Connect with us
Daun Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Khasiat Daun Ciplukan

Daun

50 Manfaat dan Khasiat Daun Ciplukan untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Daun ciplukan merupakan daun yang berasal dari tanaman ciplukan. Awalnya daun ciplukan berasal dari Amerika yang tersebar luas di daerah tropis di dunia. Buah yang memiliki banyak manfaat ini biasanya hidup di ketinggian 1-1550 di atas permukaan laut. Penelitian yang di lakukan Mahalaskmi AM dan Ramesh B. Daun Ciplukan mengandung banyak zat yang bermanfaat, di antaranya karbohidrat, lipid, mineral dan vitamin. Masyarakat dapat memanfaatkannya secara tradisional untuk mengobati kandung kemih, limpa dan hati.

Daun Ciplukan, Manfaat Daun Ciplukan, Khasiat Daun Ciplukan

Sementara di daerah lembah Amazon masyarakat memanfaatkan jus ciplukan sebagai obat penenang, pembersih darah, anti rematik, dan meredakan sakit pada telinga. Di Taiwan buah ciplukan di gunakan untuk mengobati diabetes, Hepatitis, asma dan malaria.

Ciri-Ciri Daun Ciplukan :

Daun dari tumbuhan ciplukan termasuk daun tunggal yang bertangkai dengan letak yang tersebar pada bagian bawah, kemudian saling berpasangan lagi di bagian atas. Daunnya berbentuk bulat oval dengan ujung runcing, serta punya bentuk tepi daun yang merata atau bergelombang. Panjang dari daun ciplukan ini 5-15 cm dengan lebar 2,5 – 10,5 cm. Tulang dati daun ciplukan ini berwarna keunguan pada pangkalnya, dan pada tangkainya berwarna hijau dengan urat yang keputihan.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Ciplukan :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Daun Ciplukan

Daun ciplukan bisa berkhasiat mengobati banyak sekali penyakit, karena kandungan yang dimilik daun ciplukan ini sangat sehat dan berkhasiat. Di antaranya adalah:

1. Acid
2. Asam Malat
3. Dan Alkaloid

Bukan hanya daunnya saja yang punya kandungan sehat, namun buahnya juga mengandung banyak macam zat bermanfaat untuk tubuh, seperti; tanin, alkalpid, asam malat, kriptoxantin, vitamin c, gula dan lain sebagainya.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan :

1. Mengobati Epilepsi

Penyakit epilepsi atau sering juga disebut dengan penyakit ayan. Penyakit ini di tandai dengan pingsan di Sergai muncul cairan putih seperti busa di Sergai dengan kejang-kejang. Terkadang orang yang memiliki penyakit ini merasa minder dengan penyakitnya, hal itu dikarenakan penyakit ini kumat secara tiba-tiba tanpa di sadari. Untuk mengatasi penyakit ayan dapat juga menggunakan buah ciplukan sebagai obatnya. Dengan mengonsumsi 10 butir setiap harinya dan rasakan perbedaannya.

2. Mengobati Seriawan

Seriawan di sebabkan karena panas dalam atau juga bisa disebabkan karena tergigit ya bibir dengan gigi. Hal ini di tandai dengan munculnya bintik merah yang kemudian akan berubah menjadi putih. Ketika terkena seriawan biasanya terasa sakit dan perih apabila di gunakan untuk makan dan minum. Belum lagi di tambah dengan bau mulut yang tidak enak di sebabkan karena bakteri di mulut.

Tetapi seriawan akan cepat sembuh ketika mengonsumsi buah ciplukan. Buah ciplukan mengandung vitamin C yang mampu mengobati seriawan dan mencegahnya. Anda dapat mengonsumsi buah ciplukan sebanyak 10 butir tiap harinya atau dapat juga di buat jus.

3. Menurunkan Darah Ringgi

Darah tinggi merupakan di mana tekanan darah dalam tubuh yang melebihi batas wajarnya. Darah tinggi akan berakibat fatal jika di biarkan secara terus menerus. Anda dapat mengobati darah tinggi dengan buah ciplukan sebanyak 5 butir kemudian di rebus dalam air 100 ml. Rebuslah selama 5 menit saja agar nutrisinya tidak hilang. Saringlah kemudian biarkan agak hangat lalu minum secara rutin 2x sehari. Anda dapat mengecek tekanan darah Anda sebelum dan sesudah mengonsumsi buah ciplukan.

4. Menyembuhkan Vertigo

Vertigo sering di kenal dengan penyakit paru-paru. Paru-paru merupakan organ penting untuk sistem pernafasan. Nafas Anda tidak semaksimal seperti biasanya. Maka dari itu Anda harus mengatasinya secepat mungkin agar tidak semakin parah. Untuk hal ini Anda tidak hanya membutuhkan buah ciplukan saja melainkan dari daun, batang, sampai akar. Rebus semua bahan biarkan sampai mendidih. Saring agar terpisah dengan ampas, diamkan sampai hangat, lalu minumlah secara rutin sebanyak 3x dalam satu hari.

5. Mengobati bisul

Jangan sampai ketampanan dan kecantikan Anda menjadi berkurang akibat bisulan di kulit. Selain menurunkan kepercayaan diri, tentu saja rasa tidak nyaman bagi penderitanya. Maka dari itu Anda dapat memanfaatkan buah ciplukan. Blender lah beberapa butir buah ciplukan sampai halus lalu oleskan pada kulit yang ada bisulnya. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan 3x sehari sampai bisul benar-benar hilang.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu Mengobati Bronkitis
7. Dapat Melancarkan Buang Air Kecil
8. Mencegah Infeksi Saluran Kemih
9. Bantu Mencegah Kandung Kemih
10. Dapat Menetralkan Racun Tubuh
11. Sebagai Penyembuhan Penyakit Asam Urat
12. Bantu Mencegah Kanker
13. Dapat Mengobati Penyakit Kulit
14. Menghilangkan Warna kuning Pada Bayi Baru Lahir
15. Membantu Menyadarkan Orang Pingsan
16. Bantu Menurunkan kolesterol
17. Dapat Menambah Darah
18. Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak
19. Membuat Air Seni Lebih Jernih
20. Bantu Mengobati Seriawan
21. Membantu Meredakan Nyeri Sendi
22. Mampu Mengobati Rematik
23. Membantu Mengatasi Kelenjar Getah Bening
24. Membantu Cegah Penyakit Paru-paru Basah
25. Membantu Mengobati Penyakit Jantung
26. Membantu Menyembuhkan / Mencegah Asma
27. Ampuh Menyembuhkan Luka
28. Bantu Mengobati Radang Tenggorokan
29. Bantu Mengobati Sakit Flu
30. Dapat Menyembuhkan Borok
31. Mengatasi Penyakit Gondongan
32. Dapat Mengobati Batuk Rejan
33. Mendeteksi dikasi Tubuh
34. Bantu Mengobati Vertigo
35. Bantu Mengatasi Penyakit Pertusis
35. Bantu Mengeringkan Borok
36. Bantu Menyembuhkan Kencing Manis
37. Bantu Menyehatkan Sel Tubuh
38. Bantu Meningkatkan Kekuatan Tubuh
40. Menyegarkan Tenggorokan

Cara Memanfaatkan Daun Ciplukan Untuk Kesehatan :

Dalam memanfaatkan biji ciplukan untuk kesehatan, memang tidak bisa sembarangan. Ada patokan tertentu yang membedakan setiap pengobatan terhadap masing-masing penyakit. Jadi, konsultasikan duku kepada yang ahli agar tujuan yang ingin Anda capai bisa berjalan lancar, tanpa menimbulkan risiko yang berarti

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kecantikan :

1. Dapat Mengencangkan Payudara

Volume payudara akan berkurang seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan karena berkurangnya lemak di sekitar payudara, dan kulit yang merupakan bagian elastis akan ikut menyusut ketika lemak di dalamnya berkurang. Hal ini yang akan memicu payudara menjadi kendur. Ada faktor lain juga yang bisa mempengaruhi seperti setelah menyusui, penggunaan bra yang salah, dan aktivitas olahraga. Mengoleskan ramuan daun ciplukam akan membuat payudara menjadi lebih kencang.

2. Menambah Ukuran Payudara

Penampilan fisik seorang wanita akan mempengaruhi rasa percaya dirinya. Banyak wanita yang berkecil hati untuk tampil karena punya ukuran payudara yang kecil, justru banyak yang akhirnya merasa malu. Untuk mengatasi masalah ini, gunakan ramuan daun ciplukan lalu oleskan di sekitar payudara. Salin mengencangkan, daun ciplukan juga dapat membuat payudara lebih berisi. Ramuan ini mampu menutrisi payudara dan menjaga bentuknya agar tidak mudah berubah.

Cara Membuat Masker Daun Ciplukan untuk Payudara :

Caranya sangat mudah, carilah tanaman ciplukan lalu petik daunnya sebanyak 10 lembar. Cuci bersih dengan air, lalu lakukan langkah berikut:

  1. Siapkan 2 buah pinang muda dan pisahkan antara sabut dengan dagingnya.
  2. Ambillah daging daging pinang lalu timbuk hingga halus.
  3. Berikan sesendok garam, campur dengan cara diremas dan aduk hingga tercampur.
  4. Oleskan masker ke payudara, namun jangan memakaikannya pada bagian puting, kemudian tunggu hingga masker kering.
  5. Bilas dengan air hangat hingga bersih, lakukan penggunaan masker setiap 3 hari sekali. Hasil akan terlihat setelah 2 minggu.

Manfaat Daun Ciplukan Untuk Kecantikan Lainnya :

3. Mengobati tumor payudara
4. Mengobati kanker payudara
5. Mengencangkan kulit
6. Anti penuaan
7. Mengatasi keriput

Efek Samping Daun Ciplukan :

Efek Samping Daun Ciplukan

Memberikan obat herbal, terutama untuk stroke, memang tidak boleh asal-asalan. Dan jika Anda memercayai daun ciplukan sebagai penyembuhan stroke, maka perlu menari pemahaman lebih. Karena daun ciplukan yang telah dijadikan minuman tanpa mengelemiminasi faktor risiko tadi, akan menjadi percuma.

Jadi, sangat diperlukan konsultasi dengan Dokter yang benar-benar terhadap suatu jenis penyakit sebelum mengombinasikan obat resep dokter dengan ramuan herbal dari daun ciplukan ini.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Intinya jika memanfaatkan daun ciplukan dalam hal kecantikan serta kesehatan, anda harus paham kandungan daun itu sendiri. Jangan menggunakan secara asal-asalan, karena jika asal khasiat daun ciplukan ini tidak dapat bekerja sebagai obat untuk kesehatan dan kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Daun

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top