Mengatasi tulang yang mulai kropos.

25. Mengatasi gatal atau iritasi kulit.

26. Sebagai obat radang usus.

27. Mengatasi strok.

28. Mengatasi luka tak sembuh.

29. Mencegah rematik.

30. Memulihkan stamina.

31. Menambah energi.

32. Mengatasi asam urat kronis.

33. Atasi darah rendah.

34. Mengatasi pembengkakan pembulu darah.

35. Mengatasi flek.

36. Menyembuhkan luka operasi.

37. Menghilangkan bekas operasi bedah.

38. Sebagai obat khitan.

39. Mengatasi wasir.

40. Sebagai obat arthirits.

41. Mengatasi diare.

42. Sebagai obat sakit kepala.

43. Sebagai obat stres.

44. Mengatasi penyakit kronis.

45. Sebagai obat thipus.

46. Menyehatkan badan dan sendi.

47. Atasi pendarahan kulit dan organ dalam.

48. Menambah vitalitas.

49. Mengatasi eksim.

50. Menyehatkan kulit.

Cara Memanfaatkan Daun Binahong Untuk Kesehatan :

Rebus daun binahong menjadi metode yang umum digunakan dan termasuk metode dengan hasil maksimal. Namun jika untuk mengatasi luka atau segala keperluan dari luar, sebaiknya gunakan metode masker dengan cara menghaluskan daun binahong menggunakan blender kemudian ditempel atau dioles ke daerah yang ingin disembuhkan.

Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan :

1. Membuat Kulit Lebih Cerah

Kandungan vitamin dan nutrisi dalam daun binahong sangat bermanfaat untuk membantu memutihkan kulit. Cara penggunaan yang paling maksimal adalah menggunakan daun ini sebagai masker, namun sebaiknya dihancurkan terlebih dahulu menggunakan blender atau lainnya. Setelah itu, oleskan ke kulit secara merawat sampai kering. Jika sudah kering, bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya.

2. Menghilangkan Komedo

Komedo tumbuh di ujung hidung dan masalah ini sering menjadi masalah besar untuk kaum hawa karena akan sangat mengganggu penampilannya. Kandungan zat aktif dalam daun binahong bisa membuat komedo hilang bersama dengan bekasnya. Penggunaannya sama dengan sebelumnya yaitu digunakan sebagai masker wajah selama kurang lebih 30 menit kemudian di bilas dengan air bersih.

3. Mengatasi Jerawat

Jerawat bisa tumbuh pada wajah dan hal ini menjadi masalah yang cukup serius karena tidak semua jerawat bisa sembuh dengan cepat, apalagi jerawat yang Anda derita adalah jerawat besar, merah, dan penuh cairan didalamnya. Rutin menggunakan daun binahong sebagai masker bisa sangat membantu dalam mengatasi setiap masalah jerawat. Mulai dari jerawat jinak sampai ganas asal Anda mau mempertahankan konsistensi Anda.

4. Menghilangkan Bekas Luka, Bekas Jerawat, Komedo, dan Lainnya

Sering kali jika masalah jerawat atau masalah kulit lainnya sudah sembuh tapi masih ada bekas membuat Anda merasa drop. Vitamin dan kandungan zat anti oksidan dalam daun binahong berfungsi untuk menghilangkan bekas bermacam luka atau jerawat yang ada pada kulit. Penggunaannya masih sama yaitu rutin menggunakannya sebagai masker dengan waktu yang sudah Anda terapkan.

5. Memperindah Mata

Kandungan yang ada dalam daun ini juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Berbagai efek bagi mata pun sangat positif, diantaranya adalah membuat mata tampak lebih cerah, segar, dan melihat lebih tajam. Penggunaan untuk masalah mata ini bisa dengan cara diminum air rebusan daun binahong atau menempelkan pada mata seperti mentimun karena juga memiliki sifat dingin yang baik untuk mata.

Manfaat Daun Binahong Lainnya Untuk Kecantikan :

6. Melindungi kulit dari sinar UV.

7. Memperputih gigi.

8. Memperkuat rambut.

9. Membuat rambut tampak lebih hitam dan cantik.

10. Menyehatkan kuku.

11. Memperkecil pori-pori.

12. Mengatasi tumit pecah-pecah.

Cara Memanfaatkan Daun Binahong Untuk Kecantikan :

Gunakan sebagai masker dengan cara dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender atau ditumbuk kemudian oleskan pada bagian kulit yang perlu perawatan. Lakukan metode ini selama 30 menit kemudian bilas menggunakan air bersih jika dirasa sudah cukup.

Efek Samping Daun Binahong :

Efek Samping Daun Binahong

Konsumsi secara berlebihan tanpa diimbangi dengan gizi lainnya, bisa menyebabkan efek samping. Efek samping dari daun binahong antara lain:

1 Penyebab strok.

2. Penyebab kejang-kejang.

3. Serangan jantung.

4. Darah tinggi.

5. Gangguan otot.

6. Hilang kesadaran.

7. Gangguan pada otak.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Itu dia manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan beserta dengan cara penggunaan yang baik dan efek samping yang bisa ditimbulkan. Jangan coba-coba untuk mengkonsumsi daun tanaman binahong secara berlebihan tanpa diimbangi dengan nutrisi dan gizi lainnya. Anda juga dapat membaca khasiat dan manfaat daun lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top