Connect with us
Daun Cempaka Putih

Daun

25 Manfaat dan Khasiat Daun Cempaka Putih untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Daun Cempaka Putih – Daun cempaka putih merupakan salah satu daun bagian dari tanaman cempaka yang biasa digunakan sebagai obat herbal. Tanaman cempaka putih sudah populer sebagai tanaman penghias rumah karena memiliki bunga yang cantik. Tak heran jika banyak rumah-rumah yang halamannya dihiasi dengan tanaman cempaka ini. Selain bunganya yang indah, ternyata kita juga bisa mengambil manfaat dari daun cempaka putih untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Daun Cempaka Putih

Kandungan alami yang terdapat pada daun cempaka putih ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan herbal yang aman. Manfaat dari daun cempaka putih ini bisa anda dapatkan dengan merebusnya dan dijadikan ramuan herbal yang menyehatkan. Anda juga bisa menambahkan bahan alami lain untuk mendapatkan hasil maksimal. Dengan demikian tubuh kita akan selalu sehat dan bisa beraktivitas dengan lancar tanpa perasaan tidak nyaman akibat kurang enak badan.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Cempaka Putih :

  • Liriodenina
  • Alkaloid mikelarbina

Manfaat Daun Cempaka Putih untuk Kesehatan :

1. Mengatasi vertigo

Vertigo merupakan kondisi dimana kepala merasa melayang-layang dan sangat pusing. Kadang dalam kasus parah, penyakit ini dapat membuat si penderita kehilangan kesadaran sesaat. Kondisi ini biasanya terjadi sekitar 15 menit dan hilang dengan sendirinya. Hal ini terkadang juga membuat si penderita kewalahan karena bisa muncul kapan saja karena berbagai faktor. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah vertigo ini adalah dengan memanfaatkan daun cempaka putih beserat bunganya dengan direbus dan diminum secara teratur.

2. Mencegah resiko penyakit magh

Penyakit magh dapat menyerang tubuh karena kelebihan kadar asam lambung yang dipengaruhi oleh berbagai faktor. Kondisi ini mengakibatkan dinding lambung terluka dan menyebabkan rasa perih. Bagi mereka yang menderita magh biasanya mereka akan lebih mudah kembali mengalaminya jika tidak menjaga pola makan dengan baik. Untuk mencegah terjadinya penyakit magh ini kita bisa menggunakan khasiat dari daun cempaka putih yang direbus terlebih dahulu dan diminum secara rutin.

3. Mengatasi Keputihan

Keputihan menjadikan wanita merasa tidak nyaman terlebih saat harus melakukan banyak gerak. Keputihan ini ditandai dengan dua gejala yakni keputihan yang normal dan abnormal. Keputihan normal biasanya berwarna bening dan tidak menimbulkan bau. Keputihan ini terjadi untuk membersihkan organ intim karena reaksi dari luar secara alami. Sedangkan keputihan abnormal yang harus diwaspadai adalah keluarnya cairan yang banyak, berwarna kuning kehijauan dan kadang dapat menimbulkan gatal. Ramuan alami dari daun cempaka putih beserta bunganya dapat dicoba untuk mengatasi masalah keputihan sekaligus mencegahnya terjadi lagi.

4. Meredakan demam

Saat seseorang mengalami demam dan suhu terus naik tentunya ini akan sangat mengkhawatirkan. Banyak hal akan segera dilakukan termasuk pergi ke klinik kesehatan untuk meminta obat pereda panas. Padahal kita bisa melakukan cara alami yang ampuh untuk meredakan demam. Cara tersebut adalah dengan memanfaatkan daun cempaka putih sebagai rebusan alami dan diminum secara teratur hingga suhu tubuh kembali normal.

5. Menyembuhkan radang sendi

Radang sendi biasanya dirasakan oleh mereka yang sudah cukup umur atau lanjut usia. Disamping menimbulkan rasa sakit, hal ini juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Perdangan pada sendi ini bisa terjadi karena berbagai faktor yang salah satunya akibat reumatik yang menyerang persendian. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah radang sendi ini adalah dengan memanfaatkan bahan alami daun cempaka putih yang memiliki kandungan penting untuk menyembuhkan masalah persendian.

6. Mengobati sinusitis

Sinusitis merupakan gangguan yang berhubungan dengan organ hidung. Bagi para penderita penyakit ini biasanya mereka merasakan sakit saat cuaca dingin atau pagi hari. Penyakit ini memang bisa muncul di saat tertentu terutama saat suhu dingin. Penderita sinusitis bisa mencoba untuk menyembuhkan penyakitnya dengan memanfaatkan pengobatan herbal. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan menghirup aroma dari daun cempaka putih secara rutin sampai sinusitis bisa disembuhkan.

7. Menyembuhkan radang tenggorokan

Penyakit radang tenggorok diakibatkan karena adanya infeksi mikroorganisme ataupun makanan yang pedas. Gejala yang dirasakan biasanya rasa tidak nyaman pada bagian tenggorokan. Bahkan rasa sakit ini akan semakin menjadi saat kita mencoba untuk mengkonsumsi makanan. Radang tenggorokan yang kian lama kian parah harus segera diatasi salah satunya dengan memanfaatkan ramuan daun cempaka putih. Ramuan ini akan membuat tenggorokan kita normal kembali sehingga kita bisa menikmati makanan dengan lahap seperti biasanya.

8. Mengobati perut kembung

Manfaat lain yang bisa diambil dari daun cempaka putih adalah untuk mengatasi perut kembung. Masalah perut kembung ini biasanya dipengaruhi oleh salah makan atau masuk angin. Gejala awal yang ditimbulkan adalah sendawa berlebih. Bagi anda yang mengalami perasaan tidak nyaman pada perut dan sendawa berlebih maka bisa saja anda memang sedang mengalami perut kembung. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan melakukan pengobatan herbal dari daun cempaka putih yang aman tanpa efek samping. Anda bisa menyeduh daun cempaka putih dan bunganya layaknya menyeduh teh tubruk.

9. Mengatasi bau badan

Siapapun orangnya pasti akan merasa kurang percaya diri saat memiliki masalah bau tidak sedap. Baik wanita maupun pria, bau badan menjadi poin penting dalam hal penampilan. Saat bau badan tidak sedap maka orang lain akan menganggap kita tidak bisa menjaga kebersihan dan orang lain disekitar kita pun akan merasa tidak nyaman.

Bagi anda yang mengalami masalah bau badan memang akan sangat mengganggu terutama saat kita memiliki aktivitas yang padat karena tubuh akan mudah berkeringat. Untuk mengatasi masalah ini maka kita bisa menggunakan bahan alami yakni dengan daun cempaka putih. Mungkin selama ini kita hanya mengetahui khasiat daun sirih saja untuk mengatasi bau badan, namun kali ini anda bisa mencoba membuat rebusan daun cempaka putih untuk mengatasi masalah tersebut.

10. Membantu memperlancar haid

Mengalami stres atau kelelahan menjadi faktor terjadinya haid yang tidak lancar. Hal ini karena produksi hormon menjadi tidak optimal. Siklus haid yang tidak lancar atau hanya keluar darah sekedarnya saja bisa berbahaya bagi wanita karena dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit terutama yang berhubungan dengan organ reproduksi. Air rebusan daun cempaka putih diyakini berkhasiat untuk membantu melancarkan darah haid bagi wanita dengan meminumnya secara teratur.

Manfaat Daun Cempaka Putih untuk Kesehatan Lainnya :

11. Mengatasi pusing

12. Sebagai obat batuk

13. Menyembuhkan migrain

14. Menyembuhkan infeksi saluran kencing

15. Mengatasi sakit kepala

16. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

17. Mencegah terjadinya mual

18. Menyehatkan organ jantung

19. Menjaga kesehatan lambung

20. Sebagai anti inflamasi

21. Mengatasi pembengkakan kelenjar prostat

22. Melancarkan buang air kecil

23. Mengatasi batuk rejan

24. Mengobati bronkitis

Cara Memanfaatkan Daun Cempaka Putih untuk Kesehatan :

Daun cempaka putih bisa diolah dengan cara merebus beberapa daun segar dan air rebusannya langsung diminum dalam keadaan dingin. Selain itu, kita juga bisa mengolah daun cempaka putih sebagai teh dengan cara mengeringkannya terlebih dahulu berserta bunganya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Benalu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun cempaka putih memiliki kandungan nutrisi dan gizi penting bagi tubuh yang dapat kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan badan dan mengobati berbagai penyakit. Bahan herbal ini sangat aman untuk digunakan serta minim efek samping bahkan bisa dikatakan tidak ada efek sampingnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika anda memiliki keluhan penyakit seperti yang disebutkan diatas anda segera membuat ramuan herbal dari daun cempaka putih.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top