Connect with us
Daun Cincau, Manfaat Daun Cincau, Khasiat Daun Cincau

Daun

30 Manfaat dan Khasiat Daun Cincau untuk Kesehatan, Kecantikan dan Efek Samping

Daun cincau merupakan daun sering kita lihat banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan es atau minuman. Daun kaya manfaat ini memiliki tekstur dan bentuk yang mirip seperti agar-agar. Selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, daun cincau maupun cincaunya sendiri menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Pada umumnya obat herbal memiliki rasa yang cenderung pahit, namun cincau ini justru tidak berasa dan nikmat untuk dikonsumsi.

Daun Cincau, Manfaat Daun Cincau, Khasiat Daun Cincau

Daun cincau yang memiliki nama ilmiah Cycleabarbata ini juga dikenal dengan nama daerah tarawulu, camcauh, kepleng dan juju. Terdapat 2 jenis cincau yang sama-sama memiliki khasiat penting bagi tubuh, yakni cincau hitam yang terbuat dari tanaman Perdu Premna Serratifolia atau Mesona Palustris dan juga cincau hijau yang berasal dari tanaman Cyleabarbata.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Daun Cincau :

Menurut beberapa riset saat melakukan uji coba perihal kandungan nutrisi dari daun cincau, ditemukan hasil beberapa kandungan nutrisi penting dalam setiap 100 g cincau. Nutrisi dan gizi tersebut adalah :

  • Energi 122 kkal
  • Lemak 1 g
  • Karbohidrat 26 g
  • Protein 6 g
  • Fosfor 100 mg
  • Vitamin A 10.750 SI
  • Vitamin B1 80 mh
  • Vitamin C 17 mg
  • Kalsium 100 mg
  • Serat makanan 6.23 g

Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan :

1. Membentuk sel darah merah

Meskipun memiliki bentuk yang relatif kecil, namun khasiat dari daun cincau ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan pembentukan sel darah merah. Daun ini mengandung zat besi yang berperan sebagai komponen utama bagi sel darah merah untuk mengikat oksigen dalam tubuh. Dengan lancarnya regenerasi sel darah merah di dalam tubuh kita, maka fungsi organ dalam tubuh pun akan berjalan dengan optimal.

2. Sebagai obat diabetes

Kanadungan senyawa bisbenzilsokuinolin dan juga klorofil dalam daun cincau memiliki khasiat untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan demikian kinerja hormon insulin pankreas akan semakin aktif dan stabil dalam pengaturan kadar gula darah. Saat kita mengkonsumsi rebusan daun segar ini 2 kali sehari secara teratur dengan takaran 200 ml setiap minum, maka kita dapat terhindar dari resiko diabetes bahkan mampu menyembuhkan penyakit tersebut.

3. Menyembuhkan vertigo

Vertigo merupakan kondisi sakit kepala yang terasa amat sakit sehingga mengganggu aktivitas seseorang. Saat kita mengalami kondisi vertigo seperti ini, maka kita bisa mencoba ramuan alami dari daun cincau agar sakit kepala berangsur reda.

4. Mencegah terjadinya osteoporosis

Kandungan kalsium, mineral dan fosfor yang tingg pada daun cincau berperan penting dalam proses regenerasi sel tulang yang mengalami pengeroposan. Kandungan penting ini akan menutrisi tulang dan membentuk sel-sel darah yang sudah rusak. Oleh sebab itu, kesehatan tulang kita akan selalu terjaga meskipun dalam usia yang sudah mulai menua.

5. Membantu menurunkan demam

Saat badan demam, usaha yang harus kita lakukan untuk menurunkan suhu panasnya selain istirahat yang cukup adalah dengan memberukan ramuan cincau segar. Daun cincau memiliki sifat dingin yang dapat meyerap suhu panas pada tubuh sehingga demam pun dapat teratasi. Selain itu, daun cincau juga memiliki kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar cepat pulih dan kembali bersemangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Manfaat Daun Cincau untuk Kesehatan Lainnya :

6. Penangkal radikal bebas

7. Mengatasi gangguan sistem pencernaan

8. Sebagai penunda lapar

9. Meningkatkan daya tahan tubuh

10. Menormalkan kadar kolesterol

11. Sebagai anti inflamasi

12. Membantu mengobati tumor

13. Sebagai obat keracunan akibat mengkonsumsi seafood

14. Menyembuhkan radang lambung

15. Sebagai obat sakit tipes

16. Menyembuhkan hipertensi

17. Mengatasi diare

18. Efektif untuk mencegah kanker

19. Mengatasi masalah pada otot

20. Sebagai obat sakit maag kronis

Cara Memanfaatkan Daun Cincau untuk Kesehatan

Untuk mengkonsumsi daun cincau sangatlah mudah, anda bisa menyiapkan beberapa embar daun cincau lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu, blender daun tersebut ke dalam 1 gelas air yang masih hangat lalu saring ampasnya. Minumlah ramuan herbal daun cincau tersebut secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Kelengkeng untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Daun Cincau untuk Kecantikan :

1. Merilekskan otot wajah

Otot merupakan suatu organ yang digunakan setiap saat. Melakukan aktivitas yang padat menjadikan otot bekerja dengan sangat keras. Hal ini dapat memicu terjadinya ketegangan pada otot. Jika hal ini terjadi pada otot wajah maka wajah kita akan nampak kusam dan mempengaruhi kecantikan penampilan kita. Dengan melakukan treatment menggunakan daun cincau maka otot-otot dalam tubuh sekaligus otot wajah akan menjadi rileks dan terlihat sehat.

2. Mencegah terjadinya penuaan dini

Tanda-tanda penuaan dapat muncul karena berbagai alasan seperti beban pikiran yang berat, faktor usia, pola makan, kebiasaan bergadang dan lain-lain. Penuaan dini ini biasanya ditandai dengan muncunya garis halus pada wajah serta juga kulit wajah yang kendur dan tidak kencang. Bagi anda yang mengalami masalah penuaan dini seperti ini maka anda harus segera menanganinya dengan melakukan perawatan wajah dari bahan herbal. Bahan herbal terbukti aman dan juga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

Dengan memanfaatkan bahan herbal, kita bisa terhindar dari berbagai masalah kulit seperti iritasi atau alergi. Bahan herbal ini juga aman untuk kesehatan tubuh daripada menggunakan kosmetik yang mungkin mengandung bahan kimia berbahaya.

Bahan herbal untuk perawatan kulit biasanya dibuat dengan memanfaatkan berbagai macam tumbuhan, salah satunya daun cincau. Daun ini memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat sebagai filter kulit dalam melawan radikal bebas yang mengganggu kesehatan kulit.

3. Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dari daun cincau bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Dengan melakukan perawatan kulit dari bahan daun segar ini maka kulit kita akan selalu cerah dan bercahaya. Selain itu, warna kulit kita tidak akan mudah menjadi belang dan jauh lebih rata. Daun cincau ini pun juga cocok untuk semua jenis kulit sehingga bisa digunakan bagi siapa saja yang ingin mempercantik wajahnya. Adapun pemakaian masker untuk wajah yang tepat adalah pada saat malam hari sebelum tidur atau pagi hari sebelum beraktivitas karena pada saat tersebut kulit tidak mengalami banyak tekanan.

4. Menyamarkan flek hitam dan noda bekas jerawat

Selain mencerahkan kulit, kandungan vitamin C pada daun cincau juga ampuh untuk menyamarkan noda bekas jerawat sehingga wajah akan tampak bersih dan jauh dari yang namanya flek hitam.

5. Mengurangi peradangan jerawat

Jerawat menjadi momok besar bagi setiap yang mengalaminya. Jerawat sendiri terdiri dari berbagai macam, yakni jerawat batu, bruntusan dan lain-lain. Jerawat umumnya diakibatkan oleh kumpulan minyak serta kotoran di bawah satu titik sel kulit dan tidak mampu keluar melalui pori kulit. Timbulnya jerawat ini disebabkan oleh berbagai hal seperti terlalu sering terkena debu, pemakaian kosmetik, jarang membersihkan make up saat tidur, terlalu banyak konsumsi protein, datang bulan dan lain-lain.

Bukan hanya mengganggu penampilan, namun adanya jerawat terkadang juga menimbulkan rasa nyeri saat disentuh. Dengan rutin mengkonsumsi daun cincau sebagai jus ataupun sebagai masker alami maka peradangan yang terjadi akibat jerawat dapat segera teratasi.

Cara Memanfaatkan Daun Cincau untuk Kecantikan :

Pemanfaatan daun cincau untuk kecantikan dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dari dalam dan dari luar. Perawatan dari dalam bisa dilakukan dengan merebus daun cincau sebagai ramuan herbal yang aman. Sedangkan perawatan dari luar bisa dilakukan dengan membuat masker dari daun cincau halus. Masker untuk treatment wajah ini juga bisa dicampur dengan bahan alami lainnya seperti air lemon, minyak zaitun, telur, madu, air mawar dan lain-lain. Dengan demikian kulit kita akan menjadi cantik dan penampilan pun akan sangat menarik.

Efek Samping Daun Cincau :

Sampai saat ini belum ada riset yang mengatakan bahwa obat herbal yang bisa diolah sebagai makanan dan minuman tersebut memiliki efek samping. Namun kita ketahui jika mengkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan mual ataupun alergi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Sambung Nyawa untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Selain memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan, daun cincau kaya akan kandungan nutrisi dan gizi penting bagi tubuh. Daun ini bisa kita manfaatkan sebagai piranti untuk menyehatkan tubuh dan juga mempercantik penampilan secara alami.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top