Connect with us
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam

Daun

25 Manfaat dan Khasiat Daun Cakar Ayam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Cakar Ayam – Daun cakar ayam merupakan daun yang sering dijadikan sebagai obat herbal dan rempah rempah. Daun cakar ayam sempat dijadikan sebagai salah satu bahan penelitian karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Study mengenai manfaat daun tanaman cakar ayam tersebut dipublikasikan dalam sebuah jurnal berjudul Antitumor Activities of Ethyl Acetate Extracts from Selaginella doederleinii Hieron In Vitro and In Vivo and Its Possible Mechanism. Manfaat dari daun cakar ayam ini sendiri mungkin masih belum banyak dikenal masyarakat. Hal ini karena cakar ayam yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias memang masih jarang ditemui.

Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam

Tanaman cakar ayam ini biasanya tumbuh di dataran tinggi seperti di pinggir jalan pegunungan, pinggir jurang atau tempat tertentu yang bersuhu cukup dingin. Meskipun demikian, menurut penelitian disebutkan bahwa daun cakar ayam memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit baik ringan maupun berat.

Ekstrak dan ramuan daun cakar ayam sudah banyak dikenal di Tionghoa. Obat herbal ini banyak ditemukan di Barat Daya dan Selatan China, terutama yang memiliki ketinggian rendah. Kandungan zat yang terdapat pada daun cakar ayam dipercaya untuk menyembuhkan penyakit kanker bahkan sejak ratusan tahun lalu. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika kita mulai untuk membudidayakan tanaman cakar ayam dan mengambil manfaatnya untuk menjaga kesehatan.

Ciri – Ciri Daun Cakar Ayam :

Bentuk daun herbal ini mirip seperti cakar ayam yang menjadikannya mudah dikenali dengan nama yang sama. Pohon daun ini memiliki ketinggian sekitar 35 cm. Bentuk daunnya memanjang dan bagian pinggirnya berbentuk agak tajam. Daun ini berwarna hijau segar namun saat sudah kering karena pengaruh cuaca akan berubah warna menjadi kecoklatan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Cakar Ayam :

  • Alkaloid
  • Glikoida
  • Flavonoid
  • Phytosterol
  • Sifat anti-piretik
  • Sapotin
  • Hemostatik
  • Anti-racun
  • Anti-kanker
  • Anti-inflamsi

Manfaat Daun Cakar Ayam untuk Kesehatan :

1. Membantu mencegah terjadinya peradangan

Beberapa kondisi peradangan yang umumnya menyerang tubuh adalah radang mulut atau radang tenggorokan. Peradangan ini sebenarnya bisa dicegah dengan memanfaatkan daun cakar ayam. Daun ini memiliki siat anti-inflamasi yang bermanfaat untuk membantu meredakan rasa tidak nyaman dan sakit pada tubuh akibat peradangan. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan cakar ayam ini maka radang tenggorokan akan berlangsung reda dan segera sembuh.

2. Meredakan demam

Daun cakar ayam juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk menurunkan panas. Daun ini memiliki kandungan alami yang bersifat anti piretik. Salah satu fungsi dari sifat anti piretik tersebut adalah untuk menurunkan demam tinggi pada anak-anak maupun dewasa. Selain dengan merebusnya sebagai ramuan herbal yang menyehatkan, anda juga bisa mengambil sari pati dari daun cakar ayam untuk membantu meredakan demam.

3. Membersihkan darah

Khasiat lain dari daun cakar ayam adalah untuk menyaring darah dalam tubuh. Daun ini juga dapat membersihkan kotoran yang terdapat dalam aliran darah sehingga darah yang mengalir ke seluruh tubuh aman dan bersih dari berbagai macam kotoran.

4. Sebagai anti racun

Keistimewaan yang dapat dirasakan dari cakar ayam salah satunya adalah untuk melawan racun dalam tubuh. Kandungan anti fungsi yang tinggi dalam daun ini dapat melawan racun yang masuk dalam tubuh dan mencegah terjadinya pengendapan racun.

5. Mengehentikan pendarahan

Daun cakar ayam memiliki kandungan alami yang bersifat hemostatik. Sifat tersebut sangat berkhasiat dalam membantu menghentikan pendarahan. Baik pendarahan karena luka ataupun mimisan dapat diatasi dengan memanfaatkan daun herbal ini yang mampu berfungsi sebagai pembeku darah.

6. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau yang juga disingkat dengan ISK adalah salah satu jenis gangguan kesehatan yang menyerang saluran kencing. Hal ini akan mengakibatkan penderita mengalami kesulitan saat ingin buang air kecil. Cara alami untuk menyembuhkan masalah tersebut adalah dengan memanfaatkan khasiat daun herbal cakar ayam sebagai ramuan menyehatkan yang bisa diminum secara teratur.

7. Mengatasi patah tulang

Kondisi patah tulang umumnya membutuhkan waktu yang cukup lama hingga masa pemulihan. Bagi anda yang mungkin mengalami patah tulang, anda bisa mencoba memanfaatkan daun cakar ayam sebagai alternatif untuk mempercepat proses pemulihan. Daun ini dayakini mampu membantu proses penyembuhan tulang dengan lebih cepat.

8. Membantu mengobati penyakit kulit

Penyakit kulit memang beragam, misalnya seperti panu, gatal-gatal, kadas, kurap dan sebagainya. Masalah kulit ini selain memberikan rasa tidak nyaman juga dapat mempengaruhi penampilan. Salah satu alternatif tepat untuk menyembuhkan masalah penyakit kulit ini adalah dengan memanfaatkan daun herbal cakar ayam. Daun ini bisa dijadikan sebagai obat luar dengan cara menghaluskan daunnya lalu diaplikasikan pada area kulit yang bermasalah. Tunggu beberapa saat dan ganti saat pasta daun ini mulai mengering.

9. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup kita. Oleh sebab itu, kita harus selalu menjaga kesehatan ginjal agar tidak terjadi penyakit yang membahayakan. Salah satu bahan alami yang berperan penting untuk menjaga kesehatan ginjal adalah daun cakar ayam. Daun herbal ini bermanfaat untuk menguatkan organ ginjal dari serangan penyakit atau racun berbahaya.

10. Menyembuhkan perut kembung

Perut kembung merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan rasa penuh pada bagian perut dan sulit untuk buang gas maupun buang air. Saat perut kembung ini dibiarkan maka suhu tubuh akan menjadi tinggi dan dapat memicu demam.Selain itu, perut kembung juga dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya lain bagi tubuh kita. Salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengatasi perut kembung adalah dengan meminum ramuan herbal yang terbuat dari daun cakar ayam. Sebaiknya ramuan ini diminum selagi hangat untuk mendapatkan efek menghangatkan tubuh dan melancarkan buang gas atau angin.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Tin untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Cakar Ayam untuk Kesehatan Lainnya :

11. Sebagai obat diare

12. Membantu mengatasi reumatik

13. Sebagai obat batuk

14. Menyembuhkan amandel

15. Sebagai anti kanker

16. Mencegah infeksi saluran nafas

17. Melancarkan sistem peredaran darah

18. Sebagai anti neoplasma

19. Mengatasi pembengkakan

20. Mengatasi radang paru

21. Menyembuhkan arthitis

22. Mengobati koriokarsinoma

23. Mengatasi karsinoma nasofaring

24. Sebagai obat kanker paru-paru

25. Obat kanker serviks

Cara Memanfaatkan Daun Cakar Ayam untuk Kesehatan :

Cara untuk mengolah daun cakar ayam cukup sederhana. Selain memanfaatkan daun yang masih segar, kita juga bisa memanfaatkan daun cakar ayam kering yang sekarang ini sudah banyak dikemas dalam bentuk teh tubruk. Cara untuk mengolah daun herbal cakar ayam kering ini cukup mudah, anda hanya perlu menyediakan beberapa daun cakar yang masih segar. Setelah itu cuci daun hingga bersih dan jemur di bawah terik matahari. Setelah daun cakar tersebut kering, anda bisa menggunakannya sebagai teh dan diseduh dalam segelas air panas. Konsumsi teh herbal ini secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bebas dari gangguan berbagai macam penyakit.

Adapun pemanfaatan daun cakar sebagai obat luar adalah dengan menumbuk daun secukupnya, lalu diaplikasin pada area kulit yang bermasalah.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Beluntas untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun cakar ayam mungkin masih terdengar asing di telinga kita, namun kandungan nutrisi dan gizi pentingnya dapat kita manfaatkan sebagai bahan herbal untuk kesehatan. Bahkan khasiat dari daun herbal ini sudah terbukti dalam penelitian yang dituangkan dalam sebuah jurnal terpercaya. Jadi tidak ada salahnya kita memanfaatkan daun ini sebagai bahan herbal untuk menyehatkan tubuh secara alami.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top